Wismec Tinker | Featured

Review Reuleaux Tinker Column – Perasaan Campur Aduk

Hendri Salim Atomizer, Mod Leave a Comment

Beberapa minggu yang lalu Wismec menawarkan saya untuk mengulas Reuleaux Tinker dan ya saya pikir mengapa tidak. Saya punya sejarah yang menyenangkan dengan Wismec, seperti Reuleaux 2/3 dan Wismec Theorem RTA yang merupakan salah satu mod dan tank pertama saya sekitar tiga tahun lalu.Tapi mungkin alasan saya menerimanya adalah karena salah satu slogan dari Wismec yang berbunyi dare to be different. Seperti yang bisa kamu lihat, Reuleaux Tinker adalah mod yang sangat-sangat berbeda.

Kelengkapan Reuleaux Tinker & Column Tank

Reuleaux Tinker
  • 1x mod Reuleaux Tinker
  • 1x panduan pengguna
  • 1x kabel USB
Wismec Column
  • 1x RTA Wismec Column
  • 2x coil Wl01 0.15ohm
  • 1x kaca pengganti
Versi yang saya dapatkan merupakan kit, ini berarti dalam sat paket terdapat mod dan juga atomizer.Wismec Tinker KelengkapanKelengkapannya terbilang standard, namun juga saya tidak merasa kehilangan apa-apa. Terutama karena column bukanlah rebuildable atomizer, sehingga sangat praktis tinggal ganti coil yang sudah jadi.Coil WL01 dijual dengan harga berkisar Rp240.000 untuk 5 coil, atau sekitar Rp50.000/coil. Setara dengan kebanyakan replacement pod seperti Smoant S8 atau Minifit.Sebelum lebih jauh harus saya jelaskan bahwa Reuleaux Tinker belum tersedia di Indonesia. Jadi jikapun kamu berhasil mendapatkannya, kamu harus membeli coil replacement dari luar Indonesia.

Desain Reuleaux Tinker

Ketika pertama kali saya melihat Reuleaux Tinker, perasaan saya sedikit bercampur aduk.Saya bukanlah pecinta sepatu dan jelas Reuleaux Tinker diciptakan untuk pecinta sneaker. Desainnya terinspirasi oleh sepatu Air Jordan 3 dan ya ada beberapa hal yang cukup mirip, tapi saya tidak bisa bilang saya menyukainya.Awalnya saya merasa hanya ada dua reaksi ketika melihat Reuleaux Tinker, benci atau suka. Tapi setelah menggunakannya selama dua minggu saya menemukan diri saya berada di tengah, saya tidak menyukainya, namun saya bisa mengerti jika ada orang yang menyukainya.Wismec Tinker RedTanpa memegang langsung, kamu mungkin akan merasa ukuran dari Reuleaux Tinker cukup standard. Tapi ini adalah sebuah mod dan tank yang besar. Saya sehari-hari menggunakan mod tiga baterai, dan Reuleaux Tinker tetap terasa besar. Tank-nya saja mempunyai diameter 28mm!Bagi kebanyakan orang saya akan mengasumsikan mod ini terlalu besar, tapi bagi mereka yang bertubuh besar dengan ukuran tangan yang besar, Reuleaux Tinker tidak akan terasa terlalu mini.

Kualitas Build Reuleaux Tinker

Sebagian besar Reuleaux Tinker terbuat dari plastik dengan cat yang mengkilat atau glossy. Ini akan sedikit sulit dijelaskan tapi biar saya coba.Sekilas Reuleaux Tinker terasa terlalu plastik seperti mainan,  Column juga terbuat dengan material yang kurang lebih sama. Tapi setelah menggunakannya selama dua minggu dan inspeksi yang lebih teliti, saya merasa ini bukan sesuatu yang terlalu buruk. Terlihat seperti mainan iya, terasa kokoh iya.Keseluruhan mod dibuat dengan sangat rapi sampai dengan kualitas cat yang akurat. Bagian belakang mod yang beristirahat di telapak tangan dilapisi oleh sejenis karet keras bertekstur lubang kecil, nyaman di tangan namun seiring waktu mungkin akan mulai terisi dengan kotoran dari tangan.Tinker HandgripSatu hal yang saya kurang yakin adalah seberapa tahan cat terhadap goresan. Saya baru memakainya selama dua minggu, dan saya termasuk orang yang rapi dalam penggunaan barang jadi sampai detik ini belum ada goresan sama sekali.Column mempunyai cat yang lebih terang walaupun masih dalam biru yang sama. Sayangnya biru yang lebih terang ini membuatnya terlihat lebih seperti mainan.Tombol firing terbilang keras dan clicky, sangat kokoh ketika kamu melakukan firing. Saya pribadi menyukai tombol yang memberikan saya respon balik yang jelas, bukan tombol yang mengambang dan terlalu mudah ditekan. Ini juga akan membantu saya menghindari auto-firing ketika menaruhnya di tas. Namun ingat, selalu kunci mod kamu sebelum menaruhnya.Jadi ya, Reuleaux Tinker terlihat seperti mainan dengan penggunaan plastik yang cukup banyak. Tapi saya masih bilang ini dilakukan dengan kualitas yang tinggi dan presisi.Wismec Tinker ColourDari tampilan seperti mainan, secara build sangat baik. Membingungkan memang.

