Orion Plus Featured

Orion DNA Plus – End Game

Hendri Salim Mod 28 Comments

Saya tidak akan berlebihan jika mengatakan ada ratusan pod yang membanjiri pasar dalam tahun 2019.

Beberapa terlupakan dengan cepat dalam hitungan minggu, namun Orion DNA Plus akan ada untuk waktu yang cukup lama. Setidaknya sampai versi DNA GO dengan layar muncul ke pasar (spekulasi).

Jika kamu mencari tambatan terakhir dari pencarian pod terbaik kamu maka yah Orion DNA Plus adalah pelabuhan terbaik untuk sekarang. Saya dengan mudah merekomendasikannya jika budget bukanlah masalah.

Kamu akan mendapatkan kualitas tinggi dalam hampir semua kategori: Fleksibilitas, build quality, jenis coil, dan flavor. Tapi jika hanya flavor yang kamu pedulikan, maka saya rasa Caliburn Uwell pun masih bisa dikatakan setara.

Tapi baca terus karena Orion DNA Plus mempunyai banyak fitur yang dapat meningkatkan pengalaman penggunaan pod system.

Spesifikasi & Kelengkapan Orion Plus DNA

Parameter Teknis:

  • Dimensi: 93x37x13.5 mm
  • Kapasitas Pod: 2ml
  • Berat: 87 gram
  • Kapasitas Baterai: 950 mAh
  • Coil: 0.25 ohm (mesh) & 0.5 ohm (paralel round).

Sedangkan untuk paket datang dengan cukup standard, dan maksud saya dengan standard adalah 2 coil (0.25 dan 0.5) dan satu cable charger. Kurang dari ini akan saya sebut di bawah standard.

Mereka juga menyertakan lanyard yang mungkin bisa berguna untuk kamu, mungkin juga tidak. Saya sendiri tidak suka menggantung vape di leher, namun saya tahu bagi beberapa orang ini justru yang mereka cari.

Jadi terlepas terpakai atau tidak saya akan memberikan nilai plus untuk kelengkapannya.

Build Quality Orion Plus DNA

Amazing…

Ini adalah sebuah pod dan saya bisa bilang bahwa sebagian besar dari mod bahkan tidak memiliki build quality sebaik ini.

Keseluruhan body terbuat dari besi aluminium dan begitu kamu angkat kamu akan sedikit kaget karena pod yang ramping ini cukuplah berat.

Meneriakkan kemewahan dan kualitas tinggi.

Saya memilih motif stabwood yang menambah nilai premium. Stabwood adalah kayu yang sudah distabilkan dengan menghilangkan kelembapan dan menambahkan stabilizing agent, sehingga kayu tidak akan busuk atau berubah bentuk untuk waktu yang sangat-sangat lama.

Yang saya tidak tahu adalah apakah ini 100% stabwood atau dicampur dengan bahan lainnya. Tapi mengingat harga pod ini lebih mahal dari kebanyakan mod, maka saya ingin menganggap/berharap bahwa ini adalah 100% stabwood.

Selain itu dari pengamatan saya motif setiap pod akan berbeda (unik) karena kemungkinan di ambil dari motif kayu lembaran yang berbeda-beda.

Bahkan catridge yang terbuat dari plastik pun terasa berkualitas tinggi. Sangat tebal namun tetap jernih, kamu bahkan tidak akan merasakan ini plastik karena tidak bergeming sama sekali ketika ditekan sekuat tenaga.

Saya bisa berpanjang lebar menjelaskan kualitasnya yang luar biasa. Tapi begitu kamu pegang sendiri dan amati, kamu akan setuju dengan saya.

Orion Plus DNA Pod adalah pod berkualitas tinggi dan bahkan saya berani mengatakan yang tertinggi untuk sekarang.

Saya akan melewatkan bagian design karena pada dasarnya tidak ada yang berubah dari Orion Plus DNA. Sempat bermunculan pod yang menyerupai Orion DNA namun Orion lah sang pelopornya. Enough said.

Fitur Replay – Penerus Spiritual Temperature Control

Apakah kamu tahu bahwa Evolv perusahaan pembuat chip DNA, adalah perusahaan yang pertama kali menggunakan watt dan bukan voltase untuk mengatur tenaga?

Apakah kamu juga tahu bahwa fitur Temperature Control juga pertama kali dilakukan oleh Evolv?

Watt dan Temperature Control mungkin sekarang sudah sangat umum, namun kedua fitur ini tidak akan ada tanpa inovasi dari Evolv.

Sekarang mereka mempunyai inovasi terbaru bernama Replay.

Apa yang dilakukan mode Replay adalah merekam puluhan faktor seperti temperatur, voltase atau perubahan resistansi di coil, dan mengulangnya kembali ketika kamu menekan tombol firing.

