Review Aspire K1 Stealth Kit – Jiwa Vape Pen Dalam Raga Baru

Hendri Salim Atomizer, Mod, Pod 17 Comments

Aspire mengatakan jika kamu menginginkan vaping yang tersembunyi (stealth) maka K1 Stealth Kit adalah solusi untuk kamu.

Saya tidak setuju dengan ini.

Ketika saya menggunakan Aspire K1 Stealth Kit saya ingin menunjukkannya kepada rekan vaper saya sebanyak mungkin karena bentuknya yang klasik, ditunjang dengan kualitas build yang sangat baik.

Spesifikasi dan Paket Aspire K1 Stealth Kit

Aspire K1 Stealth Kit Dimension

Aspire K1 Kit Spec

Selain apa yang sudah kamu baca di atas, tidak banyak yang saya bisa tambahkan. Paket ini datang dengan sebuah kabel USB untuk charging dan dua coil (1.8ohm dan 1.6ohm), tergantung dari penggunaan, dua coil ini dapat kamu gunakan 2-4 minggu (total dua coil).

Kualitas Build Aspire Stealth K1 Kit

Keluar dari kotak, kesan pertama saya adalah stealth kit ini kecil sekali!

Gambar yang saya lihat di situs Aspire memberikan kesan besar, namun Aspire K1 Stealth dapat saya genggam di tangan saya (ukuran kecil – sedang) dan kamu tidak akan tahu apa yang saya genggam.

Aspire Hand Grip

Mod kit kecil ini terasa dingin saat pertama kali dipegang. Keseluruhan bagian badannya menggunakan bahan metal, yang kemungkinan besar adalah zync alloy (atau mungkin aluminium). Finishing feel terasa seperti body dari Macbook.

Hampir keseluruhan mod dibuat dari satu balok (unibody) kecuali bagian atas dan bawah. Kualitas machining juga terbilang rapi dan presisi (sekali kecuali bagian atasnya di mana saya menemukan lekukan yang tidak terlalu presisi).

Selain yang saya sudah sebutkan, saya tidak menemukan masalah lain dalam segi kualitas build. Sebenarnya hasil akhirnya melampaui ekspektasi awal saya.

K1 Plus Tank

Bagian tank sayangnya terbuat dari bahan yang terasa lebih murah, walaupun semua bagian tank tetap dibuat dengan rapi dan tidak ada cacat.

Tapi siapapun yang memegangnya langsung dapat mengetahui apa yang saya maksud dengan seketika. Mungkin cukup wajar mengingat harga tank-nya yang hanya berkisar Rp120.000 (tank saja)

Saya akan mengkategorikan Aspire K1 Kit sebagai pod kit, karena begitulah cara saya menggunakannya, dengan salt nic. Dibandingkan dengan berbagai pod plastik yang sudah beredar, Aspire K1 Kit jelas menonjol dari segi bahan dan desain yang terbilang retro & collectible.

Catatan: kamu tetap dapat menggunakan liquid freebase namun dengan komposisi 50:50 dan nicotine tinggi.

Design Aspire K1 Stealth Kit

Jika saya harus memberikan kata-kata kepada desain dari Aspire K1 Stealth Kit maka saya akan menggambarkannya dengan berkelas dan retro.

Penggunaan body yang hampir unibody membuat saya teringat banyak sekali benda-benda zaman dulu yang rata-rata dibuat dengan proses yang sama.

Aspire Stealth Kit

Yang membuat Aspire K1 juga unik adalah bagian dari RTA ditanam ke dalam mod. Sehingga dari luar hanya terlihat drip tip mencuat dari mod, bukan sesuatu yang baru memang, namun ini pertama kali saya menggunakan mod dengan tipe seperti ini.

Bagian terbaiknya adalah Aspire K1 Stealth Kit menggunakan pin 510 biasa. Ini berarti kamu dapat menggunakan tank lain selama memiliki diameter 16mm. Saya mencoba menggantinya dengan Dvarw 16mm dan masuk dengan pas.

Ini adalah nilai lebih yang cukup menyenangkan, karena saya bisa build sendiri coil saya di Dvarw dan ketika malas coil bisa menggunakan K1 Tank bawaan dari Aspire.

Fitur Aspire K1 Stealth Kit

Sebenarnya selain pengaturan watt, hampir tidak ada fitur di Aspire K1 ini. Karena memang ini adalah pod kit yang sederhana, pasang dan pakai.

