Panduan Coil & Baterai |Featured

Panduan Baterai dan Coil Untuk Vaping Yang Aman

Hendri Salim Tips & Trick 214 Comments

Vaper mechanical mod “Saya menggunakan mechanical mod berapa ohm coil yang saya harus buat agar aman?”

Vaper regulated mod “Saya menggunakan VTC mini dan baterai 20A, kenapa di 75Watt saya mendapatkan pesan weak battery padahal baterai saya masih 70% penuh?”

Itu pertanyaan yang pernah terlintas dipikiran kamu? Kalau begitu setelah membaca artikel ini sampai selesai kamu akan dapat menjawab itu semua.

Mari belajar bersama mengenai ohm, ampere, coil dan baterai lewat artikel ini. Jangan khawatir, saya akan bahas semuanya mulai dari mechanical mod, regulated mod, satu baterai, dua baterai, seri, dan pararel.

Silahkan drip terlebih dahulu, saya akan tunggu :).

Mengerti satuan baterai dengan benar

Baterai adalah salah satu komponen terpenting dari keseluruhan mod kamu. Tidak mengerti bagaimana baterai bekerja atau membeli baterai yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisa meningkatkan resiko kecelakaan ketika vaping.

Tiga satuan baterai yang wajib kamu tahu:

Voltase(V): Baterai bertipe 18650 (yang umum digunakan untuk vape, seperti Sony VTC 4 atau LG HE2) mempunyai voltase maksimal 4.2V ketika terisi penuh.

Tapi hanya karena baterai kamu mempunyai kemampuan 4.2V bukan berarti kamu akan terus menggunakan angka ini. Dengan cepat 4.2V turun seiring kamu memakainya. Jika baterai kamu sekitar 50% terpakai, maka voltasenya hanya akan berkisar 3.7V-3.8V.

Dikarenakan faktor pengaman dan juga efesiensi maka sebaiknya kita menganggap baterai kamu di 3.7V, terlepas penuh atau tidak. Semua contoh di bawah ini akan menggunakan ukuran baterai 3.7V.

Ampere(A): Di sinilah urusan satuan baterai mulai menarik. Satuan ampere dalam baterai terbagi ke dalam dua kategori:

1. CDC (Continuous discharging current). Baterai kamu pada dasarnya akan dikuras ketika dipakai, satuan ini menandakan berapa ampere yang dikuras dari baterai ketika digunakan terus menerus. Secara umum, semakin tinggi ampere CDC baterai maka semakin baik/aman.

2.Max Pulse Discharge. Ini bukanlah sebuah satuan yang standar di industri baterai. Rating max pulse discharge biasanya diberikan oleh sang penjual baterai bukan produsen baterai. Ini merupakan satuan yang diukur dalam 1 kali (1 pulse), ketika kita menggunakan vape, kita tidak menggunakan Max Pulse Discharge melainkan continuous discharing current.

Contoh kasus, baterai MXJO menuliskan 35A di label baterai, jika kamu melihat situs aslinya, maka disitu ditulis bahwa CDC-nya adalah 20A, dan max pulse discharge-nya adalah 35A. Yang tercatat di label baterai seperti yang kamu bisa tebak adalah 35A(max pulse discharge).

MXJO Battery Spec

Mengapa MXJO memberikan label 35A? Ini adalah bagian dari marketing mereka untuk menonjolkan angka yang besar. Ini mengingatkan saya bagaimana banyak produsen speaker di masa lalu berlomba untuk memasang watt PMPO (contoh 1000 Watt PMPO) padahal yang penting adalah watt RMS (yang angkanya jauh lebih kecil).

Sony VTC5A mempunyai kapasitas 2000mAh dengan CDC sebesar 35A, dan tidak mempunyai rating max pulse discharge. Karena lagi-lagi ini bukanlah pengukuran standar.

