Mitos Vape Featured

Kumpulan Mitos Vape yang Kamu Harus Berhenti Percaya

Hendri Salim Tips & Trick 22 Comments

Membaca komentar antara vape shop dengan para follower serta menguping pembicaraan di toko vape membuat saya sedikit prihatin.

Ada banyak follower yang menanyakan hal kepada toko vape online dan dibalas dengan informasi yang salah. Ini juga terjadi di toko vape secara offline, saya biasanya hanya mendengarkan saja sang vaporista mengatakan hal yang tidak benar kepada calon pembeli yang masih baru.

Satu hal yang perlu kamu garis bawahi adalah toko online mempunyai tujuan utama: MENJUAL.

Jadi tentu saja mereka cenderung mengatakan hal yang ingin di dengar oleh calon pembeli. Atau juga mengatakan sesuatu yang akan membuat penjualan berjalan lancar.

Tugas kita sebagai konsumen adalah melakukan riset dan menjadi pintar untuk menghindari pihak-pihak nakal yang mempunyai agenda mereka sendiri.

Hari ini kita akan membahas beberapa mitos vape yang sering saya temukan.

Liquid Coklat Artinya Matang dan Enak

Ketika eliquid baru saja dibuat rasanya tidak akan terlalu kuat dan imbang. Kamu akan memerlukan waktu sampai setiap komponen eliquid terurai dan lalu terikat satu sama lain.

Jadi biasanya eliquid yang baru jadi akan didiamkan terlebih dahulu mulai dari 1 minggu sampai dengan 1 bulan.

Tapi jika kita biarkan terlalu lama maka proses penguraian ini akan terus berlangsung. Semakin terurai maka fungsi dari zat tersebut akan semakin tidak efektif. Contohnya rasa akan mulai tipis (flavoring), nikotin semakin tindak nonjok (nicotine), dan throat hit semakin halus (PG).

Ini juga sebenarnya terjadi di sekitar kita, parfum lama-lama akan berubah wanginya atau lem lama-lama tidak lengket lagi. Hanya ada dua yang setahu saya tidak berubah, air murni dan madu, sedangkan sisanya akan terurai dan berubah seiring waktu.

Yang kamu inginkan adalah sebuah eliquid yang sedang berada dalam masa primanya. Normalnya 1-3 bulan setelah eliquid tersebut dibuat. Sebenarnya jika disimpan dalam tempat yang gelap dengan suhu yang stabil, maka  liquid berumur 1 tahun juga masih sangat oke untuk digunakan. Walaupun dengan sedikit penurunan rasa.

Tapi tidak semua penjual vape menaruh eliquid dengan cara demikian.

Naked Lava Flow Stage

Beberapa menaruh di etalase yang ketika siang dapat terkena sinar matahari yang akan mempercepat proses penguraian. Jika barang di etalase tersebut cepat terjual dan diganti dengan stok baru maka tidak masalah.

Tapi jika sudah lama tidak terjual maka biasanya warnanya akan sangat-sangat coklat.

Kesimpulan:

  • Warna coklat menandakan bahwa liquid sudah mengalami proses penguraian. Hindari liquid yang terlalu coklat karena akan mengalami penurunan rasa dan efek nikotin.
  • Cari liquid dengan warna yang segar, sedikit kuning, sedikit coklat tapi tidak coklat pekat.

Eliquid Botol Kaca Rasanya Lebih Enak

Ini tentu saja tidak benar, tapi kamu harus mengerti konsepnya.

Pernahkah kamu meminum air putih gelas (aqua gelas, bukan promosi tapi biar tidak ada yang salah kaprah) dan merasakan rasa yang agak aneh?

Itu dikarenakan air putih gelas tersebut sudah terpapar sinar matahari atau sudah cukup lama. Yang terjadi bukanlah airnya mulai kadaluarsa (karena air tidak pernah kadaluarsa), namun karena plastiknya sudah mengurai dan bercampur ke dalam air. Ini mempengaruhi rasa dan bahkan dapat berbahaya secara jangka panjang.

Kaca mempunyai ketahanan panas yang lebih baik dan tidak mudah terurai dibanding plastik. Ini mengapa beberapa orang mungkin merasa eliquid dalam botol kaca lebih baik.

Chubby Gorilla

Namun perlu diperhatikan rasa liquid bukan lebih baik, tapi tidak terpengaruh oleh faktor luar seperti plastik yang terurai.

Sebenarnya botol plastik yang baik juga mempunyai ketahanan yang bagus. Contohnya merek Chubby Gorilla yang mempunyai kualitas yang baik dan tidak mudah terurai karena mempunyai standard produksi yang tinggi.

Tapi ada juga botol plastik China yang kita tidak tahu terbuat dari bahan apa dan seberapa kuat terhadap panas dan waktu.