Di bagian bawah terdapat satu tombol untuk mengatur watt mulai dari 8 watt, 10 watt dan 12 watt. Dengan coil 1.6ohm saya tidak terlalu merasakan perbedaan antara 8 watt dengan 10 watt. Namun di coil 1.8 ohm, perbedaannya cukup terasa walaupun tidak dalam rentang yang besar.

Aspire K1 Stealth Watt Control

Tombol firing tepat berada di atas slot usb charge dan light indicator. Tombol terasa solid dan clicky, terasa lebih berat ketimbang kebanyakan tombol pod lainnya, namun tidak membuat perbedaan apa-apa dalam pengalaman vaping.

Light indicator akan memberitahu kamu jika baterai dalam keadaan penuh, sedang, dan sudah perlu di charge.

Selain itu Aspire K1 Stealth Kit juga memiliki fitur pengaman yang sudah terhitung standard untuk sekarang, seperti low voltage cut-out, overcharge protection, dan over heat protection.

Aspire K1 Stealth Kit  Exploded View

Terdapat 4 lubang air flow yang dapat kamu buka atau tutup untuk mengatur pengalaman vaping kamu, tapi saya menemukan bahwa ini tidak memberikan pengaruh banyak. Dua atau tiga lubang terbuka tidak memberikan banyak perbedaan. Di satu lubang, draw yang saya dapat cukup tight tapi tidak terlalu tight, dan empat lubang juga masih kurang lebih sama.

Overall saya tidak merasa ada yang hilang atau kurang dari segi fitur. Malah penambahan pengaturan watt adalah sesuatu yang cukup menyenangkan dan kita akan melihat lebih banyak pod di masa mendatang yang menggunakan fitur ini.

Performa Aspire K1 Stealth Kit

Pertama-tama, kit ini menggunakan baterai 1000mah. Jadi dengan mudah mengungguli kebanyakan sistem pod yang berkisar 200-400mah.

Ini merupakan salah satu faktor penting bagi saya karena sangat tidak praktis harus charge pod setelah makan siang, di titik di mana saya paling membutuhkan pod :).

Liquid yang saya gunakan adalah Ripe Vapes VCT Bold. Pertama saya tes terlebih dahulu dengan menggunakan RDA MTL. Saya mendapatkan rasa yang cukup pekat dengan note yang penuh. Cukup mengagumkan mengingat ini adalah liquid salt.

Tembakaunya cukup kuat dan aromatik, dengan custard yang terus mengiringi. Bagian terbaiknya adalah custard tidak memuncak dengan rasa yang terlalu telur atau creamy, terus membuat penasaran sepanjang exhale dengan sentuhan vanilla yang terasa utuh dan bukan vanilla olahan.

Dengan coil 1.8ohm dan setting 8 watt, saya mendapatkan keseluruhan note namun lebih redup(muted). Rasa aromatik khas VCT tidak terlalu terasa, dan karakteristik dari custard VCT yang saya sukai juga tidak menonjol. Ini menjadikan liquid sedikit lebih tipis tapi tetap memiliki semua note flavor.

Saya sendiri sudah mengkonsumsi VCT sejak 2 tahun lalu, jadi liquid yang satu ini sudah cukup familier dan saya tahu apa yang harus saya cari dalam liquid ini.

Dengan coil 1.6ohm dan 12 watt saya mendapatkan rasa yang kurang lebih sama, mungkin sedikit lebih intens dan hangat tapi sejujurnya masih dalam liga flavor yang sama.

Karena kebetulan saya masih mempunyai satu catridge Smoant, saya pun mencobanya di pod Smoant dan menemukan bahwa rasanya kurang lebih sama, namun saya kehilangan karakteristik khas VCT di Smoant.

Saya juga mencoba menggunakan Dwarv 16mm dengan coil 1.8ohm dan rasa yang saya dapatkan kurang lebih sama. Performa mod pun terasa cukup, memang jika dibandingkan dengan mod biasa, masih kalah dalam hal kecepatan firing.

Sebagai kesimpulan saya bisa mengatakan Aspire K1 Stealth Kit mempunyai performa flavor yang kurang lebih sama dengan pod dengan tenaga 200-400mAh.

BVC Coil

Spryte Coil

Aspire K1 Stealth Kit menggunakan BVC coil yang sebenarnya nama lama di dunia vape. Namun masalahnya khusus di Indonesia masanya sudah bisa dibilang lewat. Coil BVC bisa dibilang cukup terkenal 3 tahun lalu namun jumlahnya sudah menipis di kebanyakan e-commerce Indonesia.

Kamu yang dulu menggunakan CE5 atau ET-S akan kurang lebih menemukan flavor yang sama di Aspire K1 Stealth Kit.