Tapi tunggu dulu, ini bisa sedikit lebih rumit. Sony mengatakan bahwa CDC sebesar 35A hanya bisa didapatkan jika temperatur baterai di bawah 80 derajat. Jika melebihi 80 derajat, maka CDC akan turun ke 30A. Ini tergantung pemakaian kamu, jika kamu menggunakan untuk chain vaping dan hot vape (watt tinggi) maka ada kemungkinan baterai mencapai 80 derajat dan CDC akan turun ke 30A. Amannya asumsikan CDC-nya sebesar 30A.

Kapasitas(mAH). Biasanya ditandakan dengan satuan mAh, nilainya berkisar antara 1500-3500mAh. Semakin tinggi maka artinya kamu dapat menggunakan baterai kamu semakin lama, sebelum harus di isi ulang. Namun biasanya ini berbanding terbalik dengan ampere. Semakin besar kapasitas baterai (mAh), maka ampere(A) akan semakin kecil.

Bagaimana Mechanical Mod bekerja

Untuk mempermudah mari kita buat contoh. Sebuah mechanical mod 1 baterai (MXJO 20A – CDC) dengan coil sebesar 0.5 ohm (tidak peduli single atau dual coil).

Saat kamu tekan tombol firing, maka yang terjadi adalah daya dari baterai akan disalurkan ke atomizer. Mod kamu sekarang seperti sebuah rangkaian listrik yang tertutup. Dalam rangkaian ini hukum Ohm berlaku.

Catatan: khusus untuk mechanical mod, voltase baterai adalah voltase yang akan digunakan karena tidak ada pembatas atau pengatur elektronik, hal ini berbeda dengan regulated mod dimana voltase keluaran akan dibatasi. Cek spesifikasi mod kamu untuk mengetahui berapa output voltage sebenarnya.

Amps (A) = Volts (V) / Ohms(Ω).

Jika kita isikan contoh tadi ke dalam rumus maka hasilnya akan menjadi:

Amps = 3.7V (nilai baterai yang aman) / 0.5Ω (ohm dari coil)
Amps = 7.4A

Baterai MXJO mempnyai CDC 20A, jadi selama hasil ampere hitungan kita tadi tidak melebihi 20A maka kamu akan aman-aman saja.

Bagaimana dengan coil 0.15ohm? Cara perhitungannya akan sama:

Amps = 3.7V / 0.15Ω
Amps = 24.6A

Baterai MXJO tidak akan kuat, karena rangkaian ini akan mencoba untuk menarik 24.6 ampere dari baterai yang hanya memiliki CDC 20A. Ketika ini terjadi, baterai akan rusak dan sangat mungkin untuk meledak. Ini adalah hal yang kamu harus hindari.

Tapi VTC 5A mempunyai 35A, jadi apakah ini aman?

Karena VTC 5A mempunyai 35A(dengan asumsi baterai di bawah 80 derajat) maka coil 0.15 kita masih terhitung aman. Namun mari kita asumsikan baterai akan panas ke 80 derajat, bahkan dalam kasus ini (CDC menjadi 30A) baterai masih sanggup.

Sampai sini seharusnya kamu sudah bisa menghitung apakah baterai dan coil kamu aman.

Saran VapingJKT adalah menggunakan baterai 25A-30A CDC seperti Sony VTC 5A dan kamu akan aman dengan coil serendah 0.3Ω apa lagi 0.3Ω ke atas.

Mechanical Mod dengan 2 baterai

Mechanical Mod dengan 2 baterai terbagi atas konfigurasi seri dan pararel. Keduanya bekerja dengan cara yang berbeda.

Mechanical Mod Baterai pararel

Dalam rangkaian pararel, kamu akan mendapatkan 2x daya tahan baterai (sehingga lebih lama digunakan – hanya berlaku untuk mechanical mod!), 2x ampere, namun dengan voltase yang sama.

Contoh kasus 2 baterai pararel 20A dengan coil 0.2Ω:

Amps = 3.7V/0.2Ω

Amps= 18.5A (total)

Amps per baterai = 18.5A/2 = 9.25A per baterai. Sangat aman jika dibandingkan baterai dengan CDC 20A.

Mechanical Mod Baterai Seri

Dalam rangkaian seri, kamu akan mendapatkan 2x voltase, namun dengan ampere dan daya tahan yang sama dengan 1 baterai.

