RDA Reload S Featured Image

Review Reload S – Single Coil Terbaik 2019

Hendri Salim Atomizer, RDA, Single Coil 55 Comments

Sebelum kita masuk ke dalam ulasan, mari kita urus dulu gajah dalam ruangannya.

Deck Reload S sangat mirip dengan Recurve.

Ini menjadi cukup kontroversial di luar sana, mungkin karena sang pemilik ide adalah sama-sama orang Amerika. Ini membagi komunitas menjadi dua, yang pro Reload S dan yang pro Recurve.

Jika kamu tanya saya, saya sebenarnya sedikit tidak peduli dengan hal ini. Menurut saya tiru-meniru dalam porsi yang sehat adalah sesuatu yang wajar dan memang sudah terjadi selama ratusan tahun.

Ketika sebuah hal sudah ditemukan, maka pihak lain dapat meniru dan menambahkan perbaikan atau pemuktahiran di sana sini. handphone ‘pintar’ touch screen pertama diluncurkan oleh IBM di tahun 1994 dan lalu digunakan oleh iPhone di tahun 2007, sisanya adalah sejarah.

Jadi selama hal ini tidak melanggar hak paten dan hak cipta maka tiru dan modifikasi sebenarnya akan membawa kemajuan bagi manusia.

Kamu mungkin tidak setuju dengan ini, tapi satu hal yang tidak bisa dipungkiri, dalam keseharian kita semua menggunakan barang yang mengambil ide dari barang lain dengan penambahan atau perbaikan fitur di sana-sini.

Nah sekarang mari kita ulas Reload S.

Kelengkapan Reload S

  • Reload S RDA (squonk pin terpasang)
  • Customized Reload Allen Driver (obeng)
  • 810 Drip Tip (terpasang)
  • Gold Plated Regular 510 Pin
  • Spare Parts Pack (4 extra screws,1 peek insulator, assorted O-rings, 1 Allen key)

Meneruskan tradisi Reload, keseluruhan paket datang dengan kotak besi yang desainnya tidak berubah banyak dari versi terakhirnya.

Walaupun demikian Reload S tetap terbilang premium dengan kotak besi dan juga ekstra obeng dengan kualitas dan design terbaik yang pernah saya temukan dalam sebuah paket RDA/RTA.

Reload Screw

Pemilik Reload X akan mengerti paket apa yang mereka akan dapatkan di Reload S.

Kualitas Build Reload S

Sama seperti produk Reload Vapor lainnya, Reload S memiliki kualitas build yang luar biasa. Kamu membayar Rp900.000 dan itu akan langsung dijustifikasi ketika kamu memegang RDA ini untuk pertama kali.

Semua bagiannya dibuat dengan presisi dan detail, mulai dari 3 bagian top cap yang cukup rumit sampai dengan lubang airflow honeycomb yang berukuran kecil.

Tapi seperti biasa, kebanyakan RDA dari luar negeri sedikit macet di bagian karetnya, mungkin karena panas ketika pengiriman sehingga memuai dan membuat sulit dicabut dan sulit ditutup. Saya mencabut satu dari dua o-ring dan masalah selesai. Bahkan dengan satu o-ring masih sangat kokoh dan 100% normal.

Saya mungkin terdengar malas, tapi Reload S adalah RDA dengan kualitas Reload Vapor yang sudah teruji dan terbukti. Kualitasnya build berada di liga atas.

Deck Reload S

Ya memang harus diakui bagian deck dari Reload S cukup serupa dengan Recurve, mengusung model halfpipe ramp skateboard.

Untungnya Reload S menggunakan hex screw yang membuat instalasi koil berlangsung dengan sangat mudah. Saya mempunyai masalah pada bagian ini di Recurve (baut sulit dikencangkan karena terjebak di lubang yang mungkin tidak terlalu presisi).

Tapi ya untuk orisinalitas dan ide saya harus memberikan poin kepada Recurve. Tidak banyak yang bisa saya bahas di sini, recurve deck. Titik.

Airflow Reload S

Disinilah Recurve S mulai bersinar.

Saya mempunyai beberapa masalah dengan Reload di bagian airflow:

  1. Lubang airflow tidak menutup sempurna.
  2. Terkadang ada semburan udara dingin jika menggunakan simple coil.

Semua ini tidak terjadi di Reload S.

Bahkan Reload S berhasil menambahkan ekstra airflow di bagian bawah, di mana Recurve hanya mempunyai airflow dari samping. Ini membuat Reload S menghembuskan udara dari samping dan dari bawah ke coil.

Reload S Bottom Airflow

Dengan setting airflow terbesar, inhale terasa ringan tapi tidak plong sama sekali, mungkin seperti 1.5 lubang di Goon.