Overhang Sengaja?

Kamu lihat overhang di gambar bawah? Saya sedikit kecewa dengan overhang ini terutama ketika menggunakan atomizer yang juga langsung berasal dari mereka. Tidak masuk akal.Tinker GapNamun di saat yang bersamaan saya juga merasa ini membantu agar bagian atas tidak lecet karena gesekan mod dan atomizer. Saya tidak tahu apakah ini disengaja atau tidak.Di satu sisi overhang ini sedikit mengganggu para OCD-ers, tapi di sisi lain membantu melindungi bagian atas mod dari gesekkan. Saya bingung apakah harus kecewa atau senang.

Fitur Reuleaux Tinker

Reuleaux Tinker mempunyai fitur yang kurang lebih sama dengan kebanyakan mod. Namun saya ingin menyebutkan beberapa hal yang saya rasa worth to mention:Display WaktuKamu mungkin tidak merasa ini berguna, tapi mod berada di dekat saya lebih sering daripada jam tangan dan bahkan smartphone. Awalnya saya juga merasa tidak ada gunanya tapi saya tersenyum sendiri ketika menggunakan Tinker untuk melihat jam.Layar BerwarnaBukan sesuatu yang baru memang, namun ini adalah mod pertama saya yang benar-benar berwarna :).
Menu Tinker

Aslinya lebih pixelated, ini adalah simulasi grafis

Kontrasnya terbilang cukup baik di saat siang hari namun, kualitas warna dan pixelnya bukan sesuatu yang sangat spesial. Secara teknikal Sirius adalah mod pertama saya yang berwarna, namun tidak ada banyak warna selain hijau dan merah. Saya juga bisa melihat dengan jelas pixel yang terdapat di Sirius, sedangkan di Tinker ukuran pixelnya lebih kecil.Pre-heatPre-heat mungkin bukan untuk semua orang, namun setidaknya Reuleaux Tinker menyediakannya. Saya sendiri suka menggunakan pre-heat ketika menggunakan coil yang cukup besar, karena ketika coil dingin ramp-up nya cukup lama dan pre-heat dapat membantu hal ini.Selain apa yang saya sebutkan di atas tidak ada sesuatu yang berbeda. Reuleaux Tinker juga menyediakan temperature control, namun bukan sesuatu yang spesial, dari puluhan puff, beberapa kali pembacaan temperature sempat error dan mod tidak firing. Ini sesuatu yang sering kali saya temukan di mod yang memang bukan mengkhususkan diri untuk temperature control.Adilnya bahkan di DNA 250, temperature control juga terkadang bermasalah walaupun jarang terjadi. Tapi berbicara secara realistis kemungkinan besar dari kamu bukanlah pengguna TC. Ini adalah fitur lama yang sebenarnya sudah tidak terlalu relevan lagi, atau mungkin akan menjadi booming kembali namun akan memerlukan sebuah inovasi tambahann.Airflow Slide TinkerUntuk Column, komposisi dan pemasangan terbilang mudah dan mirip dengan kebanyakan sub-ohm tank. Jika saya harus menyebutkan satu maka fitur yang saya suka adalah bagaimana cara mengisi liquid. Kamu cukup geser top cap dan menetes liquid, cukup praktis dan bahkan dapat dilakukan dengan satu tangan.

