Xtar VC4 | Featured

Accessories

Review Xtar VC4 – Changer Baterai Vape Terbaik

13 May , 2017  

Ketika kamu mulai terjun ke dunia vaping maka kamu akan membutuhkan charger baterai untuk vape kamu. Saya sudah mencoba 3-4 charger baterai vape selama ini mulai dari charger tanpa merek (generik), Nitecore, sampai dengan MXJO, dan rasanya cukup aman untuk mengatakan bahwa perjalanan saya mencari charger vape terbaik telah berakhir dengan pilihan Xtar VC4.

Perlu kamu tahu bahwa sebuah charger standar yang sederhana sebenarnya sudah cukup. Xtar VC4 merupakan charger yang lebih mewah dengan LCD dan berbagai fitur, terkadang lebih dari yang kamu butuhkan namun sangat worth dengan harganya. Harga Xtar VC4 di pasaran sekarang adalah sekitar Rp230.00 – Rp 280.000.

Pada saat membuka paket charger ini kamu akan disambut dengan:

  • 1x Xtar VC4
  • 1x USB charging cable
  • 1x Warranty card & scratch code (pastikan kamu mengecek keaslian dengan memasukkan kodenya di website mereka)
  • 1x Poach (kantong untuk membawa Xtar VC4)

Xtar VC4 Package

Kesan saya pertama kali adalah ini sebuah charger yang cukup mewah dengan packaging yang baik. Poach yang diberikan juga cukup tebal dan bisa kamu pakai untuk membawa charger ini bersama kamu ketika berpergian.

Sayangnya Xtar VC4 ini tidak disertai dengan adaptor sehingga kamu perlu membelinya secara terpisah. Saya kebetulan mempunyai banyak adaptor yang tidak terpakai, namun bagi kamu yang tidak punya saya bisa membayangkan bahwa kamu akan cukup kerepotan untuk membelinya lagi. Sebuah downside yang cukup disayangkan namun tidak mengurangi kepuasan produk utamanya.

Untuk bisa beroperasi secara penuh kamu perlu membeli adapter dengan spesifikasi 5.1V- 2.1A. Jika kamu menggunakan adapter 1A maka ketika menggunakan 4 baterai charging akan turun ke 0.3-0.4A. Sebagai catatan Xtar menyebutkan bahwa adaptor yang disarankan adalah 5.1V -2.1A, namun ketika saya mencoba dengan adaptor yang lebih rendah tetap dapat berjalan dengan charging yang lebih lambat.

Faktor lain yang mempengaruhi adalah berapa banyak colokan yang digunakan dalam terminal tersebut.

Contoh kasus, kamu mempunyai terminal 4 colokan, 3 colokan kamu gunakan untuk TV, speaker, dan PS4. Ketika kamu menggunakan adapter 2.1A maka charger ini mungkin tidak akan dapat mengisi dengan besaran 1A. Dari percobaan yang saya lakukan ketika TV, speaker, dan PS4 menyala, Xtar VC4 mengisi dengan besaran 0.7-0.8A (seharusnya 1A dalam keadaan ideal).

Nah dari tadi saya berbicara ampere, Xtar VC4 mempunyai kemampuan 1A ketika charging 2 baterai. Jika kamu menggunakan 4 baterai maka charging akan turun ke 0.5A. Xtar sendiri mematok maksimal 1A untuk menjaga umur baterai, menurunkan ke 0.5A ketika charging 4 baterai memastikan semuanya menerima daya secara maksimal dan tidak merusak baterai.

Xstar VC4 mempunya 4 slot, dengan slot yang lebih besar untuk baterai 26650 di  slot nomor 1 dan 4. Karena menggunakan sistem slider maka kamu juga dapat menggunakan charger ini untuk baterai yang lebih kecil seperti baterai 16340. Kebetulan saya tidak mempunyai gadget lain sehingga fleksibilitas ini tidak terlalu berarti buat saya.

Xtar VC4 Compability

Ketika kamu menyalakan charger ini pertama kali mungkin kamu akan kewalahan dengan informasi yang ditampilkan, namun sebenarnya informasi ini cukup sederhana.

Setengah lingkaran dengan voltase menunjukkan tingkat kepenuhan baterai. Jika 0V maka baterai kamu habis jika 4.2V maka baterai kamu penuh.

Angka mAH dibawahnya menunjukan berapa arus yang sudah dihasilkan dalam sesi tersebut, dan bukan berapa yang ada dibaterai. Biar saya beri contoh untuk membantu kamu mengerti.

