Panduan Vaping Pemula Featured

Panduan Lengkap Vaping Untuk Pemula

Hendri Salim Atomizer, eLiquid, Mod 174 Comments

Sebagai vaper pemula, saya kewalahan untuk memutuskan harus mulai dari mana karena terlalu banyak informasi. Mulai dari pemilihan baterai, watt, atomizer, mod, dan beberapa elemen lain mulai menghujani saya dan itu semua tidak membantu saya sama sekali. Yang ada saya semakin bingung memilih vape pertama saya.

Saya mengerti ini juga mungkin terjadi kepada kamu dan itulah mengapa saya membuat panduan vaping ini untuk kamu. Panduan ini ditujukan untuk kamu yang belum mengerti dan ingin segera memulai mencoba vaping dengan maksimal dan aman.

Setelah membaca panduan ini sampai akhir, maka kamu seharusnya sudah bisa memutuskan membeli yang mana dan mempunyai pengetahuan dasar mengenai vape.

Mohon catat bahwa panduan ini hanyalah permulaan, tujuannya adalah memandu kamu untuk memulai. Ada banyak merek lain yang lebih bagus (dan mahal) dan masalah teknis yang tidak dibahas, tapi jika kamu mengikuti panduan ini maka pengalaman vape kamu akan dijamin luar biasa. Siap? Mari mulai!

Apakah vape/vaping cocok untuk saya?

Vape menawarkan ratusan sampai ribuan rasa dan tingkat nikotin yang bervariasi sehingga kamu akan mempunyai lebih banyak pilihan dibanding rokok.

Vape akan cocok untuk kamu jika:

  • Kamu baru saja merokok dan tidak ingin ketagihan terlalu dalam.
  • Kamu adalah perokok veteran dan ingin berhenti.
  • Kamu ingin menggunakan nikotin dengan cara yang paling menyenangkan sambil mencoba ratusan rasa.

Apakah vape lebih aman daripada rokok?

Penelitian sejauh ini menunjukkan bahwa vape jauh lebih aman dari rokok. Ini merupakan alternatif yang lebih sehat dan juga menyenangkan ketimbang rokok. Tapi tentu saja penelitian ini masih terhitung muda dan ada penelitian lain yang menunjukkan bahwa vape berbahaya.

Saya tidak menyarankan vaping untuk kamu yang bukan perokok. Karena nikotin terlepas dari berbahaya atau tidak (lagi-lagi ada penelitian yang menunjukkan ya dan tidak), cenderung menyebabkan ketagihan, setidaknya secara psikologis, belum lagi penambahan biaya jajan membeli liquid.

Vape terdengar cocok untuk saya, selanjutnya apa?

Pertama kamu perlu mengenali enam komponen dasar vape:

  1. Coil – Ini adalah kumparan pemanas yang akan mengubah liquid menjadi uap yang kamu hisap (catatan: rokok = asap, vape = uap).
  2. Kapas – Penampung cairan (selanjutnya disebut liquid) untuk kemudian dipanaskan dan menjadi uap.
  3. Atomizer – Tempat menaruh coil dan kapas. Di sinilah kamu akan menyedot uap masuk ke mulut.
  4. Mod – Ini adalah alat yang mengambil daya dari baterai, lalu meneruskannya ke atomizer. Atomizer akan dipasang ke mod untuk menerima daya. Mod dan atomizer biasanya dijual secara terpisah.
  5. Baterai – Baterai memberikan daya untuk diubah menjadi panas oleh coil.

Mari kita mulai dengan mod

VTC Mods Renders

 

Mod secara umum terbagi dua, regulated dan non-regulated (biasa disebut mechanical mod). Non-regulated atau mechanical mod adalah mod yang tidak mempunyai komponen elektronik untuk mengatur daya dan operasinya.

Kamu tidak dapat mengatur seberapa panas, kamu tidak dapat melihat informasi apapun karena tidak mempunyai layar. Non-regulated Mod juga tidak akan melindungi dari tidak sengaja tertekan, atau komponen tidak sesuai aturan (misalnya nilai ohm coil terlalu kecil).

Intinya non-regulated mod adalah untuk mereka yang sudah ahli. Pemula sangat-sangat disarankan mengambil regulated mod karena nyaman dan aman.

Berikut rekomendasi mod dengan satu dan dua baterai

Satu baterai

eVic VTC Mini

VTC Mini Recommendation

eVic VTC Mini adalah cinta pertama saya dan masih berfungsi dengan baik setelah 1 tahun lebih. Walaupun kecil namun mod yang satu ini terhitung kuat dan canggih. Kamu akan terus menemukan pembaharuan software karena perusahaannya sangat aktif menerbitkan pembaharuan. Bentuknya yang kecil serta sederhana membuatnya tidak mencolok atau norak. Sangat direkomendasikan jika kamu mencari mod pertama kamu dengan satu baterai.

