Black Note Quartet | Featured

Review Black Note Quartet – Liquid Tembakau Termahal di Dunia

Hendri Salim eLiquid 7 Comments

Menyebut Black Note Quartet sebagai liquid tembakau termahal di dunia memang cenderung relatif. Namun dengan harga yang mencapai Rp350.000 untuk 30ml, saya rasa cukup pantas untuk memberi gelar itu kepada Quartet.

Sebagai gambaran jika kita bandingkan dengan rata-rata eliquid 60ml maka Black Note Quartet 60ml akan berharga Rp700.000.

Saya merasa ulasan ini tidak akan terlalu berguna karena liquid ini tidak beredar luas di pasaran. Ketika masuk pasaran biasanya ludes dalam hitungan hari, karena jumlahnya sangat sedikit dan banyak orang yang penasaran. Tapi izinkan saya berbagi pengalaman menghabiskan Black Note Quarter 30ml ini kepada kamu.

Mengapa Liquid Black Note Quartet Semahal itu?

Quartet dan beberapa varian lainnya seperti Prelude atau Sonata adalah eliquid keluaran Black Note. Produsen yang satu ini mengambil rute berbeda dengan kebanyakan produsen liquid yang ada.

Black Note memilih sendiri tembakau mereka dan memastikan tembakaunya natural (bukan GMO). Mereka kemudian mengeringkan, memilah, mengasapi dan lalu mengambil ekstrak dari tembakau ini untuk kemudian dicampur dengan PG dan VG. Jadi tidak ada perasa, pemanis, atau pewarna. Rasa yang ada di dalam liquid ini 100% berasal dari tembakau asli.

Black Note Expensive

Selain itu mereka juga mempunyai berbagai laporan hasil tes laboratorium yang menyatakan bahwa Black Note Quartet bebas dari Diacetyl, Ethylene Glycol, dan bahan-bahan lain yang berbahaya. Jadi ini adalah eliquid yang perasa alami dan menjalani proses laboratorium yang menyeluruh dengan jaminan kualitas terbaik dari yang terbaik.

Selain itu kayu yang digunakan dalam Quartet adalah kayu langka. Selama bertahun-tahun pemerintah Suria beserta para petani bermain kejar-kejaran. Karena permintaan tinggi dan suplai rendah, ditakutkan pohon yang digunakan dalam pembuatan Latakia akan mengalami kepunahan.

Black Note Quartet – Tembakau yang Super Kompleks

Siap mendengar profil tembakau yang paling menggoda yang pernah kamu baca?

Black Note Quartet adalah liquid tembakau Latakia yang berasal dari Suriah. Tembakau ini melalui proses pengeringan dengan cara penjemuran matahari, kemudian diasapi (pengasapan) menggunakan Valonia oak, Aleppo pine, Lebanon cedar, Greek juniper, diakhiri dengan beberapa herb aromatik.

Black Note Process

Latakia sendiri bukanlah jenis tembakau, namun proses yang dilakukan untuk membuat tembakau Latakia seperti pengasapan dengan jenis kayu tertentu dan penjemurannya.

Saya tidak pernah mencoba, melihat, memegang apapun yang disebutkan di atas. Jadi bagaimana saya bisa membayangkan sesuatu yang tidak saya ketahui? Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa!

Kesalahan Pertama: Alien Dual Coil

Tidak ada orang yang memberi tahu saya bagaiman cara menikmati liquid 6mg ini. Jadi saya build dual coil alien 0.15 dengan dan kapas yang baru. Kemudian saya tetes Black Note Quartet, membiarkannya 3-5 menit, melakukan beberapa firing pemanasan dan menarik inhale panjang pertama saya di 65 watt.

Di exhale pertama saya langsung batuk. Liquid yang satu ini mengagetkan saya dengan throat hit dan chest hit (dada sesak) yang luar biasa. Ini adalah liquid 6mg paling galak yang pernah saya coba mengalahkan apapun termasuk Charlie Noble yang sudah galak. Jika kita sandingkan dengan liquid lokal mungkin setara dengan 9mg atau bahkan 12mg. Saya terpaksa menurunkannya ke 45watt, untuk dapat mulai menikmatinya.

Otak saya digelitik dengan banyak rasa baru yang belum pernah saya rasakan. Saya tahu ini liquid tembakau, tapi tidak seperti tembakau apapun yang pernah saya rasakan.

Rasa tembakau jelas ada, dominan dan kuat. Ini seperti mengunyah tembakau langsung tanpa menambahnya dengan cream, vanilla, blueberry atau rasa-rasa lain. Ini adalah sebuah rasa tembakau dan hanya tembakau.

Black Note Quartet

Tepat menyusul di belakang adalah rasa bakaran yang kuat, seperti mencium kertas dan kayu terbakar. Sangat woody, earthy, dan di saat yang sama berasap sekali. Ini seperti pesta bakaran tembakau di mulut!

Puluhan exhale dan saya mulai mual. Kamu mungkin membayangkan sebuah rasa yang meledak di mulut, memang iya, namun rasanya sangat intens (belum lagi chest hit yang tinggi). Tidak semua orang suka dengan rasa tembakau dan kayu di bakar di mulut mereka.

