Favorit 2017 | VapingJKT

Accessories,Atomizer,Coil,eLiquid,Mod

RDA, Mod, Ejuice Favorit VapingJKT di Tahun 2017

7 Jan , 2018  

Tahun 2017 merupakan tahun yang luar biasa untuk dunia vaping. Saya bisa menyebutnya sebagai tahun terbaik untuk kita. Mulai dari agresifnya distributor liquid USA (Creative Labz, JualVape dan Vapor Club), regulasi pemerintah, munculnya vloger dan endosser di social media, kolaborasi anak bangsa dengan produsen RDA top dunia, sampai dengan ratusan mod danrda yang masuk ke tanah air. Tahun yang meriah!

Di bawah ini merupakan seluruh komponen vape favorit VapingJKT selama tahun 2017. Namun tentu saja saya tidak mencoba semua RDA, Mod, liquid yang ada di pasaran. Jadi jika ada pertanyaan mengapa x tidak masuk ke daftar y, maka jawabannya hanya ada dua. Pertama karena menurut saya pribadi (ingat ini subjektif) tidak berhak masuk, dan yang kedua karena saya belum mencobanya.

Saya mendorong kamu untuk meninggalkan komentar dengan setup vape favorit kamu di tahun 2017. Beritahu yang lain apa yang menjadi favorit kamu. Tanpa berlama-lama. Mari mulai!

Ringkasan:

  • RDA Favorit: Goon & Wotofo Lush Plus
  • RTA Favorit: Wotofo Serpent Mini & DotMod RTA
  • Eliquid Favorit: Jam Monster Blueberry, VCT, Moon Rabbit Gold Batch, King Crest Duchess Reserve, Mango Pen
  • Mechanical favorit: Noisy Cricket II
  • Regulated Favorit: Asmodus Minikin Boost 155 Watt, Modefined Sirius 200 Watt
  • Squonk Mod Favorit: Pulse BF, Squeezer
  • Baterai Favorit: Sony VTC 5A
  • Charger Favorit: XTAR VC4
  • Cotton Favorit: Cotton Bacon, Team Vape Lab
  • Wire Favorit: Mad Rabbit, Lighting Vapes, CoilArt
  • Prebuild Coil Favorit: Adria Build & Inhale Coil

RDA Favorit VapingJKT 2017

Tahun 2017 merupakan tahun keemasan RDA. Nampaknya setiap  seminggu setidaknya dua RDA lahir di pasaran. Membuat pilihan semakin banyak namun disaat yang sama menjadi semakin sulit.

Tahun 2017 membawa tren baru di dunia RDA, yaitu harganya yang semakin murah dengan flavor yang semakin mantap. Bukan saja RDA murah baru bermunculan, beberapa RDA kelas atas juga turun harga, seperti Goon yang sudah mencapai angka Rp470.000.

Goon RDA by 528 Custom Vapes

Goon lagi? Yap. Goon memang bukan RDA baru, namun di 2017 ini kita melihat penurunan harga yang cukup signifikan. Harganya memang sedikit lebih mahal dari RDA rata-rata, sekitar Rp 470.000, namun kualitas dan performanya tetap juara.

Banyak RDA datang dan pergi, tapi Goon ada di sini untuk menetap. Jika kamu mencari satu hal yaitu flavor maka saya tidak bisa merekomendasikan RDA lain lagi. Kamu bisa membaca ulasan lengkap Goon RDA di sini.

Wotofo Lush Plus

Dengan harga 1/2 dari Goon saya tidak punya harapan tinggi. Namun begitu coil terpasang, kapas dibasahi, dan exhale ditarik, saya terpukau. Ini merupakan RDA termurah yang terkadang jauh lebih pekat dari Goon. Faktor yang sangat membantu adalah ukuran chamber yang kecil sehingga flavor begitu terkonsentrasi dan pekat.

Ukuran Wotof Lush Plus yang kecil membuatnya tidak cocok untuk coil yang besar, karena bisa terlalu panas dan sempit. Jadi sekarang kamu punya dua pilihan. Pecinta coil sedang dan kecil bisa meminang Wotofo Lush Plus sedangkan penggila coil besar bisa memilih Goon. Kasus selesai.

