Memilih Baterai Vaping | Featured

Tips & Trick

Memilih Baterai Vape Terbaik – Panduan Untuk Vaper Pemula

15 Oct , 2017  

Baterai vape terbaik adalah sesuatu yang pasti langsung kamu tanyakan begitu kamu sudah lebih serius di dunia vape. Kamu tidak sendiri, selama bertahun-tahun para vaper berusaha untuk mencari baterai 18650 terbaik untuk mod mereka.

Namun ada banyak jargon seperti max pulse discharge dan baterai rewraping yang perlu kamu ketahui sebelum dapat memutuskan membeli baterai vape terbaik yang ada.

Melalui artikel ini saya ingin mengajak kita semua melihat dan mengerti baterai lebih baik lagi sehingga kita bisa terhindar dari jerat produsen baterai yang tidak mengatakan semuanya secara jelas.

Hanya Ada Segelintir Produsen Baterai di Dunia

Kamu harus mengerti bahwa membuat baterai bukanlah perkara mudah. Perlu banyak modal, riset, perizinan, sampai dengan pengolahan limbah, dan saya bahkan belum menyebutkan semuanya. Mengingat begitu banyak hal yang harus disiapkan, maka tidak semua perusahaan mampu membuat baterai sendiri.

Beberapa manufaktur yang sudah ternama dalam membuat baterai 18650 (yang kita gunakan untuk vape) adalah Samsung, LG, Panasonic, Sanyo dan Sony. Sedangkan sisanya adalah distributor yang melakukan battery rewrapping.

Apa itu Battery Rewrapping?

Pada dasarnya baterai-baterai yang terkenal seperti LG HE atau Sony VTC 4, dibungkus ulang oleh pihak distributor dengan merek mereka sendiri.

Apakah ini berbahaya? Tidak juga. Selama dibungkus dengan benar maka pada dasarnya tidak ada resiko apapun dalam proses pembungkusan ulang ini.

Bahkan saya tidak akan keberatan membeli battery rewraping yang lebih mahal, jika packaging lebih mantap, atau bahkan datang dengan case plastik gratis (seperti yang dilakukan beberapa vendor baterai vape).

Jadi Kasus Selesai? Semua Aman? Tunggu Dulu…

Ini mungkin sedikit panjang, jadi saya sarankan tetes dulu vape kamu. Ayo tidak apa-apa saya tunggu :).

Jika membungkus ulang baterai dan memberikan gimmick seperti casing baterai adalah satu-satunya yang dilakukan para distributor ini maka ya tidak ada masalah. Namun seiring dunia vape berkembang dan kebutuhan bertambah, para distributor ini mulai melakukan marketing stun dengan menaikkan ampere dispesifikasi baterai mereka.

Sebagai panduan dasar, semakin besar ampere dari baterai maka kapasitas cenderung semakin kecil, contohnya LG HB2 30A (ampere) mempunyai kapasitas 1500mAH. Sedangkan Sony VTC 6 dengan 3000mAH (2x lipat LG HB2) mempunyai ampere sekitar 20A saja.

Lalu Bagaimana Dengan AWT 50A 3000mAH atau Blackcell 40A 3100mAH?

Sederhana saja jawabannya, mereka tidak memberi tahu kamu keseluruhan informasinya.

Ada banyak cara mengukur ampere dari baterai, yang pertama adalah continous discharge, yang kedua adalah pulse discharge. Pengukuran continuous discharge dilakukan dengan discharge (melepaskan ampere dari baterai) secara terus menerus sampai ampere stabil di angka tertentu. Untuk kebanyakan baterai 18650 angka yang akan didapat adalah 20A.

Sedangkan pulse discharge, merupakan pengukuran yang dilakukan secara cepat dan tidak terus menerus, misalnya hanya 0.5 detik. Pulse discharge bukanlah pengukuran standar, dan tidak pernah digunakan oleh manufaktur baterai resmi.

