Salt Nic Featured

Roundup Review 10 Salt Nicotine Terbaru – February 2019

Hendri Salim eLiquid, Salt 61 Comments

Harus diakui belakangan ini saya lebih rajin menggunakan salt nicotine ketimbang liquid biasa. Alasan saya adalah masih sepinya geliat liquid Indonesia semenjak cukai berlaku. Walaupun harus diakui sudah mulai bergerak, namun liquid USA masih terhitung langka dan tidak banyak liquid lokal baru yang muncul.

Tapi saya juga masih cinta liquid freebase, dan saya juga sudah membeli 3 varian liquid Five Pawn tembakau. Ulasan akan menyusul dalam waktu dekat. Bocorannya adalah ini bukanlah liquid tembakau yang pekat, lebih kepada perpaduan bahan lain dan tembakau dalam komposisi yang imbang.

Sekarang mari kita lihat kumpulan liquid salt nic yang saya coba dalam 3 bulan terakhir.

Mohon maaf juga sudah lama tidak menulis karena kesibukan awal tahun :).


Salt Packers

Begitu mengetahui kemunculan liquid ini saya langsung menaruhnya di daftar beli karena saya adalah fans dari Vape Packers untuk urusan mint dan tingkat kemanisan. Mereka selalu meramunya dengan pas, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu manis.

Di exhale pertamaa saya langsung disambut dengan dinginnya coolada dengan rasa menthol. Saya teringat dengan lapisan luar permen blaster namun dengan presentasi yang jauh lebih tipis.

Ini cukup aneh mengingat label sweet mint yang tertera di botolnya. Mint dan menthol adalah hal yang berbeda. Namun belasan exhale selanjutnya saya mulai bisa mengenali mint tipis di exhale, bersatu dengan menthol yang lebih tipis lagi.

Coolada adalah perasa yang dingin namun yang netral dan mereka mengambil peran yang besar di Salt Packers. Mendorong mint dan menthol dalam hal dingin, sedikit menutupi rasanya tapi dalam kasus ini saya tidak akan protes.

Jika kamu mencari liquid dengan penuh rasa maka Salt Packers akan membuat kamu bosan dengan cepat. Tapi anehnya bagi saya ini adalah selingan yang cukup menyegarkan dan menyenangkan.

Letak kekuatan liquid ini adalah kesederhanaanya. Pas untuk digunakan sebagai selingan di antara liquid lain yang ramai dengan berbagai rasa dan layer.

Salt Packers juga mengingatkan saya kepada Milkman Salt Sweet Mint, walaupun pendekatannya berbeda. Milkman lebih kepada minuman cocktail mint yang super tipis, sedangkan Salt Packer berfokus di kesegaran mint/menthol yang sangat tipis dan sedikit manis.

Saya sejauh ini sudah membeli dua botol, tapi saya selalu menganggap liquid ini sebagai selingan, bukan liquid utama. Saya masih lebih suka liquid tembakau di pod saya, tapi ketika bosan saya selalu meneteskan Salt Packers tanpa banyak berpikir.


South Cost Vapor Cheese Cake

Liquid yang satu ini sebenarnya cukup sederhana untuk dijelaskan, sebuah cheesecake yang sangat USA. Rasa strawberry dan keju tidak terlalu pekat, memang seharusnya begitu menurut saya.

Jika kamu pernah mencoba liquid cheesecake dari USA, maka South Cost Vapor tidak akan jauh berbeda. Intensitas rasanya tergolong sangat baik.

Saya mencoba versi 50mg dan walaupun tendangan nikotin sangat nonjok, tapi memadukan itu dengan sebuah cheesecake terasa aneh. Saya lebih suka menikmati cheesecake di RDA untuk mendapatkan kepadatan adonan dasar dan juga hangatnya uap yang di hasilkan untuk melengkapi pengalamannya.

Jika kamu suka cheesecake maka ini salah satu liquid terbaik yang bisa kamu dapatkan sekarang (selain Beard 05 Salt). Saya suka dengan rasanya tapi hanya saja aneh untuk dinikmati di pod.


Hero57 Peach Salt

Peach Salt Hero57

Saya kurang menyukai liquid ini karena beberapa hal. Yang pertama adalah cepat bosan karena rasanya mulai masuk ke ranah buah + permen. Maksud saya adalah seberapa sering kita bisa makan permen sebelum merasa bosan, ya kan?

Yang kedua adalah manis dan dinginnya yang berlebih. Liquid ini termasuk sangat dingin, bagus jika kamu mengantuk, tapi dalam keadaan normal dinginnya terlalu berlebihan menurut saya.