Honorable Mention untuk RDA

Reload RDA

Saya berkesempatan untuk mencoba Reload RDA selama 1 minggu penuh. Saya cukup terkejut dengan flavor-nya yang sangat pekat, mengingatkan saya terhadap karakteristik Wotofo Lush Plush namun dengan deck yang lebih besar.

Untuk flavor saya bisa bilang lebih pekat daripada Goon atau Lush Plush, terkadang terlalu pekat sampai liquid yang tidak terlalu manis bisa menjadi manis sekali.

Mengapa saya tidak memilih Reload RDA saja? Karena letak coil-nya yang menempel di tengah tepat di bawah drip tip, sehingga saya mengalami beberapa kali spitback.

Tapi itu bukan masalah terbesar saya. Masalah saya terbesar saya adalah RDA ini akan menyemburkan uap langsung dari tengah coil ke mulut sehingga setelah beberapa belas exhale, saya sudah tidak kuat. Bibir dan lidah terasa terbakar akibat uap panas langsung.

Menurunkan watt membantu, namun seiring itu flavor juga turun. Saya menemukan titik optimum antara watt dan flavor, di mana rasanya cukup kuat dan panasnya bisa saya tahan. Namun saya merasa Goon dapat melakukan lebih baik karena panas yang dihasilkan jauh lebih sedikit.

Dead Rabbit

Dead Rabbit bisa dibilang mempunyai hype terbesar di tahun ini. Desainnya yang menyerupai kuping kelinci ini sebenarnya bisa dibilang sedikit mirip dengan cosmonout. Namun tentu saja dengan gayanya tersendiri. Banyak dari para blogger vape di seluruh dunia menempatkan Dead Rabbit dalam posisi satu mereka.

Saya sendiri belum mencobanya, jadi saya tidak bisa komentar lebih jauh. Namun minggu depan saya akan berkesempatan untuk mencobanya pertama kali. Jadi tunggu update terbaru dari saya. Sekali lagi Dead Rabbit saya taruh di sini karena popularitasnya yang tinggi dan banyak blogger top dunia yang menyebut ini RDA 2017.

RTA Favorit VapingJKT 2017

Wotofo Serpent Mini

Wotofo sudah mengeluarkan RTA baru di tahun 2017 ini seperti Wotofo Serpent SMM. Tapi hati saya tetap jatuh kepada Wotofo Serpent Mini. Flavor yang dihasilkan oleh single coil RTA ini luar biasa untuk ukuran RTA, terbaik yang pernah saya coba.

Salah satu yang saya sangat suka adalah bagaimana mudah Wotofo Serpent mini di build. Kamu bahkan bisa mengganti coil ketika tank masih penuh dengan cara membaliknya. Seperti yang kamu mungkin tahu, RTA tidaklah dapat bersanding dengan RDA dalam urusan flavor karena designnya. Namun saya bisa bilang Wotofo Serpent Mini bisa mendekati RDA rata-rata.

Pharaoh

Pharaoh adalah atomizer yang membingungkan. Kamu bisa menyebutnya RTA, RDA, atau RDTA. Saya akan menaruhnya di RTA dan biarkan kita berdamai dengan hal ini.

Pharaoh mempunyai kapasitas 2ml yang sebenarnya terhitung kecil dan ini sedikit diperparah dengan tutupnya yang harus diputar, layaknya RTA. Namun kerepotan ini terbayar dengan deck yang besar dan penggunaan tipe coil yang cukup bervariasi.

Saya sendiri suka menggunakan Framed Staple 5-7 lilit sepanjang deck dan walaupun single coil saya bisa mengadu rasanya dengan RDA dual coil sekalipun. Flavor-nya sangat kuat dan yang menjadi plus besar adalah airflownya yang sangat smooth dan tidak berisik. Ini memberikan sensasi tersendiri sewaktu draw.

DotMod RTA

Dotmod RTA adalah sebuah RTA mewah dan mahal. Saya tidak mempunyai RTA ini tapi cukup beruntung untuk meminjamnya selama 3 hari untuk testing. Bisa saya katakan ada harga ada rupa dalam dotmod RTA. Keseluruhan bagian dari RTA dibuat dengan sangat baik dan rapi, dengan balutan emas yang membuat RTA ini semakin mewah.

