Cara Memilih Upgrade Mod Featured

Panduan Memilih & Upgrade Mod – Jangan Terjebak Marketing!

Hendri Salim Mod, Tips & Trick 15 Comments

Saya mendapatkan banyak sekali pertanyaan tentang “mod yang bagus apa?”. Tidak sedikit juga yang sedang mencari upgrade dari mod yang sedang mereka gunakan.

Melalui artikel ini saya ingin membantu kamu mengerti dasar dari sebuah mod. Saya merasa ini penting karena kebanyakan vaper baru kebingungan dengan begitu banyak mod yang beredar.

Setiap toko vape atau influencer akan mempunyai rekomendasinya sendiri. Tapi motif di belakangnya tidak dapat kita ketahui dengan jelas. Apakah mereka sedang mempromosikan barang yang mereka sedang jual? Atau produk dari sponsor mereka?

Apa Definisi Mod Yang Bagus?

Kamu ingin mempunyai mod yang bagus, tapi apakah kamu tahu kriteria mod yang bagus?

Setiap orang mungkin mempunyai definisi sendiri dan itu sah-sah saja. Ini adalah definisi saya sendiri:

  • Mempunyai durabilitas yang baik (tahan lama)
  • Mampu memberikan tenaga sesuai yang kita inginkan
  • Mampu memberikan tenaga secara stabil, tanpa naik turun
  • Mempunyai efisiensi energi yang baik
  • Mempunyai reading resistance yang akurat dan konsisten.

Apa yang tidak menjadi definisi saya adalah:

  • Fitur – Karena tidak semua fitur akan terpakai
  • Model – Karena semua orang punya selera masing-masing

Sekarang mari kita bedah ini satu per satu!

Durabilitas yang baik alias tahan lama.

Untuk yang satu ini, kita akan membutuhkan waktu pengujian.

Jadi jika ada sebuah mod baru keluar maka jelas, kita tidak dapat mengetahui durabilitasnya, sampai setidaknya 1 tahun kemudian.

Beberapa contoh kasus pribadi:

  • Wismec RX2/3 bertahan sekitar 1 tahun sebelum firing sendiri di tengah malam. Ini bukan cerita seram, saya sedang tertidur dan tiba-tiba terbangun karena suara firing mod. Sayaa cek dan ternyata mod sedang firing sendiri. Sejak saat ini mod sering sekali auto-firing walaupun dalam posisi locked.
  • Triade DNA 250 hampir tiga tahun, body luarnya sudah tidak karuan, lecet dimana-mana, warna sudah luntur 100%. Namun firing masih seperti hari pertama saya membelinya :).
  • Evic VTC Mini sudah lebih dari 4 tahun, saya beri sticker jadi tidak terlalu lecet. Mod masih berfungsi dengan sangat baik, tombol firing terkadang macet namun wajar untuk barang 4 tahun.
  • Smok H-Priv bertahan dua tahun sampai tombol firing terlepas sendiri dan tidak dapat di pasang kembali. Namun mod masih dapat firing dengan menekan tombol di board.

Seperti yang kamu bisa baca sendiri, durabilitas sangat bervariasi antara satu mod ke mod lainnya. Tidak ada cara pasti mengetahuinya kecuali menjajalnya dengan waktu. Inilah yang saya maksud dengan durabilitas.

Tenaga yang akurat.

Jika di set 60watt maka mod harus memberikan 60 watt, tidak lebih dan tidak kurang.

Banyak definisi yang beredar di pasaran seperti mod gahar, mod galak, firing galak. Ini semua tidak ada artinya sama sekali.

Jika sebuah mod di set 60 watt dan ternyata memberikan 63 watt, apakah itu artinya galak? Tidak sama sekali. Itu artinya mod nya tidak akurat. Salah satu contohnya adalah Modefined Sirius, mod yang satu ini terkesan lebih bertenaga dibanding mod rata-rata tapi saya curiga mereka menaikkan sedikit watt-nya lebih dari yang saya set. Tapi tentu saja saya tidak punya buktinya hanya saja terasa demikian.

