Baterai Vape Meledak 101 | Featured

Mengerti Bagaimana Baterai Vape Bisa Meledak

Hendri Salim Tips & Trick 75 Comments

Kamu tentunya pernah mendengar atau melihat berita mengenai vape yang meledak. Tapi sebenarnya apa yang membuat meledak dan bagaimana prosesnya?

Kebanyakan berita tidak mengerti benar prosesnya jadi kita hanya membaca vape meledak, sang vaper kehilangan 3 gigi. Membacanya membuat takut, tapi mau lebih aman bagaimana caranya? Tidak ada informasi jelas mengenai vape yang lebih aman.

Ini membuat saya sedikit greget karena informasinya tidak banyak. Jadi saya putuskan untuk melakukan riset dan membaginya dengan kamu. Mari kita bedah dan menjadi vaper yang lebih aman.

Tapi sebelumnya mari kita lihat sebenarnya seperti apa vape yang sedang meledak (tenang tidak ada korban jiwa serius karena orangnya berhasil melepas di detik-detik terakhir). Link YouTube, ayo lihat dulu saya tunggu 🙂

Apa yang Meledak?

Ledakan membutuhkan energi dan satu-satunya yang menyimpan energi besar, seperti yang bisa kamu tebak adalah baterai. Baterai adalah bagian utama dari vape yang menyebabkan ledakan.

Yang kedua adalah mod, namun lebih spesifik lagi mod tanpa vent hole (lubang). Bukan karena mod bisa meledak sendiri namun mod ini mendapatkan tekanan besar dari baterai yang bocor dan karena tidak kuat menahan tekanan, mod pun ikut meledak.

Tapi Bagaimana Baterai Bisa meledak?

Di sinilah prosesnya mulai sedikit rumit. Ledakan vape bervariasi tergantung kepada apa yang terjadi pada baterai.

Penyebab #1: Konslet

Ini berarti kutub positif baterai terhubung langsung dengan kutub negatif. Kasus ini mempunyai banyak variasi namun cenderung cepat bereaksi begitu terjadi. Ada yang dalam 5 detik pertama baterai sudah mengeluarkan ledakan kecil (bisa tidak terdengar) dan mulai bocor, ada yang tanpa ledakan dan mulai bocor setelah 10 detik pertama.

Setelah bocor, baterai akan terus memproduksi cairan dan gas. Jika cairan dan gas ini tidak dapat keluar dengan aman maka bisa ada ledakan susulan yang lebih hebat setelah 1-2 menit.

Faktor Penyebab Konslet Baterai Vape

  • Non Protruding pin
Protruding Pin Dead Rabbit
Ini hanyalah ilustrasi, semua RDA Dead Rabbit menggunakan protruding pin. Btw RDA ini recommended 🙂
  • Di bawah RDA ada sebuah pin yang menonjok keluar bukan? Kalo pin ini rata maka potensi konslet bisa terjadi. Fungsi dari pin yang menonjol keluar ini adalah supaya tidak menyentuh bagian kutub negatif. Kalo pin nya rata maka negatif bisa bersentuhan langsung dengan kutub positif = Konslet.
  • Kesalahan RDA
    Contoh Insulator
    • Mulai dari insulator yang meleleh menyebabkan positif bertemu langsung dengan negatif, sampai dengan pin 510 yang longgar. Membeli RDA clone akan meningkatkan resiko ini dengan sangat besar.
  • Penyebab #2: Over Discharge

    Setiap kali kamu menekan tombol mod kamu, baterai akan mengalami discharging (isi baterai berkurang). Setiap baterai mempunyai batas titik terendah yang rata-rata berada di 2.5 Volt (ingat baterai sewaktu penuh itu 4.2 Volt). Ini berguna untuk menjaga umur baterai dan keselamatan.

    Di regulated mod, kamu akan mendapatkan peringatan battery low jika ini terjadi. Tetapi di mechanical tidak ada peringatan seperti ini. Kamu dapat menguras baterai terus di bawah 2.5 volt (walaupun rasa dan cloud yang dihasilkan akan sangat-sangat tipis sekali).

    Jika kamu terus melakukan over discharge ada dua skenario yang akan terjadi:

    1. Baterai tidak akan dapat di charge, karena voltase baterai terlalu rendah. Ada beberapa charger yang bisa menyembuhkan baterai seperti ini, namun walaupun bisa balik lagi, kondisi baterai tidak akan sama dan sebaiknya diganti.
    2. Tembaga yang ada di baterai dapat melebur ke dalam elektrolit. Tembaga yang melebur ini juga dapat menempel kepada anode dan menyebabkan dendrites. Dendrites ini bisa menyebabkan konslet di dalam baterai.

