Gold Leaf Rose Wood Featured

Rekomendasi Liquid Salt & Freebase Terbaru Desember 2019

Hendri Salim eLiquid, Freebase, Salt 33 Comments

Yellooww.

Saya harap kamu menikmati suasana akhir tahun ini dan juga liburan kamu.

Dan apa lagi yang lebih baik dari sebuah liquid enak untuk membantu kamu berhenti merokok, bukan?

Berikut beberapa liquid yang saya coba dalam 1 bulan terakhir.

Rekomendasi Freebase Liquid

CreativLabz

Selamat datang kembali CreativLabz!

Saya lupa tepatnya, namun sudah sekitar 1 tahun ke belakang, eliquid distribusi CreativLabz menghilang dari pasaran. Tapi sekarang CreativLabz mulai membawa beberapa jagoan mereka kembali.

Kamu bisa cek instagram CreativLabz di sini, kebanyakan liquid tersebut sudah ada ulasannya di VapingJKT, jadi jangan malas menggunakan fitur search yah!

Beberapa rekomendasi saya:

  • RKOI – Rasa staweberry champagne dengan sedikit sparkling, cukup unik.
  • F’J Coockie Craze – Cookies dengan eskrim strawberry vanilla di tengahnya (tidak dingin). Perlu waktu untuk terbiasa dengan rasa cookies yang anti-maintstream tapi setelah terbiasa, enak.
  • South Coast Vape – Jika kamu mencari sebuah liquid cheesecake dengan profil & kualitas standard USA, beli ini.
  • Naked Cream series – Ada beberapa rasa yang masuk, cek ulasannya disini.
  • Ripe Vape Summer Vibe: Minuman dengan rasa tropis seperti yang banyak kamu temukan di tepi pantai. Kelapa, pisang dan strawberry namun cukup kuat penekatan di krim kelapa (bukan santan, tapi krim + kelapa parut). Bukan liquid fruity, tapi liquid creamy (krim kelapa) dengan tambahan sedikit fruity.

EJM

  • Ripe: Tidak terlalu buruk, rasa anggur yang cukup fruity mendominasi dengan sedikit rasa jus apel merah. Tapi keseluruhan rasanya cukup tipis dan tidak terlalu manis. Ini bisa berarti buruk atau baik tergantung selera kamu.
  • FAQ Funky Monkey: Sudah lama tidak beli jadi saya iseng beli. Flavor menurut saya sudah berubah dari FAQ pertama sekali, tapi ini masih bisa diterima dan cukup pekat. Tapi pekat dengan profil yang ‘baru’.

Soul Keeper – Cream Tobacco

Saya sebenarnya cukup suka dengan profil rasa Soul Keeper, yaitu cream tobacco. Tapi menurut saya pribadi liquid ini terlalu manis. Jadi misalnya kamu mencari cream tobacco yang manis maka coba ini di MTL kamu.

Manhattan Jersey

Saya beli Manhattan Jersey untuk keperluan testing pod system, karena liquid lokal yang satu ini mempunyai komposisi 50:50.

Rasanya sebenarnya sekilas tidak terlalu berbeda dengan Manhattan French. Saya mendapatkan sedikit notes kopi, tiramisu, rum, coklat dan diakhiri dengan note tipis tembakau yang kering, pahit dan earthy. Enak tapi cenderung lebih berat di dessert daripada tembakau.

Setelah puluhan exhale, otak mulai terbiasa dan rasa tembakau tipis pahit di awal semakin tidak terasa. Tapi secara overall tidak buruk sama sekali, dan lagi pula tidak ada banyak pilihan liquid MTL lokal :).

Rekomendasi Salt Nic Liquid

Gold Leaf – Rosewood

Gold Leaf Rose Wood

Terasa seperti sirup mawar manis (ya mawar) dengan dasar tembakau ringan. Cukup menyegarkan dan unik sebenarnya, tidak terasa floral atau perfumy secara ekstrim. Lama kelamaan terasa seperti krim sirup mawar yang tipis-sedang.