Contoh kasus 2 baterai seri 20A dengan coil 0.2Ω

Amps = (3.7V + 3.7V)/0.2Ω

Amps = 37A

Ingat bahwa 37A ini tidak akan dibagi dua dalam rangkai seri. Setiap baterai harus mempunyai 37A, yang mana tidak mungkin karena tidak ada baterai sampai sekarang yang mampu mengeluarkan 37A. Konfigurasi ini dapat membuat baterai panas/gagal dan berpotensi meledak. Ini adalah contoh build yang salah dan jangan dilakukan.

Lalu apa keuntungannya regulated mod dengan konfigurasi seri jika amp yang diambil menjadi tinggi? Karena voltasenya tinggi maka tenaga untuk memanaskan coil besar (alien, atau coil eksotik lainnya) menjadi lebih besar dan coil akan lebih cepat panas dibanding menggunakan pararel.

Kekurangan Mechanical Mod

Kelemahan menggunakan mechanical mod adalah tidak ada layar untuk memberi tahu kamu berapa ohm dari coil kamu, sehingga kamu perlu alat tambahan bernama ohm reader.

Kelemahan kedua adalah seiring voltase baterai turun ketika digunakan, maka tenaga dari vape-pun menurun, sehingga kamu mungkin tidak mendapatkan flavor dan cloud yang tebal seperti saat baterai penuh. Kelemahan ini diatasi oleh regulated mod sehingga konsistensi lebih terjaga

Bagaimana Regulated Mod bekerja

Regulated mod adalah mod yang menggunakan pengatur elektronik di dalamnya. Pengatur ini memungkinan kamu untuk mengatur tenaga dan memantau berbagai informasi lainnya. Cara kerja regulated mod berbeda dengan mechanical mod.

Perbedaan paling besar adalah tidak seperti mechanical mod, di regulated mod, coil yang kamu gunakan tidak ada berhubungan dengan bagaimana tenaga diambil dari baterai.

Mari gunakan contoh lain, sebuah regulated mod dengan 1 baterai penuh (MXJO 20A) dengan coil sebesar 0.3 ohm dan setting power sebesar 70 Watt.

Power (Watt) = Amps (A) * Volt(V)

70W = A * 3.7V

Amps = 18.9A

Jadi baterai kamu akan ditarik sebesar 18.9A. Ini masih aman karena baterai kamu mempunyai 20 CDC (walaupun cukup mepet). Lihat bahwa coil (0.3Ω) tidak kita pakai dalam perhitungan.

Seiring kita pakai vape maka Volt baterai akan turun, mari kita asumsikan turun menjadi 3.6V.

70W = A * 3.6V

Amps = 19.4A

Bisa kamu liat bahwa seiring voltase turun, regulated mod menjaga agar watt tetap stabil di 70W dengan cara menarik ampere lebih banyak dari baterai (dari 18.9A ke 19.4A)

Perlu kamu perhatikan bahwa baterai dengan 20A akan mengalami degradasi (battery sag) seiring pemakaian. Sehingga seiring waktu kemampuannya sudah bukan 20A lagi tetapi menurun.

Ini mengapa kebanyakan mod single battery sudah menunjukkan weak battery (sebagai perlindungan) padahal masih cukup penuh. Ini karena mod mencoba menarik ampere namun yang tersedia tidak cukup.

Contoh kasus Alien Smok AL85 mempunyai watt maksimal sebsar 85W. Jika kamu menggunakan baterai 20A dengan tenaga penuh (85Watt) maka

85W = A * 3.7V

A = 22.9A

Dengan baterai yang penuh (asumsi 4.2V) maka perhitungannya menjadi 20.2A, sehingga mod akan firing. Tapi setelah belasan tarikan dan voltase baterai turun ke misalnya 4V maka ampere menjadi 21A yang mana sudah melebihi baterai. Mod akan melindungi dengan peringatan weak baterry padahal masih penuh. Sekarang kamu tahu mengapa :).