    Penyebab #3: Over Current Discharging

    Inilah yang cukup umum terjadi dan saya membutuhkan kamu untuk benar-benar membaca bagian ini dengan seksama. Ini kesalahan yang paling sering saya temukan karena kurangnya pengertian terhadap cara kerja baterai.

    Kamu cukup mengingat satu rumus sederhana ini

    I (ampere baterai) = V(voltase baterai)/R (resistance coil)

    Contoh kasus mechanical mod satu baterai dengan coil 0.15 ohm

    • I = 4,2 Volt (baterai penuh)/0,15 ohm
    • I = 28 A

    Ini berarti kamu akan membutuhkan baterai dengan kemampuan 28A. Mudah bukan?

    Kamu mungkin mengatakan “oh baterai saya 30A berarti saya aman”. Tunggu dulu. Banyak distributor baterai yang menaikkan rating baterai mereka tanpa standar yang jelas. Ada yang bilang 40 Ampere, ada yang bilang 50 Ampere.

    Faktanya adalah pertanggal tulisan ini dibuat hanya ada satu baterai 18650 dengan kemampuan 30A dan itu adalah LG HB (versi 2,4,6). Sony VTC 4 bahkan tidak mempunyai kemampuan CDC 30A.

    Baca Juga: Memilih Baterai Vape yang Aman

    Kamu perlu mengerti bahwa baterai 20A dapat memenuhi kebutuhan ampere yang lebih besar seperti 25 A atau bahkan 30 A dalam waktu singkat. Ini cocok dengan vape bukan, karena kita hanya menekan sebentar ketika kita vape.

    Memang benar, tapi bagaimana jika kasus di bawah ini terjadi?

    Kasus Over Current Discharging

    Kasus #1: Mod tertekan secara tidak sengaja

    Di beberapa detik pertama baterai kamu masih kuat, namun puluhan detik selanjutnya baterai 20A sudah tidak dapat lagi menahan beban 28A. Sehingga baterai mulai panas dan memasuki thermal runaway (penjelasan ada di bawah) . Dua menit kemudian baterai mengalami kebocoran dan boom!

    Apa yang terjadi jika kita menggunakan LG HB 30A dan tetap tertekan (auto firing)? Baterai akan kuat menyuplai ampere yang dibutuhkan (28A), sehingga tidak bocor. Namun memang kapas akan kering dan terbakar, coil pun bisa meleleh. Jika coil meleleh maka tidak akan terjadi koneksi. Kamu mungkin kembali dan menemukan mod kamu panas sekali tapi tidak ada bocor dan ledakan.

    Ini mengapa kamu harus menghitung ampere sesuai coil kamu dan mencari baterai yang kuat!

    Oh iya dalam beberapa kasus ketika kapas sudah kering dan terbakar, panas dari coil juga dapat melelehkan insulator di RDA. Jika insulator meleleh maka konslet bisa terjadi. Bye bye!

    Kasus #2: Ada bungkus baterai yang sobek

    Auto Firing Mech Mod

    Jika kamu menggunakan baterai dengan pembungkus yang sobek maka sebaiknya kamu ganti secepatnya. Dikebanyakan mechanical mod, sang body mod berfungsi sebagai konduktor dan jika bungkus baterai yang sobek menempel dengan mod maka sirkuit tertutup akan tercipta. Artinya apa? Artinya mod kamu akan firing tanpa kamu tekan.

    Balik lagi ke kasus di atas, kalo auto firing dan baterai kamu tidak kuat, bisa bocor dan meledak.

    Kasus #3: Polaritas Baterai terbalik ketika dipasang

    Di mechanical mod salah pasang baterai juga dapat menyebabkan baterai bocor dan meledak. Ketika kamu menaruh baterai terbalik maka resistansi coil akan menjadi sangat kecil mendekati 0. Ini seperti menggunakan coil 0,01 (tidak akurat, namun untuk memberikan kamu gambaran saja).

    Kita masukan rumusnya lagi

    • I = 4,2/0,01
    • I = 420 A (rata-rata baterai hanya mempunyai 20A)

    Yang terjadi adalah secara instan baterai akan memasuki thermal runaway, mulai bocor dan meledak.