Pada prakteknya jarang sekali ada barang elektronik yang menggunakan baterai hanya dalam 0.5 detik saja. Jika kamu menggunakan senter dengan baterai maka baterai akan dikuras terus selama senter menyala, oleh karena itu continuous discharge merupakan satuan yang benar untuk digunakan. Sedangkan untuk vaping kamu juga akan menyalakan lebih dari 2 detik. Dalam 2 detik ini ampere dan voltase akan turun terus menuju angka stabil (continuous discharge rate)

Jadi kebanyakan dari distributor baterai mengukur pulse discharge tertinggi lalu memberi label pengukuran tersebut kepada baterai.

Yang lebih membingungkan lagi adalah karena pulse discharge bukan sebuah pengukuran yang standar maka setiap distributor mempunyai metode sendiri. Sebuah baterai yang sama misalnya VTC 5 (20A) dibungkus ulang oleh dua distributor berbeda, satu diberi label 30A dan satu diberi label 50A (ya 50A!).

Memangnya Kenapa Ampere di Baterai Penting?

Jika kamu pengguna regulated mod ini bukanlah masalah yang terlalu serius, karena mod kamu akan memberi peringatan jika baterai sudah tidak kuat.

Jika kamu pengguna mod dengan 1 baterai dan suka vape di angka 70Watt maka kamu akan membutuhkan baterai dengan ampere lebih besar dari 20A.

Regulated Mod 1 baterai, 70Watt / 3.2V = 21.875 A

Catatan: mengapa 3.2V dan bukan 4.2V? Karena seiring digunakan voltase baterai akan terus turun, penggunaan 3.2V adalah sebuah langkah aman untuk menghitung. Karena jika baterai kamu di 30% dan kamu menggunakan baterai > 20A maka kamu akan tetap aman.

Kamu yang menggunakan mod 2 baterai bisa lebih tenang karena kamu hanya membutuhkan 14A, sedangkan kebanyakan baterai yang beredar untungnya sudah 20A.

Regulated Mod 2 baterai, 90Watt / 6.4V (3.2V + 3.2V) = 14A.

Namun pengguna mechanical mod akan mempunyai resiko yang lebih besar.

Ambil contoh seorang vaper mechanical yang membeli baterai 40A 3000mAH. Karena memiliki 40A maka dirinya mengira akan aman untuk menggunakan dual alien 0.15A.  Dual coil ini akan membutuhkan 22A (hitungan kasar dari 3.2V/0.15A), sedangkan baterai ini punya kemampuan 40A. Aman kan?

Pada kenyataannya baterainya hanya memiliki CDC (continuous discharge current) 20A, dan 40A yang dijanjikan ternyata pulse discharge. Sang vaper sedang membebani baterai dengan load yang tidak dimiliki oleh baterai dan ini bisa berakhir buruk.

Menguji Ampere Sebenarnya Dari Baterai Rewrapping

Banyak orang di luar sana sudah mencoba membuktikannya dan hasilnya sudah dimana-mana. Seperti seorang pengguna bernama Mooch yang sudah cukup terkenal dengan pengujian baterainya. Kita akan melihat bersama baterai-baterai rewrap di Indonesia yang sudah diuji oleh Mooch.

AWT Merah 40A 3500mAH

  • Hasil pengujian: Ini merupakan baterai yang sama persis dengan AWT Merah 35A, yang merupakan baterai rewrap dari Samsung 3oQ. Baterai ini merupakan baterai 20A dengan kapasitas 3000mAH

AWT Hitam 50A 2600mAH

AWT 50 Test

  • Hasil pengujian: Ini merupakan baterai VTC5 yang dibungkus ulang. Oleh karena itu CDC-nya adalah 20A, bukan 50A.

AWT 35A 3500mAH

  • Hasil pengujian: CDC pengukuran: 8A (ya hanya 8A!)
  • Sebagai catatan baterai di atas 3100mAH akan sangat sulit mencapai ampere di atas 10A. Sebagai pembanding, VTC6 dengan 3000mAH hanya mencapai 19-20A.

Basen 40A 310omAH

  • Hasil pengujian: Ini merupakan rewrap baterai LG MJ1 dengan CDC pengukuran di bawah 10A. Bahkan dengan pengukuran pulse discharge pun 40A adalah sesuatu yang mustahil untuk baterai ini.