Konfigurasi Mod dengan dua baterai pararel dan seri

Kebanyakan regulated mod dengan dua baterai atau lebih memiliki konfigurasi seri. Dalam kasus ini yang terjadi adalah voltase akan bertambah sebanyak jumlah baterai, dan kapasitas baterai akan sama saja terlepas dari 2 atau 3 baterai yang kamu gunakan. Ya yang kamu baca benar, dalam regulated mod (99% mod yang beredar), 1, 2, 3, atau bahkan 4 baterai akan sama saja.

Misalnya kamu menggunakan mod dua baterai seri dengan coil 0.15 dan power 100 watt.

100 watt = A * (3.7V+3.7V)

A= 13.5A. Masih aman dengan baterai standard 20A.

Karena dalam konfigurasi pararel volt nya bertambah besar maka ampere yang ditarik dari baterai tidak besar.

regulated mod dengan konfigurasi pararel cukup langka, tapi jikapun kamu menemukannya maka

100 watt = A * 3.7V

A = 27A, karena dua baterai maka ampere setiap baterai menjadi 27A/2 = 13.5A. Sama saja.

Karena diatur secara elektronik maka tidak ada perbedaan antara seri dan pararel untuk regulated mod. Ini juga berlaku untuk kapasitas baterai, seri dan pararel tidak akan mempunyai perbedaan dalam regulated mod, terlepas dari 2, 3, atau 4 baterai yang digunakan.

Perhatikan output voltage!

Sekarang kamu mungkin mengatakan karena saya menggunakan triade dna 250 dengan tiga baterai maka saya punya 3.7V*3 kan?

Tidak. Baterai kamu mungkin mampu mengeluarkan 3.7*3 = 11.1V (input voltage) atau lebih ketika terisi penuh (4.2V*3 = 12.6V) tapi bukan berarti mod kamu akan meneruskannya ke atomizer dengan angka yang sama (output voltage). Setiap mod mempunyai output voltage berbeda. Dengan contoh di atas Triade DNA 25, mod yang satu ini hanya mampu mengeluarkan 9.3V.

Kemampuan mod sebenarnya untuk meneruskan voltase akan mempengaruhi ampere yang ditarik dari baterai.

Hitungan di atas kertas:

120Watt = A * (3.7V+3.7V+3.7V)

A = 10.8A

hitungan baru setelah menggunakan batasan mod sebenarnya

120watt = A * 9.3V (menggunakan output voltage dari mod)

A = 12.9A

Jadi karena kemampuan Triade DNA 250 dengan output voltage sebesar 9.3V baterai kamu harus bekerja lebih keras dari seharusnya. Jadi untuk menghitung ampere yang ditarik, maka perhatikan spesifikasi output voltage mod kamu. Sebagai perbandingan Wismec Rx2/3 hanya mampu mengeluarkan output voltage sebesar 9V dengan 3 baterai.


Selamat kamu membaca artikel ini sampai akhir :). Jangan khawatir jika kamu tidak mengerti, baca ulang dan gunakan contoh di atas maka pada akhirnya kamu akan mengerti. Jika ada pertanyaaan jangan sungka untuk menulisnya di kolom komentar di bawah ini. Happy vaping!

214
Leave a Reply

avatar
76 Comment threads
138 Thread replies
26 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
72 Comment authors
wahyuHendri SalimHasmoDanelmuhammad dwi Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Rahadyan
Guest
Rahadyan

Hi salam kenal. Saya newbie di dunia vape, saya baru ambil therion 75c dengan baterai blackcell 3,7 v 3100mah,max40A. Settingan watt utk firing ada di angka 40watt-50 watt. Ohm di layar menunjukkan angka 0,25 – 0,35. Jadi sebenarnya ini msh dalam tahap aman/tidak? Trus di angka ohm berapa sebagai warning untuk kita?
Terima kasih byk 🙂