    Regulated Mod Sebagai Mod Yang Lebih Aman

    Saya harap kamu sekarang sedikit takut, karena memang harusnya begitu. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan tentang baterai jika kamu ingin aman. Berita baiknya adalah regulated mod (mod dengan layar dan pengaturan) sudah menjaga ini semua:

    1. Konslet: Layar akan menunjukan peringatan “short” dan tidak akan firing
    2. Over Discharge: Layar akan menunjukkan weak battery dan tidak akan firing
    3. Over Current Discharge: Layar akan menunjukkan weak battery dan tidak akan firing
    4. Tidak sengaja tertekan: Kebanyakan mod akan berhenti otomatis setelah 10 detik firing.
    5. Memasang baterai kebalik: Kebanyakan mod regulated akan memberikan peringatan wrong battery.
    6. Kesalahan lain: Di beberapa mod seperti DNA 250, akan ada sensor panas di bagian board. Jika terlalu panas maka board akan otomatis stop untuk mencegah board meleleh.

    Apa Itu Thermal Runaway

    Baterai Lithium yang kita gunakan di vape mempunyai karakteristik unik yang disebut Thermal Runaway. Ini adalah proses di mana suhu akan terus naik karena panas.

    Jika baterai mulai hangat maka diamkan saja, baterai akan dingin lagi bukan? Namun jika kamu mencapai titik panas tertentu dan kamu diamkan panas ini tidak akan turun, melainkan naik terus dan terus dan terus (positif feedback loop).

    Ketika kamu melakukan berbagai kesalahan yang saya sudah jabarkan di atas, maka penjahatnya hanya ada satu yaitu panas.

    Kesalahan yang kamu lakukan sengaja atau tidak sengaja akan menyebabkan panas. Kalo kamu cepat tangani maka panas akan turun, tapi jika kamu tidak tangani secara cepat maka baterai dapat memasuki thermal runaway dan jika ini terjadi tidak ada lagi yang kamu bisa lakukan selain lari.

    Begitu baterai sudah terlalu panas dan memasuki thermal runaway maka selanjutnya cairan dan gas akan tercipta, terus menerus mendesak keluar baterai. Akhirnya casing baterai tidak akan kuat dan pecah.

    Terkadang pecah ini disertai ledakan atau cuma bocor saja. Setelah bocor, proses ini akan tetap berlanjut terus dan terkadang energi yang terkumpul tidak dapat keluar dengan cepat dari celah baterai yang bocor sedangkan energi yang tercipta cukup besar. Jika ini terjadi maka baterai akan meledak cukup besar.

    Bayangkan kamu mempunyai sebuah mechanical mod, baterai di dalamnya sudah bocor dan reaksi kimia terus terjadi. Tapi mechanical mod kamu cukup tebal dan tidak ada bolongnya. Kamu tidak akan bisa tahu bahwa di dalamnya sedang terjadi kebocoran.

    Cairan dan gas ingin keluar dari mod tapi tidak bisa, sedangkan mereka terus tercipta. Tekanan di dalam mod terus tercipta dan semakin kuat. Sampai di titik mod kamu tidak bisa lagi membendungnya dan kaboom! Ini mengapa penting untuk membeli mechanical mod dengan vent holes (lubang).

    Jika mod mempunyai vent hole, maka gas dan cairan bisa keluar. Jika cairan dan gas bisa keluar dengan lancar maka tidak akan ada tekanan yang terbangun dan kamu bisa menunggui proses reaksi kimia sampai benar-benar selesai dan lalu membuangnya dengan aman. Ya dibuang!

    Pernah Mendengar Pipe Bomb?

    Pipe Bomb

    Kamu pernah mendengar pipe bomb? Ini adalah tipe bom yang bentuknya mirip mechanical mod. Tebak apa lagi yang mirip? Cara kerjanya ketika meledak.

    Ledakan di dalam pipe bomb akan menciptakan tekanan yang sangat besar. Ketika casing luar sudah tidak kuat menahan tekanan ini maka pipe bomb akan meledak. Tapi ini bukan bagian paling menyakitkan. Casing luarnya akan pecah berkeping-keping, kepingan ini akan kemudian terbang dengan kecepatan tinggi dan melukai siapapun yang cukup dekat.

    Jika tidak hati-hati mechanical mod kamu pada dasarnya adalah sebuah pipe bomb.

