RDA Single Coil Terbaik

RDA Single Coil Terbaik 2018 Pilihan VapingJKT

Hendri Salim Atomizer 19 Comments

Jika kamu datang mencari RDA single coil terbaik dan sudah mengerti kelebihan dan kekurangnya maka ya silahkan melompat ke RDA single coil pilihan VapingJKT.

Tapi jika kamu belum mengerti perbedaan jika dibandingkan dengan dual coil maka saya sarankan untuk membaca perbedaanya terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli RDA single coil.

Daftar Isi

    1. Single vs Dual Coil
      • Kekurangan single coil
      • Single coil bisa seperti dual coil?
    2. RDA single coil Terbaik
      • Wasp Nano by Oumier
      • Hadaly by Psyclone Mods
      • Recurve by Wotofo
    3. RDA Single Coil Berpotensi Tinggi
      • Citadel RDA by Psyaclone Mods
      • PIXIE RDA by Vapefly
    4. RDA Single Coil … Hampir Terbaik
      • Drop Solo by Digiflavor
      • Gas Mods G.R.1 by Gas Mods
    5. FAQ

Single coil vs Dual Coil

Saya memulai perjalanan vape saya dengan single coil, tepatnya dengan Wismec Theorem. It was amazing!

Tapi seiring perjalanan saya pun mencoba dual coil dan tidak pernah melihat ke belakang sampai baru-baru ini.

Ada beberapa alasan utama mengapa single coil lebih cocok dari dual coil:

  • Cocok untuk mod dengan satu baterai.
  • Lebih irit liquid & baterai
  • Beberapa liquid tertentu lebih pas digunakan di single coil, contohnya liquid dengan komposisi PG/VG 50:50
  • Coil cenderung bertahan lebih lama

Biar saya jelaskan sebentar satu per satu.

Single vs Dual Coil Perbandingan

Mod satu baterai mempunyai batasan, karena sumber tenaga mereka hanya 1 baterai. Sehingga mod satu baterai tidak cocok digunakan untuk ohm rendah dan watt tinggi.

Bisa sih bisa, tapi setelah puluhan vape, mod biasanya akan teriak weak battery karena sudah tidak kuat.

Sedangkan di single coil, biasa ohm kamu akan cukup besar, misalnya 0.3ohm atau 0.7ohm. Kamu hanya membutuhkan watt sekitar 25-40 watt saja.

Selain itu karena watt yang digunakan lebih rendah maka otomatis baterai pun lebih irit. Dengan 0.7ohm, mod dua baterai saya bisa bertahan 2-3 hari.

Karena watt yang rendah, dan panas yang cenderung lebih rendah, coil dan kapas bertahan lebih lama. Salah satu faktor utamanya adalah kapas akan cenderung selalu basah karena pemanasan yang tidak tinggi.

Selain itu liquid dengan PG yang tingi seperti Five Pawn, lebih cocok digunakan di watt yang lebih rendah. Ini karena di watt tinggi rasanya terlalu memuncak, sehingga sulit sekali mengenali rasa yang lain. Seperti menambahkan terlalu banyak sirop ke air, sehingga rasanya terlalu manis dan pekat dan malah tidak enak.

Jadi seperti yang kamu bisa baca sendiri single coil mempunyai banyak kelebihan.

Tapi Apa Kekurangan Single Coil?

Pada dasarnya cloud dan flavor akan berkurang.

Supaya kamu dapat merasakan, rasa dari liquid harus dibawa oleh sebuah medium atau penghantar, dalam hal ini penghantarnya adalah sang uap.

Jika uap yang dihasilkan sedikit maka rasa cenderung berkurang. Throat hit juga akan berkurang, lagi-lagi karena medium/penghantar ini jumlahnya sedikit.

Jadi kamu menukar rasa dan cloud yang lebih tipis dengan berbagai kemudahan dan biaya yang lebih ekonomis.

Seiring kamu menggunakan single coil, kamu juga akan terbiasa dengan rasa yang lebih tipis ini. Single coil tidak terasa hambar sekali, namun sedikit lebih tipis dibanding dual coil.