Saya bisa bilang menikmati Black Note Quartet seperti meminum bir atau wisky untuk pertama kali. Tidak ada yang suka pada awalnya, namun seiring waktu dan belasan botol, bir dan whisky terasa lebih enak dari apapun.

Itu yang saya rasakan dengan Black Note, aneh dan enek di awal namun berakhir dengan cinta sampai tetes terakhir.

Sempurna untuk MTL (Mouth to Lung)

Setengah botol terakhir saya habiskan di RDA MTL dan menurut saya ini adalah cara terbaik untuk menikmatinya. Throat hit dan chest hit tetap ada, rasa turun sedikit namun ini adalah liquid yang kental rasa jadi tidak banyak yang hilang. Dengan air flow yang sangat restricted, saya merasa sedang menikmati tembakau pipe yang sangat klasik dan juga tua.

Di titik ini saya lebih percaya diri untuk menjabarkan rasanya walaupun tetap sulit. Ini usaha terbaik saya untuk menjelaskan liquid tembakau ini.

Pertama, rasa tembakau yang ada tidak seperti rasa tembakau apapun. Terbilang sangat bold dan sangat earthy, note akhirnya berakhir cukup pahit. Tidak ada rasa cream atau vanilla di sini untuk menyelamatkan kamu di ujung exhale. Kamu harus benar-benar menyukai tembakau dalam bentuk aslinya. Mirip dengan rokok tanpa rasa.

Kedua, rasa asap, herbal aromatik sangat tipis dan rasa kayu mulai menyelimuti tembakau ini. Jika kamu menyukai whisky, wine atau bourbon maka kamu dapat mengenali rasa oak dalam liquid ini, tapi bayangkan setidaknya 5x lebih kental. Ini bagian pemungkas yang membuat liquid ini luar biasa.

Ada begitu banyak rasa namun juga sulit dikenali secara terpisah. Bau dari kayu terbakar, daun tembakau terbakar, asap dari pembakaran kayu yang wangi, sedikit pedas seperti merica, sedikit rasa kapas terbakar dan sedikit manis namun sangat malu-malu dan manisnya seperti berasa dari kayu (saya tidak tahu apakah itu masuk akal untuk kamu).

Seiring saya menulis ini Black Note Quartet hanya tersisa belasan tetes lagi. Ini akan menjadi perpisahan yang sulit namun sebuah pengalaman vaping yang sangat menyenangkan. Penyesalan saya satu-satunya adalah menghabiskan 50% liquid sia-sia karena saya mencari cara terbaik untuk menikmatinya.

Satu peringatan penting untuk kamu. Mata kamu mungkin berbinar membaca ulasan ini, karena memang ini liquid yang enak sekali. Namun ini bukan liquid untuk semua orang, bahkan untuk orang yang merokok (sudah saya tes ke beberapa perokok) pun rasa Black Note Quartet dapat terlalu kuat, kompleks dan terlalu smokey. Tapi saya adalah orang yang mencintai liquid dan liqour yang kompleks dan ini adalah surga bagi saya.

Memiliki Black Note Quartet seperti membeli sebuah Wisky mahal yang kamu taruh di rak minuman. Sesekali dalam 1 minggu kamu minum sedikit dan menikmatinya dengan santai dan itulah yang saya lakukan dengan Black Note Quartet. Perfect dan lebih enak dari merokok.

  • 10/10
    Flavor - 10/10
  • 10/10
    Complexity - 10/10
  • 10/10
    Intensity - 10/10
  • 8.5/10
    Value - 8.5/10
10/10

Summary

Ya ini liquid tembakau yang sempurna apa lagi yang perlu saya tulis.

Sempurna!

Profil Rasa Manufaktur

Quartet incorporates the four elements of sun, fire, earth and air to produce a rich, intense smoky-peppery tobacco. The blend embraces the Syrian Latakia process of sun-curing the tobacco, then smoke-curing over controlled fires of Valonia oak, Aleppo pine, Lebanon cedar, Greek juniper and indigenous aromatic herbs. The result is a powerfully distinct symphonic delight for the senses.

VG/PG: 50:50
Ukuran: 30ml
Asal: Itali

Sending
User Review
9.5/10 (1 vote)

7
Leave a Reply

avatar
5 Comment threads
3 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
4 Comment authors
NugroLabidHendri SalimOm Jahat Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Om Jahat
Guest
Om Jahat

Gw harus cariiiiiii…….
Nice info om shifu 😍

Om Jahat
Guest
Om Jahat

New holyscript ni.
Segera di cariiiii….
Hahaaa…. Nice om shifu

Labid
Guest

Whoa
Ulasan yang sangat menarik dan berhasil menggambarkan liquidnya. Gua tertarik mencobanya om.
Kalo ini 50:50 blend pasti bakal gua hajar di Cresent genesis gua nih

Nugro
Guest
Nugro

Om Hendri,
Liquid yg berani claim aman spt Black note ini apa ya? Kalo ada apakah sudah beredar di pasaran? Tq Om..