MXJO Kuning 35A 3000mAH

MXJO 20A CDC

  • Hasil pengujian: CDC hanya mencapai 20A
  • Sebagai catatan MXJO juga menyertakan CDC 20A ini di baterai mereka, di bagian belakang dengan tulisan kecil.

MXJO Hijau 20A 3500mAH

  • Hasil pengujian: Kemungkinan rewrap Panasonic NCR18650GA, dengan CDC pengukuran diangka 10A.
  • Sebagai catatan MXJO juga menyertakan ukuran ini di baterai mereka, dibagian belakang dengan tulisan kecil.

Saya Ingin Baterai Vape Terbaik, Apa yang Saya Harus Beli?

Jika kamu pengguna regulated mod dengan satu baterai maka kamu membutuhkan baterai yang berada di kisaran 20-25A.

Baterai vaping terbaik untuk regulated mod 1 baterai adalah:

Jika kamu pengguna regulated mod dengan baterai 2 atau 3 maka ampere tidak terlalu masalah karena beban perbaterai akan jauh berkurang. Dalam kasus ini akan lebih baik jika kamu menggunakan ampere yang cukup, tidak perlu terlalu tinggi, namun ditukar dengan kapasitas yang lebih besar.

Baterai vaping terbaik untuk regulated mod 2-3 baterai adalah:

Catatan: 15A mungkin terlihat kecil, namun jika kamu bermain 80watt dengan dua baterai maka perhitungannya akan menjadi 80Watt/6.4V (3.2V+3.2V) = 12.5A.

Jika kamu pengguna mechanical mod dengan low build <0.3ohm , maka opsi terbaik kamu adalah menggunakan baterai dengan ampere tertinggi yang bisa kamu temukan.

Saya harap ini postingan ini dapat membantu kamu menemukan baterai yang tepat. Jika ada pertanyaan silahkan lempar lewat kolom bawah.

Catatan: Semua rekomendasi dan perhitungan yang digunakan di atas adalah perhitungan yang dilakukan untuk membuat vaping menjadi pengalaman yang sangat aman. Kamu dalam praktek sehari-harinya dapat memaksa baterai lebih tinggi dari pada spesifikasi standarnya. Misalnya VTC 5A dapat ditarik melebihi 25A.

Ketika kita vaping, kita sebenarnya sedang melakukan sesuatu di antara pulse discharge dan continuous discharge, terutama jika kamu yang cukup lama menahan firing untuk menarik banyak uap. Saya secara pribadi memilih batas aman untuk mengakomodir kelalaian seperti tombol yang tertekan lama secara tidak sengaja, sehingga baterai tidak bocor atau terjadi resiko kelalai baterai lainnya.


175
Leave a Reply

avatar
49 Comment threads
126 Thread replies
22 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
55 Comment authors
Hendri SalimMuhammad Haichal FadzriVicky ZuliansyahFaridTito Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Bayu Adhiwarsono
Guest

Nice info, om. Jelas banget. Sekarang ini masih kurang bahan bacaan berbahasa Indonesia untuk para vaper yang kurang fasih membaca dalam bahasa Inggris.

Heriyanto Japri
Guest
Heriyanto Japri

Very nice info bro..sangat membantu untuk para newbie although msh ada yg mw sy tanyain bro.. Jd gini bro, sy pake dual batt LG HG2 maen di 80watt normally sy bs vape ampe indikator batt bnr2 sudah tipis&keluar notifikasi Weak Batt.. Nah problemnya ketika sy pake batt cadangan sy Samsung 25R yg wrap hijau, indikator batt msh diatas setengah tapi udh menujukkan Weak Batt (ini dengan kondisi yg sama, tembak 80watt di rda yg sama) Dengan spesifikasi LG HG2 3000mAh & Max Amp 20A dibandingkan dengan Samsung 25R 2500mAh & Max Amp 25A, pertanyaan sy bro apakah batt Samsung 25R… Read more »

Kang Asep
Guest
Kang Asep

Saya menggunakan Mod Aegis 1 baterai sering menggunakan di 50-70 watt, baiknya menggunakan baterai speknya yang seperti apa?

