DIY Eliquid Intro Featured

Membuat DIY Eliquid Sendiri? Mulai dari Sini

Hendri Salim eLiquid, Freebase, Salt, Tips & Trick 31 Comments

Saatnya pengakuan dosa…

Saya menghabiskan waktu dua bulan ke belakang melakukan DIY Eliquid, alias membuat liquid sendiri. Itu mengapa posting di VapingJKT menjadi tersendat 😐

Hari ini saya ingin membagikan pengalaman saya kepada kamu. Ini bukanlah tulisan yang akan mengajari bagaimana cara membuat liquid sendiri (itu akan saya buat selanjutnya), tapi ini adalah artikel untuk memberikan kamu gambaran umum bagaimana sih proses DIY Eliquid, apa untungnya, apa sulitnya dan apakah cocok untuk kamu.

Kenapa Membuat Liquid Sendiri?

Bagi saya alasan utamanya adalah untuk mengulas liquid lebih baik lagi. Saya ingin mengerti bagaimana cara rasa tembakau dan rasa lain dikembangkan.

Benar saja setelah membeli lebih dari 7 perasa tembakau, saya bisa mengambil kesimpulan bahwa kebanyakan liquid tembakau di Indonesia, hanya menggunakan 1-2 rasa tembakau saja. Atau ketika saya membeli Salt Nicotine American Patriot (Naked), saya bisa merasakan sedikit hint dari 7leaves dan Burley.

7Leaves dan Burley adalah perasa tembakau yang umum digunakan. kemampuan saya mengenali perasa menjadi lebih baik. Saya juga sekarang menyadari bahwa kebanyakan liquid blueberry cupcake menggunakan TFA Blueberry Extra yang memiliki sedikit rasa parfum tipis wangi.

Alasan kedua adalah saya ingin mencari liquid yang dapat saya nikmati sendiri tanpa harus membeli dan menunggu stok baru datang. Seperti liquid kopi Catch Ya Latte (VaporFi) yang sangat-sangat luar biasa enak, namun tidak dijual lagi di Indonesia.

Yang ketiga adalah tentu saja menghemat uang. Kita akan melihat semurah apa membuat liquid sendiri nanti, tapi intinya membuat liquid sendiri tentu saja lebih murah.

Jadi secara umum alasan mengapa kamu membuat liquid sendiri adalah:

  • Menghemat uang.
  • Mencari liquid yang kamu suka dan membuatnya kapanpun kamu mau.
  • Melakukan eksperimen rasa dan mengembangkan liquid di luar apa yang sudah ditawarkan di pasaran.

Lebih Murah Dari Membeli Liquid yang Sudah Jadi?

Pertama mari kita lihat sebuah resep liquid strawberry yang sangat enak menurut saya.

Jangan khawatir jika kamu tidak mengerti di artikel selanjutnya saya akan jelaskan. Sekarang kita hanya ingin mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat liquid strawberry cream sebanyak 345ml (atau setara dengan 6 botol liquid berukuran 60ml).

Resep di atas adalah resep tiruan dari liquid Unicorn Milk dari Cutwood, dan hasilnya luar biasa mirip.

Pertama kita butuh PG sebanyak 36ml dan VG sebanyak 241ml. Harga PG dan VG sebanyak 500ml adalah Rp100.000, kamu akan dapat 500ml PG dan 500ml VG.

Kita akan butuh 7 perasa, dan 1 perasa merek Capella sebanyak 30ml di jual dengan harga Rp70.000. Jadi kita akan butuh Rp490.000.

Terakhir kita butuh nicotine cair sebanyak 10ml. Nicotine cair di jual dengan harga Rp80.000 untuk 30ml.

Jadi secara total kita akan membutuhkan modal sebanyak 100.000 (PG+VG) + 490.000 (7 Perasa) + 80.000 (Nicotine Cair) + 30.000 (6 buah botol) = Rp700.000.

Mahal Juga Keluar Rp700.000!!!

