AL85 Kit | Featured

Mod

Review Alien AL85 Kit – Mod & Atomizer Untuk Pemula

23 Jun , 2017  

Sebagai seorang vaper, saya adalah seseorang yang sangat suka dengan mengulik dan terus mendorong batasan dari mod dan coil saya. Lalu apa yang saya lakukan dengan Alien AL85 Kit yang ditujukan kepada vaper pemula yang tidak ingin repot?

Saya sebenarnya sedang mencari sebuah starter kit untuk ayah saya yang merupakan perokok aktif bertahun-tahun. Saya ingin sesuatu yang kecil, sederhana dan coil-nya dapat diganti dengan mudah, pilihan saya jatuh ke AL85 yang menyediakan semua yang saya perlukan. 

Lalu pertanyaan senilai Rp500.000 adalah apakah AL85 Kit sesuai ekspektasi? Mari cari tahu!

Kelengkapan AL85 Kit

Apa yang akan kamu dapat

  • 1 x AL 85 Mod
  • 1 x Smok TFV8 Baby Beast Tank
  • 1 x V8 Baby-Q2 Core 0.4 ohm (sudah terpasang)
  • 1 x V8 Baby-Q2 Core 0.6 ohm
  • 1 x USB Cable
  • 1 x User Manual
  • Spare parts (extra kaca, cap, o-ring)

Spesifikasi AL85 Mod

  • Ukuran: 71x48x27mm
  • Berat: 120g
  • Battery: Single 18650 (tidak termasuk)
  • OLED Display
  • Power Range: 1W – 85W
  • Voltage Range: 0.35V – 8.0V
  • Resistance Range:
    • 0.1 ohm – 3.00 ohm (TC)
    • 0.06 ohm – 3.00 ohm (WV)
  • Temperature Control Range: 200F – 600F / 100C – 315C

Spesifikasi TFV8 Baby Tank

  • Material: Stainless Steel
  • Size: 22x53mm
  • Berat: 47g
  • Kapasitas: 3ml

AL85 Kit datang dengan semua yang kamu butuhkan untuk memulai vape, yang kurang hanyalah baterai dan liquid yang mana memang secara umum tidak akan tersedia beserta penjualan mod. Karena ini adalah versi Kit maka kamu juga akan mendapatkan TFV8 Baby Tank yang merupakan versi mini dari TFV8 Beast Tank.

Packaging datang dengan cukup lengkap dalam kotak kecil. Di bagian atas kamu akan menemukan mod AL85 dan di bagian bawah kamu akan menemukan TFV8 Baby Tank beserta berbagai kelengkapan lainnya termasuk kabel USB.

Mod Al85 datang dengan plastik pelindung dibagian layar yang sudah terpasang. Layar besar memang lebih rentan terhadap gesekkan karena permukaannya yang lebih luas. Saya akan mencoba menggunakan pelindung layar ini selama yang saya bisa, namun sayangnya jika lapisan ini sudah lepas, SMOK tidak menyediakan penggantinya.

Selain itu saya tidak menemukan kekurangan apapun secara kelengkapan dan merasa cukup puas dengan packaging-nya.

Kualitas build SMOK AL85

AL85 Kit Color

Saya kurang tahu pasti namun body mod AL85 tidak terbuat dari besi, lebih terasa seperti campuran plastik dengan bahan lain. Keseluruhan bodi terlihat solid dan cukup ringan, walaupun harus diakui terasa seperti barang kelas b jika kita bandingkan dengan mod lain.

Untuk mencoba daya tahan gores, saya dengan berat hati mencoba menggores body dengan kuku dengan sangat keras, dan untungnya tidak ada bekas goresan. Lalu saya mengambil kunci dan mencoba menggores bagian bawah mod ini, percobaan pertama tidak meninggalkan bekas. Percobaan kedua dengan tenaga yang lebih keras meninggalkan bekas goresan tipis.

Kecewa? Tidak sama sekali. Karena saya benar-benar menggoresnya dengan kuat dipercobaan ke dua, sesuatu yang tidak akan terjadi kalau kamu menjaga mod dengan benar. Overall walaupun terasa seperti plastik rasanya AL85 tidak terlalu lemah menghadapi goresan. Tapi tentu saja menjaga mod dengan benar tetap direkomendasikan.

AL85 mempuynai firing bar yang panjang hampir setinggi mod. Ketika mencoba firing, saya mendapatkan rasa klik yang sedikit kuat dan enak. Ini memberikan kesan solid dan kontrol yang sepenuhnya di tangan kamu.