Kisaran harga: Rp.300.000 – Rp.450.000

AL85 Smok

AL85 Kit Color

Kamu dapat membaca ulasan lengkap Al85 Smok di sini. Namun secara singkat Al85 mempunyai performa yang baik serta tampilan dan desain yang keren. Fitur utama yang saya suka adalah firing bar yang panjang dan berfungsi dengan baik. Kamu juga dapat membeli versi kit yang mengikutkan Smok TFV8 Baby dalam paketnya sehingga yang kamu butuhkan hanya baterai.

Kisaran harga: Rp.370.000 – Rp.450.000

Konfigurasi Dua Baterai (recommended dibanding satu baterai)

Smok Alien 220watt

Smok Alien Recommended

Ini merupakan kakak dari Al85 dengan konfigurasi dua baterai. Alien mampu memuntahkan 220watt yang mana lebih dari yang kamu butuhkan. Software dan penggunaan sangat serupa dengan AL85 di atas sehingga pengalamannya akan sama. Alien terhitung produk baru namun dengan cepat menjadi favorit para vaper diseluruh dunia.

Kisaran harga: Rp.525.000 – Rp.600.000

eVic VTC Dual

eVic VTC Dual Recommendation

eVic VTC Dual adalah versi upgrade dari VTC mini. Dengan versi ini kamu dapat menggunakan dua baterai untuk mendapatkan watt lebih (sampai dengan 150watt). Serunya adalah dalam paket penjualan disertakan juga tutup baterai untuk 1 baterai. Jadi kamu dapat menggunakan VTC dual dengan satu atau dua baterai sesuai kebutuhan kamu. eVic VTC Dual menawarkan semua yang VTC Mini tawarkan.

Kisaran harga: Rp.450.000 – Rp.500.000

New Fuchai 213 atau Fuchai 213 Plus

Fuchai Recommended

Generai Fuchai pertama memang bermasalah, selain tidak dapat mencapai 213 watt, mode TC juga tidak akurat. Namun generasi terbarunya menjawab semua ini dan menjadikannya produk yang sangat solid. New Fuchai terhitung sangat galak dan dapat bertanding dengan Triade DNA 250. Kamu juga dapat memilih versi Fuchai 213 Plus yang menawarkan bahan body yang lebih baik dan layar berwarna, dengan performa yang sama persis.

Kisaran harga: Rp.400.000 – Rp.500.000

Tidak perlu membeli mod yang langsung mahal, kamu pada akhirnya akan upgrade juga. Pilihan di atas sudah sangat solid. Kamu juga perlu menguji apakah vape adalah sesuatu yang cocok untuk kamu, jangan habiskan terlalu banyak uang untuk vape pertama kamu.

Baterai vape? Apa yang harus saya ketahui?

Baterai vape berbeda dengan baterai yang biasanya kamu pakai. Ukuran dan daya tampungnya lebih besar (tipe 18650) dan kebanyakan diisi ulang (bukan sekali pakai). Di sini kamu harus memilih jumlah baterai, antara satu sampai tiga baterai.

Saran VapingJKT adalah menggunakan dua baterai karena menawarkan penggunaan yang panjang sehingga kamu dapat memakainya seharian.

Semakin banyak baterai maka semakin besar watt yang dapat dihasilkan. Semakin besar watt maka uap semakin panas dan semakin kuat juga rasa yang dihasilkan.

Ada banyak elemen lain seperti amper dan daya tampung baterai, namun kamu tidak perlu memusingkan itu untuk sekarang.

Tiga rekomendasi baterai di bawah ini sudah lebih dari cukup untuk kebanyakan vaper termasuk vaper profesional.

  1. Sony VTC 5A
  2. LG HD2 atau HE4
  3. Samsung 20R atau 25R

Ada banyak baterai lain yang menawarkan kemampuan lebih baik seperti daya tampung yang lebih tinggi (lebih lama vape sebelum charge ulang), tapi ingat kebanyakan baterai lain merupakan baterai re-wrapping.

Mereka hanya membungkus ulang baterai Sony atau Samsung dan menjualnya dengan harga lebih tinggi. Kebanyakan baterai merek lain juga cenderung menaikkan spesifikasi, sehingga tidak sesuai dengan hasil pengujian sebenarnya.

Untuk masalah charging, kebanyakan mod sudah mengizinkan kamu untuk charging baterai dengan menggunakan mod. Namun secara jangkap panjang ini dapat membuat baterai rusak karena ketidakseimbangan charging baterai satu dan baterai dua (jika kamu memilih konfigurasi dua baterai). Namun membeli charger baterai juga merupakan sebuah investasi tambahan dan tidak ada jaminan bahwa kamu akan betah menggunakan vape jika ini adalah pengalaman pertama kamu.