Sebelum kamu teriak, mari kita taruh ini dalam perspektif.

Kamu mengeluarkan Rp700.000 namun mendapatkan 6 botol liquid (60ml). Artinya satu botol (60ml) harganya adalah Rp116.000. Lebih murah sedikit dari liquid lokal.

TAPI setelah membuat 6 botol ini kamu akan ditinggalkan dengan banyak sisa VG, PG, Nicotine dan perasa. Kamu cukup menambah 1 perasa lagi (Rp70.000) dan kamu bisa membuat 6 botol lagi dengan bahan yang tersisa!

Artinya dengan Rp790.000 (1 perasa tambahan + 6 botol) kamu dapat membuat 12 botol dengan harga 1 botol sekitar Rp65.000. Ini pun masih menyisakan beberapa bahan lagi sehingga selanjutnya tidak akan semahal itu.

Bisa kamu bayangkan sebuah liquid 60ml dengan harga Rp65.000 yang semua bahannya kamu kontrol sendiri dan menggunakan perasa terbaik yang ada di pasaran?

Ngomong-ngomong semua yang saya sebutkan di atas menggunakan 100% bahan dari USA mulai dari perasa, VG, PG dan nicotine.

Wah Gila Murah! Saya Mau Bikin Besok!

Tunggu dulu.

Kamu baru saja membaca bagian manisnya. Sekarang baca bagian pahitnya.

Yang pertama adalah sulit mencari bahan baku yang segar!

Banyak penjual perasa yang tidak 100% transparan tentang perasa yang mereka jual. Mereka cenderung tidak mau memberitahu kapan tanggal produksi perasa yang mereka jual.

Secara umum sebuah perasa sebaiknya digunakan 2 tahun semenjak dibuat.

Dalam pengalaman saya ada penjual yang menjual perasa setelah 2 tahun dan masih mengatakan produk mereka masih sangat segar ketika saya chat di Tokopedia. Pfffttt.

Namun untungnya saya sudah menemukan 2 penjual yang cukup lengkap dan transparan. Lebih jauh mengenai ini di artikel selanjutnya.

Yang Kedua. Liquid pertama kamu akan membuat kamu ingin muntah.

Dibutuhkan kesabaran dan pengalaman untuk belajar meracik liquid sendiri. Dari pengalaman 10 liquid pertama saya tidak dapat saya gunakan sama sekali.

Kesalahan terbesarnya adalah mencoba mengikuti resep yang sudah terlalu tua dengan perasa yang terlalu banyak, sehingga rasa bukannya menguat namun menjadi tipis (muted).

Namun selama kamu mengikuti resep yang solid (ini berarti menggunakan perasa yang lebih sedikit, karena mod zaman sekarang tenaganya sudah besar) kamu akan cukup aman.

Yang Ketiga. Kamu harus bersabar.

Jangan bayangkan membuat liquid kamu hari Senin dan mulai vape hari Selasa. Liquid yang baru kamu buat membutuhkan steeping dan ini terkadang membuat frustrasi.

Liquid tembakau yang saya sedang kembangkan membutuhkan setidaknya 3 minggu steeping.

Tobacco Steeping

Menunggu 3 minggu dan menemukan ternyata rasanya tidak enak, benar-benar membuat hati ciut. Di sisi positifnya kamu akan diajarkan untuk bersabar :D.

Yang keempat. Ini adalah sisi tergelapnya menurut saya. Setelah kamu mencoba resep yang tersedia secara umum dan berhasil kamu akan mulai memiliki ide. Bagaimana jika saya tambahkan sedikit karamel, atau mungkin sedikit blueberry.

Kamu mulai melakukan eksperimen sendiri.

99.9% dari hasil eksperimen kamu akan gagal, dan ini adalah bagian yang paling membuat frustrasi, menghabiskan waktu dan uang. Ini juga kenapa liquid dijual dengan margin keuntungan yang tinggi. Karena menciptakan sebuah liquid yang enak tidaklah mudah.