Firing bar ini juga dapat ditekan dihampir seluruh bagian kecuali 1 cm ke bawah. Semakin ke atas semakin sedikit tenaga yang perlu kamu keluarkan. Saya sebenarnya cukup terkesan, karena area firing-nya cukup besar hampir 90% dan seluruhnya berfungsi dengan baik.

Satu-satunya komentar minor adalah tutup baterai yang sangat kesat. Pertama kali membukanya saya mendengar suara berdecit dan ketika menutupnya saya harus sedikit berusaha lebih (tidak smooth). Tapi dengan 1 tetes liquid yang saya sebarkan dibagian ulir masalah ini hilang 100%.

Desain AL85

Desain mod AL85 sangat mirip dengan iStick Pico, namun sedikit lebih besar. Bagian atas terbagi dua besar, thread untuk atomizer dan tutup baterai. Untungnya tidak seperti pico, AL85 mempunyai jarak yang lebih besar antara tutup baterai dan thread sehingga saya bisa menggunakan RDA yang lebih besar dari 22mm. Saya tidak mempunyai masalah ketika menggunakan Goon atau Kennedy 24mm, namun mungkin atomizer 25mm tidak dapat digunakan.

AL85 Kit Battery Cap

Jujur saja saya kurang menyukai desain dari iStick Pico, namun ada 3 perbedaan elemen yang membuat AL85 terlihat bagus dan berkesan:

  1. Bagian desain striping (unit yang saya miliki berwarna emas) yang menambah keren
  2. Bagian sisi belakang layar diberi stiker berteksture karbon
  3. Firing bar yang panjang

Semua ini membuat AL85 terlihat futuristik dan tidak semembosankan iStick Pico (mohon maaf fans Pico).

AL85 juga datang dengan banyak sekali pilihan warna dan corak. Namun sayangnya tidak semua masuk ke Indonesia, kamu biasanya akan menemukan warna dasar saja seperti emas, hitam dan merah, namun tetap terlihat keren.

Software AL85

AL85 Kit Display

Tampilan utama AL85 akan memberikan kamu banyak informasi, terlalu banyak malah. Namun untungnya semua ini dipresentasikan lewat layar sebesar 1 inci. Data mulai dari volt, ohm, puff, mode sampai dengan temperatur mod ada semua. Seiring kamu menekan tombol firing bagian bawah layar juga akan ikut bergerak untuk memberi tahu berapa lama kamu sudah menekan.

Secara personal saya cukup menyukai informasi seperti ini karena sesuai dengan tema futuristik mod.

Uniknya adalah ketika masuk ke dalam setting (dengan menekan firing bar 3x) malah kamu akan mendapatkan presentasi yang sederhana dan minimalis.

Menu utamanya meliputi:

  • Mode: Watt, TC dan Memory
  • Puff
  • Settting: Screen time, screen lock, contrast, adjust ohm, dan download
  • Power

Walaupun mempunyai tiga tombol, 1 firing bar, dan 2 tombol untuk menurunkan dan menaikan wattage, namun pada dasarnya kamu hanya perlu firing bar untuk bernavigasi dan memilih menu.

Untuk membuka menu kamu menekan firing bar 3x, dan untuk masuk ke menu kamu harus menahan firing bar sampai kamu melihat menu berubah atau membiarkannya karena akan masuk sendiri dengan otomatis. Begitu menu sudah habis maka otomatis akan keluar ke layar utama.

Dari segi software ada dua hal yang menurut saya menarik. Yang pertama adalah fitur puff, yang pada dasarnya adalah sebuah pengingat bahwa kamu sudah vape terlalu banyak dan harus berhenti. Kamu bisa mengatur berapa puff yang kamu inginkan dan jika sudah tercapai maka mod tidak akan firing sampai kamu konfirmasi bahwa kamu ingin mereset puff-nya.

Yang kedua adalah kamu dapat mengatur secara manual pembacaan ohm coil. Saya sebenarnya jarang menggunakan fitur ini, karena jika coil terbaca salah maka biasanya itu terletak di pemasangan yang tidak benar. Mengatur ohm secara manual bisa menyebabkan safety feature tidak bekerja sebagai mana mestinya.

Saya tidak punya kesempatan untuk mencoba menu Temperatur Control (SS dan NI), namun sepanjang pengalaman saya TC untuk mod yang berharga 300.000-600.000 mempunyai performa yang biasa saja dan terkadang tidak akurat. Namun karena saya tidak mencoba langsung, saya tidak akan memberikan komentar apa-apa mengenai fitur TC.