Bukan all-day-vape tembakau namun saya tidak menyesal membelinya. Wajib coba jika kamu suka liquid tembakau dan ingin melengkapi ensiklopedia tembakau kamu.

Beoni Custard Tobacco

Saya tidak tahu apa yang terjadi di sini, tapi ini adalah liquid custard, kopi dan tembakau. Tidak ada penjelasan kopi sama sekali di label ataupun toko penjual, namun liquid ini mempunyai profil utama kopi.

Di seperempat botol awal, saya merasa menemukan liquid kopi favorit baru. Rasa kopinya tidak terlalu pasaran, bercampur custard dan juga tembakau yang tidak malu-malu.

Rasa kopinya manis dan bercampur dengan tembakau yang pahit dan kerasa. Sebuah keseimbangan yang menyenangkan.

Tapi entah kenapa setengah botol terakhir profilnya berubah cukup drastis. Note tembakau yang saya suka hilang, dan hanya ada rasa kopi yang tidak pernah memuncak. Saya mencoba untuk berhenti 1 minggu dan mencobanya lagi dan rasanya masih seperti ini.

Saya akan merekomendasikan kamu untuk tetap membelinya, tapi jika perubahan rasa terjadi maka yah, ini akan menjadi liquid yang biasa saja.

Beoni Menthol Tobbaco

Di awal-awal saya juga merasakan pengalaman yang sama. Rasa tobacco yang enak dibalut dengan menthol yang cukup keras. Sedikit terlalu dingin untuk saya tapi saya masih bisa terima karena tembakaunya juga tidak malu-malu.

Tapi setelah setengah botol habis, sisanya hanya terasa dingin dan tembakau yang tipis. Saya sedikit frustrasi sebenarnya, karena dua liquid Beoni ini terhitung enak tapi kenapa rasa tembakaunya menghilang setelah pemakaian cukup lama.

Phillip Rocke Grand Reserve

Pada dasarnya ini adalah cream hazelnut yang agak tipis bercampur dengan kopi. Jangan khawatir, rasa kopinya tidak terlalu terasa dan hanya berperan untuk menambahkan citarasa.

Saya pikir awalnya cream hazelnut akan membosankan tapi nyatanya tidak sama sekali. Pendekatan hazelnut cukup berbeda dengan sirup kopi hazelnut atau hazelnut spread seperti Nuttella. Tidak terlalu manis, dan kental, terus menerus membuat penasaran exhale demi exhale.

Tapi sayangnya yang saya beli adalah versi 40 mg, ini terlalu tinggi untuk saya, perut saya terasa aneh setelah beberapa lama. Ini tanda-tanda umum jika saya menggunakan terlalu banyak nicotine.

Beli Di Mana?

Tokopedia, Bukalapak, atau toko favorit kamu. Tapi biasanya saya beli di sini:

33
Leave a Reply

avatar
17 Comment threads
16 Thread replies
2 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
18 Comment authors
EdwintheguruAirupriayiedoo rlMarieska Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Machfudz .
Guest
Machfudz .

kalau Solace Black Tropikal Freeze sudah pernah nyoba mas?, rekomended kah?

rahmadsuryawan
Guest
rahmadsuryawan

Komen dulu baru baca, ben koyo cah yutub

Ddg
Guest
Ddg

Rekomen liquid fruty lokal dibawah 200 apa om?

Dian Eka Saputra
Guest
Dian Eka Saputra

Saran liquid freebase / salt yang cocok buat pod dong bang, lagi mau coba berenti dari rokok, baru aj minang vaporesso podstick, pake salt nic exo grape yg 10ml koq rasanya gk cocok,

Hrz
Guest
Hrz

Yessss desember. Bentar lagi kasih liquid terbaik 2019 om Hendri

Mahendra Franciscus
Guest
Mahendra Franciscus

Om mohon pencerahan dong, liquid pods friendly sebenernya pake nicotine freebase apa salt nicotine? Soalnya pernah nyoba liquid pods friendly 10mg TH nya alus bener,,berasa kek saltnic tapi ga ada rasa khas saltnic yg munculšŸ™Makasih