Bayangkan ini, kamu membuat kopi hitam  dan menambahkan 20% lebih banyak air. Awalnya kamu mungkin akan merasa bahwa kopinya hambar, tapi lakukan ini selama berbulan-bulan, pada akhirnya kamu akan terbiasa dengan rasanya. Dan ketika kamu kembali lagi ke kadar awal tanpa tambahan 20% air, maka kamu mungkin mengatakan kopinya terlalu pekat.

Seperti itulah dual coil dan single coil bekerja.

Jadi jika kamu menggunakan single coil, berikan cukup waktu agar kamu terbiasa dengan rasanya. Jangan langsung menyerah di exhale pertama.

Apakah Single Coil dapat menyamai Dual Coil?

Bisa.

Buat saja single coil yang sangat besar seperti staggerton. Dengan demikian luas penampang single coil malah lebih besar dari dual coil.

Reload X Single Coil

Luas penampang lebih besar = lebih banyak liquid yang diuapkan = lebih banyak vapor = lebih banyak medium penghantar rasa = lebih banyak rasa = lebih banyak throat hit.

Tapi tentu saja single coil yang besar akan mempunyai masalah yang sama dengan dual coil. Butuh watt yang lebih besar, sehingga hilang sudah irit liquid, dan baterai. Single coil yang besar akan kurang lebih sama dengan dual coil.

Jadi sudah jelas ini bukan perang flavor, dual coil bagaimanapun juga akan memproduksi rasa dan cloud yang lebih intense dari single coil.

Ini adalah masalah kenyamanan dan seberapa banyak kamu dapat berkompromi dengan kekurangannya untuk mendapatkan kelebihannya.

RDA Single Coil Terbaik


Wasp Nano by Oumier

Wasp Nano RDA - Small

Sang Favorit – 8,5/10

Seperti namanya, RDA single coil yang satu ini kecil dan menyengat seperti tawon. Karakteristik rasa sangat intens dan padat. Saya lebih menyukai Hadaly dalam segi keseimbangan rasa, tapi dengan harga yang 10x lebih murah (ya 10x!), Wasp Nano berhak saya mahkotakan RDA single coil favorit VapingJKT.

Review Wasp Nano

Hadaly by Psyclone Mods

Hadaly Psyclone Mod

Sang Premium – 8/10

Secara flavor, Hadaly dan Wasp Nano berada di liga yang sama. Tapi Hadaly mempunyai kemampuan meredam panas yang lebih baik, rasa yang lebih merata, tidak terlalu menusuk, dan kualitas build yang jauh lebih baik (sangat jauh). Wajar mengingat harganya yang lebih dari Rp1 juta. Hadaly saya gunakan sebagai pembanding jika saya mengulas single coil RDA lain. Satu masalah saja, air flow terlalu rendah sehingga liquid sering keluar jika ditetes banyak.


Recurve by Wotofo

Recurve RDA

Sang Squonker – 8,8/10

Recurve mempunyai flavor yang luar biasa dengan air flow yang super smooth. Air flow terbaik yang pernah saya coba di single coil bahkan. RDA yang satu ini juga sangat newbie friendly dan praktis. Tidak panas walaupun menggunakan coil yang cukup besar. Hampir menggantikan Wasp Nano, namun karena pada dasarnya tidak ada juice well, maka hanyak praktis jika digunakan dengan squonk mod.

Review Recurve

RDA Single Coil Dengan Potensi Tinggi

Citadel RDA by Psyclone Mods

Catatan
Saya belum mencobanya jadi tidak ada jaminan sama sekali RDA single coil ini akan bersinar.

Citadel RDA Single Coil

Citadel RDA bisa dibilang penerus dari Hadaly dengan beberapa peningkatan. Yang pertama adalah air flow yang lebih tinggi, sehingga liquid tidak akan bocor keluar. Ini adalah poin besar bagi saya, walaupun saya suka dengan Hadaly tapi bocornya liquid  menjadi kelemahan utamanya. Untuk menanggulangi ini, saya biasanya drip dengan kuantitas yang sangat sedikit, malesnya adalah saya harus rajin drip.

Yang kedua Citadel RDA mempunyai chamber reducer. Ketika ini dipasang maka ruang akan semakin kecil dan ini berarti jalur dari air flow akan semakin terarah dan seharusnya meningkatkan flavor.