AL85 juga mempunyai 3 setting untuk power strength yaitu soft, normal, dan high. Pada dasarnya ini adalah ramp-up time, soft akan memberikan kamu tingkatan sebelum mencapai watt yang kamu set. Sedangkan high akan membuat kamu langsung mendarat di watt yang kamu set tanpa jeda.

Performa Al85 dan TFV8 Baby Tank

TFV8 Baby Kit

Untuk testing saya sengaja memasang coil baru V8 Baby T8 0.15 Octuple Coil yang seharusnya mempunyai performa lebih baik dari coil bawaan. Saya menggunakan liquid Naked Amazing Manggo (sebuah liquid yang saya sangat familiar) dengan setting 70 watt (rekomendasi coil bawaan 60-80 watt)

Dengan membuka setengah airflow saya mendapatkan tarikan yang cukup ketat (tight draw). Vapor production terbilang baik, sedikit di atas rata-rata. Flavor terasa sangat tipis (muted) namun throat hit terasa sekali.

Saya pikir di 80 watt rasa akan semakin menebal, namun begitu saya firing AL85 menolak dengan alasan weak battery. Padahal saya menggunakan baterai baru AWT 3000MAH 40A. Saya kemudian menggantinya dengan Sony VTC 5A dan baru AL85 kembali berfungsi.

Rasa yang dihasilkan Baby Tank lebih pekat dari 70 watt, throat hit menurun, rasa mangga, cream dan peach bercampur dengan rata, namun terhitung malu-malu.

AL85 Kit Air Flow

Di 85watt saya merasakan rasa semakin pekat namun sedikit tapi mod mulai panas. Ini mungkin tidak akan nyaman bagi vaper yang masih baru.

Dengan persenjataan penuh (Triade DNA 250, Goon, coil fused clapton, 85 watt) saya merasakan rasa yang jauh lebih pekat dengan hint creamy, peach yang lebih tebal. Tapi tentu saja membandingkan sub-ohm tank dengan RDA bukanlah perbandingan yang adil. Jika kamu mencari rasa yang lebih tebal maka RDA jelas berada di puncak rantai makanan.

Untuk ukuran sub-ohm tank, saya rasa TVF8 Baby Tank terhitung baik, namun jujur saja saya hanya pernah menggunakan kangertech sebagai pembandingnya. Harap catat bahwa perbandingan ini dilakukan kepada RTA dengan pre-build coil.

Mod Al85 sendiri mempunyai performa yang cukup baik, memang terasa ada delay di firing namun jedanya cukup wajar dan selama firing saya tidak merasakan penurunan performa sama sekali. Pastikan saja kamu membeli baterai yang original dan kuat (seperti Sony atau LG).

Coil TFV8 Baby Tank

TFV8 Coil

Salah satu yang cukup mengagumkan dari TFV8 Baby Tank adalah mereka mempunyai begitu banyak pilihan coil, mulai dari single coil 0.6ohm sampai dengan 8 (octuple) coil 0.15 ohm. Dalam ulasan kali ini saya hanya mencoba T8 Core 0.15ohm, namun akan saya update ulasan ini seiring saya mencobanya yang lain.

Kapasnya menyerap dengan cepat sehingga saya tidak pernah mengalami dry hit walaupun menggunakan watt 85 dan tank yang sudah hampir kering.

Salah satu faktor lain yang cukup menenangkan hati adalah masih ada banyak penjual coil TFV8 yang kamu dapat temukan secara online dengan harga yang cukup murah.

Kesimpulan AL85  dan TFV8 Baby Tank

Untuk vaper pemula yang tidak mau repot, maka saya rasa AL85 Kit adalah mod yang ok. Desain dan pilihan coil yang banyak dapat menjadi pintu pembuka yang manis ke dalam dunia vaping. Rasa yang dihasilkan oleh TFV8 terbilang baik untuk pre-build sub ohm coil namun jelas bukan tandingan RDA. Tetapi vaper pemula pun belum mempunyai ekpektasi yang tinggi untuk mod pertama mereka, jadi AL85 adalah jawaban yang tepat.

Kemudahan pengoperasian, mengganti coil, sampai dengan proses pengisian liquid akan membuat vaper baru merasa nyaman sebelum akhirnya mereka naik level dengan menggunakan RDA atau RTA (tanpa pre-build coil). Namun perhatikan bahwa TFV8 Baby Tank terhitung boros dan ukuran tank yang hanya 2ml akan mengharuskan kamu mengisinya beberapa kali sehari jika kamu adalah seorang chain vaper.

 


Leave a Reply

2 Comments on "Review Alien AL85 Kit – Mod & Atomizer Untuk Pemula"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
wpDiscuz