Review Pixie RDA Vapefly – Pintar, Enak & Murah

Hendri Salim Atomizer, RDA, Single Coil 4 Comments

Semenjak saya mencoba dan mulai aktif menggunakan salt nic, Galaxy MTL RDA menjadi salah satu wish list saya. Namun saya belum sempat membelinya sampai sekarang.

Secara kebetulan Vapefly menghubungi dan menawarkan untuk mengulas produk mereka. Seketika saya menyebutkan Galaxy MTL RDA please, namun ternyata yang dikirim adalah Galaxy MTL RDTA dan Pixie RDA.

Mungkin sudah takdirnya saya memang harus membeli Galaxy MTL RDA saya sendiri. Tapi ternyata ini adalah blessing in disguise karena saya dipertemukan dengan Pixie RDA. Sebuah RDA single coil yang sudah saya pakai non-stop selama 2 minggu ke belakang ini.

Pixie RDA mempunyai flavor yang enak, namun bukan RDA single coil terbaik untuk urusan flavor. Saya masih harus memberikan gelar itu kepada Hadaly atau O-Atty.

NAMUN, dan ini namun yang besar, Pixie RDA menyelesaikan banyak masalah yang saya hadapi dengan berbagai single coil RDA (termasuk Hadaly) dan tetap memiliki flavor yang luar biasa.

Kelengkapan Pixie RDA

Apa yang akan kamu dapat:

  • 1x Pixie RDA
  • 1x squonk pin
  • 2x hex screw
  • 1x T screw drivers
  • 1x hex screwdriver
  • 1x airflow slot
  • 2x piece firebolt cottons
  • 2x fused clapton Ni80
  • 5x o-rings

Impresi awal? Pixie RDA datang dengan paket yang lengkap!

Mulai dari tambahan airflow slot yang nanti saya jelaskan sampai dengan cotton dan coil. Biasanya saya tidak akan memakai cotton yang disediakan, namun mereka memberikan 2 buah Firebolt Cotton sample, cukup lumayan,

Pixie Kelengkapan

Saya mencoba sebentar coil yang disediakan dan rasanya cukup ok. Tentu saja saya mencucinya terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada oli mesin yang tertinggal. Saya hanya menggunakannya sebentar karena menurut saya Pixie RDA mempunyai potensi dengan coil yang lebih besar.

Ini mungkin terdengar biasa saja, tapi dengan dua coil dan dua cotton (saya menggunakan 1 cotton untuk dua kali wicking) saya tidak perlu membeli atau membuat coil sampai setidaknya tiga minggu.

Kualitas Build Pixie RDA

Ukuran dari Pixie RDA terhitung kecil tapi tidak sangat kecil, sama persis dengan Hadaly atau Citadel.

Pixie RDA terbagi atas tiga besar:

  • base (post).
  • middle cap.
  • top cap, dan
  • drip tip.

Untungnya tidak ada masalah sama sekali dengan bagian middle cap ketika kamu mencabut top cap untuk meneteskan liquid. Tidak seperti Layercake di mana middle cap ikut tercabut atau bergerak sehingga kedua cap harus disesuaikan setelah menetes.

Vapefly Exploded View

Middle cap Pixie sangat kokoh dan bahkan sedikit sulit dicabut, yang dalam kasus ini sebenarnya cukup membantu.

Bagian atas dari top cap mempunyai tambahan delrin, bagian ini membatasi antara top cap dengan drip tip sehingga panas tidak menyebar ke bagian mulut.

Pada prakteknya saya tidak merasakan panas, walaupun menggunakan coil besar (triple core fused clapton). Tapi perlu dicatat saya tidak menggunakannya untuk vape chain gila-gilaan.

Pixie RDA dibuat dengan sangat presisi, kualitas machining terbilang sangat sangat baik. Tidak ada kecacatan sedikitpun, semua lekuk dan bagian terlihat sesuai dengan design dan tidak ada bagian berlebih.

Pixie Gallery

Tidak terlihat super high end memang, namun sangat baik dengan harganya yang hanya sekitar Rp250.000, saya cukup terpukau sejujurnya. Apa lagi dengan air slot yang dapat ditukar, presisinya terbilang bagus tidak terlalu kendor atau ketat.

Mungkin bagian yang saya tidak suka dari Pixie adalah tulisan PIXIE di RDA. Masalahnya adalah tulisannya tidak dapat terbaca dengan mudah karena menggunakan gaya penulisan tangan, namun beberapa huruf terlalu menumpuk.

