Cara Mengatasi Spitback Featured

Mengatasi Spitback di Pod System

Hendri Salim Pod, Tips & Trick 34 Comments

Semenjak pod system menjadi booming, banyak dari kamu yang mengalami spitback. Lewat artikel ini saya ingin memberi tahu apa itu spitback dan bagaimana cara kamu menghindarinya.

Spitback adalah nama kerennya, namun bagi kamu yang belum familier, berikut adalah tanda-tanda dari spitback:

  • Liquid masuk ke mulut ketika dihisap
  • Bagian drip tip sangat basah setelah beberapa kali pemakaian
  • Bibir atau lidah basah dengan liquid
  • Lidah terasa pedas dan sedikit perih

Bagaimana Spitback Bisa Terjadi?

Ketika liquid dipanaskan dan mencapai titik didih, maka liquid akan menguap, sama seperti air. Panas akan memberikan energi bagi molekul untuk mentransisikan fase cair ke fase gas.

Namun tidak semua bagian liquid akan dipanaskan secara merata, ada bagian yang lebih panas dari yang lain, walaupun pada akhirnya semua akan menguap.

Liquid yang paling dekat dengan coil akan bertransisi menjadi gas terlebih dahulu. Yang akan terjadi adalah akan terbentuk gelembung berisi uap dan gelembung ini akan mencoba ke atas dan bertambah besar karena perbedaan tekanan.

Ketika gelembung ini mencapai atas dan pecah, kamu akan mendengar suara letupan mini dan liquid di sekitar akan terdorong. Bayangkan menaruh petasan di ember dan meledakkannya.

Beberapa dari liquid yang terdorong oleh letupan ini akan mencapai mulut kamu dan inilah yang disebut spitback.

Bagaimana Cara Mengurangi Spitback di Pod

Cara mengurangi spitback di pod cukup berbeda dengan mod, karena tidak banyak yang kita bisa lakukan di pod. Tapi berikut beberapa cara yang bisa kamu coba:

Tambah Watt di Pod kamu.

Tenaga yang lebih besar berarti coil lebih cepat panas dan lebih panas, ini akan membantu liquid untuk menguap di saat yang hampir bersamaan. Gelembung akan pecah namun tidak akan mendorong liquid karena semua liquid di sekitar juga sudah berubah menjadi uap.

Menambah watt umumnya akan meningkatkan rasa dan juga produksi cloud, tapi ini juga berarti jumlah nicotine yang masuk ke tubuh lebih banyak. Ini dikarenakan pemanasan nicotine lebih efektif.

Jika pod kamu tidak memiliki pilihan untuk mengatur watt maka cara ini tidak akan bisa kamu lakukan.

Coil Banjir = Spitback

Jika coil terlalu basah, maka ini berarti ada banyak liquid yang harus dipanaskan. Pod memiliki watt yang tidak terlalu besar sehingga ini berarti ada bagian liquid yang tidak akan cukup panas untuk menguap dan ini bisa menyebabkan spitback.

Bagaimana caranya biar coil tidak terlalu basah?

Gunakan Liquid yang Tepat

Normalnya salt nicotine dibuat dengan komposisi 50:50 (PG/VG), ini berarti liquid akan cukup encer. Jika kamu biarkan terlalu lama misalnya 3 hari tanpa digunakan maka liquid dapat membanjiri coil.

Namun jika kamu menggunakan liquid yang lebih kental, maka coil mungkin tidak cukup panas untuk menguapkan liquid kental ini sehingga liquid tidak dipanaskan secara merata dan kembali lagi ke masalah awal.

Jadi intinya gunakan liquid salt, kebanyakan coil pod sudah dirancang untuk menggunakan salt liquid. Ini ditandakan dengan lubang serapan yang kecil. Jika lubang serapan di coil besar maka liquid encer ini akan sangat mudah membanjiri coil.

Lakukan Firing Terlebih Dahulu

Jika kamu merasa coil kamu terlalu basah maka kamu dapat melakukan firing beberapa kali tanpa dihisap. Ini akan mengurangi jumlah liquid di area coil. Namun ini hanya dapat dilakukan dengan pod yang memiliki tombol firing.

Serap Liquid Berlebih Dengan Tissue

Kamu juga dapat memutar tissue menjadi runcing dan memasukkannya ke lubang inhale diamkan sebentar sehingga kapas menyerap liquid yang ada di coil.

Ganti Coil Kamu

Walaupun diciptakan dengan mesin, namun tidak semua coil diciptakan sama.

Dari puluhan ribu coil yang diciptakan ada saja coil yang cacat dan pod bukanlah smartphone yang memiliki inspeksi atau pemeriksaan kualitas yang tinggi.

Jadi ada kalanya coil yang kamu punya akan gosong atau spitback walaupun baru pertama di pakai. Salah satu cirinya adalah coil terasa terlalu basah dari waktu ke waktu, ini bisa jadi pertanda kapas tidak dapat menahan liquid dari tank untuk meresap secara normal ke coil.

Lakukan Riset Sebelum Membeli

Spitback bisa terjadi karena desain coil yang buruk, jadi sebelum kamu membeli lakukan riset terlebih dahulu, misalnya mengetikkan Caliburn spitback atau Exceed spitback di Google dan lihat apakah ada banyak hasil yang muncul.