Jadi apa yang harus saya lakukan? Saran saya adalah menggunakan mod sebagai  sampai kamu yakin bahwa vape adalah sesuatu yang kamu ingin lakukan secara jangka panjang. Jika sudah yakin kamu dapat meminang Xstar VC2 atau Xtar VC4 (yang merupakan rekomendasi VapingJKT, baca ulasan lengkapnya di sini).

Ok, mod dan baterai sudah. Sekarang atomizer yang mana?

Ini adalah pertanyaan tersulit karena ada begitu banyak atomizer yang tersedia di pasaran.

Jika kamu tidak mau repot maka pilih Sub-Ohm Tank. Karena menggunakan sistem tangki maka kamu tidak perlu menetes terus menerus. Kamu cukup mengisi tangki dan terus vape sampai liquid di tangki habis, setelah habis maka isi kembali tangki.

Walaupun sangat praktis namun RTA mempunyai kepekatan rasa dan uap di bawah RDA. Jangan khawatir, bagi pemula RTA sudah cukup, kamu akan sangat menikmatinya sampai setidaknya satu tahun sebelum kamu upgrade ke RDA.

Jika kamu mau repot sedikit maka RDA adalah atomizer yang paling tepat. Repotnya dimulai dari mengganti coil sendiri yang melibatkan obeng. Kamu juga biasanya harus membuat coil sendiri. Selain itu RDA mengharuskan kamu untuk menetes setiap 7-15 isapan, karena tidak mempunyai tempat menampung liquid yang besar. Semua kerepotan ini diganti dengan rasa dan uap yang jauh lebih pekat dan banyak.

Jika kamu memilih RDA tapi tetap tidak mau repot maka kamu juga dapat datang ke vape shop terdekat dan meminta mereka melakukan coiling dengan biaya berkisar 15-30ribu.

Dua Sub-ohm Tank & satu RTA pilihan VapingJKT

Alien TVF8

TFV8 Coil Recommendation

Smok merupakan salah satu brand vape terbesar yang ada sehingga kamu tidak akan kesulitan menemukan coil cadangan di Indonesia. Smok TFV8 juga menawarkan banyak jenis coil mulai dari yang pekat rasa, pekat uap, kombinasi, vape panas, dan lain-lain. Baca ulasan Smok TFV8 Baby di sini.

Catatan: setelah membeli coil cadangan kamu dapat memasangnya sendiri dengan mudah tanpa bantuan alat seperti obeng atau tang.

Uwell Crown 3

Uwell Crown 3 Recommended

Saya tidak memiliki Uwell Crown 3 namun berkesempatan meminjamnya selama 1 hari penuh dan saya cukup terkesan dengan performanya. Saya bisa mengatakan bahwa Uwell Crown 3 memiliki rasa yang lebih pekat dari TFV8, namun untuk urusan cloud, Uwell Crown 3 masih kalah. Kamu juga dapat membeli coil cadangannya dengan cukup mudah di toko online terbesar di Indonesia.

Catatan: setelah membeli coil cadangan kamu dapat memasangnya sendiri dengan mudah tanpa bantuan alat seperti obeng atau tang.

Serpent Mini (RTA)

Serpent Mini Recommended

Walaupun sama-sama menggunakan tangki namun Serpent Mini tidak mempunyai coil cadangan. Kamu harus membuat coil sendiri atau datang ke vape shop terdekat untuk meminta mereka membuat dan memasangkan coil. Namun jika kamu ingin sedikit repot maka Serpent Mini adalah RTA dengan rasa terbaik yang bisa kamu dapatkan. Ini merupakan RTA favorit VapingJKT!

Tiga RDA pilihan VapingJKT

Lush Plus

Wotofo Lush Plus

Lush Plus adalah RDA murah yang cukup mengejutkan saya karena berhasil bersanding dengan jajaran RDA premium. Bahkan Lush Plus berhasil masuk ke dalam jajaran RDA terbaik versi VapingJKT.

Kamu dapat membaca impresi singkat Lush Plus di sini.

Kisaran harga: Rp.200.000 – Rp. 300.000

Druga

Druga RDA Recommended

Druga adalah salah satu RDA yang sangat viral karena RDA yang satu ini diciptakan dengan kolaborasi anak bangsa dengan produsen terkenal Augvape. Yang saya suka dengan RDA ini adalah sistem clamp yang cukup inovatif dan mudah untuk digunakan, baik dengan coil yang sederhana maupun coil yang besar.

Kisaran harga: Rp.350.000 – Rp. 400.000

Peerles

Peerless Best Recommendation

Peerless menawarkan konfigurasi coil dan airflow yang akan tumbuh bersama kamu. Apa maksudnya? Bagi pemulai kamu dapat menggunakan post tengah dengan coil yang sederhana. Seiring kamu bertambah pro, kamu dapat menggunakan side post untuk memasang coil yang lebih besar. Sembilan lubang air flow juga dapat kamu atur untuk mengimbangi coil yang kamu gunakan.

