Bowdens Mate Featured

Review Bowden’s Mate – Liquid Chocolate Mint Premium!

Hendri Salim eLiquid, Freebase 24 Comments

Saya masih dalam misi mencoba semua liquid Five Pawns dan hari ini menu kita adalah Bowden’s Mate.

Di botolnya tertulis “Mint, Vanilla & Chocolate Flavored”, nah pikiran saya langsung melayang kepada es krim di Singapore yang mereka jual dengan harga $1, biasa disebut ice cream uncle. Kebetulan rasa favorit saya adalah mint chocolate, jadi ini akan cukup menarik untuk saya bandingkan.

Saya akan menebak bahwa Bowden’s Mate akan terasa kurang lebih sama dengan ice cream uncle.

Dan…. saya benar. Kebanyakan liquid dari Five Pawns adalah liquid yang unik dan bahkan aneh. Ada Blood Orange, ada espresso dengan jamur, dan ada rasa alkohol dengan biskuit kelapa. Jadi sebenarnya Bowden’s Mate cukup mengecewakan karena tidak ada yang aneh atau nyeleneh.

Untungnya kekecewaan saya dibalas dengan kualitas liquid yang menurut saya luar biasa.

Di exhale pertama saya lupa untuk menurunkan watt, saya lupa bahwa ini adalah liquid Five Pawns yang tidak membutuhkan watt tinggi. Tenggorokan langsung sakit seperti disengat dingin, ini juga terjadi dengan Gambit. Mungkin karena kandungan PG yang  mencapai 50% dalam liquid Five Pawns ini.

Menurunkan watt bukan saja mengurangi sakit tenggorokan namun juga membuat rasanya lebih merata di setiap layer. Aktor utama adalah mint yang dingin dan itu cukup konsisten baik di watt sedang atau watt tinggi.

Saya bisa merasakan rasa mint yang cukup intense, di dorong dengan dingin yang terhitung sedang-tinggi, dan sedikit sekali menthol. Mint sendiri tidaklah terlalu dingin, namun rasanya Bowden’s Mate meminta bantuan dari Koolada.

Koolada (netral) akan membuat dingin namun tidak terlalu mempengaruhi rasa. Sehingga rasanya tidak seperti sirup batuk yang dinginnya berasa dari menthol. Walaupun begitu saya tetap merasakan adanya sedikit menthol di ujung, sangat sedikit sekali dan ikut membuat rasa segar.

Kalau kamu tidak suka menthol, jangan khawatir. Kekuatan rasanya sangat minor dan terkadang bisa diabaikan.

Seiring exhale rasa coklat juga akan menemani. Ini bukanlah rasa coklat murahan, rasanya cukup akurat seperti bubuk kokoa. Karakter coklatnya cukup kuat, pahit manis. Yang menarik adalah setelah exhale, saya mengeringkan mulut dengan cara menelan ludah, dan rasa kokoa seperti tertinggal di mulut.

Five Pawns menyebutkan rasa vanila, namun menurut saya rasa vanilanya malah sulit untuk dipisahkan. Mungkin lebih tepat jika saya sebut vanilanya termanifestasi dalam bentuk vanilla cream yang dicampur dengan coklat. Ini juga bisa menjelaskan mengapa coklatnya memiliki sedikit hint susu/cream.

Saya mungkin terlalu analitikal, tapi rasanya akan persis terasa seperti ice cream chocolate mint rumahan. Tapi jangan samakan dengan ice cream instan di supermarket yah.

Saya pertama menjajalnya di RDA dual coil, dan walaupun rasanya sangat intense, saya malah merasa terlalu pekat. saya  menemukan bahwa single coil di Reload X, membawa liquid ini lebih bersinar. Sebuah rasa coklat mint yang akurat, kuat dan juga seimbang.

Harus diakui walaupun saya tidak menyesal membelinya dengan harga Rp350.000, namun seharusnya ada alternatif yang lebih murah. Ini bukanlah liquid yang luar biasa kompleks atau sulit karena sudah ada banyak ice cream atau coklat batangan dengan rasa serupa.

Bowden’s Mate adalah liquid yang enak, seimbang, dan dibuat dengan kualitas terbaik. Tidak ada komponen yang terasa artifisial. Tapi jika ada alternatif yang lebih murah saya akan dengan senang hati membelinya karena rasanya saya sudah ketergantungan terhadap liquid ini.

 

  • 9/10
    Flavor - 9/10
  • 8.5/10
    Complexity - 8.5/10
  • 9/10
    Intensity - 9/10
  • 8/10
    Value - 8/10
8.6/10

Summary

Bowden’s Mate memang bukan liquid yang aneh karena sudah banyak ice cream atau coklat dengan rasa yang sama.