Selain ini? Pixie RDA adalah rda single coil yang sangat luar biasa dalam urusan build quality jika dibandingkan dengan harganya.

Deck Pixie RDA

Deck Pixie terbilang unik karena hanya ada satu post yang berada di satu sisi. Namun ketika kamu taruh coil maka coil akan berada tepat di tengah.

Proses memasang coil terbilang sangat mudah, terutama karena disediakan panduan dalam bentuk lekukan. Cukup taruh coiler di antara lekukan ini dan coil kamu dijamin berada di tengah dengan ketinggian yang optimal (menurut Vapefly). Jadi kamu tidak perlu lagi menduga-duga tinggi coil untuk mencari setting paling optimal. Newbie friendly!

Pixie Deck

Cap bagian tengah pun mempunyai pengunci, jadi airflow di jamin lurus. Hal-hal kecil dan detail ini membuat Pixie sangat mudah untuk digunakan, pemula juga tidak perlu melakukan banyak eksperimen.

Satu hal terakhir yang saya suka adalah bagian bawah post deck dikelilingi oleh insulator, ini mencegah rambatan panas coil menyebar keseluruh RDA, dan jikapun itu terjadi bagian delrin di bagian top cap akan menjadi bagian kedua untuk mencegah panas menyebar.

Airflow Pixie RDA

Dari keseluruhannya, airflow adalah bagian yang menurut saya paling unik dari Pixie RDA.

Kamu mempunyai 2 airflow slot yang dapat kamu ganti sendiri. Yang pertama adalah airflow dengan 3 lubang (seperti Goon) dan yang kedua adalah airflow dengan 1 lubang besar (seperti Druga).

  • Dengan airflow 3 lubang kamu dapat menggunakannya dengan 3 cara:
    • 3 lubang: Tidak plong, tidak restricted, pas untuk single coil.
    • 2 lubang: restricted, rasa meningkat.
    • 1 lubang: cukup restricted hampir mouth-to-lung, pas untuk liquid dengan PG dan watt rendah
  • Dengan airflow 1 lubang besar, kamu bebas mengatur seberapa besar dengan memutar top cap, seperti Druga
    • Dalam posisi terbuka lebar: airflow terasa plong, cloud banyak, dan flavor menipis
    • Dalam posisi terkecil: sangat restricted, lebih restricted dari konfigurasi 1 lubang.

Pixie Air Flow Option

Favorit saya adalah menggunakan airflow 3 lubang terbuka seluruhnya untuk coil besar, atau 1 lubang, simple coil, dengan watt kecil untuk liquid PG tinggi saya seperti Five Pawn.

Airflow Pixie mengarah miring ke bawah, mencegah liquid bocor ketika squonk. Terbukti, ketika squonk secara normal liquid tidak keluar dari airflow. Namun ini bergantung kepada design dari botol squonk kamu juga.

Saya sangat puas dengan konfigurasi airflow yang disediakan. Dulu saya harus berganti RDA jika ingin menggunakan liquid dengan PG tinggi atau watt rendah, tapi dengan Pixie RDA saya hanya membutuhkan 1 RDA.

Potensi Masalah Design Airflow

Ada satu hal yang mungkin mengganggu kamu, dan ini adalah posisi airflow. Karena hanya ada satu airflow maka posisi optimalnya adalah menghadap atas atau bawah. Namun dibeberapa RDA, airflow dapat menghadap kiri atau kanan.

Lihat gambar di bawah.

RDA Pixie Air Flow

Jika dalam posisi kiri, maka harus diakui pengalaman vaping sedikit aneh. Kamu bisa merasakan udara masuk seiring inhale,  namun hanya dari kiri atau kanan saja. Saya kurang menyukainya, walaupun lama-lama cukup terbiasa. Namun beruntung bagi saya, RSQ adalah pasangan yang tepat untuk Pixie.

Sayangnya tidak ada cara pasti untuk memberi tahu kamu apakah Pixie akan tepat lurus di mod kamu atau tidak.

Pixie RDA juga mempunyai juice well yang cukup lumayan, sehingga tidak harus mengandalkan squonk seperti Recurve. Saya bisa menyisakan sedikit liquid di juice well tanpa khawatir bocor lewat lubang airflow.

Performa Pixie RDA

Singkat saja, cukup luar biasa.