    Skenario Umum Mechanical Mod meledak:

    1. Baterai menjadi panas karena berbagai macam kesalahan yang saya sudah jabarkan.
    2. Baterai memasuki thermal runaway dan mulai mengeluarkan cairan serta gas.
    3. Casing baterai sudah tidak kuat menahan tekanan, akhirnya meledak kecil atau bocor.
    4. Kamu mungkin tidak menyadari ini karena baterai di dalam mod.
    5. Cairan dan gas terus menerus dihasilkan dan mengisi bagian dalam mod.
    6. Tekanan mulai terbangun di dalam mod, tapi cairan dan gas tidak dapat keluar dari mod. Jikapun keluar, terlalu lambat sedangkan produksi terlalu cepat.
    7. Mod tidak mampu lagi menahan tekanan dan akhirnya meledak.

    Saya tidak bisa menekankan lebih serius lagi bagaimana penggunaan baterai dan mechanical mod adalah sesuatu yang penting.

    Cukup sedih ketika melihat anak SMP masuk ke dalam toko vape dengan membawa VGOD clone mereka. Alasan kenapa belum meledak hanyalah karena kebetulan mereka belum melakukan kesalahan. Tapi ingatlah dengan hukum Murphy “Sesuatu yang bisa terjadi, akan terjadi”.

    Saya akan dengan senang sekali menjawab pertanyaan kalian lewat komentar di bawah. Mari tambah pintar, mari edukasi teman-teman kita dan menciptakan pengalaman vape yang aman! Bagikan artikel ini kepada teman kamu yang masih menggunakan mechanical mod namun tidak mengetahui seluk beluknya.

    75
    Leave a Reply

    avatar
    32 Comment threads
    43 Thread replies
    10 Followers
     
    Most reacted comment
    Hottest comment thread
    33 Comment authors
    IndrarepFazaPandaTopan Recent comment authors

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

      Subscribe  
    newest oldest most voted
    Notify of
    wisma
    Guest
    wisma

    malam om, cara kita supaya bisa mengantisipasi supaya tidak terjadi konslet bagaimana ya om? jadi bisa antisipasi dahulu bahaya juga soalnya om hehe
    mohon jawabannya ya om

    Rio Angga Sebastian
    Guest
    Rio Angga Sebastian

    Pas coiling ati2 motong kawatnya om, takutnya ada potongan kawat yg jatuh ke juice well, nah kalo masing2 ujung potongan kawat ini nyentuh bagian positif dan negatif bisa 0.01 resistance nya, bahaya bin guawat!!!

    Seto
    Guest
    Seto

    Bab insulator pasti datang dari cerita saya yang sangat menginspirasi ya kang hahaha :p

    Btw, insightful banget artikelnya! Semoga tidak lelah menulis artikel2 berkualitas seperti ini. Jaya selalu Vapingjkt!

    Rey
    Guest
    Rey

    Mau nanya bro, skrg sya pake mechanical. Kan banyak yg bilang klo pake mecha itu batrenya jgn sampe habis bgt, nah sya suka langsung charge si batrenya seudah d pake dengan daya yg menurut saya skitar 50%. Pertanyaannya apakah gpp kalo batre sering di charge? 😬

    pauwong
    Guest

    cara pencegahan untuk thermal run away gimana ya?apa pake feeling aja kalo udh berasa panas henti sejenak ?mohon pencerahannya

    pauwong
    Guest

    maaf. kalo melenceng dari article ini kalo charger nitecoreq2 itu otomatis henti ketika 4.2 atau manual kita sendiri yang cabut. kalo boleh tau kawat jenis ma mm apa yang cocok untuk promech 2 baterai nya vtc4.ty

    Fez
    Guest
    Fez

    Permisi om numpang mencari ilmu, mau tanya gimana ya caranya mengetahui kalau batrai sudah mau habis di mechanical mod, terima kasih om

    Ical
    Guest
    Ical

    Om jadi bbrp hari lalu therion ane dalam kondisi lengkap ketinggalan di warkop selama 3 hari setelah itu pas ane ambil vape dalam posisi panas banget tapi kapas dan kawat aman tanpa gosong. Lalu vape ane kl dipake masih aman gak ya kira kira?