Iki Rizki
Guest
Iki Rizki

Selalu suka dengan artikel-artikel vapingjkt, ngak pernah bosan baca nya.
Terus berkarya,..

virya
Guest
virya

Hallo ,, pak Hendri Salim ..
saya mengunakan elektrical MoD IPV vesta dan SX Q Mini , batrei yang saya gunakan adalah eFest .. 2900 maH 35 A ..
nah utk jenis batrei yg satu ini bagai mana , pak ?
terimakasih

hendra
Guest
hendra

Nice Info gan.. tapi mo nanya klo Baterai VAPPOWER 26650 5000mah gimana? aman gak buat mod AEGIS 100w, coil 0,14ohm…
Thanks atas pencerahannya..

131313
Guest
131313

Gan ane pengguna wismec 3 baterry Samsung 30Q . Biasa main di 55-60 aja gan. Aman kan yaa ?

Ruslan
Guest
Ruslan

Bang mod aku battlestar 200w dan klu aku pake batrei mxjo 3500mah 20A, bagus dan aman gak bang ?

Mazhenz
Guest
Mazhenz

bang..,saya pake Mod Lavabox M DNA75 single batre,, saya sering menggunakan di 35-40 wat, spek batre apa yang recommended?

Mazhenz
Guest
Mazhenz

rrecommended untuk Mod Lavabox DNA75 single baterai main di 40-60 Watt sebaiknya bagus pake baterai apa om?

Sulthon
Guest
Sulthon

Kalo untuk mec di sarankan mengguanaka battery apa bro

Faysal
Guest

Om saya mau tanya saya menggunakan mod DOVPO M VV mechanical 280W, saya menggunakan batrai samsung 25r, RDA goon 1.5 clone dan coil 0.15Ohm menurut om itu gimana aman atau tidak???

AQJ
Guest
AQJ

Om ma nanya, saya pakai Mecha rda druga 0,13 baterai vappower 18650 3000mah. Kira kira aman ga om ?

fikri
Guest
fikri

saya pakai mecha mod, athena squonk mod.. baterai yg cocok pake apa ya? biar aman dan baterainya tahan lama. karena saya pakai single baterai..
posisi skrg saya lg pake batre awt 3000mah 40A.
mohon bantuannya ya

reza
Guest
reza

gan mau tanya nie .. kalo buat subzero X mecha .. batre yg bagus itu apaa yah .. saya suka menggunakan alien fused clapton dgn 0.15ohm yg aman pake batre apa .. oh saya memakai rda twisted messes 24mm gan ,tolong dibantu nya gan .. tq buat main aman ..

Yudha
Guest
Yudha

Makasih om atas info hebatnya nih .. saya sekarang masih galau soal batere vape . kondisi sekarang pake Voopoo drag 157 watt dengan rda ohm nya dapet 0.18 dan sering main di 55-60 watt untuk batre saya pake sony vtc6 . pertanyaan saya .. 1. apakah settingan saya tergolong aman ya? 2. berapa limit ohm terendah yang aman untuk penggunaan vtc6? 3. apakah boleh batre di charge walau keadaan masih setengah? soalnya saya suka batre yang selalu penuh siap sedia . 4. kalau saya ingin explore menggunakan mod squonk single battery, apakah lebih baik beli batre vtc4 / vtc 5a… Read more »

salim
Guest
salim

mas saya pake mod ipv velas dan rda peerless special edition,pake batere awt 3400mah yang udah berumur 10bulan. running di ohm 0.44. saya klo vaping kayak kereta api juga, namun yang saya heran kok batre sy sangat boros, uniknya ketika batre saya habis, saya cas tuh batre saya di charger yang bisa liat voltnya, ternyata yang satu batrenya 3,2v yang satunya lagi 3,8v. kenapa mas kok beda voltnya. nah saya posisi lagi pengen ganti batre juga mas, bingung pilih batre antara sony vtc 6 3000mah, blackcell 3100mah, awt 3500mah. pilih yang mana mas enaknya?
terimah kasih

