Vape Terbaik 2019

Vape Terbaik Tahun 2019 Versi VapingJKT

Hendri Salim Atomizer, Baterai, Mod, Pod, RDA, RDTA, RTA, Single Coil 58 Comments

Selamat tahun baru!

Siapa yang tahu bagaimana industri vape 2020 akan terbentuk. Namun yang pasti tahun 2019 adalah tahun yang penuh warna untuk komunitas vape di Indonesia dan juga dunia.

Melanjutkan tradisi, berikut ini adalah produk vape terbaik versi VapingJKT untuk tahun 2020.

Sebelum kamu bertanya mengapa RDA/Pod System/Mod favorit kamu tidak masuk ke dalam daftar, saya akan jawab dulu.

Jika kamu mempunyai RDA favorit yang bekerja dengan optimal dan cocok untuk kamu maka itu bagus, tetaplah menggunakannya. Nikmati dan tidak perlu berpikir banyak untuk upgrade.

Saya tidak menjajal semua vape yang tersedia di Indonesia, dan saya tidak berani mengatakan A lebih enak dari B, jika saya tidak pernah mencobanya sendiri.

Produsen tidak akan berhenti memproduksi vape baru setiap bulannya. Jadi jangan terjebak ke dalam perangkap upgrade ini. Kamu pada akhirnya akan selalu merasa tidak puas karena selalu melihat model yang lebih baru.

Pada praktiknya tidak semua produk baru membawa inovasi, sebagian besar hanya ganti cangkang luar saja.

Saya mengundang kamu untuk memberikan produk vape terbaik versi kamu lewat kolom komentar.

Pod System Terbaik 2019

Uwell Caliburn

Menaruh Uwell Caliburn bagian pod system terbaik terhitung cukup mudah.

Berkat coil pararel yang digunakan oleh Uwell Caliburn, flavor yang dihasilkan berada di atas rata-rata, bahkan mungkin salah satu yang paling enak yang pernah saya coba di tahun 2019.

Namun umur coil yang panjang dan rasa yang enak ini datang dengan beberapa kekurangan, misalnya tidak ada kustomisasi apapun dan baterai yang terhitung kecil namun cukup untuk bertahan di jam kerja seharian (8 jam)

siapapun yang mencari pod pertama mereka saya tidak akan ragu untuk langsung menyarankan Uwell Caliburn.

Baca ulasan lengkap Uwell Caliburn di sini.

Beli jika kamu menginginkan airflow yang sedikit lebih plong, coil yang dapat bertahan lama, flavor yang kuat dan harga yang relatif murah.

Renova Zero

Secara teknis Renova Zero bukanlah pod yang dirilis tahun 2019, melainkan 2018. Tapi karena saya mengulasnya di tahun 2019 maka saya memilih untuk tetap memasukkannya.

Mengapa Renova Zero adalah salah satu pod terbaik di 2019? Karena pod ini merupakan salah satu pod pertama dengan watt yang bisa diatur.

Selain itu Zero dapat mudah didapatkan dimana-mana, coil pun banyak yang menjual. Saya juga suka dengan bentuknya kecil dan penggunaan aluminium untuk bagian body membuat handfeel terasa lebih solid.

Kamu yang mencari tarikan yang ketat juga tidak akan kecewa dengan draw dari Renova Zero.

Kombinasi antara semua faktor ini membuat Renova Zero sebuah pod system yang mudah untuk dibeli dan direkomendasikan kepada mereka yang pertama kali mencoba pod system.

Baca ulasan lengkap Renova Zero di sini.

Beli jika kamu tidak mau direpotkan mencari catridge karena banyak yang menjualnya. Secara flavor saya lebih suka Uwell Caliburn, namun Renova Zero mempunyai draw yang lebih mantap untuk MTL dan juga 3 pilihan watt.


All-In-One Pod System Terbaik 2019

Orion DNA Plus

Orion-Plus

Jika Uwell Caliburn adalah pod yang sederhana, Orion DNA Plus di sisi lain adalah pod paling kompleks di dunia untuk saat ini.

Kompleks karena kamu dapat melakukan kustomisasi watt dan boost lewat software Escribe, dan juga fitur Replay yang merupakan inovasi terbaru di dunia vape.

Selain itu dengan Orion DNA Plus kamu dapat menjajal salt nic dan freebase dalam sebuah pod system yang sama.

Harga Orion Plus cukup mahal sekitar Rp800.000 tapi kamu akan mendapatkan sebuah pod dengan kualitas build terbaik yang pernah saya rasakan. Melebihi kebanyakan pod dan bahkan mod. Simply Amazing.

Baca ulasan lengkap Orion Plus di sini

Beli jika kamu menginginkan gabungan terlengkap dari flavor, kualitas build, kustomisasi, fitur dan coil dalam sebuah pod system.

