Orion DNA Go | Featured

Orion DNA Go vs Orion Q – Beli yang Mana?

Hendri Salim Mod, Pod 10 Comments

Semenjak Orion DNA Go diluncurkan, saya sudah memasang radar dan mengikuti seluruh update yang bisa saya lakukan.

Mengapa sebuah pod yang sederhana dengan watt yang rendah membutuhkan chip sekelas DNA? Jawabannya adalah kustomisasi yang akan meningkatkan pengalaman pengguna.

Saya tidak tahu berapa lama saya dapat menahan diri saya untuk tidak membelinya, tapi kekuatan saya mulai melemah.

Tepat di titik ini Lost Vape mengeluarkan varian baru Orion bernama Orion Q atau Orion Quest. AIO/Pod ini mempunyai harga yang hampir 50% lebih murah namun tidak memiliki chip DNA di dalamnya.

Jika kamu penasaran atau sedang mempertimbangkan membeli Orion DNA Go atau Orion Q maka artikel ini dibuat untuk kamu.

Apa Itu Orion DNA Go?

Lost Vape menyebut Orion sebagai sebuah pod dan saya cenderung setuju dengan itu.

Orion DNA Go juga dapat disebut sebagai AIO (all-in-one) karena kamu dapat menggunakan liquid freebase, dan juga liquid salt nicotine. Selain itu kamu juga dapat mengatur air flow yang ada di Orion DNA Go untuk direct-to-lung dan juga mouth-to-lung.

Walaupun Orion DNA Go dapat menggunakan freebase nicotine, namun dari pengamatan saya, cara terbaik menggunakannya adalah dengan nicotine yang lebih tinggi seperti 6 atau 9mg dan mempunyai PG yang tinggi (encer) sehingga dapat terserap coil dengan baik dan cepat.

Orion Spec

Orion Lost Vape

Kamu tetap dapat menggunakan liquid 80 VG, namun dengan keterbatasan 40 watt dan juga pre-build coil maka rasa yang kamu dapatkan akan sangat tipis jika dibandingkan dengan dual coil RDA. Belum lagi potensi kapas gosong karena digunakan untuk chain vape karena terlalu kental.

Ini karena memang Orion DNA Go tidak diciptakan untuk menggantikan pengalaman dua coil dengan watt tinggi.

Jadi untuk siapa Orion DNA Go diciptakan? Kamu pengguna salt nic atau high nicotine (6mg++) yang ingin mempunyai kontrol penuh.

Bedanya DNA Go Dengan Pod Lain Apa?

Beberapa pod sudah menggunakan chip yang sangat sederhana, dan sisanya bahkan tidak menggunakan chip sama sekali. Pod yang tidak menggunakan chip pada dasarnya adalah mechanical mod. Tapi jangan khawatir, karena baterai yang digunakan juga kecil maka potensi meledak sangat kecil.

Orion DNA Go membawa ini ketahapan selanjutnya dengan menggunakan chip DNA di dalam pod. Penggunaan chip DNA ini memungkinkan kamu melakukan kustomisasi yang kamu lakukan lewat PC.

Escribe DNA Go

 

Orion DNA Go mempunyai dua macam coil 0.5 ohm dan 0.25 ohm. Chip DNA Go akan secara otomatis mengenali coil yang digunakan dan menggunakan setting yang sesuai.

Misalnya kamu memasang coil 0.5 untuk salt nic, secara otomatis tenaga yang dikeluarkan akan di set ke mid. Lewat tombol di bawah kamu dapat set ke low, mid, dan high jika kamu merasa tenaga terlalu banyak atau malah kurang. Sebenarnya di belakang low, mid dan high adalah sebuah setting watt, misalnya low adalah 12 watt dan high adalah 18 watt.

Orion Pod Change Power

Lewat software EScribe kamu dapat mengatur sendiri watt ini. Misalnya daripada 12 watt, kamu set 10 watt. Kamu dapat set sampai dengan 40 watt yang merupakan batas maksimal dari Orion DNA Go.

Jadi secara sederhana Orion DNA Go adalah sebuah pod dengan kemampuan mengatur watt (variable wattage), namun kamu hanya disediakan 3 slot. Yang mana seharusnya lebih dari cukup pada praktek riilnya.