Tapi sekali lagi hasil dari pabrik bisa berbeda-beda. Caliburn yang saya ulas tidak mengalami spitback walaupun banyak yang bilang demikian. Ini mungkin karena perbedaan kualitas coil yang terjadi secara acak.


Faktor Apes yang Tidak Bisa Kamu Hindari

Ya terkadang kamu sedang apes saja dapat coil yang jelek. Jika kamu sudah naikkan watt, firing dengan tombol terlebih dahulu, membersihkannya dengan tissue, dan menggunakan liquid yang tepat namun tetap terjadi maka yah sedang apes. Kalau sudah begini tidak ada cara lain selain membeli coil baru.

34
Leave a Reply

avatar
17 Comment threads
17 Thread replies
5 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
19 Comment authors
ArtusoAhmad SolehudinKenZoilaEdwinsyah Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
A. Ma'ruf
Guest
A. Ma'ruf

bukan apes, Oom. tapi orangnya kurang ibadah…

Sena
Guest
Sena

Faktor apes pun dimasukkan,teliti sekali si om ini haha

Nova Ari Wibowo
Guest
Nova Ari Wibowo

Wkwkwkwk..yg paling top pake tisu bt nyerap liquid om..itu yg ane lakuin kl banjir pas pake orion q..emang paling enak sekarang mah pake MTL n nic min 6 aja …irit batere n liquid…
Om freebase yg nic 9 up yg enak bt MTL apa ya…minta rekomendasi dong..

Cobain Kucai
Guest
Cobain Kucai

signature blak by jrx om

Flodo
Guest
Flodo

Om rekomendasiin liquid rasa kopi donk us sma lokal

Cobain Kucai
Guest
Cobain Kucai

– tiup catride beberapa X
– lap pake tissue bagian bawah πŸ™
– isi tank jangan full

Aditya Wijayanto
Guest

Spitback di catridge RPM yang habis di refill kadang ngeselin. Bukannya ngisep vapor malah kayak ngisep liquid. Banjir di mulut

lionelandres
Guest
lionelandres

kesalahan yang paling banyak dilakukan pengguna pod pemula ya karena mengisi liquid sampai melebihi batas max cartridge. padahal sebagian besar cart di pod ada batas max dan min nya. ini juga yg saya lakukan wktu awal” punya uwell caliburn, alhasil liquid banjir sampe ke mulut. tapi walaupun udh isi pas batas max kadang masih ada minor spitback yg meletup ke lidah, tp itu wajar sih malah dijadiin sensasi waktu nge-pod aja hehehe.

btw ditunggu review liquid bulan oktober nya om hehe

Ardian
Guest
Ardian

Mantab om pengetahuannya. Kalo masalah spitback di mod gmn om? Watt udh dinaikin sampai 50 Watt masih aja sering nelen liquid…makasih jawabannya om

Hendra Gunawan
Guest
Hendra Gunawan

Halo min, minta referensi nama nama liquid yg PG/VG nya 50:50 dong ato engga ciri ciri PG/VG nya yg 50:50 itu kaya gmn? Kalo skrng kan ada yg suka cantumin PG/VG nya aja tanpa cantumin nominal PG/VG nya.

Trima kasih min, maaf kalo saya banyak tanya😁

Cautut
Guest
Cautut

Om klo koil 1.ohm bagusnya make liquid saltnic apa freebase nikotin ya? Mohon pencerahannya soalnya catridge sy 1ohm om

James
Guest
James

Hai saya baru dibilang masih baru make yg merek rincoe Ceto itu tiap kali saya pake musti akhir2 liquidnya Keikut ke mulut cara benerin ya gimana ya padahal saya isinya ya gak banyak2

James
Guest
James

Liquidnya sering naik keatas kadang kesedot pas di hisap itu kenapa ya?

sephet
Guest

sebelum tanya, baca lengkap dulu kakaa

Edwinsyah
Guest

Thanks ilmunya om πŸ™ barokah yaa πŸ™

Zoila
Guest
Zoila

Om, mau tanya nih, gw pemula baru pake pal 2 pro dengan liquid exo grape salt nic 10mg, apakah jumlah nikotin dan coil bisa mempengaruhi terjadinya spitback ga om?

Ken
Guest
Ken

Om kalau cartridge bocor nih itu bisa ngaruh ke pod nya gak?? Apakah bakal rusak mesin pods nya.. BTW saya pake Upods v2 .. mohon bantu coment saya baru beli 1hari dan bocor cartridge nyaa

Ahmad Solehudin
Guest
Ahmad Solehudin

Kaka.. POD Drag ku kemarin tak isi Liquid encer. Terus Sangit dan perih di tenggorokan. Akhirnya aku Refill dengan Liquid biasanya. Tapi tetep Perih di tenggorokan. Solusinya Kaka

Artuso
Guest
Artuso

Mantap banget nih article, informatif banget bagi pencari info sampe ngulik. Seharusnya masuk Wikipedia, thanks buat penulis dan commentator jadi penunjuk arah buat orang pemula.