Best Squonk Mod | Featured

Mod

Squonk Mod Mechanical & Regulated Terbaik Pilihan VapingJKT

17 Dec , 2017  

Squonk mod bukanlah sesuatu yang baru di dunia vaping. Bahkan tipe mod yang satu ini sudah beredar cukup lama di pasaran, namun sempat tergeser oleh ledakan regulated mod. Tapi entah mengapa belakangan ini squonk mod mulai booming kembali (kemungkinan besar didorong oleh Pulse BF yang mendapatkan respon sangat baik).

Saya sendiri belum memiliki satupun squonk mod. Apakah saya tertarik? Tentu saja! Dalam proses pencarian squonk mod terbaik untuk dipinang saya menemukan beberapa mod yang menarik. Saya lalu berpikir mengapa tidak membaginya dengan kamu semua, siapa tahu kamu juga sedang mencari squonk mod pertama kamu.

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan ada beberapa hal yang perlu kamu tahu:

  1. Kelebihan dari squonk mod adalah kamu dapat menekan botol yang berada di mod untuk membasahi kapas di mod. Ini berarti kamu tidak perlu lagi menetes dari waktu ke waktu. Liquid akan naik dari botol ke atas menuju mod.
  2. Ini juga berarti atomizer kamu perlu support squonking. Biasanya squonk pin (pin biasa tapi memiliki bolong di tengahnya) disediakan dalam paket penjualan. Jika atomizer kamu tidak mempunyai squonk pin maka kemungkinan besar tidak dapat digunakan.
  3. Atomizer yang tidak support squonk tetap dapat digunakan karena ada beberapa pihak ketiga yang menjual squonk pin. Namun ini tidak berarti akan 100% nyaman. Karena RDA Squonk harus dirancang benar-benar dengan gaya squonk, jika tidak maka kebanyakan yang akan terjadi adalah bocor lewat air flow.
  4. Kebanyakan squonk mod adalah mechanical. Ini berarti kamu harus benar-benar mengetahui mengenai hukum ohm. Jika tidak menggunakan mechanila squonk mod dengan benar, maka ada potensi bahay yang dapat terjadi.
  5. Saya tidak pernah mencoba mod dalam daftar ini. Namun saya telah menghabiskan belasan jam untuk melakukan riset (membaca review, mengunjungi situs, Youtube). Ini adalah usaha terbaik saya menemukan squonk mod terbaik, namun sekali lagi saya tidak pernah mencobanya sendiri.

Saya sarankan kamu membaca artikel di bawah ini untuk membantu kamu mengerti mengenai mechanical mod, ohm law dan baterai sebelum memutuskan membeli Squonk Mod pertama kamu (kecuali niat kamu adalah membeli regulated squonk mod, karena regulated = aman).

Daftar Squonk Mod – Navigasi:

eLeaf Pico Squeeze Kit

Pico Squeezer Squonk

Dengan harganya yang hanya berkisar Rp350.000, ini adalah squonk mod yang ditujukan kepada vaper pemula. Kamu akan mendapatkan 1 mod dengan 1 RDA bernama Coral. Kamu benar-benar tidak bisa mengalahkan Pico Squeeze dalam segi harga.

Pico Squeeze merupakan mod hybrid, setengah mechanical, setengah regulated. Saya sebut regulated karena ada chip dalam mod ini yang bertugas untuk membatasi watt ke angka 50W dan juga melindungi ketika baterai dipasang terbalik.

Walaupun mempunyai harga yang sangat-sangat murah, batasan 50W adalah sesuatu yang menahan saya untuk membelinya. Kamu akan mempunyai pilihan yang terbatas dengan 50W, dan kamu dapat mencoret coil besar dari mod ini karena tidak akan ada cukup tenaga. Namun tentu saja pengguna simple coil (sekitar 0.3ohm) masih dapat terakomodasi.

Desain dari RDA Coral juga terbilang standard dan polos. Kasarnya, sudah kurang nampol untuk para vaper yang sudah menggunakan RDA terbaru dengan coil alien.