Reply – Teknologi Pengganti Temperature Control

Kamu mungkin sudah pernah mendengar fitur Reply di DNA 75C atau DNA 250C. Fitur yang sama juga dipasang di DNA GO. Dengan Replay kamu dapat merekam puff yang sempurna untuk kamu ulang kembali.

Misalkan kamu sedang melakukan chain vaping dan setelah 3 puff kamu mendapatkan rasa yang kamu cari. Tahan tombol 3 detik dan puff ini akan direkam. Selanjutnya kamu puff, kamu akan menggunakan rekaman ini untuk mendapatkan pengalaman yang sama.

Orion Pod Gold

Saya akan membahasa fitur Reply di post yang terpisah, tapi apa yang dilakukan oleh Reply lebih dari merekam watt, namun banyak sekali variabel.

Reply sedikit banyak dikembangkan dari fitur Temperature Control, namun dengan penyempurnaan di sana-sini. Sebagai informasi Temperature Control adalah sebuah fitur yang juga dikembangkan oleh Evolv DNA sebelum ditiru oleh kebanyakan chip lain.

Karena mempunyai akar dari Temperatur Control, Reply juga akan menjaga kapas tidak terbakar atau dry hit karena chip mampu mengenali keadaan coil. Ini membuat coil dan kapas dapat bertahan lebih lama.

Tidak Perlu Software EScribe Untuk Menikmatinya

Kamu mungkin merasa repot untuk melakukan kustomisasi lewat software, namun Orion DNA Go dirancang untuk digunakan langsung. Fitur Reply pun dapat langsung di akses lewat pod sedangkan setting watt pun sudah di rancang dengan menggunakan watt sesuai coil.

Penggunaan software EScribe adalah tambahan yang menyenangkan ketika kamu tidak cocok dengan setting yang ada.

Pertimbangan Lain Sebelum Membeli Orion DNA GO

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan kamu sebelum membelinya:

  • Harganya cukup mahal, berkisar antara Rp850.000 sampai dengan Rp1.000.000
  • Catridge pun cukup mahal, sekitar Rp150.000 untuk dua catridge.
  • Daya tahan pemakaian 1 catridge:
    • Pengalaman orang di forum-forum sangat bervariasi
    • Beberapa mengatakan bertahan 1 minggu
    • Beberapa mengatakan dapat bertahan 3 dan bahkan 4 minggu.
    • Ini semua bergantung terhadap jenis liquid dan frekuensi penggunaan.
    • Secara umum penggunaan salt nic membuat coil lebih awet
  • Coil 0.5 ohm cocok untuk Salt Nicotine sedangkan coil 0.25 ohm cocok untuk high nicotine liquid.
  • Baterai 900 mAh, dapat bertahan seharian karena 3x lebih besar dari pod rata-rata. Cukup untuk 450 puff.
  • Charging membutuhkan 45 menit sampai dengan 1 jam
  • Daya tampung catridge 2 ml cukup untuk 400 puff.

Beberapa keluhan yang terdapat di forum-forum:

  • Dry hit walaupun sudah menggunakan fitur Reply
  • Tutup USB charge mulai kendor setelah 1-2 bulan.

Lebih Dari 2000 Device Mempunyai Masalah!

Sebanyak 2000 devices tercatat memiliki masalah kritis di mana pod tidak merespon sama sekali. Sederhananya jika pod adalah sebuah smartphone maka istilahnya adalah brick.

Evolv sang pembuat Chip DNA telah memproduksi 250.000 chip. Di batch pertama, tepatnya 30.000 chip pertama mempunyai resiko bricking ini. Dari 30.000 yang sudah di produksi terdapat 2.000 yang bermasalah atau sekitar 0.7%.

Sebenarnya ini bukanlah masalah hardware tapi software, karena sang pod terjebak di bootloop.

Kabar baiknya adalah jika DNA GO kamu di produksi bulan Oktober 2018 ke atas maka masalah ini tidak akan terjadi. Namun untuk mengetahui tahun produksi kamu harus membukanya dan menghubungkannya dengan software EScribe. Atau jika kamu bisa mendapatkan nomor seri tanpa membukanya kamu bisa melakukan checking di situs Evolv.