    Andy
    Guest
    Andy

    Om ane punya batre clone itu smpet short, kira2 boleh dipake lgi kg ke electrical mod ?

    edwin
    Guest
    edwin

    Hi om, menarik topiknya, saya baru aja mengalami maslaah dengan dotmod dual mech yg saya baru beli. Ceritanya saya ga cek ulang posisi dual baterai 18650 yg akan saya masukkan di mod, nah perasaan saya udah bener tuh positive harus di atas semua posisi baterainya. Ga tau kenapa, ternyata salah satu baterai terbalik, padahal saya merasa udah bener tuh tadinya, ya apes deh selector di belakang sudah diposisi hidup (paralel). Kaget, tiba tiba kayak ada bunyi halus psssttt….trus ada bau kayak kabel elektronik yg burnt gitu…lgs saya keluarkan kedua baterai nya, dan untungnya ga ada apa apa lagi….baterai yg salah… Read more »

    Ravi Harits
    Guest
    Ravi Harits

    Bro baterai vape ane kan udah ada bercak coklat di bagian + dan -. Apakah masih aman kalau di pakai ?

    Arul
    Guest
    Arul

    Om saya pengguna mechanical mod om, nah si kutub positive batre saya tuh kayak mendem gitu om kedalem…kira kira penyebab nya apa ya om ? Apa saat saya menekan tombol firing terlalu kencang jadi si kubu positifive nya mendem kedalem om?

    Terima kasih atas informasinya om ..

    Yudo
    Guest
    Yudo

    Om mau tanya sya charging baterai tapi posisi baterai kebalik itu gmn om..

    Dias
    Guest
    Dias

    Bro kalo emow kangertech itu termasuk mechanical atau regulated mod? soalnya kan gk ada layar lcdnya, tp ada fitur2 mirip regulated mod, sperti auto cut kalo konslet, diatas 10 detik dsb. Terus kalo evod2 blister yg harga 40rb itu aman juga ndak? Ada fitur auto cutnya kah.. Lg cari vape bentuk pen, yg low profile, lg pngen nyoba vapor tp yg slim2 aja, gk byk asep jg..

    Fahreza
    Guest
    Fahreza

    Pagi om, mau tanya kalo baterai vape merk engeston authentic dicas tapi belum terisi penuh dan saya ingin memakainya, apa itu boleh ketimbang yg overcharging?

    Rhouf
    Guest
    Rhouf

    Om ini aku pake pro mech 2 dengan coil clapton nih, kalo pake baterai mxjo green 3500mah dg cdc 20A aman ga sih om?

    Allegra
    Guest
    Allegra

    Om.. kan ane mau cabut batre nya ni dari mod nya, saking susah nya ane pake obeng tu narik nya karena emang posisi batre nya tu sangat ketat dengan mod nya.. ane tusuk obeng ke bagian batre kutub positif nya tu biar ditarik terus copot batre nya.. eh malah keluarpercikan api om.. aman dipake ga tu kira2 batre nya sekarang?? Batre nya udah ane taruh di dalam kotak aman.

    Rio Angga Sebastian
    Guest
    Rio Angga Sebastian

    Om hendri, mau nanya mengenai reverse polarity di mecha nih, bukannya di mecha gak masalah ya mau naruh positif yg nyentuh pin rda atau negatif yg nyentuh rda, kan nggak masalah om?
    Boleh minta link sumber nya om hendri kalau reverse polarity di mecha bisa menyebabkan short?
    Soalnya saya pakai mecha tube aman2 aja kok om mau naruh positif yg nyentuh pin rda atau negatif yg nyentuh rda.
    Minta tolong dibales ya om pertanyaan saya ini. Salam ngebul 👍👍

    Barep Hartas
    Guest
    Barep Hartas

    Hello mas bro,,saya punya 2 pasang battery yaitu BCATP 3,7v 60A & Blackcell 3,7V 40A. Untuk battery BCATP ini setiap puff dalam 25℅ selalu Low Battery signal yg ditunjukkan electrical mod saya & saya liat wrapping/pembungkus battery BCATP saya bagian negatifnya ada sedikit terkelupas separo namun tidak mengeluarkan cairan & gas. Pertanyaan saya apakah battery BCATP saya ini masih aman untuk dipakai atau apakah boleh saya ganti wrapping battery BCATP saya? Terimakasih banyak sebelumnya atas penjelasannya 🙏🙂😉

    AgusBiyan
    Guest
    AgusBiyan

    Halo om, menarik sekali topiknya. Saya jd inget kejadian 2 minggu lalu. Maaf saya bukan mau promosi bila mencantumkan suatu merek, tp ini buat tambah pengalaman aja. Saya pake mod baru smoant charon mini krn yg lama sudah eror, rda pulse single coil, dan batre blackcell dg spek 3100 mAh, 3,7 volt, max 40A. Kekurangan mod smoant saya ini tidak bs lock firing, jd harus dimatikan kl mau dikantongin. Dan saya lupa mematikannya, saya kantongin begitu saja. Waktu itu sedang perjalanan pulang. Waktu sudah sampai rumah mau vaping, ternyata kapas gosong hitam, putus ditengah dan coil bau hangus. Tp anehnya… Read more »

    Ripki
    Guest
    Ripki

    Hallo Bro, Batrei saya di kutub positif nya terkelupas sedikit, kecil ngga besar juga terkelupas nya, terus ya khawatir nih bro.. saya harus ganti wrapper/pembungkus batrei nya atau dibiarkan saja?