Vaporesso Degree

Degree Vaporesso

Butuh sedikit waktu untuk jatuh cinta dengan Degree tapi setelah menghabiskan waktu yang cukup saya bisa melihat pesona dari Degree.

Dengan Degree kamu dapat menikmati salt nic dan freebase. Memang belakangan ini sudah muncul Vinci atau pod system dengan tenaga tinggi, tapi Degree menurut saya pribadi menang dari segi form factor yang masih kecil dan stealth.

Saya juga menyukai fitur pengatur watt yang fleksible seperti mod pada umumnya. Hebatnya mereka masih bisa menyematkan fitur ini di pod yang kecil ini.

Selain itu Degree punya fitur pengingat jika liquid habis yang kamu bisa atur sensitivitasnya dari 0-10. Ini cukup berguna untuk memperpanjang umur coil.

Saya juga sangat puas dengan performa coil untuk liquid freebase MTL, pekat dengan rasa dan memberikan throat hit yang galak, pas untuk liquid tembakau yang sering saya nikmati.

Beli Degree jika Orion Plus terlalu mahal untuk kantong kamu.

Mod Terbaik 2019

Vaporesso Gen Mod

Vaporess Gen Green

Dari beberapa mod yang lahir tahun 2019, Vaporesso Gen adalah salah satu yang datang dengan inovasi, sementara yang lain hanya berganti casing.

Fitur yang saya sedang bicarakan adalah pulse mode.

Dengan pulse mode, mod akan mengirimkan energi secara pulse dalam waktu yang sangat cepat (0.02detik/pulse). Ini membantu menjaga watt menjadi stabil selama puff.

Pulse Mode

Selain itu Gen juga dapat di update secara firmware, dan sudah menerbitkan 3x update untuk fix dan improvement. Ini menunjukkan bahwa support dari Vaporesso untuk Gen terbilang baik

Saya sudah menggunakan mod ini selama 3 bulan lebih. Walaupun tidak akan menggantikan Triade 250 saya, tapi ini mod yang akan saya pakai jika Triade 250 saya tutup usia.

Baca ulasan lengkap Vaporesso Gen di sini.

Beli Vaporesso Gen jika kamu menginginkan sebuah mod yang mudah untuk digunakan dan stabil di watt tinggi.

RDA Terbaik 2019

Dual Coil RDA Terbaik

Mohon maaf, saya tidak mengulas RDA dual coil di tahun 2019. Pertama karena tidak ada yang terlalu menarik hati, kedua, memang pod system sedang merajai pasar.

Tapi jika saya harus benar-benar menaruh sesuatu di daftar ini maka pilihan saya jatuh kepada C2MNT dan RDA for Vaping dari Coil Turd. Tapi lebih kepada Coil Turd.

Saya suka dengan design airflow dari Coil Turd dan juga padatnya chamber yang akan membantu meningkatkan rasa. Mungkin di tahun 2020 ini saya akan membeli Coil Turd.

Single Coil RDA Terbaik

Reload S

Reload S menjadi pilihan saya karena RDA single coil ini menyelesaikan banyak masalah saya dengan single coil RDA lainnya:

  • Juice well yang besar.
  • Body yang tidak panas.
  • Airflow yang smooth.

Harganya memang cukup mahal tapi saya membayangkan bahwa RDA ini akan masih merajai bahkan di tahun 2020 sekalipun.

Baca ulasan lengkap Reload S di sini.

Beli Reload S jika kamu menginginkan sebuah RDA yang tidak memiliki masalah atau kekurangan :P.

RTA

Saya tidak mencoba satu RTA pun ditahun 2019 ini. Reload RTA masih setia menemani dan saya tidak punya komplain sama sekali.

MTL Terbaik 2019

Reload MTL

Reload MTL RDA

Ada beberapa MTL menarik tahun ini, tapi jika saya jujur tidak terdapat banyak perbedaan antara satu MTL dengan MTL lainnya.

Tapi setidaknya Reload MTL membawa perbedaan yang saya tidak pernah kira akan ada. Sebuah desain anti bocor yang bekerja sesuai iklan.

Hampir semua MTL mempunyai desain yang sama. Chimney dengan sebuah lubang di bawahnya sehingga udara mengalir dari lubang airflow di bawah, naik ke atas melewati coil.

Desain seperti ini berpotensi membuat bocor karena liquid dapat merembes keluar dan turun ke bawah dan menggenang di bagian lubang airflow.

Reload MTL mempunyai desain yang sangat berbeda, lubang airflow di tempatkan di atas sehingga liquid tidak mungkin bocor.

Reload MTL juga dapat digunakan untuk salt nic karena deck yang kecil, namun saya menemukan performa terbaiknya ketika saya menggunakannya untuk MTL Freebase.