Citadel RDA sedang dipesan VapingJKT, saya akan update lagi begitu saya telah menjajalnya.

Vapefly PIXIE

Catatan
PIXIE RDA belum tersedia di Indonesia. Saya mendapatkannya langsung dari Vapefly

Pixie RDA

PIXIE RDA adalah RDA single coil yang nyaris sempurna. Harganya murah, tidak panas, flavor smooth, juice well luas dan punya konfigurasi air flow mulai dari terbuka lebar, sedang, sampai dengan restricted draw (hampir MTL).

Kenapa tidak berada di daftar di atas? Karena PIXIE belum masuk ke Indonesia.

Saya sudah menggunakan RDA ini selama 2 minggu lebih dan tidak bisa berhenti. Saya lupa dengan single coil saya yang lain. PIXIE RDA menjawab semua permasalahan RDA single coil lain yang saya punya. Rasa masih lebih pekat Hadaly atau Wasp Nano, tapi permasalahan saya dengan dua RDA tersebut terjawab di PIXIE.

Satu masalah kecil … air flow hanya ada satu. Di Triade 250 air flow akan menghadap ke kiri ketika dipasang, ini terasa aneh karena hanya menarik udara dari kiri. Tapi di HotCig RSQ air flow tepat menghadap atas tengah, sehingga tidak terasa aneh.

Review PIXIE akan segera tayang dalam waktu dekat!

RDA Single Coil Terbaik … Hampir

RDA di bawah ini masih layak sekali untuk dibeli. Saya cukup puas tapi tidak sampai ketahap kegirangan. Sesuai judulnya, hampir menjadi single coil terbaik.

Drop Solo

Drop Solo Single Coil

Adik kecil dari Drop RDA, tidak terlalu buruk sebenarnya.

Saya menggunakan coil bawaan dan rasanya lumayan. Semua note rasa dapat saya kenali dan proses pemasangan cukup mudah.

Namun mungkin karena ukuran chamber yang cukup besar membuat rasanya kurang bersinar. Ini bisa ditingkatkan lagi dengan menggunakan coil yang lebih besar seperti alien atau tri-core fuse clapton, tapi sayangnya saya tidak mempunyai kesempatan untuk menjajalnya dengan coil besar secara serius.

Satu sifat yang tidak diturunkan kepada adik kecilnya adalah air flow yang smooth. Drop regular mempunyai air flow yang sangat smooth dan luar biasa, namun Drop Solo tidak berhasil mereplikasinya. Terasa biasa saja seperti kebanyakan air flow lain.

Kamu dapat membaca impresi awal Drop Solo di sini.

GR Mod G.R.1

Gas Mods GR 1

RDA single coil yang ini membuat saya frustrasi selama 1 minggu lebih karena sulit sekali mendapatkan rasa terbaik.

Banyak coil dan kapas terbuang untuk mencari setting yang tepat. Akhirnya saya simpulkan Gas Mod G.R.1 cocok dengan simple pararel 26-28 awg dengan diameter 2.5mm.

Setelah ini penggunaan RDA kecil ini cukup menyenangkan dan tidak ada masalah. Hanya saja dibanding dengan ekspektasi awal cukup berbeda. Ini cocok bagi pengguna yang suka dengan cool vape dan ingin menghemat baterai dengan ohm besar dan watt rendah.

FAQ

Mengapa RDA A atau RDA B tidak masuk daftar ini?

  • Hanya ada dua alasan, yang pertama adalah saya belum coba. Yang kedua karena memang tidak layak menurut saya. Tentu saja saya akan berusaha objektif, namun tetap saja akan ada porsi subjektif yang tidak akan pernah hilang dari manusia manapun.

Bagaimana dengan RDA single coil kelas atas?

  • Kebanyakan RDA mahal menawarkan kualitas build yang luar biasa bagus dan rapi. Tidak ada salahnya membeli high-end jika memang bujet kamu memadai. Tapi itu tidak menentukan flavor sama sekali.
  • Jika kamu mencari high-end, rekomendasi saya adalah: O-Atty, O-Atty X, Basic RDA, dan ESG Skyfall. Toko 8Vapors biasanya mempunyai beberapa stok RDA high-end

Jika saya membeli RDA rekomendasi VapingJKT apakah akan terjamin enak?