Kisaran harga: Rp. 200.000 – Rp. 300.000

CoilArt RDA Mage

CoilArt Mage RDA Recommended

Saya adalah fans dari bottom air flow, karena udara mengalir dari bawah langsung mengenai coil. Sehingga kamu tidak perlu mengatur posisi coil untuk mendapatkan rasa maksimal. Sama seperti Peerless, kamu juga dapat menggunakan berbagai macam coil seiring kamu bertambah pro di dunia vape. Dengan harganya yang cukup murah, CoilArt Mage adalah salah satu RDA pemula terbaik yang bisa kamu dapatkan.

Kisaran harga: Rp.200.000 – Rp.250.000

 

Peringatan tentang clone

Kamu mungkin tergoda dengan membeli RDA clone (palsu) dengan tawaran harga yang jauh lebih murah. Saran saya adalah tidak menggunakan clone karena harga RDA aunthethic terus turun, dan kualitas clone sangat bervariasi, ada yang bagus, ada yang luntur dalam hitungan minggu.

Pilihan RDA di atas mempunyai price-to-performance ratio yang sangat bagus dan lebih kuat untuk jangka panjang, sedikit investasi di awal namun lebih menguntungkan secara jangka panjang.

Tunggu dulu … mengapa RDA terbaik VapingJKT tidak ada dalam daftar ini?

Jawabannya cukup sederhana, RDA terbaik pilihan VapingJKT mempunyai rentan harga di atas Rp500.000 dan membutuhkan skill serta coil yang lebih kompleks. Pemula yang langsung menggunakan RDA ini malah tidak akan mendapatkan performa terbaik dan malah kecewa.

Bagaimana dengan kapas?

Cotton Bacon Recommended

VapingJKT merekomendasikan kapas Cotton Bacon v2 karena lebih mudah untuk digunakan. Ada banyak pilihan kapas lain, tidak usah di ambil pusing, pilih Cotton Bacon v2 dan hemat waktu kamu.

Kamu dapat mencoba kapas lain setelah mengerti dunia vaping lebih lanjut.

Untuk kamu yang benar-benar mementingkan budget, kapas organik merk Muji juga dapat dijadikan pilihan. Harganya berkisar 60 ribu dan cukup untuk kebutuhan vaping sampai dengan 6-12 bulan. Walaupun daya tahan dan kemudahan penggunaan berada di bawah Cotton Bacon v2.

Coil. Coil. Coil.

Ada cukup banyak tipe coil mulai dari kanthal sampai dengan stainless steel. VapingJKT menyarankan Kanthal AWG 24 untuk kemudahan pembuatan coil dan rasa yang enak.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan Sub-Ohm Tank, maka kamu cukup membeli coil penggantinya yang banyak tersedia di pasaran. Coil ini dapat diganti dengan sangat mudah tanpa bantuan alat-alat lain. Karena coil sudah terbentuk, dan kapas sudah terpasang di coil.

jika kamu menggunakan RDA maka beli dua coil rekomendasi VapingJKT di bawah ini:

CoilArt AWG 24

Coil Art Kanthal A1 - Rekomendasi Baterai

Kisaran harga: Rp50.000 – Rp75.000 (9 meter)

Vapowire AWG 24

Vapowire Coil Recommended

Kisaran harga: Rp150.000 – Rp170.000 (9 meter)

Saya tidak menyarankan untuk membuatnya sendiri jika kamu pemula. Kamu bisa datang ke vape shop, dengan membawa kapas dan coil dan meminta mereka untuk memasangnya. Satu kali pemasangan bisa bertahan sampai dengan 2 minggu (optimalnya 1 minggu).

Kalo kamu ingin tetap membuatnya sendiri maka tunggu tutorial dari VapingJKT dalam waktu dekat.

Liquid yang mana?

Liquid adalah masalah selera. Namun kamu bisa membaca pilihan liquid terbaik untuk mendapatkan rekomendasi. Klik disini untuk membacanya.

Berikut adalah tiga liquid pertama rekomendasi VapingJKT.

  • Blunanarilla
  • FAQ Funky Monkey
  • Manggo Pen

Untuk benar-benar memaksimalkan pengalaman vape, mulailah dari liquid sederhana dan murah. Memulai langsung dengan liquid yang mahal akan membuat standar kamu menjadi tinggi dan tidak akan betah dengan liquid sederhana (seperti rasa mangga saja, atau rasa strawberry saja).

Ini sama seperti membeli mobil, jika mobil pertama kamu sudah Ferrari maka membeli Avanza tidak akan terasa menyenangkan. Namun jika kamu memulai dengan Agya, lalu Yaris, lalu Camry, lalu Ferrari, maka setiap upgrade akan terasa menyenangkan.

Kita sudah selesai. Tidak terlalu rumit bukan?