Evolv juga menawarkan perbaikan gratis dan perpanjangan garansi 1 tahun. Saya sendiri belum pernah membaca mengenai ini terjadi di Indonesia, karena rata-rata Orion DNA baru memasuki pasar. Tanyakan kepada toko tempat kamu membeli mengenai hal ini untuk mendapatkan jaminan.

Evolv secara umum menampilkan data device yang mengalami kerusakan ini sehingga kamu dapat memantaunya.

Orion Q (Quest) – Sang Versi Ekonomis

Sekilas tidak ada perbedaan antara Orion DNA Go dengan Orion Q. Karena memang secara tampilan mereka bisa dibilang kembar, kecuali tombol fungsi yang diganti dengan slot USB untuk charging.

Namun alasan kenapa Orion Q memiliki harga setengah lebih murah adalah karena tidak ada DNA Go di dalamnya. Orion Q tidak menggunakan DNA Go sehingga tidak ada opsi untuk mengatur watt ataupun reply. Di titik ini Orion Q sangat serupa dengan kebanyakan pod system, namun tetap mempertahankan tampilannya yang premium.

Orion Q

Orion Q dijual dengan harga berkisar Rp470.000 dengan catridge seharga Rp130.000 (dua buah). Besaran ohm coil adalah 1.0 ohm dan berbahan Kanthal.

Konsensus umumnya adalah Orion Q masih mempunyai flavor yang baik namun kehilangan fitur kustomisasi yang membuat Orion DNA Go begitu populer dan digemari.

Beli Yang Mana?

Saya akan cenderung untuk mengambil Orion DNA Go karena fitur kustomisasinya.

Satu hal yang unik dari pod system adalah minimnya perang rasa. Yang saya maksud adalah flavor dari satu pod ke pod lainnya cenderung sama, walaupun ada beberapa yang lebih baik, tapi semuanya bisa dikatakan berada di liga yang sama.

Jika kamu ingin meningkatkan rasa maka kamu perlu menaikkan watt tapi ini juga berarti tendangan nicotine menjadi lebih kuat. Tidak semua orang akan kuat dengan tendangan nicotine ini.

Jadi alasan utama saya menyarankan Orion DNA Go adalah faktor kustomisasi. Kamu bisa set watt dan berbagai hal lain sehingga pengalaman vaping kamu lebih pas sesuai dengan gaya kamu. Saya sendiri tidak akan aneh kalau ternyata Orion DNA Go dan Orion Quest memiliki flavor yang kurang lebih sama.

10
Leave a Reply

avatar
5 Comment threads
5 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
6 Comment authors
MelonBenHendri SalimPeterOktavian Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Aji santoso
Guest
Aji santoso

Gan saya pake therion 166. Di kasih kaka. Tapi batre nya dah rusak. Batre yang cocok buat therion 166 apa ya gan?

Oktavian
Guest
Oktavian

Maaf melenceng mau tanya bang :
Saya mau tanya mas . Saya beli mod dotmod 75 watt saya seting 50 watt kenapa watt nya turun dulu terus naik seperti 25 watt dulu baru 50 watt apakah seperti itu cip dotmod ? Keadaan batre baru pake vtc 5 sampe 5A sudah coba semua tapi tetap sama . Terimakasih

Peter
Guest
Peter

om, minta settingan untuk ngebuild lush plus sama serpent mini dong.

Ben
Guest
Ben

Bang hen, kalau rda hadaly bisa pakai buat MTL ga ya? Pgn coba salt nic.
Sama kalau buat setting flavor hadaly gmn ya , saya suka liquid jam monster, biar manis nya kerasa gmn yak, blueberry yg saya pakai skg hambar gitu tipiss,pdhal wktu pke strawberry enak2 aja,settingan ny jg sama.
Mohon pencerahan bang..

Melon
Guest
Melon

Om mau minta rekomendasi mod yg harganya 500k kebawah apa ya?
Terus minta rekomendasi jg toko vape online yg terpercaya, makasih