Hanoman
Guest
Hanoman

saya suka dengan cara Mas Hendri mengulas dan memberikan review… terutama didasari dengan riset setelah beberapa waktu pemakaian, bukan atas first impresion. Sehingga memberikan ulasan yg baik bagi vapers. Terutama dalam liquid, krn secara pribadi saya, sdh cukup banyak mendapatkan liquid yg bs dikatakan zonk krn terbuai oleh kemasan dan first impresion oleh reviewers. Saya suka cara riset Mas Hendri untuk menyajikan informasi yg informatif berbobot. pertahankan ya mas. terima kasih banyak info infonya…

Akbar
Guest
Akbar

Bang liquit yang cocok di daerah digin apa yah..?? Saya pake pod ageis boost
mohon di jawab

Cobain Kucai
Guest
Cobain Kucai

naked CreativLabz sama movi beda yaa berarti om …

Ade cyril
Guest
Ade cyril

Pagi om, saya baru coba beralih dari rokok ke pod system, saya punya vaporr strom stalker
Kira kira liquid yg tepat dan enak itu apa ya om ?? Mohon bimbinganya saya masih awam alias newbie, terima kasih

Boik
Guest
Boik

Om utk freebase non nicotine di pod dgn menggunakan coil 0.3ohm..stlh diisi dan digunakan selalu muncul low power…sdh sy coba dr min watt s/d max waat tetal saja low power. Apa yg salah yah? Mhn penjelasannya…haturnuhun.

Ziimbo
Guest
Ziimbo

Saya beli varian South Coast Vapor Co, ada 2 rasa, “Strawberry Custard” dan “Cup of Joe”. Karena biasa coba liquid buatan Indonesia, sekalinya coba ko berasa hambar bener ya. Cuma yg rasa strawberry custard hampir mirip sama Cream Killer. Nah yg rasa cup of joe ini om, bisa ga ya di mix sama liquid lain? Rasanya menurut saya aneh aja gitu kebiasaan liquid buatan lokal. Kalo bisa recommend om apa yak? Sayang om, 175 rebu kepake 1 isep.

Marieska
Guest
Marieska

Oom malam dan selamat tahun baru. baca review yang charlieā€™s chalk dulk akhirnya saya cuma cocok yg caramel sea saltnya, karena dia ga terlalu manis. Hanya flavor itu. Coba castle long, saya kurang suka, karena rasa kelapanya lbh jauh berasa. Saran dari oom, liquid yang tidak terlalu manis apa? Bukan pengagum fruity ataun mint. Terima kasih sebelumnya..

edoo rl
Guest
edoo rl

Kenapa ya om liquid USA lebih banyak bikin coil gosong ketimbang liquid lokal? btw, ane pake artery pro 2 and liquid Beard 00 – Tobaccocino 30mg

priayi
Guest
priayi

jkt pagi yg dingin…
hallo om hen… saya baca2 artikelNYA om hen sangat bagus mengulas roko elektrik… maaf om saya baru pengguna podstick.. saya menggunakan xcalibur by WIN..
Saya mencoba pod krn saya peroko aktif…
menurut om liquid apa yg cocok untuk saya perokok aktif… liquid apa yg cocok untuk podstick Xcalibur..
terimakasih banyak om untuk waktu nya

Airu
Guest
Airu

Terima kasih utk tulisan2nya om. Hampir semua liquid yg direkomendasi disini benar2 cocok dengan selera saya. Berbeda dgn reviewer2 youtube kebanyakan yg rasanya berbeda lidah dgn saya. Setiap mau beli liquid pasti saya refer kesini. Sekali lg terima kasih.

Edwintheguru
Guest
Edwintheguru

Setelah baca review salt nic langsung coba cubano black nya vgod yang 25 mg
TH alus dan flovour tobacco inhale dan exhale nya lembut banget, dan after taste nya lengket dilidah tooop deh walau harus rogoh kocek agak dalem tapi dg rasa yang kaya gini ndak rugi thank bro recom nya