    Ari Kurniawan
    Guest
    Ari Kurniawan

    bro mau tanya. pada baterai kan biasanya pada kutub positifnya ada semacam karet ataupun isolator yang berwarna putih atau hitam. nah pada saat sy wrapping isolatornya ternyata hilang bro. apakah baterainya masih aman untuk digunakan? untuk mod sya pke mech. trimakasih bro

    Rio saputra
    Guest
    Rio saputra

    om kalo battre jatoh terus kebanting itu masih aman ga sih om ? jatoh dari meja tingginya sekita sepinggang

    poi saragih
    Guest
    poi saragih

    om mau tanya, saya menyimpan mod smoant charon 218 kurang lebih 2 tahun didalam lemari, selama 2 tahun baterai masih tersimpan didalam mod. apakah aman jika digunakan kembali mod beserta baterainya ??

    Wahyu Adidarma
    Guest
    Wahyu Adidarma

    Halo om.mau tanya nih.ane nubi bgt di dunia vape.mod ane sekarang dotmod 75W.pake rdta 2coil fused clapton 28×2/37.trus pake batre sony 18650 vtc6a.kl menurut kalkulator om,paling aman main di 40watt.apa bener ya om?trus antara mod rta dan batre dan coil apa udh bener om?atau ada yg musti diganti.nuhun pisan om

    Ble ble
    Guest
    Ble ble

    Om..saya punya batre smoant 20 ribuan harga..
    Seminggu lalu batre itu rusak..Hari ini batre itu saya tusuk2 di bagian dalam pin agar dia sembuh (kata org di youtube).. dan dia bocor..saya melihat keluar cairan..
    Saya mau buang sayang.. dan sya coba cas krg dia berfungsi ngisi.. skrg saya blom berani pake ke mod..krn saya pake mecha.. jadi gmn om..

    dby13
    Guest
    dby13

    baterai sy sobek & pembungkus hitamya ilang, trus ga sengaja sy masukan & keluar percikan api kecil.. sy cabut trus sy msukan lgi.. & keluar lgi percikan api.. kira2 modnya & perangkat lainya rusak ga ya

    Ian
    Guest
    Ian

    Om mau tanya saya pake mechanical mod terus pas saya lg nge vape saya ngerasa ada kecipratan panas di bagian bawah yang untuk tombol firing terus pas saya perhatiin dibagian bawah nya pas saya pencet firing ada percikan percikan api itu kenapa ya om

    Dandi Kris
    Guest
    Dandi Kris

    Om mau nanya, saya punya mod dan catnya udah luntur. Kalo di repaint apa boleh? Lalu saya pake batre LG HG2 dan bungkus bagian bawah terkelupas apakah masih aman?

    Topan
    Guest
    Topan

    Mau nanya om, apa benar baterai ada batasan umurnya? Barusan baca di grup vape, katanya batas umur aman untuk pemakaian normal itu 3-4 bulan, lebih dari itu bisa meledak. Mohon pencerahannya.

    Panda
    Guest
    Panda

    Om..kalau batrei di cas bareng terus pas di pasang ke mod kok beda isinya itu kenapa ya? Msh aman nggak? Saya pakai baterai VRK.. trimaksih

    Faza
    Guest
    Faza

    Min ane punya mod volta 200, dan gua newbie banget min di dunia pervapean , ane beli batre kemarin blackcell 3100mah 50A , ane gk tau soalnya batre yg bagus kayak apa , setelah ane beli banyak yg nyaranin beli sony vtc 6, udah gue bayar lagi yg blackcell,
    Ane pakek fused clapton maen di 70-80 watt ini batre aman gk sih min buat volta 200 ?
    Mohon pencerahannya min.
    Matur thankyu

    rep
    Guest
    rep

    Mau tanya om, ane pake vgod pro oten, rda druga clone, pake coil 0.45 alien clapton, battery vappower aman gak?