Rasa peach yang digunakan sebenarnya cukup enak, walaupun sangat umum, saya masih bisa mengapresiasi kualitasnya. Hybrid antara peach permen (Hichew) dengan buah peach.

Tapi ya itu membosankan lama-lama, mungkin juga karena kita bukanlah pemakan buah peach secara umum, tidak seperti pisang, mangga, atau jeruk.

Terlepas dari ini, Hero57 Peach Salt adalah liquid yang berkualitas dan worth to buy, hanya saja saya tidak melihat diri saya mengonsumsinya sehari-hari, mungkin 1 botol setiap 6 bulan – 8 bulan.


Aqua Salt Pure

Aqua Salt Pure Salt Nic

Again, jika kamu pernah mencoba versi EJM nya maka kurang lebih rasanya akan sama. Enak dan menyegarkan, pendekatannya terhadap strawberry, apel, dan semangka bisa dibilang unik dan tidak pasaran.

Namun saya mengalami masalah yang sama dengan versi normalnya. Setelah chain vape rasanya mulai berubah, lebih tepatnya komposisi rasanya. Ini bukan salah liquid, tapi masalah bagaimana otak saya lebih mudah terbiasa dengan salah satu rasanya, sehingga membuat pengalaman exhale pertama berubah.

Aqua Salt Pure tersedia di 50MG yang menurut saya terlalu tinggi. Saya juga awalnya merasa liquid ini sedikit asin, mungkin karena penggunaan nicotine salt. Walaupun sebenarnya nicotine salt tidak asin, tapi mungkin kualitas nikotinnya bukanlah yang terbaik. Wajar mengingat harganya yang lebih bersahabat, tapi sekali lagi saya sedang berspekulasi.

Saya tetap dapat menikmati Aqua Salt Pure dengan cara memberikan jeda waktu sekitar 3-5 hari setiap sesi, untuk menjaga rasanya tetap konsisten di otak saya. Saya juga tidak menyesal membelinya terutama dengan harganya yang murah, hanya saja saya tidak akan langsung membelinya lagi jika habis.

Tetap dapat direkomendasikan bagi pencinta fruity, terutama yang belum pernah mencobanya. Tapi jika kamu pernah mencobanya, setelah beberapa sesi kamu akan ingat kenapa kamu tidak membelinya lagi.


Gost Tobacco

Gost Tobacco

Sebelum kamu bertanya, saya membelinya di The Vapor Castle. Mereka terkadang punya stok liquid USA yang cukup aneh-aneh, jadi ada baiknya kamu pantau Tokopedia mereka.

Gost Tobbaaco mempunyai karakter tembakau yang penuh, namun tidak pahit, Ini adalah tembakau muda dengan rasa penuh (full bodied) tapi tidak di asap dengan berbagai teknik atau aroma kayu, sehingga sangat sederhana sebenarnya.

Jika menggunakan analogi kopi maka saya akan setarakan dengan blonde roast, kopi yang disangrai tidak terlalu lama. Rasa tembakaunya ringan, lembut, tapi tetap kuat dalam hal intensitas.

Gost Tobbaco juga mempunyai ending yang manis namun tidak masuk kategori sweet tobbaco.

Masalah terbesar saya dengan Gost Tobacco adalah hanya ada versi 59mg ketika saya beli dan ini sangat menyiksa. Tubuh saya tidak dapat menerima nicotine sebanyak ini, sehingga terkadang saya sakit perut. Tapi Gost Tobbaaco tetap berhasil saya habiskan pelan-pelan dan ya akan saya beli lagi jika ada versi 30 mg nya.


Marc Theriault Platinum

Marc Platinum Salt

Lagi-lagi pembelian hasil pemantauan harian di toko The Vapor Castle (atau 8 Vapors, saya tidak ingat, tapi yang pasti dari kedua toko ini.

Profil dari salt nic ini sebenarnya sangat menggoda, roasted nud custard tobbaco. Tapi nyatanya ini adalah liquid custard tobbaco yang paling tidak custard, karena sangat tipis.

Platinum mempunyai ujung exhale yang kesat dan tidak manis walaupun mempunyai custard. Roasted nut terasa dominan dan terkadang mengalahkan tembakau tapi keduanya terus berlomba seiring exhale.

Jujur saja, liquid ini sulit dinikmati. Saya mengharapkan sebuah Salt nic yang sedikit manis, creamy dengan tambahan tembakau. Tapi hasilnya adalah tembakau kesat yang sangat kacang, kacangnya pun di sangrai cukup lama sehingga menambahkan kesan kesat gosong.