Jika kamu mengikuti semua saran VapingJKT di atas maka kamu sudah siap. Saya sudah menghabiskan banyak uang dan tenaga untuk melakukan riset dan menjadikan saya sebagai kelinci percobaan lebih dari 1 tahun lamanya untuk menulis panduan ini.

Tentu saja ada banyak yang perlu diketahui dan merek-merek lain yang menawarkan performa lebih baik. Namun peningkatannya tidak akan terlalu drastis dan untuk pemula, kombinasi di atas sudah lebih dari cukup bagi pemula.

Selanjutnya saya akan mulai pembahasan lebih dalam untuk mendapatkan performa terbaik dari vaping. Sampai bertemu lagi!

Wow Tunggu Dulu!

Memang daftar di atas sudah cukup membantu namun tetap saja ada cukup banyak pilihan. Yang mana yang harus saya pilih?

Versi tidak mau repot (rasa dan uap tidak terlalu tebal, namun masih sangat enak)

  • RDA: TFV8 Smok
  • Mod: Alien 220watt
  • Baterai: Sony VTC 5A
  • Kapas & coil: Tidak perlu karena TFV8 menggunakan coil jadi, dimana kapas dan coil sudah dirakit, cukup dipasang ke atomizer saja.
  • Charger: Charge langsung menggunakan Alien 220watt

Versi repot namun rasa dan uap maksimal

  • RDA: Lush Plus
  • Mod: New Fuchai 213
  • Baterai: Sony VTC 5A
  • Kapas: Cotton Baccon v2
  • Coil: CoilART 24 AWG
  • Charger: Xtar VC 2
  • Coiling: Datang ke vape shop dengan membawa Cotton Baccon dan CoilArt 24 AWG kamu. Bersiaplah untuk membayar Rp15.000 – Rp25.000 untuk setiap penggantian.

Punya pertanyaan lain? Tinggalkan di kolom komentar.

174
Leave a Reply

avatar
65 Comment threads
109 Thread replies
23 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
67 Comment authors
Hendri SalimWawanPapaneIyasYokoYuflih Wijoyo S Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
123
Guest
123

Hi.. Aq ni anak baru di vape kurang lebih seminggu ini menggunakan vape, aq punx vape tesla terminator make liquit black series .. Tp rdax q ganti make minjam dr tmn rdta.. Terasa asik sih make rdta .. Minta petunjuk nich .. Rncn aq mau beli terpisah sj, biar modx tesla tp rdtax make coilart .. Minta petunjuk njch gan .. ?! Salam ngebul ..

Elvaim G
Guest
Elvaim G

Gan klo mau coba utk pertama kali vaping. Kira2 brp biaya yg dibutuhkan utk semua perlengkapannya???

200583
Guest
200583

misi gan..
Mau tanya nih..
Saya dapet box mod mecha merk GP tapi bodinya langsung nyatu sama atomizer magma..
Ada nggak sih yg kayak gitu dan sebutanya apa..makasih

Mhmmd Faisal Rahman
Guest

Ni gue pake mod istik pico75.0watt rda little boy kawat mix twisted liquid naked kapas cotton bacon tapi kok kurang tebal

Kaizur
Guest
Kaizur

Maaf mas, sya bru ada niatan beli vape,budget 600an, yg pas untuk jngka panjang dan tentunya asap tebal+rasa lekat kira2 ada gk ya? Trmksih mimin :*)

Ajie S
Guest
Ajie S

Halo Om Hendri, salam kenal.
Saya baru akan memulai vaping nih om. Sudah seminggu ini saya baca semua artikel disini (kecuali review liquid). Saya juga sudah buat wishlist belanja Mod dan aksesorisnya berdasarkan googling sana sini (sebagian sudah dibeli). Menurut Om Hendri, gimana nih Om tentang pilihan gear pertama saya.
Mod Smoant Charon TC 218
RTA Serpent Mini
Sony VTC 5A
Xtar VC4
CoilArt 24 AWG
Cotton Baccon
Semuanya udh dibeli Om kecuali coil dan cottonnya.
Tujuan saya vaping adalah buat ngurangin rokok Om. Dan juga seperti yg Om bilang, menikmati nikotin dengan berbagai rasa.
Terima kasih atas sarannya di artikel Om. Sukses selalu Om. Regards.

hendry
Guest
hendry

salam kenal bro :), mau tanya kalo penggunaan vape dengan RTA itu hrs selalu ganti koil dan kapas ya? biasa jarak berapa hari sekali untuk penggantian itu?

Denny S
Guest
Denny S

Halo bro! kalo untuk pemula budget 2.500k dapet apa aja ya? Yang jelas gamau yang ribet sih karena mau gantiin rokok. Uda stop rokok setaunan tapi efeknya berat badan naik 27kg 🙁 mau banget vape karena ada rasa rasanya gitu. Mohon reply nya. Thank you bro

ahmad reza
Guest
ahmad reza

hai thor, saya anak baru di vape. saya baru beli KangerTech subox mini. saya sama sekali masih gelap dan gak faham tentang vape. cuma coba2 dulu, dan pngen lebih dalem lagi. bahkan bingung mau nanya apa.. oh iya kira2 tipe vape kaya gitu cocok gak sih buat pemula?