Regar
Guest
Regar

Bro mau tanya saya pakai SX mini Q class, tank kylin, koil alien 3×27 dapat ohm 0.15 kira2 main di berapa watt ya. saya pakai MXJO 3500 mah dan 35A. Thx

juni taufik
Guest
juni taufik

Kalo buat battery SONY VTC 4 18650 yang capacity nya : 2100mAh
rated capacity: 2000mAh, 30A , 3.7V kira kira untuk spesifikasi segitu nilai Ampere nya udh real kapacity gk tuh ?

juni taufik
Guest
juni taufik

Hallo masbro salam kenal? Saya newbie dalam dunia per vapean, rencana nya saya mu beli MOD, BATTERY, sama RDA tpi masalah nya saya bingung nih ??? kalo RDA sih saya udh pix rencananya mu beli merk DRUGA trus MOD nya saya mu beli merk SMOANT CHARON TC 218 tapi masalah nya saya bingung milih BATTERY nya, harus merk apa dan kapasitas nya yg brapa yg sekiranya cocok buat MOD saya itu? faktor dan penyebab yg bikin saya bingung milih battery itu karna setelah saya baca-baca di internet ternyata tiap tiap MOD itu berbeda beda kebutuhan daya battery dan kecocokan nya?… Read more »

juni taufik
Guest
juni taufik

om pengen tanya? saya pake hugo rader boxer 211w baterai nya sony vtc 4 18650 dual baterai 3,7v 2100mah, max 30A, ohm nya dapet 0,23 kira2 baik nya main di watt berapa? maksimal nya berapa?

200583
Guest
200583

Salam kenal om..
Saya mau tanya untuk ukuran coil yg pas buat mecha saya.
Mod.GP paps
Atomizer.magma paradigm..battrey 18350

beta
Guest
beta

halo om,

mau nanya kl pak mecha, indikator ohm kan bisa diliat di ohm meter. kl indikator batre gimana ya? bagaimana indikatornya kl batre udah mau abis dan waktunya dicharge/ganti batre?

trims,

salam

beta
Guest
beta

halo om
bagaimana cara mengetahui bahwa baterai di mech sudah mau abis? (waktunya di charge). kan ga ada indikatornya

trims sebelumnya

rizal
Guest
rizal

untuk tesla nano 120w, pake mxjo 3500mah 20 A cocok gak?

rudy martin
Guest

Joyetech evic primo 200w
Mau main di max watt 200w sma build coil 0.1ohm pke sony vtc6 aman gak??
Soalny bingung sma spek baterai yg 1 ini, spek yg ane dpt dari berbagai sumber ad yg blg ampere nya 15A, 20A, 30A, 35A, ???¿¿¿
Mohon pencerahannya boss😁

TRIPODS
Guest
TRIPODS

Mau nanya tntang build coil untuk mod vgod pro mech clone dengan RDA vgod elite. Kira” pake batre sama settingan coil apa yg cocok biar flavor sama uap nya banyak?
Kasi penjelasan om.

0024
Guest
0024

Jadi kalo seri pararel selain kapasitasnya yg berlipat,ampernya juga ikut berlipat…?

Angga
Guest
Angga

Min mau tanya, masih baru kalo misalkan saya beli smoant charon 218 wat terus saya mau beli awt 3500 mah aman ga tuh? Makasih

Blaroz
Guest
Blaroz

Mkl200 pake vtc4 ohm dapetnya 0.5 dual coil. Enak dan aman maen di watt brp om ? Soalnya voltnya bisa lebih dari 4.2

ulung
Guest
ulung

salam kenal…

bang sya newbie jg nih di dunia vape….
mod saya fuchai 213 squonk katanya bagus buat pemula.
saya pake batre segelei 40A
layar mod tertera 0.24 ohm
saya selalu main di 45watt karena klo di atas 60watt layar wattnya itu berubah merah…
pertanyaannya apakah mod electric itu otomatis memberikan peringatan tentang aman atau engganya kita pakai watt (yg warnah merah di atas 60watt) dengan 0.24 ohm td…?
soalnya blm pernah coba main di atas 60watt…

