Charles Dinsmore Reserve | Featured

eLiquid

Review Charles Dinsmore Reserve – Liquid Tembakau Bourbon Mewah

2 Jun , 2018  

Saya adalah vaper yang menyukai liquid yang kompleks. Liquid seperti ini menggelitik otak saya untuk terus bertanya-tanya apa saja yang ada dalam liquid ini, menciptakan kesenangan tersendiri. Hari ini saya menemukan lawan yang sangat berat, liquid ini bernama Charles Dinsmore Reserve.

Saya sebut liquid yang berat karena liquid ini sangatlah kompleks sampai saya tidak bisa merasakan semua rasanya secara tepat. Ini merupakan liquid tembakau turki yang dicampur dengan Bourbon, vanilla, toasted almond, pastry, dan kelapa. Saya belum selesai, kemudian liquid ini didiamkan dibarel kayu prancis dan sekali lagi di di barel kayu Amerika. Saya bahkan membutuhkan satu paragraf untuk menjelaskan komposisinya.

Tapi seperti apa rasanya? Itu yang akan kita bahas hari ini.

Begitu botol dibuka wangi pekat Bourbon dan kelapa langsung semerbak. Sekilas mengingatkan saya kepada Castle Long dari Five Pawn yang kurang lebih memiliki profil yang sama.

Di exhale kamu langsung disambut dengan rasa Bourbon yang cukup pekat, lalu disusul dengan tembakau tipis dan sedikit hint almond. Harus saya bilang rasa almond sangat smooth dan dibeberapa kesempatan saya hilang track dengan rasa kacang almond toasted ini. Tapi yang jelas ada rasa nutty smooth yang mengiringi. End note berakhir dengan manis yang minim dan gurih.

Butuh beberapa kali exhale untuk mulai mengenali pastry dan coconut di exhale. Ajaibnya adalah jika kamu melakukan exhale panjang maka rasa bourbon akan menipis dan rasa pastry/biskuit serta kelapa mulai mengambil alih, memuncak dan lalu menghilang lagi. Cukup luar biasa untuk akhir exhale yang sama kompleksnya dengan awal exhale. Saya tidak pernah mencoba liquid seperti ini.

Walaupun cukup mirip dengan Castle Long, namun sentuhan tembakaunya memberi warna yang cukup berbeda. Tembakau yang digunakan adalah tembakau turki, mirip dengan Tripoli. Tembakau ini terbilang ringan dalam hal intensitas, namun cita rasanya sedikit pahit dan earthy serta spicy. Jika di kopi maka ini bisa terbilang blond roast.

Bourbon juga sama smooth-nya dengan hint vanilla yang cukup terasa bercampur dengan Bourbon. Namun lagi-lagi tembakaunya membuat end note Bourbon ini sedikit pahit khas tembakau. Rasa pastry-nya tidak jelas apa, mungkin seperti biskuit tipis kering dengan taburan kelapa yang cukup banyak. Namun rasa ini tidaklah kuat, sangat smooth. Seperti memakan biskuit kelapa namun selembut tahu, mungkin jika ada panacota dengan rasa biskuit kelapa maka saya akan mempunyai perbandingan yang benar.

Setelah hampir setengah botol, saya mulai bisa berkonsentrasi ke aspek lain yaitu barel kayunya. Ini memberikan sedikit rasa oaky, woody, dan smokey, dalam bentuk hint sehingga tidak mendominasi rasa utamanya. Saya sama sekali tidak bisa membedakan antara French Oak dan American Oak. saya tidak sejago itu, namun yang pasti rasa oaky-nya cukup mirip dengan Bourbon yang biasa saya nikmati.

Versi yang saya beli adalah versi 3mg karena kehabisan versi 6mg. Throat hit  ada namun presentasi sangat smooth, chest hit juga ada namun minimal. Jika biasanya di liquid 3mg kita pada dasarnya tidak dapat mengenali throat hit dan chest hit, maka di liquid ini kamu bisa mengatakan ada, namun tidak kuat.

Liquid ini saya beli di MOVI, saya langsung katakan saja, karena sepengetahuan saya tidak ada penjual lain. Harganya terbilang cukup premium yaitu Rp325.000 untuk 60ml. Menurut saya pribadi harganya masih oke dengan rasa dan sensasi kompleksnya, namun tentu saja saya juga tidak kuat untuk membelinya setiap bulan, tapi sesekali bolehlah.

Jika kamu mencari liquid Bourbon yang fokus kepada Bourbon dan seluruh sensasi meminum Bourbon (seperti muka tebal sampai dengan sensasi lidah yang terbakar kecil) maka Castle Long adalah liquid yang lebih baik.

Namun Charles Dinsmore Reserve menawarkan rasa tembakau dan pastry yang tidak ada di Five Pawn. Bisa dibilang Charles Dinsmore Resever lebih sulit untuk dinikmati, terutama end note yang juga cukup pahit. Namun setelah kamu mengerti bagaimana cara menikmatinya maka liquid ini terbilang luar biasa.


3
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
1 Thread replies
2 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
Bobby CahyadiSergioSigit Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Sigit
Guest
Sigit

Review aspire breeze 2/pod system lainya dong bro Dan liquid saltnic nya. Keep the good work 👍

Sergio
Guest
Sergio

Broo, ada rekomen liquid susu yg oke menurut ente nggaa ? Lokal atau us ngga masalah hehehee sekalian storenyaa. Terimakasihh broo

Bobby Cahyadi
Guest
Bobby Cahyadi