Pico Squeeze akan cocok bagi mereka yang baru saja terjun ke dunia vape. Namun vaper yang sudah lebih berpengalaman dengan mod regulated mungkin tidak akan cocok untuk menggunakan squonk mod yang satu ini.

Spesifikasi:

  • Baterai: Satu baterai 18650
  • Tipe: Semi regulated dengan maksimal 50 Watt
  • Batas Coil: 0.15-3.5 ohm
  • Paket: 1 Mod + 1 RDA Coral + 1 botol juice + 1 kabel USB untuk charging langsung via Mod.
  • Harga: Kisaran Rp350.000

Pulse BF Box by Vandy Vape

Pulse BF Box adalah alasan mengapa saya memulai artikel ini. Melihatnya saja sudah benar-benar membuat saya menginginkannya. Desainnya sangat keren dan mendapatkan cukup banyak ulasan positif dari para komunitas vaper. Terlebih lagi mereka baru saja mengeluarkan varian warna baru yang sangat keren.

Pulse BF New Door

Mod mechanical yang satu ini bisa menggunakan baterai 20700 atau 18650. Pada awalnya mod ini mendapatkan protes mengenai Intelegent Firing Button mereka. Karena ditulis di bagian switch “Constant 30A, 40A max pulse“. Ini menjadi bahan pembicaraan karena tanpa mosfet ini akan sulit dicapai. Switch akan mengalami degradasi seiring banyak amper yang lewat dan membuat rusak lama-lama.

Namun akhirnya mereka melakukan klarifikasi dan menarik teks promosi ini. Setelah dilakukan 20.000x uji coba dengan menggunakan 0.17 ohm pun ternyata switch ini masih bagus. Jadi tidak ada masalah, All good!

Pulse BF Body

Pulse BF Internal

Versi yang sudah beredar di Indonesia adalah versi standard tanpa RDA. Di luar sana Pulse sudah mengeluarkan paket kit yang disertakan dengan pulse RDA 24mm. Dalam waktu dekat paket ini juga akan tersedia di Indonesia, walaupun kamu juga dapat langsung membelinya sendiri-sendiri. Karena Pulse RDA 24mm juga tersedia di pasaran.

Jika kamu memutuskan untuk membeli versi kit (termasuk RDA) maka kamu juga akan mendapatkan RDA pulse 24mm. RDA yang satu ini juga sebenarnya sudah masuk ke dalam incaran saya karena design yang menarik dan tanggapan komunitas yang mengatakan flavor-nya yang intense dan pekat.

Namun sayangnya Pulse 24mm akan bersinar jika kamu menggunakan dual coil besar alien. Ini akan membutuhkan tenaga besar, jadi kamu harus benar-benar mencari baterai yang kuat seperti VTC V4.

Karena Pulse BF adalah 100% mod mechanical maka kamu harus tahu bahwa ini bukanlah mod untuk semua orang. Ohm law, ohm law, ohm Law!

Spesifikasi:

  • Baterai: Satu baterai 18650 atau 20700
  • Tipe: Mechanical Mod
  • Paket:
    • Mod + 1 botol Juice + 1 adapter baterai
    • Mod + 24mm Pulse RDA (untuk versi Kit) + 1 botol Juice + 1 adapter baterai
  • Harga:
    • Mod saja: Kisaran Rp390.000
    • Mod Kit: Kisaran Rp650.000 (namun belum tersedia di Indonesia)

Gbox Squonker Kit

Gbox bisa dibilang sebuah mimpi yang jadi kenyataan untuk regulated mod. Squonk mod dengan dua baterai + regulated dengan harga yang terjangkau.

Gbox Body 200 Watt

Radar + Gbox Mod

Dengan dua baterai artinya kamu bisa mempunyai lebih banyak tenaga (maksimal 200 watt Gbox) untuk memanaskan coil alien 0.15 kamu dan mendapatkan flavor yang tebal. Pada intinya kamu akan mendapatkan mod regulated 2 baterai biasa namun dengan satu kelebihan – squonking.