Contohnya liquid Beard yang mungkin kamu pernah coba. Awalnya mereka membuat 100 liquid dan memberikan nomor ke 100 liquid tersebut.

Dari 100 hanya ada tiga yang bisa dikatakan berhasil, nomor 05, 32, dan 88. Jadi dari 100 liquid hanya 3 yang bisa dikatakan enak dan dapat diterima. Ini pun dibuat oleh orang-orang yang sudah memiliki pengalaman.

Tapi sisi positifnya adalah memodifikasi atau mengembangkan liquid sendiri bisa sangat menyenangkan. Ada cukup banyak resep, dan komunitas yang suportif di luar sana.

Yang Kelima. Ini adalah sisi gelap Eliquid yang cukup mengejutkan bagi saya. Dari sekitar 50 resep yang saya coba, hanya sekitar 3-5 yang menurut saya vapeable, dan itu pun masih terasa kurang kuat rasanya.

Setelah berkonsultasi dengan para anggota DIY senior di luar sana, saya akhirnya direkomendasikan untuk menambahkan pemanis 1-3%, dan hasilnya benar-benar luar biasa berbeda.

Rasa strawberry memuncak, pekat dan bright. Ini semua berubah akibat pemanis. Kebanyakan liquid komersial di luar sana menambahkan pemanis yang cukup banyak untuk menguatkan rasa. Ini lah cara licik/pintar pembuat Eliquid.

Jadi jangan kecewa jika liquid kamu tidak sekuat liquid komersial, kuncinya bukanlah menambah perasa melainkan pemanis.

Tapi ini juga lah yang membuat saya menyukai DIY Eliquid. Daripada menambahkan pemanis, saya lebih baik mencoba menikmati liquid yang saya buat dan merasakan keseluruhan layer dan karakternya. Karena pemanis walaupun menguatkan rasa, namun dapat menutup beberapa rasa pendukung.

Investasi Awal yang Murah

Selain bahan-bahan seperti perasa dan VG, kamu sebenarnya cukup membeli timbangan digital dan pipet. Kamu tidak perlu membeli pengaduk otomatis (magnetic steerer).

Setelah kamu lebih jago, kamu dapat mempertimbangkan untuk membelinya, namun untuk di awal sebuah timbangan digital dengan akurasi 2 digit di belakang koma (0.01 gram) dan pipet yang banyak sudah cukup.

Timbangan digital yang saya gunakan harganya sekitar Rp150.000 dan sudah cukup untuk pemula.

Setelah semua bahan dicampur di atas timbangan, kamu cukup tutup, dan aduk dengan tangan 1-2 menit dan taruh di tempat yang tertutup cahaya. Besok harinya kocok kembali dan lakukan ini sesering yang kamu bisa.

Kuncinya adalah menunggu semua zat tercampur dan terikat dengan baik, dan ini hanya membutuhkan waktu serta kesabaran.


Untuk memberikan kamu gambaran, saya dalam tiga bulan sudah memiliki sekitar 40 perasa dan mencoba lebih dari 50 kombinasi resep. Hanya ada 3 yang benar-benar saya nikmati sampai sekarang.

40 perasa ini dapat saya kombinasikan menjadi lebih dari 100 resep berbeda sebenarnya, namun saya ingin pelan-pelan mencobanya.

Untungnya beberapa perasa dijual dalam kemasan 10ml (Rp30.000) sehingga lebih murah, namun tidak dapat dipungkiri DIY Eliquid membutuhkan investasi namun begitu kamu membangun skill dan menemukan resep, harga liquid akan menjadi tidak masuk akal murahnya.

Jika kamu tertarik tunggu artikel saya selanjutnya dan bersama-sama kita akan membuat liquid DIY pertama kamu. Saya juga akan merekomendasikan tempat membeli seluruh bahan yang sudah saya validasi sendiri.

Sampai jumpa!