  • Belum tentu. Lagi-lagi kamu juga akan mempunyai preferensi sendiri. Tapi karena saya sudah banyak mencoba RDA single coil saya bisa memberikan insight pembanding yang lebih baik (mungkin).
  • Contohnya adalah RDA George yang tidak ada di daftar ini, saya punya dan sudah menganggur lama di lemari. RDA ini menurut saya sulit masuk ke daftar atas karena kompetisi yang ketat dari RDA lain, tapi kamu mungkin menyukainya setengah mati.

19
Leave a Reply

avatar
8 Comment threads
11 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
10 Comment authors
TriippsfauzanSenas3nse Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Keenan
Guest
Keenan

Halo om, izin nanya dong
Ini kan Single coil nih, saya mau tanya tentang Dual Coil

Buat om, dual coil dibawah 500k yang mantep apa ya? dari segi cloud dan flavour ? (flavour diutamakan)
Dan juga, yg pemasangannya menggunakan naked coil (non prebuild), rda tersebut udh mantep

Makasih om 🙂

Achmad Jubaidi
Guest
Achmad Jubaidi

Om mau nanya nih oot dikit. Ane make wotofo serpent mini. Tapi masih bingung mau make coil apa. Ada saran ga om? Sekarang pake anarchist 26ga 6lilit di 3mm. Mau ganti ke clapton atau ganti apa ya

Hakeem
Guest
Hakeem

Ane bantu jawab sebagai pengguna serpent mini juga ya gan..

Ane sudah coba clapton, staggered fused clapton di serpent mini dan ane merasa kurang cocok, pertama ramp up time lumayan lama, kedua boros liquid, ketiga, flavour gak ngangkat juga pakai fancy coil. Menurut ane, paling cocok round wire biasa aja si serpent mini ini. Khantal 24 (kalau bisa nemu yg 25ga lebih bagus) bikin space natural 5-6 lilit 3mm id. Udah puas bgt settingan simple begitu kok. Tapi kalau tetep mau fancy coil, coba twisted coil (2*26ga). Better drpada clapton IMO. semoga membantu

Achmad Jubaidi
Guest
Achmad Jubaidi

Oke makasih gan infonya. Yang ane mau tanya lagi “space natural” itu kaya gimana ya gan? Mau coba bikin renggang sih. Ane biasa make rapet soalnya

bumzbumz
Guest
bumzbumz

flave rda 24mm single coil staggerton… barang ghoib tapi.. susah dicari..

s3nse
Guest
s3nse

om review liquid dinner lady dong

Sena
Guest
Sena

Om hendry tolong dibantu build buat doit RDA.saya hampir stress ini nyari build nya,udah hampir sebulan.bahkan yg dari si empunya yg bikin RDA jg masih belum cocok

fauzan
Guest
fauzan

menurut om rda yetii by envi lumayan ga?

ipps
Guest
ipps

mas, sy tertarik dengan PIXIE RDA ini, kira2 jika dibandingkan dengan wasp nano dengan mengesampingkan harga, hanya melihat dari produksi flavor, tingkat kesulitan build, dan build quality, kira kira mas prefer yang mana? terima kasih

Tri
Guest
Tri

Baca artikel ini jadi kangen sy sama single coil RDA ( Hadaly Authentic ), build coilnya gampang bgt tinggal pasang fused clapton posisi kaki coil datar dan badan coil dibawah. Cuman masalah disaya Hadaly kurang cocok dilidah sy jika menggunakan liquid VG70/PG30 flavor cenderung over sweet, optimal VG50/PG50 dan coil tahan lama sy menggunakan fused clapton hampir 1 bulan pemakain flavor masih enak dengan catatan liquid 50/50 dan wicking setiap hari menjaga kapas tetap fresh dan gunk dicoil tdk parah. Kedua Hadaly kurang optimal menggunakan coil round wire, minimal fused clapton. Ditunggu review Citadelnya semoga ada rejeki buat ambil, klo… Read more »