Jika baterai kamu mempunyai kapasitas 2600mAH dan benar-benar kosong, maka ketika kamu charge dari kosong sampai penuh (voltase menunjukkan 4.2) maka angka mAH di bawah harusnya berkisar 2500-2600.

Namun jika kamu cabut baterai di angka 1000, lalu kamu colok kembali maka indikator akan mulai dari 0 kembali dan harusnya berhenti di 1300 (sehingga jumlahnya menjadi 2600).

Ini juga bisa kamu gunakan untuk mengetahui kapasitas baterai yang sebenarnya. Jika kamu membeli baterai palsu dengan kapasitas 4000mAH maka pakai baterai tersebut sampai habis lalu charge sampai penuh, jika baterai tersebut palsu maka jumlah mAH akan jauh lebih kecil dari 4000mAH. Dalam kasus yang pernah saya coba, saya membeli baterai 4000mAH namun indikator hanya menunjukkan 3500mAH ketika penuh, ini berarti saya tertipu.

Indikator diantara voltase adalah besaran charging, dimulai dari 0A sampai dengan 1.0A. Secara sederhana 1.0A berarti charger bekerja dengan kecepatan penuh, 0.5A berarti charger bekerja dengan setengah keceaptan. Namun ingat jika kamu menggunakan 4 baterai maka charging akan turun ke 0.5A, ini adalah hal yang normal. Yang kamu tidak inginkan adalah mendapatkan angka di bawah 0.5A. Jika ini terjadi periksa adaptor kamu atau sumber listrik.

Tombol satu-satunya yang berada di tengah dapat kamu gunakan untuk mengganti informasi slot. Karena ada 4 slot dan layar hanya menampilkan 2 slot maka kamu tekan untuk mengganti informasi slot lainnya. Lampu akan terus menyala selama charging, dan kamu dapat menekan tombol ini lebih lama untuk mematikan backlight. Ini sangat membantu karena saya charge di kamar dan mata saya sensitif terhadap cahaya.

Performa Xtar VC4

Xtar VC Normal

Jika kamu mencari ulasan Xtar VC4 yang lebih saintifik maka silahkan membaca tautan ini. Di ulasan tersebut sang pengulas (yang nampaknya sangat mengerti tentang charger) mengatakan bahwa Xtar VC4 adalah charger yang sangat baik untuk penggunaan sehari-hari. Saya 100% setuju dengan apa yang telah disebutkan.

Setelah menggunakannya lebih dari 9 bulan saya tidak mengalami masalah apapun. Baterai masih awet sampai sekarang (VTC 5A original) dan cenderung penuh dalam waktu yang kurang lebih sama. Charger ini juga tidak panas sama sekali, baterai juga cenderung dingin yang mana ada poin plus bagi saya.

Indikator charging ampere sangat membantu untuk mengetahui apakah saya melakukan charging dengan optimal. Jika ampere menunjukan angka di bawah 0.5A saya bisa tahu ada yang sedang tidak benar.

Xtra VC4 adalah sebuah charger yang sangat baik yang melakukan tugasnya dengan baik. Tidak ada komplain sama sekali.

Fitur Xtar VC4

Xtar VC4 datang dengan beberapa fitur yang cukup berguna dan saya akan highlight beberapa yang saya rasa sangat berguna.

  • Error display
    • Ketika baterai terbalik maka kamu akan diberitahu melalui pesan err di layar.
    • Ketika baterai sudah rusak maka akan muncul pesan null
  • Cahaya backlight dapat dimatikan jika kamu sensitif terhadap cahaya
  • Recondition over-discharged battery.
    • Ketika baterai mengalami over-discharge (sangat-sangat kosong karena dibiarkan terlalu lama menempel dalam keadaan kosong di gadget/vape) maka kebanyakan charger tidak dapat mengisinya karena tidak ada voltase yang terdeteksi. Dengan teknologi Xstar baterai seperti ini dapat terisi kembali.
    • Catatan: Saya tidak pernah mencobanya secara langsung tapi sebuah video menunjukkan bahwa fitur ini benar-benar bekerja.

Kesimpulan

Saya sangat puas dengan harga dan juga performa Xtar VC4. Kapasitas 4 baterai dapat memenuhi kebutuhan saya karena saya menggunakan 3 baterai di mod saya. Xtar VC4 juga tidak panas dan mempunyai informasi akurat tentang baterai sehingga kita bisa tahu bagaimana baterai kita diisi. Saya sangat merekomendasikan Xtar VC4 untuk mereka yang mencari charger vape.

Website resmi Xtar dapat kamu kunjungi di sini.


Leave a Reply

5 Comments on "Review Xtar VC4 – Changer Baterai Vape Terbaik"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
wpDiscuz