Jadi jika disuatu sore hari kamu melakukan puff dan tiba-tiba merasa puff ini sangat enak maka kamu tinggal tahan tombol menu sampai lampu hijau berkedip.

Selanjutnya kamu puff, pod pintar ini akan mencoba menciptakan ulang puff enak tersebut dengan menggunakan setting yang kamu simpan. Bukan hanya watt tapi puluhan variable lain yang saya pun tidak tahu apa, karena tidak pernah dijelaskan (rahasia dagang) oleh sang founder.

Teorinya begitu, prakteknya?

Lumayan. Mencari puff yang enak terkadang butuh waktu, namun ketika saya menemukan dan melakukan saving, fitur ini bekerja dengan cukup lumayan.

Puff selanjutnya sampai tank habis terbilang konsisten dan terkadang membuat senyum-senyum sendiri.

Namun kamu tetap akan mengalami penurunan rasa seiring pemakaian. Fitur Replay tidak dapat menanggulangi coil yang sudah mendekati ajal. Coil yang sudah gosong tetap akan terasa gosong.

Namun fitur Replay dapat memperlama umur coil. Begitu kapas terasa kering maka firing akan diturunkan atau dicegah, ini menjaga agar coil tidak cepat gosong. Ini dapat dilakukan karena coil yang kering akan sangat cepat panas dan ini akan dicegah oleh fitur Replay karena tidak sesuai dengan ‘rekaman’ kita.

Escribe Suite – Kendali Lebih Lewat Software

Escribe Suite adalah sebuah aplikasi untuk membantu kamu melakukan kustomisasi lebih lanjut. Aplikasi ini perlu dipasang secara terpisah di Mac atau PC.

Apa yang kamu bisa lakukan lewat Escribe adalah:

  • Mengganti watt dari 1-30 untuk setiap profil (ada 5 profil total)
  • Mengganti boost untuk setiap profil
  • Mengganti warna setiap profil sesuai yang kamu inginkan
  • Memberi tahu kamu berapa ohm coil yang dipasang.

Untuk chip DNA lainnya seperti DNA 250, opsi yang tersedia jauh lebih banyak sampai membuat pusing dan bingung bagi yang tidak pernah menggunakannya. Namun untuk DNA GO, pilihannya sangatlah sederhana.

DNA Scribe

Ketika kamu menggunakan coil 0.5 ohm maka 5 pilihan warna yang tersedia merepresentasikan 10, 11, 14, 16, 18 watt.

Jika kamu merasa ada terlalu banyak jeda antara 11-14 maka kamu dapat mengubahnya menjadi 12 misalnya. Kamu juga bahkan dapat mengubah semuanya menjadi 8,9,10,11,12 watt.

Nah beberapa orang merasa bahwa setting yang tepat dapat membuat Orion DNA Plus menjadi sangat luar biasa. Sayangnya ini tidak 100% tepat.

Orion DNA Plus dapat digunakan langsung tanpa melakukan setting apapun, dan setting hanya akan membantu kamu melakukan fine tuning, bukan perubahan drastis.

Sebagai contoh saya merasa nilai boost di awal terlalu besar. Ini membuat coil terlalu cepat panas di 0-1 detik awal dan cenderung membuat coil lebih cepat gosong (jika kamu lupa mengaktifkan Replay).

Jadi saya kecilkan nilainya menjadi 0 atau 1, khusus untuk 0.5 dan membiarkan nilainya untuk coil 0.25 karena coil 0.25 adalah mesh dan membutuhkan bantuan boost di awal biar cepat panas.

Saya juga membuat peningkatan watt di kelipatan, jadi di mulai dari 10 sampai 15 watt.

Fitur ini sudah ada dari Orion DNA sejak 1 tahun yang lalu, dan ketika itu ini adalah fitur yang luar biasa canggih. Tapi mengingat bahwa beberapa pod sekarang sudah memiliki pengaturan watt dan layar (seperti Smok RPM) maka fitur ini sebenarnya terhitung usang walaupun cukup membantu.

Saya tidak akan kaget kalau tahun depan DNA GO datang dengan layar.

Air FLow Orion Plus DNA

Saya akan bilang bahwa air flow controller dari Orion Plus bekerja dengan hampir sempurna. Dengan membuka sedikit saja saya mendapatkan tarikan yang restricted, sesuai yang saya cari dari sebuah pod.

Dengan membukanya setengah lebih dan memasang coil 0.25 saya mendapatkan tarikan restricted DTL yang pas. Air flow controller ini dapat memberikan apa yang saya butuhkan dengan memutar ring yang tepat di bawah drip tip.

Kenapa saya katakan hampir sempurna?