Normalnya inilah yang saya cari di liquid tembakau, tapi karena tujuan awal saya membeli adalah untuk menambahkan profil manis custard di tembakau, saya sedikit kecewa. Custard muncul sebagai wangi dan bukan sebagai profil rasa.

Marc Theriault Platinum mempunyai kompleksitas yang baik namun ternyata bukan my cup of coffee. Liquid ini mempunyai rasa yang earthy dengan tembakau dan kacang panggang, tapi mengiklankan diri sebagai custard tembakau.


CRFT SALT NIC Strawberry Blonde

CRFT Strawberry

Singkat kata sebuah custard strawberry yang enak dan berstandard USA. Namun mungkin yang membuat saya kurang antusias adalah industri ini sudah dibanjiri dengan custard strawberry.

Bagi kamu yang belum pernah mencoba maka botol pertama akan terasa sangat enak. Sebuah krim vanilla strawberry  dengan strawberry matang yang penuh rasa, terkadang hint creamy adonan kue (cracker) muncul dan tenggelam. Sangat Amerika sekali.

Bagi veteran ini hanyalah liquid custard strawberry lainnya di lautan liquid strawberry, enak tapi tidak terlalu berbeda.

Jika kamu baru dalam dunia pod atau vape maka ya beli, enak kok. Veteran strawberry custard yang lagi nagih,? Ya beli. Veteran yang ingin mencari custard strawberry baru maka kamu bisa melewati liquid ini.

Tapi jujur saja tidak banyak pilihan custard strawberry salt di pasaran, jadi ini mungkin kesempatan terbaik kamu.


CRFT SALT NIC Butterscotch

CRFT Butterscotch

Terasa seperti butterscotch, bagaimana lagi, rasa butterscoth memang seperti itu dan tidak akan berubah.

Ini adalah pendekatan sederhana terhadap butterscotch dengan sedikit penekanan di area permen (Alpenliebe) dengan tetap mempertahankan sedikit pahit manis.

Sudah 2 tahun semenjak botol butterscotch terakhir saya,  jadi saya cukup menikmatinya CRFT ini. Saya ingat awal perjalanan vape saya, rasa butterscotch sederhana sudah dapat membuat saya senyum-senyum sendiri. Tapi sayangnya masa itu sudah berlalu dan butterscotch berubah menjadi membosankan.

Saya akan merekomendasikan liquid ini untuk dua kondisi: tidak pernah coba liquid butterscotch atau setidaknya sudah 1 tahun tidak vape butterscotch.

Enak, berkualitas, tapi di akhir hari tetap sebuah butterscotch pada umumnya,


VGOD Cubano – All Variant

Cubano VGOD

Salah satu favorit saya dalam daftar ini!!! Ada tiga varian dan ketiganya menurut saya luar biasa.

Rasa utamanya adalah tembakau cerutu jadi berbeda dengan tembakau rokok. Saya tidak mengonsumsi cerutu sebanyak itu, hanya belasan kali jadi pengetahuan saya juga terbatas.

Namun satu hal yang pasti VGOD mampu mereproduksi rasa cerutu yang cukup akurat. Saya bisa membayangkan membeli VGOD Cubano dari waktu ke waktu.

  • Cubano: Rasa yang paling dekat dengan cerutu pada umumnya, mempunyai sedikit rasa custard yang manis tipis. Cocok untuk kamu yang ingin mencoba liquid rasa cerutu.
  • Cubano Silver: Paling manis dari ketiganya dan juga paling kompleks, namun kompleksitasnya datang dari perasa manis, seperti karamel, madu dan vanila custard.
  • Cubano Black: Ini adalah favorit saya karena rasa cerutunya lebih pekat. Ibaratnya ini adalah kopi hitam sejati, namun ini juga berarti tidak semua orang akan suka. Rasanya mirip dengan Cubano standard namun lebih berat, bagusnya adalah rasa cerutu dan custard juga meningkat, pahit manis berimbang.

Perlu kamu ingat ini adalah rasa cerutu, terkadang menikmatinya bisa melelahkan dan menurut saya pribadi lebih tepat dinikmati ketika malam hari, bukan all-day-vape. Saya masih melihat beberapa toko menjualnya di Tokopedia, jadi mungkin kamu sebaiknya bergegas.


Exo Manggo

Meh…. skip.

TAPI Exo Manggo adalah liquid yang sangat tepat untuk orang yang pertama kali merokok atau mengonsumsi nikotin. Di luar ini? Meh… skip.


Selanjutnya apa nih?