Saya tidak akan membahas lebih jauh, karena mod yang ini belum masuk Indonesia. Namun mengingat Geekvape yang cukup terkenal di Indonesia maka ada kemungkinan besar untuk tersedia dalam waktu dekat. Saya akan update lagi begitu masuk, sehingga lebih relevan dan tidak hanya menjual mimpi yang pada prakteknya tidak dapat dibeli.

Spesifikasi:

  • Baterai: Dua baterai 18650
  • Tipe: Full regulated mod dengan batasan 200 watt
  • Batas Coil: Tidak tersedia
  • Paket:
    • 1 Mod + 2 botol Juice + 1 kabel USB
    • 1 Mod + 24mm Radar RDA (untuk versi Kit) + 2 botol Juice +1 kabel USB
  • Harga:
    • Mod saja: Kisaran Rp900.000
    • Mod Kit: Kisaran Rp1.200.000

Wotofo Ram Squonker

Secara desain Wotofo Ram Squonker tidak begitu berbeda dengan Athena, Druga, ataupun Pulse BF. Yang membedakan adalah bagian body yang terbuat dari noble resin. Ini menciptakan pengalaman pengguna yang lebih premium.

Wotofo RaM Box adalah versi kerja sama antara Stentorian dengan Wotofo. Saya menduga mereka mengambil rancangan awal dari Wotofo Nudge Box dan melakukan modifikasi seperti mengganti body menjadi resin (tadinya carbon fiber). Sayangnya mereka juga mencabut sirkuit proteksi yang sebelumnya adalah di Wotofo Nudge Box, sirkuit ini akan melindungi kamu dari short/konslet.

Ram Squonk Body Ram Squonk Internal

Namun tambahan lainnya adalah kamu akan mendapatkan 3 botol juice dengan kapasitas 7ml, ya 3 botol.

Wotofo Ram Box dijual dengan harga pasaran Rp850.000, tanpa RDA. Ini terbilang cukup mahal dibanding yang lain namun memang penggunaan resin membuat mod ini sekilas nampak seperti mod berharga jutaan rupiah.

Saya secara pribadi tidak terlalu tertarik, namun kamu yang mencari tampilan stabilized wood atau resin (yang biasa digunakan untuk mod super mahal) dapat melirik mod yang satu ini.

Spesifikasi:

  • Baterai: Satu baterai 18650
  • Tipe: Full mechanical Mod
  • Paket:
    • 1 Mod + 3 botol Juice
  • Harga: Kisaran Rp850.000

Rig Squonk RSQ by Hotcig & Rig Mod

Riq Squonk adalah squonk mod dalam daftar ini yang mempunyai kemampuan TC (temperature control). Mungkin tidak semua dari kamu akan menggunakan TC (termasuk saya), namun jika TC adalah sesuatu yang kamu cari maka ini adalah squonk untuk kamu.

Karena mempunyai TC maka jelas ini adalah regulated mod. Rig Squonk mempunyai layar berwarna dan dapat mencapai 80 Watt, cukup untuk kebanyakan vaper. Rig Squonk menggunakan 1 baterai berukuran 18650.

Display HotCig HotCig Body

Lagi-lagi dalam pengalaman saya satu baterai regulated terkadang kurang atau tidak cukup panas. Namun ini bergantung kepada prefrensi kamu.

Harga dari Squonk ini terbilang cukup mahal yaitu sekitar 1 juta rupiah. Tapi kamu akan mendapatkan fitur regulated yang lengkap termasuk TC dan bypass mode (seperti mechanical).

Kamu yang lebih memilih mechanical juga mempunyai pilihan Vapeamp dari Rig Mod, namun harganya terbilang mahal yaitu Rp1.8 juta. Ini karena Vapeamp merupakan 100% made in USA, sedangkan Rig Squonk merupakan kerja sama antara Rig Mod dan Hot Cig (China).

Spesifikasi:

  • Baterai: Satu baterai 18650
  • Tipe: Full regulated mod
  • Paket:
    • 1 Mod + 2 botol Juice (satu silikon dan satu plastik) + 1 kabel USB
  • Harga: Kisaran Rp990.000

Hugo Squeezer

Squonk mod yang satu ini mempunyai kelebihan diharganya yang sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 350.000. Kamu akan mendapatkan desain khas hugo dengan bahan nylonfiber yang sekilas terlihat seperti mod 3D printing yang mahal.