Karena seiring penggunaan, air flow controller ini akan menjadi longgar. Ini karena air flow controller ditahan oleh karet yang seiring waktu akan terkikis. Selain itu cloud yang naik ke atas akan membasahi area air flow controller, berfungsi sebagai ‘minyak pelumas’ mempermudah perputaran.

Walaupun begitu pada saat yang bersamaan, surface tension yang besar dari liquid di area ini juga mencegah ring berputar terlalu liar.

Jika kamu keringkan area ini maka kamu akan mendapatkan sedikit kekesatan kembali. Bukan masalah besar, namun seharusnya ini diperbaiki karena DNA GO yang pertama juga mengalami masalah yang kurang lebih sama.

Performa Orion Plus DNA Pod

Saya tidak akan mengatakan wow luar biasa atau semua layer rasa keluar dan meningkat 2x lipat, karena faktanya tidak begitu. Saya rasa tidak akan ada pod yang akan berbeda jauh dengan yang lain selama tidak ada inovasi baru.

Namun yang saya dapatkan adalah hasil yang bisa dibilang sebuah gold standard.

Ketika saya isi tank dan melakukan priming, saya akan mendapatkan rasa yang akurat. Tidak ada masalah rasa tipis atau berlebih, atau yang lainnya. Seluruh profil rasa yang harusnya ada terasa dengan jelas.

Lupakan orang-orang yang merasa bahwa layer 1,2,3,4,5 jadi terbuka di pod a atau di pod b. Rasa tidak bekerja dengan cara seperti ini, dan ini akan saya jelaskan di artikel selanjutnya.

Ketika kamu menggunakan Orion DNA kamu akan mendapatkan jaminan bahwa rasa yang seharusnya kamu rasakan, yang dirancang oleh mixologist akan terasa dan itu saja. Tidak ada penambahan dan pengurangan.

Tapi jika kamu belum mengerti ini, anggap saja bahwa Orion DNA plus memiliki rasa yang lebih baik dari kebanyakan pod.

Coil bertahan sekitar 7 sampai 10 hari (atau sekitar 6x pengisian), tergantung dari pemakaian. Jika kamu menggunakan fitur Replay dengan konsisten maka terkadang bisa mencapai 14 hari walaupun rasa sudah akan sangat turun melewati minggu pertama.

Orion DNA Plus datang dengan dua coil, yang pertama 0.5 untuk Salt Nic dan yang kedua 0.25 (Mesh) untuk freebase nic. Sebagai informasi coil 0.5 ohm adalah coil lilit biasa namun dililit secara pararel.

Saya tidak mengalami masalah dengan kedua coil ini. Bahkan saya masih bisa menggunakan 0.25 (mesh) untuk salt nic selama di bawah 30mg. Kuncinya adalah dipengaturan tenaga.

Namun tentu saja karena ini mesh, penggunaan watt yang kecil akan membuat ramp up coil menjadi lebih lama. Ini mengapa saya membiarkan boost dinilai default untuk mesh.

Saya Wajib Beli Ga Nih?

Ya beli jika budget bukan masalah. Tapi ingat, bahwa kamu tidak akan tiba-tiba mendapatkan flavor yang luar biasa. Jujur saja rasanya 11-12 dengan Uwell Caliburn, namun adilnya adalah Uwell Caliburn adalah pod dengan flavor yang sangat baik (hanya kurang di pengaturan airflow).

Tapi alasan lain untuk membeli adalah fitur Replay, pengaturan watt yang flexible, air flow, dua coil untuk salt dan freebase dan juga kualitas build yang luar biasa.


Saya yakin kamu punya beberapa pertanyaan mengenai Orion DNA Plus Jadi silahkan cek FAQ di bawah ini.

Apa bedanya Orion DNA Go dengan Orion DNA Plus? Hampir tidak ada bedanya. Dengan melakukan software update dan membeli catridge DNA Plus (dan coil), pada dasarnya DNA GO kamu sudah berubah menjadi DNA PLUS.

Apakah coil Orion DNA Go bisa digunakan di Orion DNA Plus? Bisa, namun kamu direkomendasikan untuk menggunakan profil watt 1 dan profil watt 2 saja.

Apa bedanya Orion DNA Plus dengan Orion Q Pro? Secara fisik tidak ada bedanya, namun Orion Q Pro tidak menggunakan chip DNA GO, jadi tidak bisa dihubungkan dengan Escribe ataupun Replay. Anggap saja Orion Q Pro itu seperti pod biasa namun dengan casing luar DNA GO Plus.

Dimana saya bisa mengunduh escribe? Klik di sini untuk mengunduhnya.

Punya pertanyaan lain? Sampaikan di kolom komentar.

Terima kasih kepada Vapesourcing yang telah menyediakan DNA Go Plus. Keseluruhan ulasan ini tetap dilakukan dengan standar editorial VapingJKT yang independen tanpa intervensi atau pengubahan dari sponsor.