Apa yang kamu inginkan adalah sebuah mod yang mengirim 60 watt ketika diminta. Tidak lebih dan tidak kurang.

Mampu memberikan tenaga secara stabil.

Ini adalah masalah mod zaman dulu, ketika perkembangan chip belum secanggih dan semaju sekarang. Ouput voltage yang dimiliki oleh chip dapat turun naik.

Mudahnya begini, kamu set mod kamu di 60 watt dan kamu firing 5 detik. Selama 5 detik mod turun naik memberikan 58watt, 60 watt, 59 watt, 60 watt, 58 watt dan seterusnnya. Ini dikarenakan chip yang digunakan tidak bagus.

Kabar baiknya adalah ini masalah mod regulated awal-awal. Mod keluaran baru (tahun 2016 ke atas) sudah terbilang stabil dan canggih, jadi ini bukan masalah secara umum.

Mempunyai efisiensi energi yang baik.

Semakin tinggi efisiensi semakin irit baterai yang digunakan. Chip seperti DNA 250 mempunyai efisiensi 97%, beberapa mempunyai efisiensi sebesar 90% atau 95%. Normalnya kamu ingin efisiensi yang tinggi supaya tidak ada energi baterai yang terbuang sia-sia.

Tapi kembali lagi, perbedaaan 4% efisiensi pada praktiknya tidak terlalu terasa. Kecuali kamu mendapatkan mod dengan efisiensi 80%, ini terbilang boros.

Tidak semua manufaktur menyertakan tingkat efisiensinya, tapi untungnya kebanyakan mod di pasaran sepanjang pengetahuan saya sudah memiliki efisiensi di atas 90%.

Mempunyai pembacaan resistansi yang akurat dan konsisten

Sama seperti beberapa poin di atas, kemajuan chip sudah membuat ini bukan lagi masalah. Rata-rata mod yang berada di pasar sudah mempunyai pembacaan ohm yang akurat.

Perhatikan beberapa faktor ini sebelum kamu merasa mod kamu rusak:

  1. Pembulatan ohm bergantung terhadap masing-masing manufaktur. Ohm sebesar 0.185 dapat di baca sebagai 0.18 atau 0.19 tergantung kebijakan dari manufaktur, namun hasilnya akan sama. Ini hanyalah tampilan yang ditampilkan kepada kamu
  2. Beberapa coil seperti nichrome, cenderung memiliki perubahan resistansi seiring di pakai.

Jadi dari 5 syarat mod terbaik, 4 di antaranya sudah dimiliki mod rata-rata zaman sekarang. Sedangkan durabilitas tidak dapat ditentukan dengan cepat, membutuhkan waktu yang panjang sampai kita bisa mengatakan, “Ya mod yang satu ini tahan lama”.

Ini memberitahu kita bahwa…

Mod Terbaik Mungkin Sudah Ada Di Tangan Kamu

Mod lama kamu masih berfungsi dengan baik? Jika iya maka tidak ada alasan untuk melakukan upgrade.

Kebanyakan orang merasa upgrade mod dapat mempengaruhi flavor. Dalam kebanyakan kasus, ini sama sekali tidak benar.

Tugas dari mod adalah mengirim tenaga ke atomizer. Dalam satuan watt, tidak ada yang namanya dimensi kualitas. Jadi tenaga 100 watt dari mod Rp300 ribu , Rp1 juta dan Rp40 juta, akan sama saja.

Watt adalah watt, tidak ada grade 1, grade 2, kw3 atau apapun itu.

Jika kamu upgrade mod dan merasakan peningkatan rasa maka ada dua penyebabnya:

  1. Fase bulan madu mod baru yang menyebabkan bias
  2. Mod lama kamu benar-benar bermasalah, seperti tidak akurat dan watt tidak konsisten

Mod yang dibeli di atas tahun 2016 bisa saya katakan sudah memiliki kualitas yang standar dengan chip yang baik. Para produsen belajar dari pengalaman mereka dan juga pengalamaan produsen lain.