Yulius Nainggolan
Guest
Yulius Nainggolan

Hallo mas,sy baru beli mecha vgod elite clone.Rekomendasi batre yg aman sama ukuran ohm coil nya brp ya biar aman sentosa?thanks be4 buat masukkannya🙏

venom
Guest
venom

numpang nanya mas, klo charon dimasukin btre yg beda mah sama ampere nya aman ga?

venom
Guest
venom

mas klo charon aman ga klo pake batre beda MaH, volt sama ampere? kamsiah sebelum nya

Nizar
Guest
Nizar

Saya punya MOD Boxer Rader 211 W + RDA Desire Mad Dog + Baterai AWT 40 A Tulisannya sih, pakai koil clapton beli 50rb dpt 0,20 ohm. Kira2 power yang pas kisaran brp ya om?

alex
Guest
alex

Hlo bang. Kalo voopoo drag yg bgs pakai baterai ap? Dan setingan yg enak di omh.. dan Watt berapa…
Mohon penjelasan ny

tito efendi
Guest
tito efendi

Maaf gan mau nnya, maklum msh pemula.. Ane beli tesla terminator yg bwaan nya rta( kan ada tesla terminator yg bwaan nya rda, tp ini bwaan nya rta). trus ane mau ganti k rda, ane cntoh kan rda nya hadaly 22mm, apa gpp gan?
Kan tesla terminator gk ada layar display nya, cm ada lampu indikator.. Aman gk aman nya gk tau
Mohon pencerahan nya gan..

Tito efendi
Guest
Tito efendi

Maaf gan, ane pemula dan mau nnya..
Ane pakai telsa terminator yg bwaan nya rta (kan ada telsa terminator yg bwaan nya rda, klo yg ane punya rta).
Jd ane mau gnti pake rda, ksi cntoh aja pake rda hadaly 22mm, apakah aman gan? Kan udh gk bwaan pabrik nya lg..
Kan tesla terminator nya gk ada layar display nya, cm ada lampu indikator.

Menurut agan gmna dlm sisi aman gk aman nya?
Klo pun aman, mohon penjelasan krja nya si tesla memakai rda dong gan..

Regi
Guest
Regi

Hallo om. Mau nanya nih. Voltase yang aman untuk ngevape di angka berapa ya? Saya make single coil juggernaut, make 65 watt, dapet voltase 5.16 . Itu masih termasuk kategori aman atau gimana om? Mohon pencerahannya 😀

Luky jimmy
Guest
Luky jimmy

Misi om mau nanya baru beli nih semi mecha hotcig r233 dual baterai tp baterai ane cuma punya vtc4 dan vtc6 apaka gak papa klo di pakai di mod ane sedangkan baterainya beda kapasitas?

reza
Guest
reza

maaf sebelumnya saya mash binun nie gan .. saya memakai mod mecha sub zero x memakai rda twisted messes 24mm .. coil yg saya gunakan alien fused clapton 0.15ohm (5lilit) batre yg aman di gunakan dan tahan awetnya merk apaan yah gann,, newbie .. bagusan sony vtc 4 or LG hb6 yah gann ,,, makasih info nya

Adi
Guest
Adi

Om, mod smoant battlestar dg baterai AWT merah, aman main di watt berapa? Dan biar ngebul koilnya kudu gimana?

Reinaldhi
Guest
Reinaldhi

Bang, mod smoant battlestar nano (mecha), batre mxjo 20A. Bagusan pake coil apa ya bang?

Tito efendi
Guest
Tito efendi

maaf gan, mau nnya..
Klo d regulated mod, ohm nya gk berpengaruh ya gan?
Contoh nya dpt ohm 0.17
Dan main d wat tinggi apa gpp??
Saya pake smoant charen TC218
Baterai VTC 5a
Contoh main d 90 wat d batrai full smpai batrai low tetap d wat yg sma..

izzulislami94@yahoo.com
Guest
izzulislami94@yahoo.com

Haloo
Saya mau nanya dong om,misal saya mod CHARON TC 218,rda MAD DOG,batrai 1 pasang vtc 5 sma 1 pasang LG yg warna kuning trus main di kirasan 40-75w apakah masih aman om ? Mohon bantu di jawab om,masih new bie.makasih om🙏

bayu
Guest
bayu

maaf gan saya newbie
saya memakai mechanical mod dengan batrai sony vtc 5 dan mendapatkan ohm 0.26 apakah itu aman ??
terimakasih