VapingJKT tidak meminta dan menerima imbalan uang dengan menulis ulasan ini.

  • 9.9/10
    Build Quality - 9.9/10
  • 8/10
    Accesories - 8/10
  • 8/10
    Design - 8/10
  • 7.8/10
    Airflow - 7.8/10
  • 8/10
    Performance - 8/10
  • 8/10
    Value - 8/10
8.5/10

Summary

Jika kamu membeli Orion Plus, kamu membeli sebuah pod yang memiliki kombinasi kualitas tinggi dengan flavor yang juga saya sebut sebagai gold standard.

Tapi jika kamu hanya memperdulikan flavor maka pod seperti Uwell Caliburn sebenarnya juga sudah sama baiknya, walaupun airflow tidak bisa diatur.

Pencarian pod terbaik saya berhenti di tahun 2019 ini, dengan Orion Plus sebagai end game.

Sending
User Review
9.19/10 (8 votes)

28
Leave a Reply

avatar
23 Comment threads
13 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
17 Comment authors
David pradanayudhaGhalih putraHrziboy Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Adnan Ibnu
Guest
Adnan Ibnu

SMOK RPM40 Dong PenjelasannhaπŸ˜‚

Nizar
Guest
Nizar

sudah ada smok rpm 80 ngapain yang 40 dijelasin hehehe

Veri
Guest
Veri

Om hendri apa itu fitur boost yg ada dibawah settingan watt di escribe?

Veri
Guest
Veri

Ini bisa di customisasi panel stabwood sama driptip nya om, di indo tau gak om vape store yang jualan ?

Hardy
Guest
Hardy

Setahu saya keduanya tidak bisa gan, soalnya saya udah coba congkel stabwoodnya ngk bisa, mungkin harus buka baut idk? Kalau untuk driptip juga dia nyatu dengan pengaturan airflow gan.

Veri
Guest
Veri

Emang arus buka baut om…..di ali baba ada yg jualan tp import dari US panel nya…kalo driptipnya di malay ada…keren* penel nya bisa diganti moga aja di indo ada yg jualan

https://youtu.be/DyZHCca4iME

Irjik
Guest
Irjik

Saya kok ngidam aegis boost ya om,review singkat dong kurlebnya gmn….

FaniSaputra
Guest

Om mau nanya nih,klau ada retakan kecil di samping magnet sisi luar antara cartridge dan pod pada bagian atomnya itu bisa menimbulkan masalah apa enggk, & biasanya penyebabnya apa ya om.. Mohon penjelasannya

mury bachtyar
Guest
mury bachtyar

Untuk coil 0.25 pake liquid 70/30 bisa maksimal gak om?

lionelandres
Guest
lionelandres

rasa nya 11-12 sama uwell caliburn hahaha saya pengguna cali jadi senyum sendiri, tapi ga dipungkiri sih DNA chip nya emang bikin ngiler ditambah design orion memang yg paling kece bahkan sama pod pod yg baru keluar

rico
Guest
rico

om hendri, apakah bisa dna plus/dna go ini di pakai coil 1 ohm’nya si dna q? dengan customisasi lewat escribe

Andry
Guest
Andry

Ulasan yg menarik dan terinci om ..

Mau tanya juga om rekomendasi mod high end yg beredar dipasaran hingga saat ini dgn asumsi budget tdk masalah?
Jika berkenan berikan singkat alasan nya ..
Terima kasih

Thoriq
Guest
Thoriq

Apakah charging pod pake powerbank aman om?

iboy
Guest
iboy

halo om hendri…om gw mau beli liquid FIVE PAWNS BLACK FLAG mau tanya vapestore atau toko langganan om hendri kalau beli five pawns dimana yaa ??? boleh kasih vapestore rekomendasi…ditunggu om jawabannya matur tengkyu πŸ™πŸ™πŸ™

Hrz
Guest
Hrz

Oot. Review in dead rabbit v2 dong.

Ghalih putra
Guest
Ghalih putra

Halo om hendri mau tanya dong, saya pake mood drag v.2, batre yang cocok buat mod saya apa ya? Tterus kebetulan pake rda goon 22 mending pake coil fused apa alien? Terimakasih om. Sukses terus!

yudha
Guest
yudha

dijogja susah cari coilnya, harus online, padahal enak banget. masalah selama pemakaian hanya satu tabung hisapnya agak ringkih gampang retak kalau ditaruh sembarangan didalam tas. Pronya nih POD nggak ada obat sih bawaannya nyedott trosss

David pradana
Guest
David pradana

Saya baru beli om pakai coil 0,5 liquid pakai saltnic 35 kurang nonjok
Mau pakai yg 0,25 di nic 35 masih gak berani hehehe.
Om biasanya pakai watt yg berapa di coil 0,5 ?