Mod mechanical ini ditenagai 0leh satu baterai dengan ukuran 18650 atau 20700. Sama seperti kebanyakan squonk mod yang lain Hugo Squeezer juga menggunakan sistem proteksi untuk mencegah firing yang tidak sengaja.

Hugo Internal Hugo Squeeze Paket

Mekanisme firing mirip dengan Druga yaitu menggunakan plat. Jadi kamu akan mendorong plat untuk menyentuh pin 510. Jadi tidak ada kesan tombol yang clicky. Hugo Squeezer mempunyai ukuran botol yang lebih besar dari rata-rata yaitu 10ml. Ini akan menyediakan kamu dengan cukup banyak amunisi sebelum harus mengisi botol juice kamu kembali.

Satu hal yang saya suka adalah kamu akan mendapatkan 1 extra botol dan refiller botol berukuran 30ml. Refiller botol ini dapat kamu gunakan untuk mengisi botol juice dengan lebih mudah dibanding mengisi langsung dari botol juice biasa.

Hugo Squeezer juga mempunyai versi kit yang di dalamnya disertakan N RDA.

Untuk harganya yang sangat murah Hugo bisa menjadi mod squonk pertama kamu. Tapi mari akui bersama walaupun ini dapat menjadi mod squonk pertama, Hugo tidak akan menjadi pilihan terakhir, karena kamu akan upgrade lagi suatu saat nanti.

Spesifikasi:

  • Baterai: Satu baterai 18650 atau 20700
  • Tipe: Full mechanical mod 
  • Paket:
    • 1 Mod + 1 botol Juice + 1 botol refiller (30ml)
    • 1 Mod + 24mm N RDA (untuk versi Kit) +1 botol Juice + 1 botol refiller (30ml)
  • Harga:
    • Mod saja: Kisaran Rp350.000
    • Mod Kit: Kisaran Rp500.000

Lost Vape Therion Squonk

Berbicara mengenai akurasi dan performa, maka kita sedang membicarakan Therion Lost Vape. Kamu akan mendapatkan mod 1 baterai dengan akurasi chip DNA 75c yang sudah ternama.

Jadi apa yang membuat mod ini istimewa (dan mahal):

  1. Design. Gabungan wood panel dan lapis kulit untuk tutup baterai.
  2. Chip DNA 75C. C untuk color!
  3. 85% effisiensi power. Mod lain mungkin berada di bawah 85%, sebagai informasi DNA 250 mempunyai 97% effisiensi.
  4. Akurasi TC (temperatur Control) yang terjamin

Therion Box Side Therion Box

Saya sendiri adalah pengguna Triade 250, jadi sebenarnya ini sudah masuk auto-buy saya. Namun lagi-lagi batasan 75 Watt pada mod ini adalah tembok besar untuk saya. Saya tidak mengerti bagaimana cara menikmati vape dengan watt yang kecil.

Therion Squonk memang mahal, namun yang dijual bukanlah kemewahan. Ada banyak squonk mod yang jauh lebih mahal karena penggunaan bahan yang lebih mahal. Apa yang dijual Therion adalah akurasi dan performa lewat chip DNA yang terkenal, terutama untuk penggunaan TC. Di luar dari ini tidak ada banyak alasan untuk memilih Therion Squonk karena harganya yang mahal.

Spesifikasi

  • Baterai: Satu baterai 18650
  • Tipe: Full regulated mod dengan batasan 75 watt
  • Batas Coil: 0.15ohm
  • Paket: 1 Mod + 1 botol Juice + 1 botol refiller 30ml + 1 kabel USB
  • Harga: Kisaran Rp1.500.000 (cukup sulit ditemui di Indonesia, namun masih ada)

Druga Squonk Kit

Tidak mungkin untuk tidak memasukkan Druga ke dalam daftar ini. RDA Druga bisa dibilang booming belakangan ini, salah satu faktornya adalah kerja sama anak bangsa dengan Augvape, dan tentu saja desain dan flavor yang mantap.