Tom Pratamahardika
Guest
Tom Pratamahardika

Salam ngebul om (salam aja dulu walaupun beda asap) tulisan ini udh lengkap banget, tapi jujur saya malah tambah ga ngerti. Saya perokok aktif dan mau mencoba sensasi Vape, mudah”an bisa bener” lupa rokok. Saya sendiri juga ga paham sama sekali inti dari tulisan ini (padahal udh baca 2 kali) mungkin karena saya baca 1 point dan saya langsung cari benda seperti apa yg dibahas mas Hendri, jadi bacanya terpotong” dan ga paham. Dan yg bikin saya bener” bingung, mas Hendri kasih rekomendasi buat beli part” nya kah? Lalu disatukan dan jadi harga totalnya 1jt lebih? Sementara saya liat di… Read more »

asd
Guest
asd

mau nanya mas saya baru beli MOD asmodus minikin v2 dan RDA VGOD elite menurut mas gimana?

Satrya
Guest
Satrya

Salam kenal vapingjkt buat om Hendri .. Saya lagi nyari² artikel yang pas buat rekomendasi sama belajar vape dan kebetulan saya nyantol di sini yang artikel pas banget mudah di mengerti dan admin nya baik .. Gini loh om saya nyari vape yang : 1. boxnya bagus enak di pandang enak di pegang awet dan tahan lama ,, 2. banyak uap nya dan rasanya terasa ,, Rekomendasi dong .. Terus misalkan saya beli satu paket box dengan RTA,, apa bisa atom nya saya ganti dengan RDA atau RDTA ?? Apakah semua atomizer itu pas buat semua box mod ?? Saya… Read more »

Kiky
Guest
Kiky

Kalau skrg masih worth it gak gan saran agan yg diatas? Saya mau ambil yg “Versi repot namun rasa dan uap maksimal ” atau skrg sudah ada keluaran yg lebih baik ?

Aldi Jastariyaldi
Guest
Aldi Jastariyaldi

Kak, saya masih newbie dan baru mencoba vape, saya punya wismec reuleaux gen 3 with gnome, saya beli cuma mod dan RTA nya saja, minta rekomendasi baterai untuk mod ini dong kak

Asta
Guest
Asta

Salam gan..
Sy pemula di dunia vape,
Mau tnya gan, sy pengguna vaporesso attitude dg RTA bawaanya ( belinya starter kit)..rncana mau ganti ke RDA, menurut agan cocoknya rda yg mana ya untuk MOD yg sy pakai?

arievienz
Guest
arievienz

bosku gmna klu vgod elite rda pakai RDA druga rainbow ,, authentic kawat 26 apakah udah cukup bagus buat saya yg masih pemula saya dapat beli dari temen sendiri

Adolf
Guest
Adolf

Gan ane niubi nih soal vape.
Mau beli vape pertama ane,evic primo kit atomizernya unimax 25.
Paket gitu.
Cuma replacement coilnya ga ada yg jual gan,solusinya gimana ya?
(Jgn ganti atomizer gan)
Ga bisa pake replacement coil dr merk lain?
Ada ketentuan ga gitu?

Ahmad fadly
Guest
Ahmad fadly

Saya masih pemula vaping, dan skrg pake Smok Pen 22,, yg saya mau tanya kapan coil di smok pen 22 harus di ganti ??

Namaku siapa
Guest
Namaku siapa

Permisi om author.. saya lagi mau beli mod vapor nih. Ada beberapa list mod yg saya pilih.
1. Fuchai 213 (sesuai rekomendasi om moderator)
2. Vaporesso nebula (ane suka ama bentuknya. Sayang cuma 1 batre)
3. Wismex rx mini
4. Sirius 200w (sama kek nebula. Ane suka desainnya. Wkwkwk)

Dari 4 mod diatas, kira2 om author rekomendasiin apa? Tetep fuchai kah?Ato mgkn ada pendapat ttg mod yg jadi inceran ane..?
Jujur aja, ane kepincut bgt ama desainnya nebula, tapi dr beberapa review yg ane baca kalo nebula boros di batre.

Saya bingung thor.. hehehhe

jielts
Guest

Salam kenal om, ane baru mau coba vape nih..
Udah datangin mod gbox squonker 200w with rda 24mm..
Ane butuh rekomendasi atommizer, coil, ama batr nih om?
Mohon petunjuk..