Karakteristik airflow terbilang restricted terlepas dari seberapa besar kamu buka. Karena udara masuk dari samping, menuju bawah, dan lalu ke coil, perjalanan inilah yang menciptakan sensasi restricted. Tidak seperti RDA lain di mana airflow masuk dari luar dan lalu masuk tanpa hambatan dan pengalihan jalur udara.

Jika saya tutup airflow sangat kecil saya mendapatkan draw restricted DTL yang mana cukup menyenangkan untuk menemukan fleksibilitas. Walaupun saya tidak merasa ini adalah RDA yang pas untuk DTL sepenuhnya.

Ini mungkin kekurangan minor namun karena di cat dasar hitam dan menggunakan airflow yang mengalir dari atas ke bawah, kamu mungkin kesulitan melihat seberapa besar airflow terbuka,

Build & Wicking

Build dan wicking terbilang mudah namun dipercobaan pertama kamu harus sedikit mengira-ngira berapa panjang kaki yang dibutuhkan.

Dipercobaan pertama coil saya terlalu tinggi, lalu saya potong sampai akhirnya sedikit lebih pendek dengan tinggi deck. Beberapa orang mengatakan bahwa lebih tinggi sedikit atau lebih pendek sedikit akan meningkatkan rasa. Tapi bagi saya lebih panjang sedikit atau lebih pendek, tidak membawa banyak perubahan.

Reload S Coil Position

Juice well bisa dibilang kecil namun tetap lebih besar dari pada Recurve. Karena desain air low yang tidak langsung dari luar ke dalam, maka kamu dapat meneteskan lebih banyak liquid ketika RDA dalam keadaan tertutup tanpa khawatir liquid akan bocor keluar. Ini sangat membantu juice well yang tidak terlalu besar.

Saya juga biasa tidak membuka cap dari Reload S untuk dripping. Saya langsung lakukan dari lubang drip tip karena liquid akan langsung kena coil dan tidak bocor keluar. Cukup praktis sebenarnya,

Performa Reload S

Singkat kata, Reload S mempunyai performa yang sangat baik. Saya mendapatkan rasa yang akurat dan kuat terlepas dari tipe coil yang saya gunakan.

Saya sudah mencoba Kanthal 24 AWG, fused clapton dan alien. Semuanya terbilang cocok, walaupun saya mungkin tidak menyarankan 26 AWG ke atas, kecuali dibuat spaced coil selebar deck.

Saya akan menyarankan kamu untuk menggunakan setidaknya 24 AWG atau fused clapton dalam penggunaan sehari-hari. Dan jangan takut untuk menggunakan watt yang sedikit lebih tinggi karena Reload S tidak takut panas.

Mungkin ini disumbang dengan bagian dalam airflow yang terpisah, yang membantu mengisolasi panas agar tidak langsung merambat lewat badan RDA.

Reload S Disassembled

Pada saat menulis ini saya sedang menikmati Reload S dengan AWG 24, 3.5mm, 9 lilit. Saya mendapatkan 0.9 ohm dan saya tarik 25 watt. Liquid terasa cukup hangat dan saya bisa mendaptkan seluruh note dari liquid ini. Kenapa saya bisa bilang demikian? Karena saya membuat liquid ini sendiri, saya tahu apa yang saya taruh di liquid ini, keseluruhan 6 perasanya.

Di bulan-bulan lalu saya juga menjajalnya dengan fused clapton dan alien untuk liquid yang lebih sederhana seperti stoberi kiwi. Di watt tinggi, bersiaplah untuk menghadapi liquid yang manis dan pekat di Reload S.

Reload S terbilang cukup fleksibel dan mampu memenuhi semua coil yang saya lemparkan dengan baik.

Tapi saya akan bilang ini, kamu jangan membayangkan rasa dari Reload S akan 2x lipat dari Wasp Nano atau RDA apapun. Flavor tidak bekerja dengan cara demikian di RDA.

Sebuah RDA yang dirancang baik seperti Reload S akan membantu kamu mendapatkan flavor yang seimbang, tapi rasanya tidak akan tiba-tiba mencuat atau layering keluar semua. Dalam pengalaman saya vaping selama bertahun-tahun dengan ratusan liquid dan RDA, tidak ada kejadian di mana 1 RDA terasa 1 layer, dan di RDA lain terasa 5 layer.

Jika kamu ingin mendapatkan rasa maksimal di Reload S atau pun RDA apapun, jangan tarik watt terlalu tinggi untuk liquid yang kompleks, pastikan wicking dilakukan dengan baik, dan airflow tidak terbuka lebar.