Performa Reuleaux Tinker

Reuleaux TinkerMod 300 watt ini berfungsi dengan baik dan tenaga yang dihasilkan juga terbilang standard seperti kebanyakan mod. Firing terhitung responsif dan tidak pernah mengalami masalah tombol selama di jajal dua minggu penuh.Satu-satunya yang bisa saya temukan mengenai performanya adalah ohm reading yang berbeda jika dibandingkan dengan DNA 250 atau Rig Mod. Di Reuleaux Tinker coik terbaca 0.18 sedangkan di DNA 250 dan RSQ terbaca 0.17. Ini mungkin terjadi karena pembulatan karena setahu saya coil resistance sebenarnya memiliki angka yang lebih detail seperti 0.1795, mod bisa jadi membulatkan ke bawah atau ke atas secara tampilan layar.Di luar ini saya tidak menemukan apa-apa lagi untuk ditambahkan atau dikurangkan, Reuleaux Tinker berkerja sebagai mana mestinyaColumn Sub-ohm RTADari semua ini adalah bagian yang menarik menurut saya. Ini adalah sub-ohm tank pertama saya yang menggunakan mesh coil dan saya cukup terpukau sebenarnya.Mesh Coil Tinker Flavor yang dihasilkan terbilang tebal, hangat (di atas rata-rata), dan lebih kuat dibanding sub-ohm tank lain  (seperti Uwell 3 atau Supertank). Begitu kamu inhale kamu langsung dapat merasakan vapor yang cukup hangat di mulut, sudah lama saya tidak merasakan hal seperti ini. Kemungkinan besar ini datang dari mesh coil yang memiliki luas penampang yang besar dan ramp up yang sangat cepat.Tapi untuk kamu yang belum terlalu ahli dalam sub-ohm tank ada beberapa peringatan yang perlu saya berikan.
  • Sub-ohm tank yang baik akan mempunyai rasa yang cukup baik, tapi bukan tandingan dari RDA dual coil.
  • Sub-ohm tank akan memberikan performa maksimal ketika kamu menggunakan liquid yang encer sekali.
  • Menurut saya pribadi liquid dengan VG di atas 70 tidak cocok untuk sub-ohm tank.
Saya bisa katakan Column mempunyai flavor yang lebih baik dari Tobecco Super tank. Saya merasa pembuat perbedaan utamanya adalah mesh coil yang digunakan dalam Column. Saya mendapatkan seluruh note dari liquid Green Cedar (Gold Leaf, 70PG), sebuah liquid tembakau ringan yang dingin dan enak.Column TinkerIni beberapa percobaan saya dengan Column Tank:
  • Blunanarilla (70:30): Mentok di 45 watt, lebih dari ini rasa coil mulai terasa karena liquid kental ini tidak dapat terserap dengan cukup cepat. Rasa blunanarilla muncul dengan semua note namun kurang pekat.
  • Fivepawn Grandmaster (50:50): Mentok di 50 watt. Liquid Five Pawn memang kurang cocok di watt tinggi jadi saya tidak merasa ada masalah sama sekali dengan Column. Rasa pun cukup pekat walaupun masih kurang pekat dibanding RDA single coil, karena liquid Five Pawn menurut saya lebih mudah dinikmati di single coil RDA.
  • Gold Leaf Green Cedar (30:70): Mentok di 65 watt. Green Cedar mempunyai kandungan 70PG sehingga cukup cair. Saya melakukan chain vaping dan tidak pernah merasakan adanya rasa coil dan penggunaan watt yang lebih tinggi juga membuat rasanya lebih pekat. Saya bisa bilang di titik ini tidak ada perbedaan signifikan antara sub-ohm tank ataupun RDA.

Siapa yang pakai 300 watt?

Saya cukup sering mendapatkan pertanyaan ini karena saya adalah pengguna mod tiga baterai. Siapa yang pakai 250 watt atau bahkan 300 watt yang ditawarkan oleh Tinker. Jawabannya adalah tidak ada. Saya tidak mengenal vaper yang secara konsisten menggunakan 150 watt ke atas karena memang tidak perlu setinggi itu.300 Watt TinkerTapi bukan itu tujuan utamanya, 300 watt, 250 watt atau 200 watt adalah sebuah konsekuensi dari penggunaan 3 baterai. Produsen menaruh angka ini sebagai marketing, namun tujuan utamanya adalah baterai yang lebih banyak dan ini berarti penggunaan sepanjang hari di high wattage.

Kesimpulan Reulaux Tinker

Reuleaux Tinker mempunyai harga yang tidak murah, sekitar Rp1.000.000 sampai Rp1.500.00. Dengan mempertimbangkan harga saya tidak merasa Reuleaux Tinker adalah mod yang wajib kamu punya. Tapi saya bisa mengerti mengapa Wismec melakukan ini. Dari design saja sudah jelas ini bukan mod untuk semua orang, hanya sebagian yang akan tertarik dan bagi mereka perbedaan Rp200.000-Rp500.000 mungkin bukan sebuah masalah.Wismec Tinker BlueSaya tidak bisa bilang saya suka dengan modelnya, namun saya sama sekali tidak mempunyai masalah dengan performa dan kualitas build.Jika kamu penyuka sneaker dan menganggap Reuleaux Tinker menarik maka saya tidak akan menyalahkan kamu sama sekali. Tidak suka sneaker? Silahkan kamu menunggu untuk melihat produk baru dari Wismec atau produsen lain di tahun 2019.
Terima kasih kepada Wismec, yang telah menyediakan satu botol Trusalt . Keseluruhan ulasan ini tetap dilakukan dengan standar editorial VapingJKT yang independen tanpa intervensi atau pengubahan dari sponsor.
  • 7.5/10
    Build Quality - 7.5/10
  • 8/10
    Software & Feature - 8/10
  • 6.5/10
    Design - 6.5/10
  • 7.8/10
    Performance - 7.8/10
  • 7.8/10
    Durability - 7.8/10
  • 6.8/10
    Value - 6.8/10
7/10

Summary

Dari segi fitur atau performa tidak ada yang salah dengan Reuleaux Tinker, bahkan Column terbilang cukup baik dengan produksi flavor yang sangat baik untuk liquid encer.

Tapi berbicara mengenai design dan material plastik yang digunakan, saya akan kembalikan kepada kamu untuk menilainya. Saya tidak suka namun saya bisa mengerti jika ada yang menyukainya.

Sending
User Review
5.5/10 (2 votes)

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of