Goon Titanium Palsu | Featured

Atomizer

Ow Ow Ternyata RDA Goon Titanium yang Beredar itu Palsu?

9 Jun , 2018  

Beberapa bulan yang lalu saya cukup terkejut menemukan Goon Titanium muncul di feed Tokopedia saya. Setahu saya ini adalah versi terbatas yang dulu (sekitar 2-3 tahun) pernah beredar. Harus saya akui mata saya berbinar, saya hampir menekan tombol bayar. Tapi saya putuskan untuk membeli Druga Splash Color dan Wotofo Recurve (review menyusul yah), supaya saya bisa melaporkan bagaimana performa kedua RDA itu.

Beberapa bulan berlalu dan saya hari ini menemukan post Instagram 528 Custom yang cukup memprihatinkan.

Lewat Instagram resminya 528 Custom, produsen di balik RDA Goon ini mengatakan bahwa Goon V1 dan V1.5 Titanium yang sedang marak beredar adalah palsu. Goon Titanium adalah RDA versi khusus yang dibuat terbatas, tepatnya 1.000 RDA. Semua habis dalam hari pertama, lalu bagaimana sebuah satu toko vape bisa mempunyai tiga sampai delapan ready stock Goon Titanium?

528 Instagram Goon Respond

Di akhir post tersebut 528 Custom menyebutkan bahwa apapun yang beredar di toko vape adalah palsu atau clone. Karena ini adalah edisi terbatas, biasanya yang menjual adalah kolektor dengan harga yang jauh lebih mahal, bisa dua atau lima kali lipat. Di Tokopedia, salah satu penjual bahkan memasang harga Rp4.500.000, dan di Ebay malah mencapai 7 juta rupiah.

Jadi Goon Titanium yang beredar di pasaran China dan Indonesia adalah palsu? Ya, menurut 528 Custom. Tapi belum tentu sepenuhnya palsu, biar saya jelaskan.

Kebanyakan RDA di produksi di China dan negara tirai bambu tersebut sudah terkenal dengan kebebasan (yang tidak bertanggung jawab) untuk memproduksi clone. Biasanya pabrik di China akan menerima cetak biru, baik itu motherboard, mod, atau RDA. Lalu pabrik tersebut memproduksi sesuai cetak biru dan mengirimkannya kepada client.

Tapi nakalnya, pabrik China ini diam-diam menggunakan cetak biru itu untuk memproduksi lagi dan menjualnya sendiri. Ini terjadi dengan Mod Asmodus, sang pabrik di China memproduksi sendiri dengan menggunakan semua spesifikasi asli dan menjualnya dengan nama yang WEHE. Sang pabrik bisa memilih untuk menggunakan bahan yang sama persis, atau mengantinya dengan bahan yang lebih murah. Kita tidak akan pernah tahu.

Nah sekarang mari kita gunakan konsep ini kepada Goon Titanium. Jika Goon di produksi di China, maka cetak biru/desain akan dimiliki oleh pabrik tersebut. Pabrik tersebut lalu mencetak Goon dengan bahan Titanium dan memasarkannya sendiri. Secara hak cipta ini bukanlah produk Goon yang asli. Tapi secara material, ini adalah Goon. Menggunakan desain Goon yang presisi (karena mereka mempunyai blueprint) dan juga bahan Titanium, jadilah Goon Titanium.

Tapi masalahnya dari mana kita tahu bahwa sang pabrik menggunakan bahan Titanium sepenuhnya Bagaimana dengan spare part lain? Apakah menggunakan standard yang sama dengan Goon asli? Jika ya maka ya Goon Titanium yang beredar sebanding dengan harganya. Jika ada perubahan maka ya kalian membeli barang palsu dengan harga premium.

Goon 3Vape

 

Semua ini tidak perlu menjadi kasus kalo Goon Titanium yang dijual belakangan ini mempunyai harga Rp150.000, karena ini jelas clone, kebanyakan vaper bisa membedakannya. Namun Goon Titanium yang beredar di jual dengan harga Rp550.000-Rp850.000. Sehingga secara natural, orang akan menyangka itu asli termasuk saya sendiri.

Tapi walaupun dengan harga premium tersebut, Goon Titanium “Original” ini terbilang murah dibandingkan versi aslinya yang mencapai lebih dari satu juta rupiah ketika diperkenalkan 2 tahun lalu.

Sekarang jika kamu ketik Goon Titanium di Tokopedia maka kamu akan mendapatkan banyak hasil. Ada yang memang clone karena harganya murah, tapi banyak juga yang diberi harga Rp500.000 – Rp800.000. Jika informasi dari 528 Custom benar adanya, bagaimana mungkin di Indonesia ada begitu banyak Goon Titanium padahal hanya 1000 unit dan habis dalam hari pertama?

Menurut saya secara pribadi, barang-barang ini adalah clone premium. Dibuat dengan spesifikasi asli dan material premium (yang mungkin Titanium murni atau campuran, lagi-lagi tidak ada yang tahu benar). Jadi jika kamu ingin beli maka saran saya hilangkan ide bahwa kamu sedang membeli yang asli, ini kemungkinan besar adalah clone premium. Jangan lupa untuk membeli dengan harga termurah karena kemungkinan besar Goon Titanium yang Rp550.000 sama persis dengan Goon Titanium Rp900.000.

Nah untuk adilnya, kamu juga perlu tahu bahwa 528 Custom adalah produsen yang dibenci dan dicinta. Ada beberapa kasus praktik bisnis yang kurang senonoh dari 528 Custom. Seperti kasus EightVape di USA sana, mereka membeli asli dari 528 Custom. Karena EightVape membeli banyak dan tidak laku, mereka pun menurunkan harga, hampir ke harga modal. Melihat hal ini 528 Custom malah menuduh bahwa Goon 1.5 yang dijual EightVape adalah RDA clone.

Diduga 528 Custom melakukan ini untuk menjaga harga Goon tetap tinggi, tidak dibanting oleh seller. Sebagai imbas kamu juga bisa melihat bahwa Goon 1.5 di Indonesia juga mengalami penurunan harga drastis karena kurang laku (air flow yang terlalu besar). Terakhir saya cek harganya sekitar Rp235.000, sangat murah untuk produk dari Goon.

Saya sekarang tengah melakukan konfirmasi ke salah satu toko vape yang memiliki sekitar 10 unit Goon RDA Titanium “Original” dan juga kepada 528 Custom langsung. Jika ada informasi lebih lanjut maka saya akan update di sini.

Jika kamu sudah membeli Goon Titanium, maka ceritakan pengalaman kamu dan pendapat kamu mengenai hal ini.


7
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
6 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
4 Comment authors
RizkyBayuHendri SalimAji Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Aji
Guest
Aji

Ane sepakat klo ini dibilang clone premium, ada bbrp lapak di toko ijo ane samperin buat iseng tanya ini oten apa kagak, hampir smua dgn yaqin jawab 100% OTEN BOS, hahahahahaha

Btw di IG nya kingtuvape_007 koq dia bilang 528Custom punya utang tp kagak dibayar, bijimane tuh om

dan jgn lupa lngsung ambil Layercake RDA gan klo udh rilis, penasaran reviewnya :p

Bayu
Guest
Bayu

Jadi om hen.. klo goon 1.5 atau goon yg LP itu kalo mw beli yg oten dimana dan kisaran harga na berapa om… Krn trtarik juga beli goon…