31
Leave a Reply

avatar
14 Comment threads
17 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
17 Comment authors
AchsanBondhetGustinIqbalBlues Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
M furqon
Guest
M furqon

Gasss om hen secepatnya jangan lama

A. Ma'ruf
Guest
A. Ma'ruf

awawawawawa……….

GA SABAR…!!!!

Aan
Guest
Aan

Diacetyl free kah om resep nya? Mohon pencerahannya masalah diacetyl ini dong om

SYMADRSY
Guest
SYMADRSY

Om, kebetulan saya baru 2 bulan ini beralih dari Rokok ke closed system (pods) dan ternyata bisa nikmatin. FYI: saya perokok berat yg kira2 1 hari bisa habis 1,5 sampe 2 bungkus rokok. Skrg saya lagi pake Jam Monster Strawberry 24 MG. Dan ngerasa pas bgt dari manisnya sama TH nya. Kira2 Om Hen ada saran ga, salt nic yg masih ada manisnya tp TH nya sama kaya Jam Monster strawberry yg 24 MG ini. Biar ga garuk bgt di tenggorokannya. Maklum om, saya masih newbie.. :)) Oh iya, kemaren beli naked 35 MG yang lava flow, saya batuk2 om..… Read more »

Rendi
Guest
Rendi

Nah ini dia…….😁

anto
Guest
anto

whoaa,thanks bang atas sharingnya. ini adalah pembuatan liquid freebase ya,bagaimana dengan pembuatan liquid saltnic,apakah tahapannya sama atau perlu mesin khusus untuk membuatnya?thanks

hendra
Guest
hendra

om kalo pake app vape tool kaya apa ya om mungkin om pernah coba slain pake web diy? kayanya kompleks banget fitur resepnya ada base lah ada liquid target lah ada thinner sgala, padahal kayanya diliat dari resep om ya cuman bahannya yaa vg, pg, nic, perasa aja hahaha

Oby
Guest
Oby

Saya pemain baru..
dan selalu senang liat artikel di vapingjkt..
jual ke saya om diy liquidnya.. heeee

Marf
Guest
Marf

Saya sangat senang vapingjkt mau berbagi tentang diy liquid. Karna ini artikel yg langka di internet indonesia, saya cuma menemukan artiken diy liquid 2 3 thn yg lalu. Saya pernah mencoba diy liquid tapi ketika saya beli perasa ny di tokope*** saya malah tertipu, flavor yg say beli di oplos. Perasa yg datang ke saya cuma pemanis sja dengn sedikit aroma. Tapi saya tetap mencoba untk nge racik dulu. Dan benar saja setelah saya diamkan 2 bulan, dan saya coba sama sekali tidak ada rasanya sama sekali cuma ada sedikit rasa manis. Saya juga pernah mencoba membeli perasa buatan lokal… Read more »

Blues
Guest
Blues

Ikutan Om …

Iqbal
Guest
Iqbal

Om, minta info toko yang jual bahan2 nya dong?, sama flavour tembakau yang enak apa?
Pengen ngeracik liquid sendiri, soalnya liquid yang sering saya pake, rasanya udah jauh berkurang, sepertinya flavour nya dikurangi dibandingkan dengan yang dulu, sekarang rasanya udah sangat tipis

Iqbal
Guest
Iqbal

tambahkan pemanis untuk menguatkan rasa, pemanis seperti apa maksudnya om?

apakah om punya resep “Catch Ya Latte (VaporFi)”?, kalo ada, bisikin dong om resepnya

Gustin
Guest
Gustin

Sy baru pake vape, enak baca artikel om!! review nya lebih objektif, tulisanya mudah dipahami..
Kalo udh louncing liquidnya sy mau om.. he..he..

Bondhet
Guest
Bondhet

steeping paling cepet brp hari om ?

Achsan
Guest
Achsan

daaaaannnn, page view untuk halaman ini akan meningkat pesat dari sekarang :D. di tunggu lanjutannya om hendri