Ajie S
Guest
Ajie S

Halo om Hendri, mau nanya masukannya dong dari Om. Awam banget nih pake vape. Build coil untuk Smoant Charon TC 218, Sony VTC5A, RTA Wotofo Serpent Mini, yg enak biar flavor dapet main di berapa ohm dan berapa power ya? Thanks om.
Thanks juga Om, karena artikelnya saya jadi tercerahkan masalah vape.
Btw, menurut Om Hendri gimana tentang vape pertama saya? Apa udh pas untuk pemula pake banget?

Tito efendi
Guest
Tito efendi

Vol 2.79
Ohm 0.12
Watt 65
Dpt arus 23.30

Mod smoant charon tc 218
Dual Baterai VTC 5A
Mnurut agan gmna??
Apa lg klo main d watt yg lbh tinggi d 70 wat skitar 24 ato 25 arus nya..
Apa gpp gan?

Baringin Rudianto
Guest
Baringin Rudianto

Halo om..salam kenal.. Numpang pencerahan Saya baru coba pakai vape.. Mod honeyhive (regulated mod) Boxer TC80 User manual dari mode tertulis: Resistant : 0.05-3.00 Ohm Bat working voltage: >3.0V Charging voltage: 5(+/-)0.5V Charging Amps: Max 1A Max output voltage: 8.4V Max output Amps:25A Saya pakai baterai BASEN 3100mAh, 3.7V (single baterai) Posisi sekarang saya pakai 40watt, resisten muncul di 0.12Ohm Posisi output volt max: 2.34 Posisi output amp max: 17.5A Saya pakai rda AURA Apakah itu aman om?maksimal watt saya apakah masih bisa diatas 40watt? Mohon maaf klo tulisannya terlalu panjang.. saya cuman pengen merasa safety aja klo vape jadi… Read more »

Chaidar
Guest
Chaidar

Halo bro saya masih bodoh dalam hal ohm dan batre serta vape dll. Yg saya ingin tanyakan sebenarnya ukuran ohm yg besar bagaimana ya..? Apakah angka ohm lebih kecil maka tegangan lebih tinggi,, atau angka ohm tinggi bersamaan dengan tegangan yg tinggi

Chaidar
Guest
Chaidar

Saya punya mod istick pico single batre,, sebaiknya saya pake coil yg amannya mulai dari ohm yg ukuran brapa ya bro..? Dan kalo mod VGOD mechanya sebaiknya juga saya harus pake coil yg ohm brapa sampai brapa yg paling amannya ya bro..? Mohon pencerahannya..

Ryan
Guest
Ryan

Misi om saya mau nanya, saya baru beli mod semi mech coilart mage box, lalu disana tertulis katanya sih artinya jangan sampai 30A. Apakah aman kalo saya menggunakan batre awt 3000mah 40A? Mohon bantuannya

Blackfat
Guest
Blackfat

Om tanya, gw kan iseng pingin nyoba bikin vape diy yang stay dicolokan. Karena emang kerjaan gw lebih banyak didepan labtop.nah gw berusaha cari output 70 wat. Sedangkan cari ampere diangka atas 10 kan susah. Kemarin bikin komponen maks daper ampere 3,2, terus gw tambah voltase ke 20. Nah kalo pake law ohm kan jadi ketemu 6,6 ohm kan. Kira kira bisa gak ya bikin kawat ke hambatan segitu? Kalo bisa kira kira hasilnya kebayang gak om gimana? Mau gw coba masih rada was was wkwkwk

Ryan
Guest
Ryan

Misi Gan kalo saya mau nanya saya pake coilArt box mod (semi mecha sepertinya karena ada puteran kaya invander) ressistance hingga 0.8, lalu pake fused clapton 0.15A dengan baterai awt 3000mah (tertulis 20A-40A) apakah akan berjalan aman?