Geri
Guest
Geri

Salam kebul gan…mau nanya utk seting sirius 200 W gmn yah?kok py saya terasa panas ya. Sy pake rda peerless. Terimakasih atas saran & masukannya

Tata
Guest
Tata

Mau nanya
Kalo buat pemula
Mod istick pico rdta avocado cocok ga ya? Soalnya ini barusan di belikan hehe.

micah
Guest
micah

mau tanya kalo pake sub ohm tank semacam Smok Tfv8 / Uwell Crown 3 untuk mechanical mod jd masalah gak? saya pakai PASMOD V3

Gan B
Guest
Gan B

hola bang.. gw pemula di dunia vape, device pertama saya kingtech yg ada led buat atur kelistrikan, trus gw ganti mod battlestar nano yg ga ada led nya.. pertanyaannya cara ngatur kelistrikan gmn ya? hehe makasih

Echo firmansyah
Guest
Echo firmansyah

Saya baru mau nyoba ngevape dan mau beli vape, bole recomendasi yg murah murah gitu nya bos

082113575266
Guest
082113575266

Bang Bukanya ada Rba yg Tabung tapi gk make coil rekomendasi Rba yg bagus dong bang

Budi G
Guest
Budi G

Hi…
Minta saran dong mod ane charon mini nah gw pusing n ragu neh rda apa yg cocok buat ntuh mod……??
Slam kebul

Nugain
Guest
Nugain

Om, ane pemula ini. Udh mulai ngevape 3 harian ini. Sebelumnya ane perokok berat, semenjak beralih ke vaping dada ni rada sesek om, wajar kah itu om ? Terimakasih .

Teguh
Guest
Teguh

Bg saya mau beralih ni dari rokok ke vape, saya merokok 1 hari dari bangun tidur smpai tidur lg bisa habis 2 bungkus rokok mild liquid nya yg cocok itu yg 3mg atau 6mg nikotin?
Jg mau coba beli starter kit Smoant Battlestar nano kira2 itu bagus utk saya yg pemula perokok yg aktif ? Jg klo smoant nano ini amankah utk pemula takut meledak.

Mamboo
Guest
Mamboo

Hallo om salam. Kenal, ane baca2 tulisan agan sangat menambah wawasan dunia vape ane… Oh ya ane baru vaping ampir sebulan dan ane pake storm 200, pake rda clone artha, pake baterai sony.. Ane biasa maen di watt 56, resisten di angka 0.23, ane nyoba pake liquid jam monster rasanya emang enak tp beberapa kali puff kok rasanya kaya ilang ya om… Apa settingan ane kurang maksimal apa ya? Ane recoil kalau gak salah pake kanthal om..

Eko
Guest
Eko

Ane mau tanya om, ane kan pemula & baru beli paket kebul dengan Mod Hugo Urus, Rda Tsunami clone
Apakah itu cocok untuk pemula seperti ane & adakah hal yg harus diperhatikan untuk pemula agar bisa safety saat ngevape ?

Alraydha
Guest
Alraydha

Hi… Saya pengguna vapor baru saya mau nanya vtx200w rdtnya apa ya yang bagus?
Mkasih

Muslih taufiqurrahman
Guest
Muslih taufiqurrahman

Om.. Saya baru aja memulai vape dan baru aja meminang eVic Primo RDA Artha Batre Sony VTC 5A 18650 2600mAh 25A Kapas Cotton Bacon Prime. Sementara masih pake coil bawaan RDAnya. Fused Clapton. Ohm yang tertera 0,16, saya main di 50 Watt, mau liat voltnya ga keliatan. karna baru, jadi masih sering nyedotnya hehe. kira2 10 menit / sekali tetes mod udah berasa panas kok ya? itu wajar ga sih? 1 lagi, dengan batre saya itu, untuk ngejar supaya rasa + uap tetep dapet dan tetap menjaga kesehatan/keamanan batre + biar ga cepet panas gitu gimana ya? dan yang terakhir,… Read more »

alief
Guest
alief

bang mau nanya nih, kalo smoant nano battlestar bagus ga ya..? terus kalo pake kawat kanthal enak ga ya..? ketebalan kawatnya mempangaruhi apanya ya bang, rasa kah atau cloudnya..? rencananya juga mw pake Coilart RDA mage. Nah terus rekomendasiin batrei dong bang yang harganya ga terlalu mahal, yaa kisaran 50 – 100rb lah heheh..

randy
Guest
randy

mohon penjelasannya gan, kwat khantal itu kawat yang dibuat menjadi coil kan?

Miki
Guest
Miki

salam kenal, bang enakan smok aliem atau hotcig r 200 (?)

Eri
Guest
Eri

Salam kenal semua, sy lagi mau coba mulai berganti ke vape.
Sy sering lihat temen pengguna vape kok kyknya ribet ya, harus pasang kawat, kapas, belum lagi harus netesin liquid setiap berapa x hisapan.
Oke kalo untuk netesin liquid its oke ya, cuma sy fikir ribet kalo sebentar2 ganti kapas, pasang kawat gitu, sebenarnya ada ga vape yg praktis, kita cuma tinggal tetesin liquid saja, terus hisap sampe habis, ga harus bongkar pasang kawat dan kapas?