Daw
Guest
Daw

Om saya pakai battery xxx warna hitam (inr 18650 3.7v 20A continuous 2500mah) pakai 2 battery. Terakhir kali itu saya charge keduanya dan saya lupa mencabutnya ketika sudah full (mungkin 1-2jam). 2 hari kemudian ketika ingin digunakan, keterangan di mod battery kosong. Kemudian saya charge kembali barttery tsb dan 1 battery dgn kondisi full – 1 battery kondisi kosong. Singkat cerita battery itu saya charged sampai full dan ketika saya coba gunakan salah satu battery tampil di mod dgn kondisi kosong. 1.apakah battery saya rusak? 2.apakah aman saya bisa mengganti battery hanya satu dengan spesifikasi yang sama? Krn kalo saya… Read more »

Yulius nainggolan
Guest
Yulius nainggolan

Om sy pake mod aegis,kira2 batre yg cocok n awet masa pakai nya merk pa ya?sekarang sy pake batre basen 26650.Pertanyaan ke2 sy jg pake mod charon ts 218,pa mod ini bisa langsung charge batre di mod?berhubung lubang mikro usb nya kan ga bisa buat upgrade firmware nya?sama rekomendasi buat batre yg cocok di mod charon ts 218 ya om ke2 mod sy pake coil di angka 0,20 ke atas rata2 main di 50 watt.Thanks be4 ya om buat pencerahan nya🙏

Sidem
Guest
Sidem

Om tlong infonya.
Saya pake mod therion 166 main di 50watt 0.20ohm. Saya pake batrei sony vtc 5. Itu ktnya powernya stabil untuk electrikal mod. Tapi Klo pake daily vapping agak boros. Klo saya ganti pake sony vtc 6 gmn om..!? Apakah power batreinya stabil jg..!? Trimakasi

Novriana
Guest
Novriana

Misi nih om saya pengguna mod single batre, rda single coil, sering main di ohm 0.30-0.57 dan 30 watt- 50 watt, kalo baca2 komen pasti om selalu rekomen batre vtc 5a drpd vtc4, yg saya tanya selain dari kapasitas yg lebih gede dan balance daripada vtc4, apa vtc 4 kurang enak dipakai electric mod di ohm dan watt segitu, terimakasih om

Abey
Guest
Abey

mantap bro artikelnya, mau tanya nih bro.. saya termasuk pengguna baru di dunia vape, saya pake athena squonk, kira kira rekomendasi dari masbro batre yang cocok untuk saya apa ya ?? dan berpa ohm yang cocok untuk digunakan sebagai batas aman untuk mod saya.. trimakasih broo..

pauwong
Guest

Pengukuran continuous discharge dilakukan dengan discharge (melepaskan ampere dari baterai) secara terus menerus sampai ampere stabil di angka tertentu. . Jadi maksudnya gan itu dia terus firing dari volt 4.2 habis terus sampai pas amperenya dengan kata aman ( stabilnya )?

Sidhiq
Guest
Sidhiq

Nice fonya Mas bro,keren abis dahhh,,,
mau tanya -tanya ini mas bro.. saya kan pengguna baru niih di dunia vape.. saat ini saya pakai 2 coli – 40/60 watt – mod Testa wye200w dan baterai blackcell.. Tanggapan mas bro bagaimana ??
terima kasih
mohon pencerahaannya yah..

Yudhi
Guest
Yudhi

Bang saya pake dx75 sering main di 50-60 watt cocoknya pake baterai yg ap bang?