Dengan simple dual coil kanthal RTA ini mampu bersinar, dari segi flavor menurut saya mengalahkan Wotofo Serpent Mini. Namun proses building-nya sangat-sangat sulit. Saya sudah mengetahui ini melalui beberapa orang sebelum mencobanya, namun saya berpikir bisa sesulit apa sih?

Sebenarnya tidak terlalu sulit, namun lebih kepada punishing. Begitu ada yang salah atau tidak sempurna kamu harus membongkar semuanya. Untuk membuat hal lebih buruk, kamu perlu membuka pin paling bawah untuk membongkar RTA. Jika kamu sudah berpengalaman mungkin ini tidak menjadi masalah, namun bagi yang masih dalam fase eksperimen mencari setting paling joss, ini akan menjadi proses yang sangat melelahkan.

Tidak ada RDTA Favorit VapingJKT 2017 🙁

Tahun 2017 bukanlah tahun yang baik untuk RDTA. Saya bahkan tidak tahu apakah RDTA akan tetap ada 2-3 tahun mendatang. Saya sendiri tidak mencoba RDTA apapun tahun ini. Ini karena RDTA menawarkan kombinasi RDA dan RTA. Flavor lebih mantap dari RTA dan mempunyai tank. Namun RDTA mempunyai kekurangannya sendiri, wicking adalah sesuatu yang terpenting karena jika salah maka dry hit akan sering terjadi dan liquid tidak akan membasahi kapas.

Terkadang kamu harus memiringkan RDTA untuk membasahi kapas yang lama-lama terasa merepotkan bagi saya.

Sorry gaes, tidak ada rekomendasi RDTA di 2017.

Eliquid Favorit VapingJKT 2017

Membahasa Eliquid tidak akan ada habisnya. Saya senang dengan bangkitnya brewer lokal yang semakin kreatif dalam berkarya. Namun saya juga akan bohong kalau saya tidak mengatakan kebahagiaan saya dengan munculnya beberapa distributor USA yang lebih serius. Memberikan kita lebih banyak pilihan dari pada distributor yang satu itu …. :|.

Jam Monster Blueberry

Jam Monster Blueberry. Oh boy… ejuice yang satu ini membanjiri pasar dengan luar biasa. Alasannya yah sederhana karena enak. Ini salah satu liquid terbaik yang pernah saya coba. Sangat padat, tebal, akurat, dan murah, belum lagi bonusnya yaitu kapas. Bagaimana kamu menyempurnakan kesempurnaan?!

Tapi seiring ejuice ini mendapatkan popularitas. Versi aneh/ekonomis pun bermunculan. Batch ke dua dan seterusnya sudah tidak terlalu pekat, walaupun masih mempunyai profil yang sama. Saya menaruhnya di sini sebagai peringatan kepada batch pertamanya bukan versi sekarang yang beredar. Mengheningkan cipta dimulai…

VCT

Salah satu legenda liquid tembakau akhirnya tersedia di Indonesia. Untungnya kepekatannya tidak terlalu berubah banyak dan masih enak untuk dinikmati. Bersama Blewbacco ini merupakan favorit liquid tembakau saya di tahun 2017 ini. Baca ulasan lengkap VCT di sini!

Moon Rabbit Gold Batch

Tahun 2017 ini juga bisa disebut tahun mochi, karena begitu banyak liquid mochi bermunculan di pasar. Tapi bagi saya Moon Rabbit muncul sebagai pemenangnya. Rasanya enak, dengan komposisi yang imbang antara mochi, kacang, dan filling mix berry. Baca ulasan lengkap Moon Rabbit di sini!

King Crest Duchess Reserve

Liquid juara international yang satu ini memang berhak mendapatkan gelarnya. Kamu akan mendapatkan rasa kue tres leches yang enak dengan sentuhan butterscotch. Saya menemukan liquid ini sangat pas dengan sebuah teh tawar. Enak dan tidak pasaran rasanya. Baca ulasan lengkap Duchess Reserve di sini!

Mango Pen

Profil rasa Mango Pen sebenarnya bisa dibilang sangat pasaran, mangga dengan chiller. Namun sang brewer melakukannya dengan sangat rapi. Gula tidak berlebihan, chiller di jaga dengan sangat rapi, rasa tidak terlalu kimiawi, semuanya memberikan pengalaman vaping yang menyenangkan. Begini seharusnya Mangga chiller terasa! Baca ulasan lengkap Manggo Pen di sini!