Kesimpulan

  • Ketika menggunakan botol plastik yang berkualitas, liquid tidak akan mengalami perubahan atau penurunan rasa.
  • Tapi untuk botol plastik yang generik tidak bermerek, kita tidak tahu apakah bahannya mudah terurai atau tidak.
  • Kaca tidak meningkatkan rasa. Tapi karena kaca tidak mudah terurai maka rasa eliquid akan terjaga dan tidak berubah.

Mechanical Mod Lebih Baik & Enak dari Regulated Mod

Pertama-tama mod tidak ada hubungannya dengan rasa. Tapi mod berhubungan dengan pengalaman vaping.

Tugas utama dari mod adalah mengirim tenaga ke atomizer. Tenaga tidak memiliki dimensi kualitas. Jika kita mengirim 100 watt maka 100 watt tersebut tidak ada yang grade a, grade b atau grade c.

Yang membedakan mod yang buruk dengan yang bagus adalah seberapa stabil mod tersebut mengirim 100 watt. Apakah turun ke 97 lalu naik lagi ke 100 lalu turun lagi ke 98 dan seterusnya. Yang kedua adalah berapa efisiensi mod tersebut.

Mod dengan efisiensi yang rendah akan mengambil tenaga lebih untuk memproduksi 100 watt. Ini menyebabkan baterai terkuras lebih cepat.

DNA 250

Karena mechanical mod tidak menggunakan banyak komponen maka efisiensinya terhitung lebih tinggi walaupun sangat bergantung kepada bahan yang digunakan.

Dengan perkembangan teknologi, regulated mod sudah lebih canggih dari sebelumnya. Kestabilan dan efisiensi juga sudah sangat membaik. Contohnya DNA 250 yang mempunyai efisiensi sebesar 97%. Selain itu faktor keamanan dan kenyamanan seperti mengatur besar watt membuat pengalaman vaping di regulated mod lebih terkontrol sesuai selera.

Kesimpulan:

  • Seiring kemajuan teknologi, regulated mod sudah mengungguli mechanical mod dari berbagai segi, seperti fleksibilitas, keamanan, design, sampai dengan jumlah baterai untuk daya pakai yang lebih lama.

Ampere Yang Tercetak di Baterai Pasti Benar

Ini adalah salah satu kebohongan terbesar dan paling berbahaya di dunia vape. Banyak produsen baterai seperti AWT, XXX atau Blackcell yang berbohong mengenai kemampuan baterai mereka.

Mereka mencetak dengan tebal 40A di baterai mereka. Membuat para vaper awam merasa aman menggunakannya di mechanical mod dengan ohm yang sangat kecil.

Pada prakteknya baterai dengan tulisan 50A biasanya hanya mampu mengantarkan 8-15 ampere dengan stabil.

Dibutuhkan pengujian dengan alat khusus untuk melihat kemampuan baterai. Sehingga jangan langsung percaya kepada label baterai, atau bahkan vaporista favorit kamu.

Tanya mereka tahu dari mana angkanya? Apakah mereka membaca hasil penguji lain atau mengujinya sendiri?

Kamu dapat menggunakan kalkulator vape untuk menentukan watt maksimum yang pas buat mod kamu. Saya menggunakan hasil pengujian oleh Mooch (dengan izin), salah satu engineer yang melakukan uji coba baterai secara profesional.

Kesimpulan:

  • Jangan langsung percaya ampere yang tertulis di baterai. Lebih dari 80% baterai yang beredar melebih-lebihkan kemampuan baterai mereka.

Merek Wire Menentukan Rasa

Kenyataanya adalah selama produsen mengikuti formula yang sama untuk membuat kanthal atau ni80, maka tidak akan ada perbedaan sama sekali.

Ni80 dan Kanthal adalah sebuah metal yang dicampur dengan komposisi tertentu. Kanthal misalnya merupakan campuran antara ferritic iron, chromium dan aluminium. Untuk dapat disebut Kanthal komposisinya pun harus sesuai standard yang telah ditentukan.

Kanthal Composition

Kanthal adalah merek yang sudah dipatenkan, dan siapapun yang membuat kanthal harus membayar lisensi. Pemilik mereknya adalah Sandvik. Sedangkan salah satu pemegang lisensinya adalah TEMCo Industrial. TEMCo mempunyai anak perusahaan bernama Vaporwire yang khusus menjual wire Kanthal untuk vape.

Masalahnya adalah ada banyak wire dari China yang mengaku Kanthal, tapi kita tidak akan pernah tahu apakah mereka benar-benar memiliki lisensinya atau adakah bahan yang diganti dalam wire mereka.

Kesimpulan:

  • Selama wire yang kamu beli datang dari pemegang lisensi Kanthal maka kamu bisa yakin bahwa itu adalah kanthal yang sebenarnya.
  • Selama produsen menggunakan standard yang sama maka tidak ada perbedaan antara rasa karena komposisinya pun akan sama persis.

Toko Vape atau Endorser 100% Terpercaya

Ini akan membuat saya seperti sedang menyerang mereka, tapi ini bukanlah tujuan saya.