Yoedin
Guest
Yoedin

Permisi gan Numpang tanya…. Ane punya MOD ijoy capo squonk 100w dengan singlenya batarai, dan rda ijoy limitless dengan 6lilit, diameter 3mm dengan hasil coil 0.31ohm. 1. Baterai apa yg cocok untuk MOD ini supaya dari asap dan rasa bisa dinikmati/didapatkan? 2. Lebih cocok baterai yang mana untuk hasil yg terbaik? Baterai 18650, 20700, 21700. Mohon rekomendasikan merk baterai dan kapasitasnya? 3. Kenapa waktu saya firing MOD ini pakai baterai 18650 dengan merk MXJO (kuning abu2), Samsung 25r, LG HB2 dan AWT (hitam merah) tidak mendapatkan cloud dan rasa yg nikmat walaupun saya sudah main di 50W – 100W. Tetapi… Read more »

Firmana
Guest
Firmana

Hai om, saya pemula nih.
Nah sebelum saya mau tanya jenis batere yg cocok, sbelumnya saya masih bingung sm jenis mod.
Singkatnya gini, kalau pico, battlestar, therion, dll. itu termasuk regulated mod.
Kalau subzero, vgod pro mech, coilart mech, itu mechanical mod.
Sedangkan seperti tesla invader III, hexohm, dll. (yg pada umum nya tidak ada lcd, tp menggunakan pengatur voltase) itu termasuk mod apa?
Dan battere jenis apakah yg cocok untuk mod terakhir yg saya sebut itu ya om?
Sebelumnya trimakasih. 😄

joeReAnT
Guest

Keren Gan, review nya, nyesel ane ga konsen pelajaran ini di STM dulu. hehehehehehehe
pertanyaan ane Gan,
ane punya TESLA WYE 200W, di manual book nya menganjurkan pakai batrai above 35A, kalo liat review nya Agan brarti ga akan ada baterai dengan Arus segitu besar ya, mohon di rekomendasi Gan ane musti pake AWT 3000mAh 40A ato ada ide lain?

terimakasih sebelumnya, Sukses terus

Mochi
Guest
Mochi

maaf mas mau nanya nih
saya punya device battlestar nano rda kit dengan coil 0.18-0.20 ohm nah saya mau tau baterai yang cocok buat mod battlestar nano saya apa ya??
soalnya saya masih rada awam soal baterai yang bagus dan takut salah beli
mohon pencerahannya

AdeTheImpaler
Guest
AdeTheImpaler

Assalamualaikum. Saya menggunakan Battery Sony VTC 4. Mod Smoant Charon, Running di 40-65W tergantung kapasitas batre. Resistansi 0.15-0.28 ohm.
Saya mau tanya, kira2 setiap berapa lama rutinnya saya harus mengganti batre dengan yg baru?

tyan
Guest
tyan

bos, baterai 18650 selain LG HB6 yg aman main di 0.09-0.15 ohm pake apa ya? rencana mau pake dual coil alien clapton.

adnan
Guest
adnan

Haloo om
.scrool kebawah2 jarang yg tanya soal mecha,kbtulan bru pake mecha chronicle singel baterai,ohm main di 0,32..awg 24..6lilit..nah watt nya kgk tau dah kan gda layar nya..skrng pke vtc 5..apa sudah cukup aman?

Dedy
Guest
Dedy

Mau nanya ni Om.. klo untuk hexohm v2 / v2.1 chip okl t20 aman main brp ohm y ? Dan untuk baterai klo gunakan mxjo kuning aman gak ? Trus klo pake baterai vtc 5a main di ohm brp yg aman ? Trima kasih sebelumnya

Rizal
Guest
Rizal

Om Hendri izin nanya

Saya jujur masih kurang paham tentang regulated mod jadi nanya disini

Pertanyaan pertama, berapa sih watt yang saya butuhkan untuk bisa mencapai “Asap” dan “Rasa” Maksimal?

Saya menggunakan Subverter 200w dan rda apocalypse, dengan ohm 0.2, batre Sony VTC 5A (2 baterai)

Selanjutnya, ohm yg baik itu harusnya diangka berapa? apa ada panduannya?

muhammad irwansyah
Guest
muhammad irwansyah

Sangat membantu sekali infonya.kalo baterai yg ukuran 20700 yg recommend apa bosskuu???