Versi Mod Kit nya terbilang sangat ramah di kantong, sekitar Rp450.00 dan sudah termasuk RDA. Namun RDA yang digunakan berbeda dengan versi biasanya, lebih kecil (22mm) namun disediakan blok untuk membuat pengalaman single coil lebih mantap lagi di lini flavor.

Druga Kit Druga RDA

Saya pernah hands-on kit yang satu ini dan menurut saya cukup baik. Walaupun build-nya tidak semewah yang lain namun masih oke. Druga RDA nya sendiri adalah salah satu alasan mengapa saya begitu tertarik dengan squonk yang satu ini. Dari daftar ini hanya ada 2 RDA yang menarik hati, Pulse RDA dan Druga RDA, sedangkan sisanya walaupun dalam paket namun tidak membangkitkan selera.

Druga Squonk Kit saya sedang dalam perjalanan dan saya akan update lagi begitu tiba.

Spesifikasi:

  • Baterai: Satu baterai 18650
  • Tipe: Full mechanical mod
  • Paket: 1 Mod + 1 Druga RDA (22mm) + 1 botol juice
  • Harga: Kisaran Rp450.000

CoilArt Azeroth Squonk Mod Kit

Dibanding dengan mod lain di daftar ini, CoilArt mempunyai kelebihan di bagian body. Karena terbuat dari aluminium anodizing body, dengan tutup baterai carbon fiber. Keseluruhan koneksi untuk firing juga berbalut dengan emas (gold plated). Worth to mention juga penggunaan botol yang mempunyai standard aman makanan (Food Grade).

Drpo RDA Azeroth Squonk Mod

Mereka menyebut tombol firing ini dengan Inteligent Fire Button. Sebenarnya tidak ada yang pintar atau elektronik mengenai tombol ini. Namun ada dua kelebihan yang saya lihat, yang pertama adalah tombol ini tidak menonjol keluar. Ini berarti jika diletakkan di permukaan yang rata maka tidak akan tertekan. Yang kedua adalah tombol ini menggunakan mekanisme switch, seolah-olah menekan mod regulated (namun tentu saja tidak sama)

Dengan harganya yang berkisar Rp700.000 kamu juga akan mendapatkan atomizer Dpro. Sama sekali tidak buruk untuk ukuran harga. Atomizer Dpro sendiri dijual terpisah dengan harga Rp.250.000 jadi harga mod ini sendiri dikisaran Rp500.000.

Spesifikasi:

  • Baterai: Satu baterai 18650, 20700, atau 21700
  • Tipe: Full mechanical mod
  • Paket: 1 Mod + 1 RDA Dpro + 1 botol juice
  • Harga: Kisaran Rp700.000

Athena Squonk Kit

Squonk kit dari Geekvape yang satu ini belakangan mendapatkan banyak ulasan positif dari komunitas. Mod ini disebut sebagai salah satu squonk kit murah yang sangat joss (hard hitter). Mod nya sendiri tidak terlalu berbeda dengan kebanyakan squonk kit dalam daftar ini namun ada dua kelebihan yang pantas untuk disebutkan.

  1. Fitur keamanan yang mudah untuk dioperasikan. Tepat di bawah tombol firing ada bagian yang kamu bisa slide ke atas. Jika ini kamu lakukan maka tombol firing tidak dapat ditekan.
  2. Auto-Adjusting 510 pin. Ini dapat mengakomodir berbagai RDA dengan panjang pin yang berbeda sehingga kebocoran dapat dihindari.

Athena RDA Athena Squonk Kit

Karena merupakan mod kit kamu juga akan mendapatkan RDA Athena. Dengan design yang terbilang keren dan paket seharga Rp.700.000, Athena Squonk Kit dapat disebut paket murah dan sangat meriah. Baterai yang dapat digunakan hanya bertipe 18650, yang sebenarnya juga bukan masalah besar karena baterai tipe ini menyediakan lebih banyak pilihan amper dan kapasitas dibanding tipe lain.