Kabar baiknya adalah Aspire K1 Plus Tank juga compatible dengan Aspire Spryte, dan terakhir saya cek masih cukup banyak yang menjualnya di Indonesia.

Kesimpulan Aspire K1 Stealth Kit

Aspire K1 Stealth Kit terasa seperti peremajaan vape pen. Kamu yang baru baru vape 1-2 tahun ke belakang mungkin tidak mengalami fase-fase ini, di mana vape paling keren pada masa itu menyerupai ballpen dengan ujung drip tip yang lancip tinggi.

Bentuknya berubah drastis, dengan penambahan fitur pengatur watt. Namun jiwanya masih kurang lebih sama dengan vape pen. Saya bisa mengerti ini karena memang kehadiran salt nic memberikan nafas kedua kepada low watt vape system seperti ini.

Dengan harganya yang sekitar Rp430.000, saya merasa tetap ada alasan untuk membelinya yaitu mod K1 yang cukup retro. Mod-nya sendiri cukup worth di beli dan dijadikan salah satu koleksi unik.

Catatan: Aspire K1 Stealth Kit belum tersedia di Indonesia. Namun dengan mudah dapat kamu beli dari toko online luar negeri. Jika kamu tidak tahu caranya atau penasaran tentang apakah aman atau tidak maka tunggu artikel terbaru dari VapingJKT.


Terima kasih kepada Aspire yang telah menyediakan Aspire K1 Stealth Kit. Keseluruhan ulasan ini tetap dilakukan dengan standar editorial VapingJKT yang independen tanpa intervensi atau pengubahan dari sponsor.

VapingJKT tidak meminta dan menerima imbalan uang dengan menulis ulasan ini.

  • 8/10
    Build Quality Mod - 8/10
  • 7/10
    Build Quality Tank - 7/10
  • 7.5/10
    Accessories - 7.5/10
  • 8.5/10
    Design Mod - 8.5/10
  • 7/10
    Design Tank - 7/10
  • 7/10
    Air Flow - 7/10
  • 7.5/10
    Performance Mod - 7.5/10
  • 7/10
    Performance Tank - 7/10
  • 7.8/10
    Value - 7.8/10
7.5/10

Summary

Menurut saya flavor yang dihasilkan terbilang serupa dengan kebanyakan pod kit yang beredar di pasaran. Namun dengan beberapa bonus, yang pertama adalah adjustable wattage, desain mod yang retro dan keren, dan coil yang mempunyai kompabilitas dengan Aspire BVC dan Aspire Spryte.

Tapi jika kamu adalah seorang kolektor, desainnya saja sudah menjadi alasan yang cukup untuk membelinya.

Sending
User Review
8/10 (3 votes)

17
Leave a Reply

avatar
8 Comment threads
12 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
7 Comment authors
yudhanSudjiwo VapeHendri SalimNyoba vapeGeeti Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Bihunnn
Guest

Kalo dibandingin sama orion Q atau PAL II enakan mana nih om? Soalnya kisaran harganya sama

Yogi sandi
Guest
Yogi sandi

Tolong minta rekomendasi rda mtl dong om, sudah mulai males pake pods soalnya. Terlalu mahal rasanya jika harus beli cartridge hanya karena kapasnya gosong, belum lagi ketersediaannya yg sulit “dilacak” di kota saya. Mohon dibaca dan diberi saran. Terima kasih.

Geeti
Guest
Geeti

Om.. saya baru beli dna 250 second kebetulan harga terjangkau ..
Rda hadaly 22mm clone .. kawat ni80 6lilit 3mm single ..
Batre sony vtc6 ..
Yg perlu di escribe apa aja sih om?
Minta tolong jelasin om..
Ngikutin cara di forum sebelah malahan jadi F setelan nya om.. watt nya ga keliatan..
Baca sana sini ada yg bilang jgn di escribe.. makin bingung jd ny..

Nyoba vape
Guest

Om build yang bener pake Hastur mini MTL gimana???
Saya belum menemukan cita rasa th yang pas..
Katanya sih MTL ini digadang gadang yang terbaik dikelas MTL, apa bener?

Sudjiwo Vape
Guest

udah nyoba gate rta om? pasti berubah pikiran nanti 😀

yudhan
Guest
yudhan

Om Hen, artikel baru nya qok ga nongol2 hehe, minta saran dong, rda harga 200-300rb an yg rasanya mantap, saya lilit kawat sendiri, simple wire, skrg lg pake goon 22, pengen nambah rda, makasih Om.