Jadi jika kamu ingin upgrade karena tampilan, maka ya silakan. Tapi jangan lakukan untuk flavor.

Mod Dengan Firing Yang Sangat Cepat = Mantap???

Walaupun otak kita sangatlah luar biasa, namun otak tetap membutuhkan waktu untuk mengolah data. Dari berbagai eksperimen yang telah dilakukan, ditunjukkan bahwa otak membutuhkan waktu sekitar 0.25 detik untuk bereaksi terhadapa rangsangan visual (menghindari bola misalnya) dan 0.15 detik untuk bereaksi jika rangsangan berasal dari sentuhan (menyentuh panci panas misalnya).

Tahun lalu salah satu dari tren mod adalah fast firing. Beberapa mod menjanjikan reaksi secepat 0.025 detik. Jadi ketika kamu tekan, maka mod akan mengalirkan tenaga 0.025 detik kemudian, sangat cepat bukan?

Tapi ini semua tidak ada artinya, karena kita sebagai manusia membutuhkan 0.15 detik untuk mencerna informasi lewat sentuhan. Apapun yang lebih cepat dari 0.15 detik tidak memberikan keuntungan karena tidak dapat dibedakan. Ya mod kamu sangat cepat, tapi otak kamu tidak secepat itu untuk mengenali perbedaannya.

Di akhir hari para produsen akan mencoba menjual barang mereka dengan berbagai fitur dan marketing. Tapi kamu sendirilah yang harus pintar-pintar memilahnya.

Pake Mod ini Enak, Ramp-Up nya cepat

Ramp-up atau seberapa cepat coil  panas sangat ditentukan dengan tipe coil dan bahan, serta berapa watt yang kamu kirim ke coil. Coil yang lebih besar seperti fused clapton atau alien akan cenderung memanas lebih lama.

Semakin luas permukaan yang harus dipanaskan maka ramp-up akan semakin lama.

Dalam percobaan yang saya lakukan (video menyusul), saya tidak bisa membedakan antara ramp-up mod Rp500.000 dengan mod Rp1.500.000.

Jadi Tidak Perlu Upgrade Nih?

Jika kamu mencari peningkatan performa tapi mod kamu sekarang masih baik-baik saja. Maka kemungkinan besar kamu tidak akan mendapatkan apa-apa ketika upgrade.

Kalau tujuan kamu adalah ganti model karena bosan maka silakan lakukan jika bujet bukan masalah.

Saya Anak Baru di Dunia Vape, Pilih Mod yang Mana?

Ini beberapa tips dari saya:

  • Pilih mod dengan dua baterai sehingga kamu tidak perlu charge sering-sering dan ketika kamu membutuhkan watt lebih maka tidak perlu membeli mod baru
  • Pilih yang modelnya kamu suka dan nyaman digenggam.
  • Kalau bisa cari tahu apakah mod tersebut menggunakan chip yang anti air, seperti DNA atau Hotcig mod. Kerusakan mod cenderung berasal dari liquid yang masuk ke dalam dan merusak board.
  • Lakukan riset untuk fitur yang kamu cari dan butuhkan. Tapi jujur saja, fitur yang akan sering kamu gunakan adalah menaikkan dan menurunkan watt, selebihnya jarang sekali terpakai.
  • Sebelum membeli sebuah mod lakukan riset dengan keyword nama mod problem. Contohnya Rader Mod Problem. Kamu akan menemukan bahwa Rader ini cukup bermasalah dengan tombol firing yang menjadi sangat panas. Tapi tentu saja jika kamu mencari masalah mod baru, mungkin belum ada karena butuh waktu untuk di uji.
  • Amannya cari mod yang sudah beredar sekitar 6 bulan sampai 1 tahun dan lolos semua poin di atas.

Saya harap ini memberikan pengertian dasar mengenai apa yang seharusnya kamu cari dalam sebuah mod. Namun jika kamu masih memiliki pertanyaan silakan mengajukannya lewat kolom komentar di bawah.