Spesifikasi:

  • Baterai: Satu baterai 18650
  • Tipe: Full mechanical mod
  • Paket: 1 Mod + 1 RDA Athena + 1 botol juice
  • Harga: Kisaran Rp650.000

Driptech-DS

Jika saya bermimpi dan dalam mimpi itu saya mencari mechanical mod squonk, maka Driptech-DS akan menjadi jawaban mimpi saya. Mod yang dibuat dari kerja sama antara Greg Stephens & 528 Custom (Goon RDA) ini benar-benar menjawab masalah dari mod squonker lain.

  1. Dual baterai pararel. Ini berarti kamu bisa vape 2x lebih lama dibanding mod satu baterai. 2x CDC (continuous discharge current). Saya bisa menggunakan alien 0.12, menghasilkan 130 watt dan hanya membebani baterai sebanyak 15A per baterai. Bahkan baterai pasaran yang memiliki rata-rata CDC 20 saja akan cukup.
  2. Dedicated slot juice. Pemasangan botol ejuice tidak merepotkan seperti yang lain karena mempunyai tempat sendiri dengan selang aluminium jadi resiko tumpah lebih sedikit.
  3. Area menekan juice bottle yang besar dan mudah di jangkau.
  4. Terdapat fitur keamanan pemasangan baterai namun tetap 100% mechanical mod.

Driptech DS Red Driptech DS

Namun mimpi ini harus digapai dengan harga yang cukup mahal. Untuk versi DS (2 baterai) harganya mencapai 1.8 juta rupiah, dan versi TS (3 baterai) hargnya mencapai 2.3 juta lebih. Sangat mahal dibanding mod rata-rata. Produk ini relatif baru dan belum memasuki pasar Indonesia, jadi kamu masih punya waktu untuk menabung.

Spesifikasi:

  • Baterai: Dua baterai 18650 versi DS / Tiga baterai 18650 untuk versi TS
  • Tipe: Full mechanical mod
  • Paket: 1 Mod + 2 botol juice
  • Harga: Kisaran Rp650.000

Nah Sekarang Pilih Squonk Mod yang mana?

Inilah bagian tersulit. Karena saya belum pernah mencoba satu pun (kecuali Druga dalam sesi yang singkat). Merekomendasikan sesuatu yang belum saya coba adalah sesuatu yang tidak ingin saya lakukan.

Jadi mari kita berandai-andai saja. Seandainya VapingJKT harus memilih tanpa mencoba terlebih dahulu mana yang akan dibeli?

Regulated Squonk Mod

  • Saya akan sabar menunggu Gbox hadir di Indonesia. Alasan utamanya karena 2 baterai sehingga lebih banyak ruang untuk melakukan variasi coil.
  • Jika saya tidak sabar maka saya akan mencari Therion Squonk. Karena menurut pengalaman, chip DNA mempunyai performa yang oke dan saya lebih menyukai desainnya ketimbang HotCig Squonk.

Mechanical Squonk Mod

  • Saya akan sabar menunggu dan menabung untuk Triptech DS. Lagi-lagi karena alasan 2 baterai sehingga saya punya tenaga lebih untuk menggunakan coil besar.
  • Jika saya punya 700.000 rupiah dan ingin membeli sekarang, saya mungkin akan mengambil Athena atau Pulse BF Kit.
  • Jika budget saya sangat mepet dan saya sudah punya RDA squonk saya akan ambil Hugo Squeezer. Kemudian saya akan menjual N RDA yang termasuk dalam paket.
  • Jika budget saya mepet dan tidak punya RDA squonk, saya akan mengambil Druga Kit.
  • Jika saya adalah vaper yang tidak ingin direpotkan dengan full mechanical mod dan yang penting keluar uap manis maka saya akan mengambil Pico Squeeze.


Leave a Reply

4 Comments on "Squonk Mod Mechanical & Regulated Terbaik Pilihan VapingJKT"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Astray
Guest

Halo bro, saya mulai melirik squonk nih. Kalau harus memilih antara Pulse vs. Athena, pilih mana? Ini comparison untuk mod-nya saja ya. Untuk RDA-nya bisa saya ganti dengan RDA fav saya. Thanks!

Ant
Guest

Athena vs Pulse?

wpDiscuz