Namun yang pasti adalah pengalaman vaping yang diciptakan sangat luar biasa. Akurasi dari rasa sangat akurat dan tidak terasa artifisial. Liquid ini cukup dingin dan segar, sangat pas dikonsumsi setelah makanan berat.

Hanya saja yang merasa karena rasa ini sudah cukup umum, harusnya ada liquid lain yang menawarkan rasa yang kurang lebih sama dengan harga yang lebih murah.

Profil Rasa Manufaktur

Inspired by the after-dinner mint, this flavorful chocolate is sharpened by crisp mint, ending with a touch of French Vanilla. Seductive yet soft, with a refreshing effervescent note.

VG/PG: 50:50
Ukuran: 60ml
Asal: USA

Sending
User Review
8.5/10 (2 votes)

24
Leave a Reply

avatar
13 Comment threads
13 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
12 Comment authors
Feno WibowoElialPutraWahyuThomas Nugroho Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
jafar faris
Guest
jafar faris

Iya om klo ngevape pake liquid yg hampir setara RDA ini bisa bocor kantong hehe
kira2 ada alternatif yg lokal ga? biar ga jebol kantong hehe
sama mau tanya satu lagi tanya liquid naked yg mantep yg fruity bisa kasih rekomend?
THX gan

Bray
Guest
Bray

Om Hendri klo liquid yang profil rasanya coklat2 kaya ini yang harga di bawah nya apa yah om rekomendasi nya?

ardy
Guest
ardy

Mungkin ga chocolicious bisa dibilang versi generik dari Bowden’s Mate?

Om Jahat - Sahabat Karib vapingjkt
Guest
Om Jahat - Sahabat Karib vapingjkt

5P apa ada produknya yang zonk ? buat saya, tidak. Sejauh nyoba yang signature family, dari segi taste lux semua. Wajar kalo dibilang ga akan ada rasa yang nyamain 5P di pasaran. Memang bicara soal rasa selalu berkarakter banget. Klo BowMate, saya coba di RDA Hadaly. Mod Paranormal, Coil Fuse Clapt, watt 55,5. Ohm 0.22 Rasa mint nya jadi luar biasa kenceng (tapi sangat fresh, pdhal saya bukan vaper yang suka dengan rasa mint dan menthol), sampe saya keteteran untuk nemuin choco sama vanilla nya. Next target, tinggal nyari yang Label” Merah-Biru dari 5P family. Oya, om hendry, daily likuidnya… Read more »

Agus budo prayoga
Guest
Agus budo prayoga

Keep posting om saya suka tulisannya to the point dan hampir menjawab semuanya

Levi
Guest
Levi

Sekarang pake reload x terus ya om? Goon nya dianggurin kah? Btw om , ane ada rencana upgrade rda nih, skrg pake drop dead. Csmnt apa reload x ya?

Thomas Nugroho
Guest
Thomas Nugroho

Hallo ada yg bisa ngasih toko yg recom di toped ato bukalapak utk cari liquid2 nya vapingjkt ? Susah cari kalo di offline. Aq di kota malang bro. Thx

Wahyu
Guest
Wahyu

Misi bang, mau nanya2 nih. Maaf melenceng… Saya mau nanya mengenai RDA, ,,
Menurut abang, heat sink yg banyak dijual online itu efektif bisa ngurangin panas RDA ga sih bang????
Gini, kemarin saya nyari2 MOD kit. Saya liat teslacigs biturbo, (kalo ad yg udah masukin barang ini ke keranjang online, coba nunggu review nya dulu dr situs ini 😁). . . .
Karna ngliat designnya yg anti mainstream, saya lgsg beli via online tanpa liat review nya. Saya pake ini MOD cuma 3 hari, karna ga kuat panasnya, rasa liquid jadi ilang . . Mungkin abang bisa bantu kasih solusi.
Terima kasih sebelumnya.

Putra
Guest
Putra

Om hendri mumpung lagi bahas liquid chocolate. Saya mau tanya liquid chocolate kacang yg recommended apa aja ya om? Baik lokal maupun us. Tks om

Elial
Guest

Kira² yang lokal n lebih masuk dikantong (pastinya) apa ya om… Yg gk jaub beda sama choco mint ini?

Feno Wibowo
Guest
Feno Wibowo

Senang rasanya baca review BowMate sambil nyedot BowMate 😁
Btw BowMate dipake di RTA Pico V2 semi MTL sensasinya lebih aduhai om Hen.. coba deh..
Wuenak bingits.. 🤤