15
Leave a Reply

avatar
10 Comment threads
5 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
10 Comment authors
Bayuanang rusamaLeviYogi sandiPrasetya Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Reza Taruna
Guest
Reza Taruna

Halo mas, saya mau nanya mas. Sekarang mod yg saya pakai itu double barrel v2.1. Setiap firing, voltase yg ditunjukkan berubah berubah mas, contohnya saya gunakan rda reload x, kawat ni80 8 lilit, main di 70 watt, ohm 0.27. Voltase yg ditunjukkan loncat2 dalam range 4.20 V – 4. 40 V. Berarti chip dari mod ini kurang bagus ya mas? Atau ada settingan yg salah? Terima kasih mas🙏🏼

Rahmad Suryawan
Guest
Rahmad Suryawan

Saya ngevape sekitar 6 bulanan , mod pertama saya sampai sekarang adalah tesla terminator, kapasnya merk abal2 bentuknya seperti sumbu dan liquidnyA saya cuma pernah liquid liq*a bonusan sama sekarang liquid merk abal2 harga 40rb 60ml dulu saya beli dua rasa tiramisu sekarang masih 80% dan mangga masih 30%. dikota saya vapestore lumayan jauh dan sekarang “mukin” satu kecamatan di tempat saya tinggal cuma saya yang ngevape, jadi saya benar2 awam soal dunia per uapan ini . saya sudah melakukan beberapa eksperimen mulai dari kawat nicrome80 dan kanthal ,saya coba semua ukuran diameter kuro yang warna-warni itu 😥 sampai pakai… Read more »

Ikhwanii
Guest
Ikhwanii

Halo om Hendri selamat malam.
Artikelnya bagus nih buat saya yg rencananya upgrade mod ke drag mini.
Om Hen bahas dong tentang vape yg sudah diberikan battery build in, soalnya sekarang mulai muncul mod dengan battery build in.
Bahas tentang life span dan battery durabilitynya dong om.
Makasih om Hendri

s3nse
Guest
s3nse

Kalo mod yg beredar sekitar 1 thn apa ya om? Ada rekomendasi?

Ikhwanii
Guest
Ikhwanii

Om Hen mau tanya nih tentang mod dengan battery yang sudah built in apakah worth it untuk vape daily, contohnya drag mini.

Prasetya
Guest
Prasetya

Permasalahan saya di durability..dari mod yg seharga <1000k, terion, sx mini g class semuanya jebol (bukan jebol body tp jebol fungsi).pemakaian semuanya kurang dr setahun, bahkan g-class cuma bertahan 5 bulan. Curiga dari liquid yg rembes..
Skg coba pake mirage dna75c..
Jika ini jebol lg..mungkin saya tertarik hexohm..
Entah itu gimmick karena overprice..
Tp garansi seumur hidup nya yg membuat tertarik..

Yogi sandi
Guest
Yogi sandi

Artikel bagus, edukatif. Tapi saya mau tanya, apakah usia batre mempengaruhi akurasi mod? Soalnya saya ganti mod beberapa waktu lalu tapi masih pake batre lama, dan merasakan sedikit lag ketika firing, untuk sementara saya siasati dengan cara meniup atau membuang sedikit uap ketika sepersekian detik saya firing sebelum kemudian menghisapnya. Apakah batre sangat berpengaruh atau mod saya yang memang lag?
Terima kasih

Levi
Guest
Levi

Mau nanya om tp agak melenceng dr judul. Om hendri setup mtl nya pake apa?

anang rusama
Guest
anang rusama

ada rekomendasi mod dibawah 500 ribu om… ?buat disandingkan sama wasp nano rda… kalau bisa jangan yang mecha

Bayu
Guest
Bayu

Setuju dgn om hen, tp klo mnrt sy sih lbh enak make mod kluaran lama hehehe.. provari radius 60w dh dpake dr 2016 awal smpe skrg msh awet. Ada juga kawan yg make tesla II dr 2015 msh awet. Jdi ya mnrt ku msh bgs kluaran lama sih