Saya punya beberapa salt nic yang ingin saya coba dan mungkin akan saya beli. Tapi jika kamu tidak sabar maka ini adalah daftarnya:

  • Evercloud Salt – Tidak masuk banyak, jadi siap-siap saja habis dalam waktu dekat.
  • Jam Monster Salt –  Terutama yang blueberry. Kembalikan Jam Monster ke rasa yang pernah dulu ada!
  • FAQ Funkey Monkey Salt – Siapa tahu rasanya balik lagi ke zaman dulu di versi salt.
  • Naked 100 Salt – Menarik karena versi rasanya tidak pernah masuk Indonesia dalam versi apapun.
  • Elite Bacco – Ketik saja di Tokopedia
  • CRFT Papaya – Ketik saja di Tokopedia

Catatan: Saya biasanya beli liquid di Tokopedia, tapi ya silakan jika kamu menemukan hal yang sama di Bukalapak atau e-commerce lainnya. Saya tidak memiliki hubungan apapun dengan e-commerce tersebut, selalu saya sebutkan Tokopedia karena sudah terbiasa saja dan repot kalo harus saya beri dua link untuk satu item :D.

61
Leave a Reply

avatar
28 Comment threads
33 Thread replies
5 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
30 Comment authors
ChagerWagamamaAndryaAnjarFarhansyah Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Hendra
Guest
Hendra

Om kalo boleh tau pake pod device apa ya yg ngerasain layer per layer gitu? Apa mungkin boleh request round up review juga pod2 device yg sekiranya worth to buy.. ada rumor juga katanya cari pod yg cartridgenya ceramic coil lebih enak + awet ketimbang yg dalemnya coil biasa… Tenkyuu om

Aji
Guest
Aji

Om mau tanya diluar liquid salt nic dong

Pernah denger/nyoba Coffeemel ga? itu kira2 rasa liquidnya gimana ya? (flavour, manis, th)

Dan punya saran untuk liquid kue/mochi/donat2 gitu gk om? yg local2?

Thanks

Tham, Reynaldo Tamberra Thamrin
Guest
Tham, Reynaldo Tamberra Thamrin

Saya mau sharing om. Saya udh coba elite bacco, mungkin review dri saya ini bisa sedikit ngebantu om hendri. . . Elite bacco -flavor: tobacco with mint hint and “berry” (katanya) -pg 50 -vg 50 . . Saya udh 4x refill di rincoe ceto saya. Untuk jenis tembakaunya saya bilang ini mirip dengan liquid yang lainnya macem Adam, blackwood liquid, dll. Yang agak unik di liquid ini hadirnya mint. Si mintnya ngga dingin banget, tpi selalu ada. lumayan bikin dingin lidah. Nah, yg saya bingung itu kan si indonesian juicesnya bilang kalo liquid tobacco mint iniada sedikit hint “berries” nya.… Read more »

Nizar
Guest
Nizar

om mau tanya nih ngomongin soal salt nic, om udah ngrasain bberapa salt nic nih ya.
nah saat pakai salnic itu om pakai device apa? POD atau MTL RTA/RDA, trus kekurangan kelebihan pakai POD atau MTL apa?

Aka
Guest
Aka

Omm..untuk all day vape saltnic & freebase nic apa yg rekomend? Termasuk flavor enak ya om? tks

billy
Guest
billy

halo gan,saya penyuka liquid dingin liquid favorit saya sejauh ini madhouz crest & shiver. mohon saran dan rekomendasi liquid salt nic yang dinginny setara atau lebih. saya pemula di bidang pod ini cocoknya pakai nic brp mg?saya penyuka throat hit dan flavor. Mohon saran dan rekomendasiny. terima kasih

Ping
Guest
Ping

Saya juga sudah beralih ke salt
Dan yg paling cocok buat saya adalah Aqua Pure Salt
Utk mod, saya pake mod biasa saat ini dg tank nya Serpent Mini 22. Namun coil nya pake 32awg kanthal dengan diameter kecil sekali (digulung pake tusuk gigi)
Kebetulan saya perokok berat jadi kl pake pod, tidak berasa lagi walau nic 50mg
Namun utk yg bukan perokok berat, jangan coba2 pake mod dg tank vape, dijamin bakalan teriak2 tenggorokan nya
Liquid Elite Bacco jg cukup ok buat saya karena ada rasa tembakau yg menggoda

Ping
Guest
Ping

Ada juga jig itu di rumah Om.
Tapi rasanya masih kegedeaan. Nic 50mg nendang nya gila. Jadi saya buat sekecil mungkin coil nya biar ngga terlalu keras.
Btw thanks saran nya Om

Irwan
Guest
Irwan

Om, saya kan baru nih dlm dunia pod vape dan saltnic, bisa ngga kita pake 2 atau lebih varian liquid dalam 1 cardridge/pod?

