Royal Tobacco Five Pawn | Featured

Review Royal Tobacco by Five Pawns – Cerutu Fruity Frustrasi

Hendri Salim eLiquid, Freebase 1 Comment

Ada banyak liquid yang sulit untuk di ulas, namun Royal Tobacco menduduki peringkat atas bagi saya pribadi. Saya menghabiskan 75% dari isi botol dengan berbagai eksperimen dan saya tidak yakin eksperimen saya akan selesai di akhir botol.

Royal Tobacco adalah lini pertama dari Five Pawns, dan Five Pawns adalah nama besar untuk liquid ekslusif (dan lebih mahal) di dunia vape. Jadi ya tentu saja saya membeli semua lini tembakau mereka, Royal Tobacco, Elo Tobacco dan Kingside Tobacco.

Satu hal yang cukup unik dari lini terbaru mereka ini adalah penggunaan 70 PG dan 30 VG, setelah sebelumnya menggunakan 50:50. Ini berarti liquid yang satu ini cocok untuk kebanyakan RDA di watt yang cukup tinggi (setidaknya secara teori).

Jadi di awal saya langsung hajar dengan dual fused clapton dan menariknya di 65 watt. Saya dibuat bingung dengan puluhan exhale pertama, seolah-olah begitu banyak rasa mencoba untuk tampil di saat yang bersamaan dan ini malah membuat kekacauan.

Saya pun mengambil Hadaly dan membuat simple coil. Saya sekarang mendapatkan sebuah liquid tropikal fruity yang sangat nutty. Seolah-olah sedikit resep dari Grandmaster dimasukkan ke dalam Royal Tobacco.

Tapi pertanyaan saya adalah tobacco apa? Sulit sekali mengenali tembakau padahal ini adalah liquid tembakau.

Oke, giliran RTA MTL, Dwarv 16mm. Sama saja liquid fruity dengan hint kacang.

Akhirnya saya sampai mencoba temperature control, dengan SS 316L (24watt dengan 250 derajat). Saya duduk sebentar dan tersenyum, akhirnya sesuatu yang lebih masuk akal.

Di exhale saya disambut dengan sebuah tembakau yang pahit, saya merasa mirip dengan sebuah liquid tapi tidak bisa ingat apa. Saya pun melakukan googling dan akhirnya menemukannya, ini adalah tembakau Kuba dan cukup mirip dengan VGOD Salt Nic Cubano.

Di banding dengan VGOD, presentasi Royal Tobacco terbilang tipis namun tetap mempunyai karakter yang sama seperti cerutu, pahit dan kompleks.

Pahit ini dimbangi dengan rasa tropikal seperti nanas, mangga, dan jeruk. Tapi tidak perlu pusing-pusing mencari rasanya, ketiganya sudah bersatu dan membentuk rasa tropikal fruit punch. Saya juga tidak dapat membedakannya dan menunjuk ini mangga atau ini nanas. Rasanya seperti tropical punch yang kamu nikmati di tepi pantai Bali.

Namun bahkan ketika saya merasa telah menemukan rasa yang saya suka, keesokkan harinya rasanya kembali berubah. Saya pun kembali bereksperimen dengan SS316L 24awg, 28awg, watt, temperatur, profil dan ini sangatlah melelahkan dan menghabiskan waktu.

Perasaan saya sangat campur aduk sampai sekarang. Ketika saya mendapatkan rasa yang saya pikir adalah optimal, rasanya sangat enak, kompleks, dan mengingatkan kenapa saya membayar Rp300.000 untuk liquid ini.

Bayangkan ini, melakukan exhale, disambung dengan rasa tembakau kompleks dengan karakter manis tapi juga pahit khas cerutu, lalu di tutup dengan tropical punch yang sangat mellow, manis tapi tidak pekat dan malah sedikit pahit mengikut rasa cerutunya. Amazing!

Namun saat kamu tidak mendapatkan setting yang tepat, sebuah rasa fruity tipis mix fruit yang sangat nutty (kacang), sedikit pahit tapi tidak bisa ditebak pahit apa. Karakter cerutu sama sekali absen dan membuat liquid ini seperti liquid 1/2 jadi. Ini diperparah dengan fakta saya tahu potensi penuh sang liquid.

Satu hal yang pasti throat hit dan chest hit menghantam seperti liquid 6mg USA sejati. Kuat dan terkadang masih dapat membuat saya sesak di dada dari waktu ke waktu. Bagi kamu yang tidak kuat 6mg, saya sarankan untuk membeli versi 3mg saja, karena Royal Tobacco 6mg tidak bisa terhitung soft sama sekali.

Jadi ini wajib beli? Ah… cukup sulit sebenarnya. Saya harap kamu langsung mendapatkan rasa yang optimal karena rasanya sangat mengagumkan. Namun dengan begitu banyak eksperimen gagal yang saya lakukan, coil, kapas, liquid terbuang menjadikan ini liquid yang sulit untuk ditaklukkan dan sangat-sangat mahal.

Jika kamu siap dengan tantangan ini maka beli. Jika tidak, saya bisa dengan mudah melihat Rp300.000 bisa digunakan untuk membeli liquid favorit yang langsung membuat kamu bahagia.

Potensi liquid ini adalah 9 dari 10. Namun kesulitannya membuat saya harus memberi 7 dari 10 dan ini pun sudah cukup murah hati.

  • 7/10
    Flavor - 7/10
  • 9/10
    Complexity - 9/10
  • 7.8/10
    Intensity - 7.8/10
  • 6/10
    Value - 6/10
7/10

Summary

Sebuah liquid tembakau yang ditutup dengan pintar oleh rasa tropical. Sesuatu yang sangat jarang ditemukan dan hanya Five Pawns yang dapat membuatnya.

Sayang sekali bahwa perjalanan mencari rasanya sangat panjang, mahal dan melelahkan. Saya tidak akan merekomendasikan liquid ini kepada pemula atau kamu yaang tidak suka dengan cerutu.

Sending
User Review
0/10 (0 votes)

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
reza Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
reza
Guest
reza

saya pake o atty x alien fused clapton 0.30 ohm tarik di potensio 30,rasanya selalu tepat sasaran dan konsisten om,tembakau pahit dengan fruit punch (cenderung ke nanas) yang cukup bold,tapi saya kehilangan rasa nutty yang om jelasin di atas.
by the way,review di web ini selalu jadi patokan saya untuk coba2 liquid,great review om..