123
Guest
123

Slamat siang Om hendri salim
Ane pake mechanical mod 1 batre apa sebaiknya ane pake batre vtc4 atau yg lain??
Ane minta nomor wa ente boleh gk om?? 😂😂

fikri
Guest
fikri

siang om ..
mau nanya baterai yg cocok untuk wismec luxotic bf kit apa ya om? baterai sony yg tipe apa?
dia single baterai dan single coil .

Nicho
Guest
Nicho

ane pakai clapton dual biasa antara 0.20 – 0.25 ohm…
main di 60-80 watt…mod tesla punk 220…batre LG HG2…

apakah batre akan ngos2an ??

lalu saya baca2 komen anda selalu merekomendasikan sony vtc…apakah kualitas LG kurang baik ??
biar ada acuan kalo mau ganti batre

Ihsan
Guest
Ihsan

Gan mxjo 26650 22a 4200v aman ga buat aegis

Barons
Guest
Barons

Halo om…
Ane newbie dalam dunia VAPOR, baru sekitar 2 bulanan.
Senjata, Mod Therion 133, Baterai Basen 40A, RDA GOON 1.5 authentic, Coil Fused Clapton, Cotton Kendo.
Pertanyaannya:
1. Main Berapa Watt yang pas supaya Liquid lebih terasa (Ane biasa pake Cuttwood Unicorn Milk yang notabene rasanya Soft) agar di sesuaikan dengan baterai.
2. Baterai yang pas apa

Awal awal pake Coil Clapton hadiah itu ada tulisan Ohm is too high (apa itu OHM ga ngerti) tapi setelah ganti ga ada lagi, Ane takut meledak di mulut.
Maaf pertanyaan newbie yang hina ini 😭
Sekian dan terima kasih 🤝

tyan
Guest
tyan

pagi bos hendri.
bos, ane pake therion 166 & baterai VTC5. ane pernah dikasih tau sama tmn disuruh escribe baterai nya dibagian cell cut off nya jadi 3.6volt supaya baterai jadi awet & ga gampang drop.
menurut bos hendri, berapa volt settingan cell cut off baterai supaya ga gampang drop?

hafizh abyan
Guest
hafizh abyan

klo pke regulated mod,lebih savety dan galak mana om,mxjo kuning dengan vtc 6 ?

James
Guest

Bro misalkan saya punya batre A5
Buat mecha dual coil paralel paling cocok ohm berapa yah? Batre bertuliskan 2600mah 3.7v

Ilyas
Guest
Ilyas

thanks, 10 jempol

Aji Prasetya
Guest
Aji Prasetya

bang kalau saya pakai aegis 200 watt main di 40-60 watt bagusnya pakai batterai apa

wildan azizi
Guest
wildan azizi

maturnuwun om infone sangat membantu, saya pake asmodus minikin v2 pake batre vappower 3000mah 0.12ohm 2.81v main di 60w itu aman kan? ohya sekalian mau tanya nihy setingan coil yg pas pake nichrome80 24ga apa yah om, saya pake paralel 6lilit kok rasanya kurang yah om, ditunggu balesane om

Tito
Guest
Tito

Sebetulnya, sony vtc 5a itu mah nya 2500 atau 2600? Soalnya, banyak yang bilang bahwa sony vtc 5a itu 2500 tapi, di pasaran banyak yang 2600. Jadi, yang asli itu buat sony vtc 5a brpa mah?
Terima kasih!

Farid
Guest
Farid

Om batre yg bagus untuk mod smoant cylon apa ya?

Vicky Zuliansyah
Guest
Vicky Zuliansyah

Tesla Terminator starter kit pakai batre Basen 40A(gak tau bener 40A atau gak) dual coil aman gak gan?
Saya gak tau Ohm nya berapa
Tapi kawat nya Khantal 6Lilit diameter 3mm
Mod ini juga gak ada pengaturan Wat atau apa jadi saya bingung

Baru mulai NgeVape soalnya

Muhammad Haichal Fadzri
Guest
Muhammad Haichal Fadzri

Bro sebagai pemula nih saya ada mod boxer rader, rda goon v1.5 aman nya battre dan koil brp ya batas aman paling ekstrim nya