Mungkin tidak setajam (vivid & bright) Hadaly atau O-Atty, tapi saya merasa puas. Flavor cukup intens dan juga padat ketika menggunakan airflow 1 lubang.

Liquid Nude POM yang saya gunakan mempunyai 3 rasa, nanas, jeruk dan mangga. Saya bisa merasakan profil rasa yang sama ketika saya menggunakan Reload X, maupun Hadaly. Sangat fruity, dengan finishing rasa jeruk di ujung exhale.

Dibanding dengan Reload X, tentunya dual coil lebih padat dan vivid, namun dibanding dengan Hadaly yang merupakan jagoan saya, Pixie terbilang sangat mirip. Sedikit lebih soft/laidback dalam rasa, namun ditukar dengan airflow yang lebih smooth.

Ini juga didapat dengan setup yang mudah mengikuti panduan dari Pixie yang mana ada nilai besar untuk Pixie RDA.

Sebagai kesimpulan Pixie RDA menjawab masalah saya dengan kebanyakan RDA single coil:

  • Juice well yang cukup lega
  • Pemasangan coil yang mudah dan disediakan banyak panduan di RDA
  • Airflow yang sangat fleksibel dan smooth
  • Tidak cepat panas lewat insulasi post dan delrin dibagian top cap

Kesimpulan Pixie RDA

Dengan harganya yang hanya Rp250.000 saya sangat puas. Pixie RDA walaupun kecil, namun penuh dengan fitur dan menunjukkan rancangan RDA yang cukup matang.

Kekurangan satu-satunya adalah posisi airflow yang mungkin tidak akan pas untuk mod kamu, tapi bagi saya sempurna di RSQ. Terlepas dari ini, Pixie RDA adalah RDA single coil yang akan saya sarankan ke siapa saja baik pemula ataupun pro yang ingin beristirahat dari dual coil.

Tunggu Dulu … Belinya Di Mana?

Sampai tulisan ini dimuat, Pixie RDA tidak tersedia secara luas di Indonesia. Lalu bagaimana belinya? Saran saya adalah membelinya di 3fvape. Saya tidak akan menyarankan sesuatu yang tidak pernah saya coba, saya sudah beberapa kali berbelanja di 3fvape dan tidak ada masalah.

Ongkos kirimnya? Gratis :).

Namun harus menunggu sekitar 2-4 minggu saja.


Terima kasih kepada Vapefly yang telah menyediakan Pixie RDA . Keseluruhan ulasan ini tetap dilakukan dengan standar editorial VapingJKT yang independen tanpa intervensi atau pengubahan dari sponsor.

  • 8.5/10
    Build Quality - 8.5/10
  • 8/10
    Deck - 8/10
  • 8.5/10
    Airflow - 8.5/10
  • 8.5/10
    Design - 8.5/10
  • 8.5/10
    Performance - 8.5/10
  • 8.8/10
    Value - 8.8/10
8.6/10

Summary

Pixie RDA adalah RDA kecil yang dipikirkan dengan matang. Pixie berhasil menjawab beberapa masalah saya dengan RDA lain seperti airflow yang fleksibel atau  juice well  cukup lega, di saat yang bersamaan masih dapat memberikan flavor yang luar biasa.

Dengan harganya yang murah sekitar Rp250.000, saya dengan mudah merekomendasikan Pixie RDA kepada siapa saja yang sedang mencari single coil RDA.

Sending
User Review
7.17/10 (3 votes)

4
Leave a Reply

avatar
6 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
4 Comment authors
FelicitusHendri SalimPepegaApe Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Ape
Guest
Ape

Om nanya dong, tapi rada melenceng dari judul, tadi semepet liat website om Hendri sampe belakang, semepet penasaran sama Liquid Mangopen, apa liquid itu masih jadi liquid mangga ter enak buat om? saya baru abis sebotol Lunar sweet mango, saya suka manisnya tapi rasaya mangga kweni, saya pikir lebih enak lagi kalo rasa mangga harumanis.. ada saran om?

makasih

Pepega
Guest
Pepega

Om out of topic nih,request review bonza 1.5 dooong pls

Felicitus
Guest
Felicitus

Halo om, kalo pixie diadu dengan dpro mini apakah lebih unggul?saya lagi nyari rda single coil yang flexible untuk liquid salt nic dan bisa juga untuk liquid biasa, ada saran?thanks!