Mohon pencerahannya, sy masih awam.

Tama
Guest
Tama

Ma’af bg. Mau tanyak.tesla terminator 90wat untuk pemula itu aman gak bg. Batre AWT 3,7wt.2600. Saya bru 2 hari pake.
Karna bru pke 2 kli sudah tersa panas

Mr. Right
Guest
Mr. Right

Halo.. Pertama makasih banget artikelnya sangat membantu.. Saya baru ni di dunia vape beralih dari rokok, saya beli Vaporite Starter Kit 60W min res 0.25 ohm by Jvape.. Tapi kok sering kaya merembes gitu liquidnya di sampe masuk airholenya kenapa ya? Saya ke vapestore diminta RDA, lalu kalo saya mau ganti RDA Oumier 22mm Single Coil saya harus pake coil seperti apa? Dari segi mm, diameter, dll.. Vapestore agak jauh dari tempat tinggal saya dan saya cuma ngevape malam setelah beraktivitas jadi susah kalo mesti bolak balik hehe.. Terima kasih..

owek
Guest
owek

permisi gan, ane newbie nih didunia perkebulan. ane pgn beli mod dengan budget terbatas, kecantol sama puma vapor storm 200w. kira kira puma bagus gak gan? atau saran buat mod sekelas puma atau tesla wye. salam ngebul

Julian
Guest
Julian

Hello,suhu gua butuh pencerahan ni,gua baru beli Wismec RX mini,yang gua bingung itu nyetingnya,dan gua gak tau apa2 soal vape..
Gua nyoba di mode VW,di mode VW ini apakah masih perlu mengatur ampere,dan OHM nya,gua masuk di mode 20.0 w,dan 3.30 v…
Ini belum ada gua pake karna gua mash butuh info yang lebih,dan gua juga baru beli RTA Super tank mini,tobeco..
Kalo boleh saya minta contac person nya suhu dong,buat sharing informasi lebih jauh,karna saya masih butuh banget pencerahan dri suhu

Dimas
Guest
Dimas

Saran dong min mau beli Vape
Pilih vapor Strom ECO apa battlestar ?

agus
Guest
agus

om ,, coil saya kok sering kebakar knapa ya, ada bekas kebakar gitu

Dicky
Guest
Dicky

Jadi untuk pemula.
Pilihan yg mna gan
Saya perokok tembakau jadi mau berhenti merokok.mohon saran saya harus make vape yg mna.
Terima kasih!!

Gogori
Guest
Gogori

Halo om, saya pemula mau nanya nih, saya perokok, barusan ini tertarik vaping, akhirnya coba2 beli vape yg murah (smoant battlestar nano), nah pertanyaannya saya adalah 1. Kawat apa yg seharusnya saya pakai dan berapa lilitannya?, 2. Saya pernah coba dipasangin sama orang coil+kapasnya, tapi pas saya coba rasanya hambar, masalahnya di coil atau di liquid? Mohon jawabannya om suhu

Beny
Guest
Beny

Malam om.. thx saran dan informasinya..
Saya mau tanya, saya baru ngevape skitar 2 mingguan..
skrg saya pakai mod thor, rta kaees solomon V2..
Pertanyaan saya, coil nya solomon kan pake alien clapton..
Klo mau ganti coil, pakai coil apa ya bagusnya? Saya cari2 di internet, banyak tipe alien clapton jd bingung..
Thanks

adam
Guest
adam

untuk premade atomizer sarannya vape apa bos? thx

Yudis N.
Guest
Yudis N.

Malam om, Saya punya pico 75w dan RDTA Flipped oten (lungsuran temen). Saya kebetulan sempat stop vaping stahun lalu dan br mulai vaping lg sminggu ini. Coil saya pke fused clapton prebuild (dr in*ovapers) dan kapas Cotton bacon, dapet 0.37 ohm dan firing biasa d range 33-40 watt (saya vaper pemula, jd ini dibuatkan d vape store). Awalnya saya pke ejuice yg honeydew melon flavour sangat tipis, malah cenderung berasa hambar. Saya pikir ini krn lidah saya. Nanya2, akhirny saya gantilah ejuiceny dg yg Caramel Coffee (gnti kapas). Manis akhirny bs kerasa, tp saya msh merasa flavour tipis d ujung… Read more »

Clarias
Guest
Clarias

Om saya ada niatan beli mod puma, kira2 atomizer, coil, dan liquid yang cocok untuk pemula apa ya?

oka
Guest
oka

Misi om newbie mau tanya.
saya udah bli Asmodus lustro dan wotofo faris rdta..
untuk batre/coil/kapass yg cocok mnurut om apa ya??
dan untuk settingan yg pass mantap gmn ya om..
makasihhh om