Saya akan bilang mendapatkan flavor optimal di Reload S akan cukup mudah dibandingkan, misalnya Wasp Nano yang membutuhkan beberapa eksperimen. Ini adalah salah satu poin terbesar yang bisa kamu dapatkan dari Reload S.

Kesimpulan

Reload S adalah RDA single coil yang cukup luar biasa dan menyelesaikan banyak masalah saya dengan RDA yang saya sudah punya. Jika harganya yang mahal tidak masalah maka ya, saya merasa ini RDA single coil terbaik (dari segala sisi) yang bisa kamu dapatkan untuk sekarang.

Hadaly mempunyai karakter flavor yang lebih tajam yang sering diterjemahkan menjadi flavorful, namun cepat panas dengan coil besar dan sering bocor jika ditetes sedikit agresif.

Wasp Nano juga mirip dengan Hadaly, cenderung cepat panas dan sensitif terhadap coil dan build yang kamu pakai.

Pixie sebenarnya cenderung cukup baik dan saya tidak punya masalah, tapi jika kamu chain vape dengan fused clapton atau coil yang lebih besar maka cepat panas.

Reload S menjawab semua permasalahan ini dengan:

  • Menyediakan deck yang cukup lega untuk coil biasa dan besar seperti fused clapton atau alien.
  • Mempunyai airflow yang dirancang anti bocor walaupun ditetes secara agresif
  • Tidak cepat panas karena bahan cukup tebal dan desain yang menggunakan multiple layer.
  • Tidak pernah ada udara dingin yang lolos tidak melewati coil seperti yang saya alami di Recurve.

Namun jika harganya yang mahal tidak terjangkau, maka saya akan merekomendasikan Wasp Nano atau Pixie, namun ditukar dengan sedikit ketidaknyamanan yang mungkin terjadi.

Jika Reload S saya hilang, maka ya saya akan membelinya lagi tanpa ragu.

  • 9/10
    Build Quality - 9/10
  • 8.5/10
    Deck - 8.5/10
  • 7.8/10
    Airflow - 7.8/10
  • 8/10
    Design - 8/10
  • 8.5/10
    Performance - 8.5/10
  • 8/10
    Value - 8/10
8.5/10

Summary

Reload S memang sedikit mahal (Rp900.000) tapi kamu akan mendapatkan sebuah RDA dengan kualitas yang luar biasa. Selain itu Reload S adalah RDA yang  menyelesaikan banyak masalah saya dengan RDA single lainnya.

Jika uang bukan masalah, tentu saja beli!

55
Leave a Reply

avatar
19 Comment threads
36 Thread replies
7 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
23 Comment authors
AronBagusDikaAndrekkq Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Marf
Guest
Marf

Om pernah pake alexa rda.. Gmna mnrt om? Sklian bagi tip build nya..
Mksh bnyk ok

Arya
Guest
Arya

Ikutan nunggu jawabannya

Rizki Akbar
Guest
Rizki Akbar

Review Reload RTA mas ☺️

Iqbal Nur Bayu
Guest
Iqbal Nur Bayu

Ini dia yg ditunggu tunggu akhirnya muncul juga. Reload Vapor USA emang ga pnh ngecewain klo bikin barang. RDA ini udah masuk wishlist saya klo ntar recurve ama dead rabbit SQ saya udah ngebosenin. Recurve udah menuju k sana nih. Saya udah sebel ama juice wellnya yg dikit terus positioning airflownya juga ga pnh smooth. Thx Om Hendri atas pencerahannya.
Usul om utk next review liquidnya, review liquid rasa thai tea… Jazzy Boba (versi comebacknya stlh sekian lama akhirnya muncul lagi) VS Bumble Tea misalnya.

Kakach
Guest
Kakach

om tes lah liquid buatannya

Oby
Guest
Oby

Lagi nunggu review liquid dari om nih..

Nizar
Guest
Nizar

kalo dibandingkan sama pendahulunya si reload x lebih worth mana om?
sbenernya saya pengennya si reload s eh malah yang kebeli reload x.
kira2 kalo mau pindah ke reload s worth gak dari segala sisi?

Dedy
Guest
Dedy

klo sm recurve nilainya lebih tinggian mana om?

Dedy
Guest
Dedy

bingung nih om mau ambil recurve apa reload s yg sxk..🤔

Jaya
Guest
Jaya

Coba om pakai kawat yg bukan prebuild.
Pake kawat yg lilit sendiri seperti nichrome80 kanthal 24-28 mungkin. Di tunggu hasil testingnya. Trims

renardy graha putra
Guest
renardy graha putra

saya krg suka pake coil” gede om..
mau tnya settingan yg optimal reload s pake khantal/ nichrome awg brp dan brp lilit om?