Beli jika kamu sudah cape dengan RTA MTL yang sering bocor.

Starter Kit Terbaik 2019

FreeMax Gemm

FreeMax Gemm

Sekilas FreeMax tidak terlalu menarik dengan desain tank yang sekali pakai buang.

Namun begitu saya isi liquid dan firing ini semua berubah drastis. FreeMax Gemm memiliki rasa yang sangat kuat dengan mouthfeel yang padat. Mengalahkan kebanyakan RDA dan RTA sekalipun.

Saya tidak tahu apakah karena kapas yang digunakan menggunakan serat teh atau apa, tapi flavor yang dihasilkan sangat luar biasa.

Terkadang saya masih membeli RTA sekali pakai buang ini jika saya sedang malas ngoiling.

Saya anugrahkan FreeMax sebagai best starter kit karena sebagai pemula kamu cukup beli paket ini. Isi liquid, tunggu 10 menit dan boom rasa yang luar bisa melebihi kebanyakan RDA yang katanya dirancang untuk pengguna pro sekalipun.

Setelah lebih dari 20x pengisian yang mana terhitung sangat-sangat tinggi, FreeMax Gemm masih memberikan rasa yang kurang lebih sama.

Baca ulasan lengkap FreeMax Gemm di sini.

Beli jika kamu tidak ingin ribet dan mau langsung enak :D.

Squonk Mod Terbaik 2019

Wismec Luxotic Surface

Lucunya adalah model ini sudah saya tidak temukan di situs resmi Wismec. Mungkin mereka sudah tidak menjualnya lagi.

Tapi terlepas dari itu saya cukup suka dengan Luxotic. Hal pertama adalah form factor yang sangat kecil sekali, salah satu squonk single battery terkecil yang pernah ada. Selain itu squonk ini juga nyaman digenggam.

Walaupun layar yang ada terbilang sangat kecil namun navigasi dan menu yang tersedia terbilang mudah dan lengkap.

Sayangnya, Luxotic Surface tidak masuk ke Indonesia.

Baterai Vape Terbaik 2019

Sony VTC 6A

Sony VTC 6A memiliki performa yang lebih baik dari VTC 5A dari segi kapasitas dan juga menahan voltage untuk tidak drop di watt tinggi.

Namun saya sendiri belum pernah membeli VTC 6A yang beredar di Indonesia sehingga tidak bisa memastikan keasliannya.

Jika kamu sudah membeli VTC 6A, cek artikel ini untuk melihat apakah VTC 6A itu asli atau palsu. Jika kamu ragu VTC 5A tetaplah sebuah baterai yang luar biasa.

58
Leave a Reply

avatar
28 Comment threads
30 Thread replies
8 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
31 Comment authors
WiempieChrisCecep CahyaYogaGustin Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Harun
Guest
Harun

Pertamax!!
Eh beda forum hahah.

Btw liq terbaik mau dibikin kan om?

Andrya
Guest
Andrya

Liquid andalan 2019 ada g bang?
Skalian gambaran rasanya gmna…

Suryawardi
Guest
Suryawardi

Produk dri geek vape gak masuk nih om hehehe

Hendra
Guest
Hendra

Halo om…boleh tahu gak settingan Reload mtl yg dipakai utk mtl freebase? Trus…om pake liquid freebase apa utk mtl freebase di reload mtl? Makasih sblmnya

iboy
Guest
iboy

lama lama hati dan jiwa mulai goyah karena UWELL CALIBURN sebisa mungkin masih ingin bertahan dengan pod karya anak bangsa (pandora dan peeweepod) tapi setiap baca ulasan disini UWELL CALIBURN selalu menghantui

Achsan Basri
Guest
Achsan Basri

Kombinasi antara semua faktor ini membuat Renova Zero sebuah RDA yang mudah untuk dibeli dan direkomendasikan kepada mereka yang pertama kali mencoba pod system.

RDA?

IaniΓ–S 7
Guest
IaniΓ–S 7

Bila dirasa reload mtl yg lumayan harganya, bisa pilih merlin nano. Sy py keduanya, utk urusan flavour tdk jauh bedanya (walaupun memang reload mtl lebih di atas sedikit dibanding merlin). Tp sy suka merlin krn installmentnya yg mudah (sy suka kesulitan membuka reload krn bodynya yg licin). Yg pasti keduanya anti leaking πŸ™‚

Mario
Guest
Mario

Om, sony VTC5a / 6a kalau beli dijakarta ada toko rekomen kah?

Ganjar
Guest
Ganjar

Halo om, saya newbie nih, saya mau tanya om menurut pendapat om hendri pribadi kalau punya 2 buah mod untuk daily driver kira-kira menurut om bagaimana?