Honorable Mention untuk Ejuice

D’ bastard Juice King of Bastard

Liquid super premium yang satu ini berasal dari dalam karya anak bangsa. Kamu akan mendapatkan rasa tembakau kompleks, campuran antara tembakau, karamel, cinamon, dan rasa earthy mapple/oak. Luar biasa intense dan tercampur dengan rata karena menggunakan gyromixer. Mereka juga tidak main-main dengan nicotinenya, sangat menonjok dan terasa murni. Baca ulasan lengkap D’bastard Juice di sini!

Mechanical Mod Favorit VapingJKT 2017

Saya tidak membeli mechanical mod di tahun 2017 ini. Namun jika ada yang harus saya rekomendasikan maka itu akan menjadi noisy cricket II. Saya cukup sering mencobanya di tahun 2017 ini dan jika saya harus membeli mechanical mod maka Noisy Cricket II berada di jajaran puncak dalam daftar saya.

Beberapa hal yang saya suka dari Noisy Cricket II:

  • Konfigurasi dua baterai = Lebih banyak tenaga dan ampere!
  • Seri dan pararel dalam satu mod = Lebih banyak area untuk bermain dan bereksperimen
  • Proteksi low voltage, short circuit dan atomizer = Mechanical dengan fitur keamanan, yes please!
  • Pengaturan voltage untuk konfigurasi seri = 2x Volt bisa terlalu besar, dengan pengaturan ini kamu bisa mencari sweet spot untuk konfigurasi seri. Coil besar saya sedang melihat ke arah kamu…
  • Peringatan baterai habis = Menghindari over discharge, menjaga baterai tetap aman.

Tentu saja perdebatan antara ini sebenarnya mechanical atau bukan masih berlanjut. Tapi saya memilih untuk menaruhnya di mechanical karena penggunaan baterai dan coil masih sangat penting di mod ini.

Regulated Mod Favority VapingJKT 2017

Asmodus Minikin Boost 155 Watt

Jika Asmodus Minikin Boost adalah sebuah kendaraan saya akan menyebutnya tank terindah di dunia. Walaupum berkesan sedikit feminim namun ini adalah mod favorit saya di tahun 2017. Desainnya sederhana dengan kurva di ujung sehingga nyaman digunakan dan tidak terlalu besar. Saya mempunyai warna kuning, walaupun sedikit ‘ngejreng’ namun tambahan motif galaksinya membuat mod yang satu ini sangat berkelas.

Tapi saya tidak akan menyebut tank tanpa alasan. Setelah setahun menggunakan Asmodus, hanya ada sedikit goresan dan itupun karena memakainya agak jorok. Mod yang satu ini sekuat tank baja untuk urusan cat dan material. Finishing build juga sangat baik dan saya tidak menemukan cacat sedikitpun. Bahkan tombol firing yang berbalut chrome pun masih terlihat baik, biasanya lapisan chrome ini mudah gores tapi tidak dengan Asmodus.

Firing juga instan dan galak, dengan menu mod yang tanpa basa-basi. Sederhana namun melakukan tugasnya dengan baik. Saya punya firasat bahwa mod ini akan bertahan setidaknya 3 tahun lagi, namun mari kita lihat saja. 100% recommended!

Modefined Sirius 200 Watt

Terlihat sangat keren, harga murah, firing joss sekali. Jika Asmodus Minikin Boost adalah tank terindah makan ini adalah mobil sport. Ada sedikit masalah di firing button yang mungkin bisa terjadi di kamu, ataupun mungkin tidak, namun di luar itu Modefined sirius adalah salah satu mod favorit saya tahun ini. Ulasan menyusul yah :).

Squonk Mod Favorit VapingJKT 2017

Tahun 2017 adalah tahun kebangkitan squonk. Setiap produsen sekarang setidaknya sudah memiliki 1 squonk mod baru. Ini semua dimulai dengan Pulse BF yang menjadi cukup populer jadi tidak salah kalau saya masukan ke dalam daftar favorit saya.

Pulse BF

Pulse BF adalah sebuah squonk mod yang lengkap. Sebuah mod yang keren abis (versi frosted), RDA yang flavorful, kompabilitas baterai 18650 dan 20700, mekanisme switch pengaman, botol food grade, dan harga yang terjangkau. Perlu saya lanjutkan?