Irza
Guest
Irza

Wah ulasan yg menarik dan nyaman di baca…, sya sangat beruntung sekali terbawa ke web Om..karena mencari review Reload S yg bikin penasaran, Sya seorang super nubitol..yg belum genap seminggu pakai Rda,prebuild coil, 2 liquid cream dan mod Squonk… Awal sya mencoba hasil dr gear sya.. sya merasa kok gk beda jauh dengan yg saya rasa swktu jaman duluuuu sekali pkai roko elektrik pulpen dengan tank atomizer kecil.. tdk seperti yg sya bayangkan melihat review2 liquid..sampe berlayer2,dan bahkan sya tdk merasakan flavor saat exhale..kecuali rasa manis karena lidah dapet spitback liquid saat ngepuuf dan exhale..ha3 curhat..mungkin sya belum menemukan settingan… Read more »

Ido
Guest
Ido

Om, mau nanya nih. Tentang coil cocoknya apa ya di reload s ini? Saya pake mod drag. Baterai kdest. Lebih ke fused atau alien ya om? Makasih

Tarmidzizubir
Guest
Tarmidzizubir

Maaf oot nih om hendri.
Menurut om haku venna worth ngga dengan harga diatas Reload S? Soalnya gw bingung milih diantara 2 rda ini atau om hendri ada masukan rda single coil di range harga haku venna.
Makasih om

Irza
Guest
Irza

Halo om, untuk yg hitam punya om itu badannya terbuat dari aluminium atau stainless steel hitam?

Adit
Guest
Adit

Halo Om Hendri,

Mau tanya Om, saya nubitol pake mod aegis mini dengan RDA Drop Solo, saya pake pre built coil untuk hariannya. Dari review ini saya penasaran dengan Reload S, tapi sebelum saya coba, menurut Om lebih baik saya upgrade ke reload S atau tidak ya?

Oh ya, beberapa waktu ini saya beli liquid di 8vapor berdasarkan rekomendasi dan review di blog ini. Bener aja mantap betul rekomendasi Om Hendri 👍👍

Ditunggu review liquid selanjutnya Om, sehat dan sukses selalu Om Hendri 👍👍

Bossinod
Guest
Bossinod

hallo om hendri..
ketemu lagi sama saya pengguna pasito..
hehee..

om hendri dpt Origen little dimana?? saya udah pusing nyari² dimana 🙁
saya uda bosen pake pasito.. mau pindah k mod..
nyoba pake iStick Amnis.. rda nya nyoba pake odis rda 16mm.. gasuka mod yg gede² soalnya..
itu bisa ngga bang buat MTL an..
minta rekomendasi settingan bang.. hehee..

terimakasih..

kkq
Guest
kkq

malam om hendri , saya penggemar review ente banget,sangat pas kalo review. sorry oot ya om mau tny2 tp kebetulan lg baca2 review om yg ini hehe ,sebelum maaf lg oot y om, om sering bilanrg coba tarik dengan watt segini segitu, perbedaan di vw dan vv itu dmn y om? enk main watt or volt atau selera ya om? saya bingung saat om hendri blg watt segini dan kalo di mode volt gmn ya? atau harus di itung manual? makasih

Andre
Guest
Andre

Bos kalo sy punya recurve single .. apa worth upgrade ke ini ? Dari segi flavour sy pake single pake alien fused nyaman … cmn kalo liat modenya reload s premium banget jadi pengen…

Dika
Guest
Dika

Halo om saya merasa terbantu bisa baca tulisan dari om, saya mau sedikit curhat… dan minta saran… Saya sudah beli reload S karna baca dan nonton banyak review di utub. Setelah saya beli reload s ini ternyata tidak sesuai ekspetasi saya yang sebelumnya saya masih termasuk golongan pengguna baru yang masih tidak terlalu paham masalah coiling dan ohmlaw dan sebagainya. Bagaimana biar rasa puas bisa muncul dan bisa ngerasain yang namanya layer by layer atau flavor yang tidak cuman hanya blend/oversweet ya om? Adakah gambar seberapa tinggi pendek posisi coil dengan posh kanan kiri deck nya? Coil premade apa yang… Read more »

Bagus
Guest
Bagus

Tambah bersemangat untuk menabung buat beli reload s… Review nya mantap banget om… Sampek merinding baca nya.. bisa detail gitu.. hahah.. btw.. ni q pake wotofo recurve dual mod vandvape swell.. setingan yg mantap di di buat single coil gmn om?makasih sebelumnya om…