Nitro
Guest
Nitro

Orion plus, vinci x, aegis boost
Diantara ketiga itu rekomen yg mana dari segi perform
Please help

cos
Guest
cos

Apakah rda dtl bisa dirubah menjadi mtl dg mengganti driptip om

Iki
Guest
Iki

Om cara maksimal rda goon 24 gimana?
Prebuild apa yang cocok menurut om?
Mohon pencerahanya omπŸ™

Sulistiyo
Guest

Rdta terbaik apa om?

Fauzi
Guest

Om saya mau tanya. Saya nubi di dunia vaping. Sdah sebulan ini saya pake pod caliburn. Pertanyaan saya jika saya upgrade ke mod+rda/rta mtl apakah akan mengupgrade flavors yg signifikan?

Agus riyadi
Guest
Agus riyadi

Bang req list liquid terbaik khusus pod, tambahin juga liquid 0mg, terima kasih bang

Ddg
Guest
Ddg

Om hen.. cari triade 250c dimana ya?
Toko online pada sold out semua

Koyek
Guest
Koyek

Om aku baru beli vaporesso gen, pas mau test fairing kok ada tulisan low resistance ya?

k4ng t0mmy tapi munandar
Guest
k4ng t0mmy tapi munandar

Aegis boost ga masuk nominasi nih. Minusnya kebanyakan ya om ..

Eka
Guest
Eka

Halooo om Hendri Asli saya seminggu ini mantengin blog ini Hampir semua artikel selesai saya baca 😁 Jadi gini Om Saya ada vinci x (max 70watt) baterai vtc 6 Udah coba2 coil bawaan, RBA for vinci. Dan sekarang nagih pengen jadi flavor chaser, beli adapter vinci x biar bisa pake RDA 510πŸ˜‚ Pertanyaan nya, ini vinci enaknya pakein RDA apa om yg rekomen buat kejar rasa? Baca2, katanya 1 baterai kurang joss buat 2 coil (sempet nyantol ke Goon, wotofo lush plus) ternyata 2 coil. Sekarang bingung udah seminggu cari2 RDA yg kira2 rasa dapet di vinci x πŸ˜‚. Ingin… Read more »

Charis
Guest
Charis

Om, mod sama atty yang sudah ngga ke pake buat saya saja om 🀭
mubadzir, sayang klo di diemin ..
😁😁😁

#gataumalu

Hamdani
Guest
Hamdani

Halo om, ikut nimbrung dong

Agak sedikit jauh dari postingan sih, maap ya, cmn kalo menurut om, cotton terbaik buat om apa nih? yang dipake ke dual coil?
Melanjut dari pertanyaan diatas, apa tiap cotton (merk lah mungkin bisa dibilang), bisa menghasilkan rasa yang berbeda?

Terakhir nih om, pembahasan coil, Ane sering lait tuh, misal coil Nichrome TM, Anarchist, Sandvik, Temco, kidney puncher, kookpunt, asgart, lightning vapes dkk, itu sebenernya berek ke rasa gk sih om? atau sebenernya hanya tentang kualitas lebih ke tahan lama aja? Dan yang om pake, baik untuk naked/fused, yang mana om?

Terima kasih

Ryanr
Guest
Ryanr

om hendri.. review uwell crown dong.. ditunggu ya..

Ruly
Guest
Ruly

Halo om, saya pengguna baru dlm dunia vape ini sudah hampir 3 minggu sya berhenti total merokok setelah adictic merokok selama 17 tahun dari 2003 (alasan kuatnya krna pngen punya momongan). Berhenti merokok ini dimulai semnjak POD pertma datang (maklum newbe) blum ngerti apa2, setelah pod tiba saya berhenti merokok tpi apalah daya karena belum mengerti akhirnya browsing2 cari refernsi karena hal pertama yg ada dibenakku knpa rasanya aneh, sementra org2 mengatakan bagus, walhasil cek n ricek ternyta liquid, pod dan baterainya adalah clone bukan autentic (apes bnget dah), malah liquidnya 0 nicotin, pantaslah kemudian sya seperti mau gila (… Read more »

Gustin
Guest
Gustin

Jadi pengen beli uwell caliburn om..

Yoga
Guest

Siang om…. Giveaway Reload S udah ada pemenangnya kah…?

Cecep Cahya
Guest
Cecep Cahya

Vaporesso degree atau orion dna plus bisa recoil sendiri ga om ?

Chris
Guest
Chris

Om pod terbaik apa ya, saat ini sya pakai unwell caliburn

Wiempie
Guest
Wiempie

Om, saya pengguna caliburn sekarang dan mau ganti ke pod yang lain karena sudah rusak sering jatuh.
Rekomendasi apa ya om?
Baca” di vaping360, peringkat 1 aegis boost, apa ada saran lainnya ya?
Thxu om.