Hugo Squeezer

Hugo Squeezer merupakan salah satu paket squonk murah meriah. Pada saat saya menulis ini, saya sedang menggunakan Hugo Boxer dan saya menyukainya. Bahannya terbuat dari nylonfiber, yang hampir seperti plastik namun lebih kasar, kuat, dan kokoh.

Ada beberapa yang bisa ditingkatkan dari mod ini namun dengan harganya yang berkisar Rp 370.000, saya benar-benar tidak bisa protes. Terutama untuk firing-nya yang cukup galak, bahkan sedikit lebih galak dari Pulse BF. Kemungkinan besar karena firing button BF yang menjadiknya tidak murni mechanical. Di sisi lain Hugo Squonk adalah 100% mechanical, dengan komponen silver plated dan gold plated 510 pin. Love it!

Cek rekomendasi Squonk Mod Terbaik di sini!

Baterai Vaping Favorit VapingJKT 2017

Tentu saja 2017 dihias dengan berbagai baterai ajaib dan meriah. Namun jika kamu membaca post saya mengenai batera kamu akan tahu bahwa tidak semua baterai ajaib yang beredar itu bagus, beberapa bahkan berbahaya. Ada baterai yang memberi label 40A padahal hanya 15A, ini cukup berbahaya jika digunakan di mechanical mod oleh pengguna baru. Berhati-hatilah!

VTC 5A

VTC 5A banyak beredar dengan tulisan 30A, namun setelah pengujian CDC yang didapat berkisar 25A. Namun ini pun sudah cukup untuk kebanyakan penggunaan. Kamu bisa membuat coil kamu sampai 0.15 dan tetap aman selama vape (mechanical). Kapasitasnya yang sebesar 2600mAh juga akan cukup untuk sesi 1 hari yang normal (bukan chain vaping). Ini adalah baterai favorit saya di tahun 2017 untuk mechanical dan juga regulated mod.

Charger Baterai Favorit VapingJKT 2017

Xtar VC4

Xtar VC4 saya yang terakhir rusak. Setelah pemakaian 1 tahun layarnya mati (tetap dapat charging), namun saya tidak berani untuk menggunakannya lagi. Apa yang saya lakukan? Membelinya lagi, merek yang sama.

Ini terdengar tidak masuk akal, namun untuk barang elektronik, rusak adalah sesuatu yang wajar. iPhone berharga belasan juta saja bisa rusak, dan Samsung Galaxy yang mahal itu bisa, well kamu tahu .. boom.

Saya suka Xtar VC4 karena akurat, lengkap, dan tidak panas. Baru-baru ini tanpa sengaja saya juga akhirnya dapat menggunakan fitur revive. Baterai yang sudah tidak bisa terdeteksi (akibat overdischarge) dapat di charge ulang dengan Xtar VC4, jadi bukan hanya iklan semata. Baca ulasan lengkap Xtar VC4 di sini!

Cotton Vape Favorit VapingJKT 2017

Tahun 2017 juga merupakan tahun cotton atau kapas, karena saya melihat banyak kapas baru bermunculan di pasar. Di tas vape saya sendiri sudah ada lebih dari 7 merk kapas yang berbeda. Namun pada akhirnya saya memilih dua kapas yang menurut saya mempunyai performa terbaik.

Cotton Bacon

Simpel, bersih, murah dan ga neko-neko. Baik kamu pemula ataupun veteran akan menemukan
Cotton Bacon dapat digunakan untuk segala kondisi, RDA, RTA, hot vape, warm vape. Pastikan membeli dengan versi yang mempunyai scratch code untuk memastikan keasliannya.

Team Vape Lab

Kapas dari Malaysia ini mempunyai struktur yang berbeda dengan kapas putih biasa. Warnanya tidak putih namun menyerupai kapas alami. Daya serap di awal sangatlah rendah sehingga perlu break-in, kamu yang tidak terbiasa akan menyangka ini kapas anti air ketika di awal tetes. Namun setelah break-in kapas ini akan bersinar untuk RDA high wattage.