Ricki radiansyah
Guest
Ricki radiansyah

LG HG2 kan 20A ..mau saya pakek di druga squonker …aman gk mas…saya rencana mau main di 0.20 ke atas

Ricki radiansyah
Guest
Ricki radiansyah

LG HG2 battery yg biasa saya pekek di smok g priv 2..230 tc
Mau saya pakek di druga squonker …kn battery nya cm 20A ..aman ny main di ohm berapa mas…klo mau ganti battery sayang udah 4 biji LG HG2 semua

adinda
Guest

om dua pakai baterai AWT imr 18650,,3,7v 3000mah & 40A..apakah aman bila di cas dengan power supply dengan input 100-240v-50/60Hz 0,3A dan output 5v…0,6A
sebelumnya terima kasih

Adinda
Guest

Slam kenal om..saya mau tanya apakah aman bila baterai Atw imr 18650 3000mah 40A di cas dengan power supply dengan input 100-240v 50/60 0.3a dan output 5v…0.6a..sebelumnya terima kasih

Tito efendi
Guest
Tito efendi

gan, baterai VRK 3000mah 40A itu real gk gan?

Mohaga
Guest
Mohaga

Om, mau nanya nih.
Ane kan pake rda vgod pro mech oten, baterai vtc4 oten. Menurut om enak dan aman nya main di sub ohm berapa yah untuk cloud chasing?
Kemarin saya main di 0.4ohm, KA1 24AWG, 3mm. Kurang joss cloudnya om, mohon pencerahan.

Prayoga
Guest
Prayoga

Saya kan make Mecha mod v3tronix, rdta combo 25mm, rencana saya mau beli batere Sony vtc 4, enak nya ohm berapa ya, trus coil single apa Doble om , dan batere nya apa Sony vtc 4 udah bagus ?

Awd Toro
Guest

Halo om hendri
Mau sharing nih saya pakai charon tc 218 dapet ohm 0.27 dan selalu running di 60 watt memakai baterai mxjo hijau 3500mah 20A . . Saya pakai sudah lama juga dan baru baca artikel om hendri . . Menurut om bagaimana apa bagusnya ganti vct 5 atau bagaimana mohon penjelasannya trims

Tito efendi
Guest
Tito efendi

Mau nnya gan, mod regulated kan ada mode bypass/mecha.. Prtanyaan saya, mod regulated klo d pakai mode bypass/mecha apa bahaya nya ato resiko nya sma d mod mecha?? Soal nya kita main mode mecha d regulated mod, biasa regulated mod ada safety..

Nandi
Guest
Nandi

Mohon pencerahannya, maklum masih newbie.
Mod : Vapor Storm Subverter 200w
Atomizer : Tobecco Super tank 25mm
Battery : Sony VTC 5A

Coilnya 0.5 ohm. Kalo menurut suhu enak+aman main di watt berapa ya?
Terimakasih 🙂

AdeTheImpaler
Guest
AdeTheImpaler

penjelasannya sangat baik. saya skarang jadi lebih paham soal vape. keep going!

deni
Guest
deni

om gapapa ya melenceng dikit hehe, Jadi gini om (curhat) saya awal dari regulated – unregulated – regulated – unregulated box, kemarin pernah pake unregulated, tapi ga lama cuma 2 minggu langsung ke therion, nah saya kebetulan beli unregulated box ini dikasih 2 batre tapi gatau pake batre apa, yang jelas 20A. saya sengaja beli khanthal awg 28 (beli 100m sekalian mau belajar unregulated:)))buat naikin resistance sekitar nyobain 1 ohm, tapi belum ada yang pas, intinya sih pengen dapet flavour joss, hemat batre, flavour panas kuku dengan resistance 1 ohm dan mengorbankan wattase. ada settingan rekomendasi dari mulai berapa mm… Read more »

hilal
Guest
hilal

Min saya mau tanya nih..saya abis beli batre mxjo ijo 3500mah type 1 cdc 10A maxpulse 20A…posisi saya make mod evic vtwo mini make 0.28ohm coil khantal biasa..aman gak yah?