Iqbal
Guest
Iqbal

Mau tanya om

Saya sangat suka dengan rasa liquid FAQ Funkey Monkey yang freebase, kepengen make FAQ Funkey Monkey yang salt, tapi saya liat yang ada cuma yang 50mg om, ketinggian itu buat saya

Kalo misal yang versi Freebase dan Salt rasanya benar2 sama, digabung jadi 1, kira2 apa itu bisa nurunin nicotinnya ga om?

madjarwan
Guest
madjarwan

udah pernah nyoba Seven Salt Nic sama Straberry Freeze nya Upods mang? enak ga kalo menurut lu?

Kevin
Guest
Kevin

setuju banget gan sama review liquid brand exo, kebetulan saya beli yang rasa grape, nyesel beli. Ga ada enaknya menurut saya, kaya minuman soda murahan. mendingan coba yang lain dibanding merk exo.
Sekalian mau nanya untuk salt nic rasa banana yang enak apa gan kira-kira?

jezz
Guest
jezz

saya newbie di pod dan saya pakai slowblow, yg saya sukain dari slowblow adlh asap nya tdk ada wangi nya. apa ada salt nic lain yg asap nya tdk ada bau aroma? tks

Syafiqul
Guest
Syafiqul

Naked 100 salt yg recommended apa ya bang? Sya rencananya mau nyoba yg brain freeze cuman masih bingung

Fandi
Guest
Fandi

Recommended salt nic fruity yang mint nya berasa bgt apa ya bang? Yang berasa nendang gitu πŸ˜…

Aan
Guest
Aan

Makasih banyak om review nya, jadi bisa buat pertimbangan nyobain salt nic lebih banyak lagi, saya sangat nyaman sama dose mango 40mg nic, dan akhirnya gak mau ganti liquid lagi, tp posisi emang sdh jenuh dengan rasa itu, pengen explore lagi, pake FAQ Monkey 50mg enak di pod Myle, tp di Arteri Pal 2, sama Orion nic nya ngganggu banget, coffemel juga menurutku terlalu gedhe throat hitnya

Roma
Guest
Roma

Saya mau tanya,,saya suka banget dose tobaconila,,liquid yang rasa /hampir sama dengan tobaconila atau tobaco yang lebih enak lg apa yah..mohon info om..

Sangumang
Guest
Sangumang

Om saya pake dlu pengguna vape (therion dna) selama 2 tahunan bose habis itu balik rokok bakar lagi 2 tahunan, ini sudah 3 hari pake pod myle juice salt FAQ funke monkey 50, saya rasa enak, cuma bgg effect nicotin apa soalnya saya isap gag pusing🀣 apa ada juice salt selain FAQ monkey yang lebih enak?
Mohon saran?

Arifpak
Guest
Arifpak

Cubano silver di caliburn mirip2 mr malts flurry yaπŸ˜—

Hi,tam
Guest
Hi,tam

bang salt nic banana yg paling recomend apa ya?

Dwipa
Guest
Dwipa

Bang rekomen liq salt us allday vaping dong

Jimmy
Guest
Jimmy

Bro ane pengguna vape pod renova zero yang masih newbie karna baru beli kemaren banget wkwkwk boleh minta saran liquid yang harus banget dicoba sama pemula bebas mau creamy atau fruitty yang penting ga nyesel banget pas beli hehe

Abdul
Guest
Abdul

Bang, saya cari cubano black kok susah amat yah, di online shop cuma ada yang silver saja. Mungkin abang bisa merekomendasikan yang jual cubano black. Mohon maaf dan terimakasih

Farhansyah
Guest
Farhansyah

Gak perlu tanya reviewnya aja udh meyakinkan..πŸ‘

Anjar
Guest
Anjar

Si om selalu jadi tempat yg tepat buat cari liquid karna referensi lidah nya gw cukup ngerti
Gw sebenernya lagi tertarik faq yg ice salt nic karna nyari yg sedingin marlboro black menthol tapi dengan rasa buah macem esse shuffle pop or camel purple
Ada rekomendasi om ?

Andrya
Guest
Andrya

Mantap bang, bermanfaat skali buat newbie sperti saya. lanjutkan 😁

Wagamama
Guest
Wagamama

Sudah ada yg icip tembakaunya CREAM IV?
Mungkin ada yg bisa bantu Saya sedikit reviewnya, terima kasih.

Chager
Guest
Chager

Om punya review “reds apple ejuice” gak?