Coba kita pikirkan sebentar.

Toko vape ada untuk menghasilkan uang (yang mana sah-sah saja). Tapi tidakkah kamu merasa aneh mereka melakukan review barang-barang mereka sendiri? Secara logika ulasan ini akan sangat bias dan memiliki conflict of interest, karena mereka juga sedang berjualan.

Tentu saja ini 100% sah. Namun saya jarang sekali menemukan ulasan dari toko vape yang menyebut produk yang mereka jual sebagai produk yang jelek. Karena jika itu terjadi siapa yang akan beli?

Saya juga sering sekali menemukan saya dalam situasi seperti ini. “Om punya RDA A tidak? Oh lagi kosong om, mending ini aja om lebih enak”. Ini adalah usaha dari vaporista untuk menjual produk mereka. Bisa jadi memang benar lebih enak, bisa jadi hanya teknik semata untuk membuat kamu membeli apa yang mereka jual.

Saya kesal karena kebanyakan dari mereka tidak pernah mencoba apa yang saya cari atau bahkan RDA yang mereka rekomendasikan. Kalau begitu tahu dari mana lebih enak? Tidak masuk akal.

Tapi tentu saja setiap orang memiliki bias, termasuk VapingJKT. Tapi setidaknya beberapa orang yang bias ini tidak sedang menjual sesuatu, yang mana akan mendorong motifasi bias menjadi lebih besar.

Apa yang vaporista katakan atau VapingJKT katakan mungkin benar, tapi menurut pribadi. Tidak ada jaminan kamu juga akan mempunyai pengalaman yang sama.

Jangan salah sangka, ada banyak toko vape yang saya hormati di mana mereka secara gamblang mengatakan jangan beli liquid x karena sangat tidak enak atau jangan beli mod ini banyak yang komplain. Tapi ini adalah sebuah pemandangan yang langka.

22
Leave a Reply

avatar
10 Comment threads
12 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
10 Comment authors
Hendri SalimMubienkCrispyRicelhivyMelon Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Dwi Bayu Setiaji
Guest
Dwi Bayu Setiaji

Tolong dong dikasih tau sekalian toko vape terpercaya itu gan. Karena sekarang mulai banyak vaper2 newbie. Nah dengan adanya reccomended vape store, akan membantu mereka memaksimalkan vaping experiencenya.

Helmi
Guest
Helmi

Pernah dengar phoenix wire om? katanya material 91 nickel lainnya ferum bisa dibilang nife. Resistensinya tinggi bahkan sedikit lbh tinggi dari ka1 temco. Tapi flavournya di bawah ka1 temco…. boleh dong sekali kali ditulis perihal perkawatan produk lokal khusus rounded

aman tobing
Guest
aman tobing

tolong donk om share vape store rekomendasi om!

aman tobing
Guest
aman tobing

tolong share vape store rekomendasi donk

Bayu
Guest
Bayu

Mantab om hen… Bru ini jg tau kalau temco pemegang license kanthal. Dlu sekitar 2tahun lalu saya srg pake ni80 vapowire namun ksini2 justru susah di cari, kalaupun ada harga na mahal bgd.. nice post om hen dh d tunggu 2 mggu ga post2

flacco
Guest
flacco

Mitos baru: liquid lama yang sudah bercukai rasanya berubah. Thought on this?

Melon
Guest
Melon

Bang, kenapa ya saya baru beli Liquid kok rasanya aneh kaya bau kembang yg wangi nya menyengat bgt di hidung

lhivy
Guest

bro tlg d bahas terkait liquid bercukai
yang saya rasakan liquid bercukai rasa jd tipis
konsumen jd merasa di rugikan
kita sudah berharap liquid yg bold yg pernah kita nikmati tp nyata nya skrg jd zonk
mending agak mahal drpd tanggung gini

CrispyRice
Guest
CrispyRice

Dan pertanyaan saya adalah. Lebih baik mana sih om antara khantal ama ni80? Apa kah subyektif tiap org beda”? Soal nya saya baru vaping 6 bulan. 4 bulan pertama saya pakai khantal lalu 2 bulan terakhir ini pakai ni80TM. Kapas saya pakai cotton bacon. Dari awal pakai selalu pakai model fused clapton om. Pakai khantal bisa 2-3 hari ganti kapas karena mulai menghitam kapas nya,sementara pakai ni80 1 hari juga bawaan nya pngen ganti kapas bukan karena kapas nya menghitam tapi kawat nya yg cepat hitam jdi nya greget pngen cepet bersihin kawat nya. Hehehe Walaupun bgtu jujur rasa dari… Read more »

Mubienk
Guest
Mubienk

Nice article mas hendri. Untuk batre 18650 yg disarankan utk keawetannya apa ya mas? Saya tertarik dgn MXjo hijau yg berkapasitas 3500 mah. Apa ini rekomen?