Karena mempunyai struktur yang lebih kopong/jarang daripada kapas putih pada umumnya, kapas ini mempunyai dua keunggulan. Yang pertama adalah menampung liquid lebih banyak, dan yang kedua adalah melindungi kamu dari dry hit serta tahan panas lebih baik. Ini karena strukturnya yang kopong akan menahan panas untuk merambat cepat.

Saya menggunakan Team Vape Lab untuk RDA saya ketika build saya sangat rendah seperti 0.09 atau 0.11. Di 100 watt dan kapas kering pun kapas ini mampu menahan dan memberikan rasa hambar, tanpa dry hit. Ini menjadi peringatan untuk menetes. Di kapas biasa kamu tidak akan mendapatkan ‘pengingat’ ini, instan dry hit :).

Wire dan Coil Favorit VapingJKT 2017

Mad Rabbit

Mad Rabbit terhitung mahal, namun saya sangat menyukainya. Mudah dibentuk namun tidak springy (seperti per). Selain itu ohm nya juga cukup kecil, cocok untuk cloud chasser atau mereka penyuka high wattage dan warm vape. Kualitasnya juga cukup baik sehingga tahan lama sebelum kamu harus mengantinya dengan coil baru.

Lighting Vape CoilArt Wire

Lighting Vape dan CoilARt adalah dua coil dengan performa tinggi dan harga yang murah. Yang mana saja kamu pakai akan sama karena menurut saya keduanya dalam liga yang sama. Biasanya saya stok MageArt dan Mad Rabbbit, masing-masing untuk kebutuhan berbeda.

Prebuilt Coil: Inhale Coil & Adria Builds

Ketika simple coil sudah tidak ‘nampol’ maka kamu punya pilihan untuk membeli coil yang sudah jadi. Untuk prebuild coil, saya menyarankan Adria Builds dan juga Inhale Coil. Keduanya sangat rapi, tahan lama, dan membawa rasa ketingkat selanjutnya ketika menggunakan dengan RDA dan setting yang benar. Manapun yang kamu pilih tidak akan salah. Baca ulasan lengkap prebuild coil di sini!


Thats a wrap boys and girl! Saya mengharapkan tahun 2018 akan lebih seru lagi untuk kita, terutama di lini ejuice. Kepada distributor besar, tolong jangan mengutak-atik rasanya yah :). Jika harganya tidak masuk maka kenapa tidak menjual dua versi saja? Versi original dan versi ekonomis.

Kepada brewer lokal, ayo lanjut terus. Inovasi rasa-rasa baru dengan modifer unik. Tinggalkan perang mochi, strawberry cheesecake, ataupun fruity chiller. Masih ada banyak sekali rasa untuk dijelajah!

Selamat datang 2018, selamat tinggal 2017!

Sumber foto: Buildlab

 


Leave a Reply

11 Comments on "RDA, Mod, Ejuice Favorit VapingJKT di Tahun 2017"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Anonim
Guest

My favorite setup:
Voopoo drag + bonza rda

dedy
Guest

Mau nanya nih…saya punya rda goon 1.5..apa perlu saya ganti versi 1 ya?

Alfi
Guest

My setup : smoant charon ts + druga rda.
Pernah nyoba pake goon jg tapi lebih dapet flavor di druga (opini pribadi) dan lebih gampang buildnya dibanding sama goon
Coba review varian jam monster yang baru om, mangerine sama melon colada.

Johnny
Guest

Malam om, hampir semua artikel disini sdh saya lahap, tp tak satupun yg menyinggung hexohm. Saya sebenernya regulated minded, critanya penasaran dgn mod yg namanya hexohm. Krn mnrt saya mod ini unik, disamping varian nya yg byk tp bentuknya sama, jg yg jd pertanyaan di benak saya kenapa buat dpt mod mech ini high cost. Apa sih arti embel2 ejm, anarchist, hexxangel, anodized, vapezoo..
Mohon kl ada waktu, om bisa review mod mech yg satu ini, trus apa beda mod mech dan mod mech yg ada puteran potensiometer, macem inv 3, hexohm
Terima kasih sebelumnya

Elroux
Guest

Di vapingjkt rda terbaik adalah goon, jadi menurut pendapat om vapingjkt sendiri, antara V1 dan V1.5 , lebih recommended yg mana om.. ni bgi yg blum punya keduanya..

wpDiscuz