Layercake & Reload X Featured

Layer Cake RDA & Reload X – Dua RDA Terbaru 2018!

Hendri Salim Atomizer 29 Comments

Puluhan RDA membanjiri pasar setiap bulannya, kebanyakan datang dan pergi dengan cepat juga. Hanya beberapa RDA saja yang tetap bercokol dan membuktikan dirinya sebagai RDA yang enak dan well designed.

Bagi saya pribadi Csmnt (Cosmonaut) dan Reload adalah RDA yang masuk ke dalam kategori well designed. Jadi sangat menarik untuk mengetahui bahwa kedua RDA ini mempunyai versi terbarunya. Dan inilah yang akan kita bahas hari ini.

District F5VE – Layercake RDA

Layercake adalah evolusi lanjutan RDA CSMNT, setidaknya itulah yang dikatakan oleh sang produsen. Layercake menjanjikan peningkatan performa dan masa pakai yang sangat lama.

RDA Layer Cake menggunakan basis clamp post deck yang secara prinsipnya sama dengan dotRDA. Tepatnya disebut Vice deck jika kamu peduli dengan teknikalitas. Ada satu baut pengencang di tengah, yang akan menekan plat dan insulator untuk menjepit kaki coil secara bersamaan dan membuat koneksi.

RDA Layercake 1

Pengalaman saya menggunakan deck seperti ini sedikit campur aduk, karena tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang ketika dikencangkan salah satu kaki melenceng, dan kamu harus membuka kembali dan semua coil pun akan lepas secara bersamaan.

Deck seperti ini juga mempunyai tantangan karena bagian insulator yang menjepit coil harus kuat menahan tekanan dan juga panas dari coil. Biasanya dengan deck seperti ini, bagian insulator inilah yang rusak duluan.

Hal inilah yang juga dialami oleh District F5VE, sehingga mereka memutuskan untuk menciptakan sesuatu yang cukup kuat dan mereka menyebutnya sebagai Ceramicsteel. Mereka mengklaim bahwa Ceramicsteel sangat kuat dan mampu menahan panas sampai 1.000 derajat. Singkat kata, RDA ini dibuat untuk bertahan sangat-sangat lama.

Layercake RDA Deck

Deck seperti ini juga cocok dengan coil besar, karena ada begitu banyak ruang ekstra, terima kasih kepada deck minimalis dan menghemat ruang. Airflownya berada di samping dengan gaya mata cyclops yang cukup lebar. Airflow controller ini masih menggunakan gaya yang ada di Csmnt.

Layercake RDA juga memiliki profil rendah untuk chamber-nya seperti Goon LP. Selain itu top cap nya sudah berbentuk kubah (dome), untuk membantu turbulensi udara. Singkat cerita = lebih banyak flavor.

Yang menarik lagi adalah mereka menggunakan baut kombinasi yang pintar. Kamu dapat menggunakan hex dan juga obeng minus. Jadi jika hex (segi enam) sudah mulai aus, kamu dapat menggunakan obeng minus untuk membukanya. Ini yang saya butuhkan di semua RDA!

Saya sebut jangka panjang karena Layercake dijual dengan harga yang cukup premium, berdasarkan informasi website sekitar Rp750.000. Bisa jadi ada penyesuaian untuk negara Indonesia, bisa jadi lebih mahal.

Deck Layercake Coil

Saya menaruh Layercake ke dalam daftar pantau dan beli, saya akan memantau ulasan dari para pengguna nantinya sebelum memutuskan untuk membelinya atau tidak.

Jika harga Rp750.000 terdengar terlalu tinggi saran saya adalah memburu Csmnt yang sedang didiskon gila-gilaan. Terakhir saya cek mencapai Rp450.000, sangat worth-to-buy karena saya pernah menghabiskan 1 jam bersama Cmsnt dengan 22awg enam lilit sederhana dan rasanya sangat luar biasa. Di RDA lain mungkin kamu harus memasang coil fused clapton untuk mencapai intensitas rasa yang sama.

Melihat bagaimana Csmnt beredar cukup banyak di Indonesia, saya tidak khawatir tentang ketersediaan barangnya. Nampaknya untuk Indonesia 8Vapors akan menjadi salah satu peretail, walaupun tidak tertutup kemungkinan toko lain akan turun menjualnya begitu tersedia.

Website Resmi Layercake RDA


Reload X

Walaupun sekilas Reload X mempunyai tampilan yang sangat berbeda, namun pada prinsip dasarnya ini masih RDA yang sama.

Salah satu perbedaan yang langsung terlihat adalah peletakan air flow yang sekarang berada di atas. Namun jangan khawatir, karena air flow ini akan diturunkan ke bawah untuk disemburkan kembali ke atas. Pecinta bottom air flow, tenang saja, Reload X masih menggunakannya. Peletakan di samping ini membuat Reload X lebih anti bocor jika kamu menggunakan squonk.

Masuk ke dalam deck kamu akan disambut dengan tampilan yang sangat berbeda dengan Reload 1.5. Tapi jika kamu perhatikan lebih lanjut konsep besarnya masih sama. Coil di pasang di ujung sisi dari deck dan langsung menyatu dengan air flow. Sedikit mengambil konsep dari Drop RDA dan mencampurnya sendiri dengan Reload 1.5.

Yang cukup menarik adalah bottom feeder Reload X tertutup dibagian atas. sebagai pengganti terdapat dua lubang kecil di sisi kanan dan kiri. Jadi ketika kamu squonk, liquid akan naik ke atas tapi menabrak tutupnya, lalu tersebar lewat lubang kiri dan kanan. Ini ditambah dengan juice well yang besar dan design air flow yang anti bocor membuatnya sangat-sangat squonk friendly.

Ada beberapa pengguna di luar sana yang sudah melakukan review. Kamu dapat mencari dengan keyword Reload X di YouTube untuk melihatnya secara langsung.

Harga Reload X masih sama dengan Reload 1.5 yaitu sekitar $70 atau Rp975.000. Yap, terhitung mahal dan premium. Sepengetahuan saya Reload 1.5 bisa dibilang langka di Indonesia walaupun ada beberapa toko vape yang menjualnya, jadi kita masih bisa berharap bahwa Reload X juga akan tersedia di tanah air dalam jumlah yang terbatas.

Website resmi Reload X


Jadi itulah dua RDA terbaru di 2018 yang mungkin menarik untuk kamu. Apa lagi jika kamu pengguna Csmnt atau Reload 1.5.

Mana yang akan VapingJKT pilih? Hmmm ini pertanyaan sulit dan saya belum bisa menjawabnya namun saya sendiri cenderung memilih Reload X karena bottom air flow-nya.

29
Leave a Reply

avatar
9 Comment threads
20 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
13 Comment authors
LevyAndriDenkakachLilik Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Faza
Guest
Faza

Om, pernah nyoba CSMNT RDA ga?
Boleh minta reviewnya?

Sama boleh minta saran liquid fruity yg seger dan creamy yg gk bikin eneg tapi bikin nagih ga? (flavour bebas, asal jangan tobacco)

Thanks

Mfg
Guest
Mfg

Om mau minta saran dong,mod electrical budget 500rb an yg recommend apa ya?sekarang saya pake tesla wye.
Ty

Aji
Guest
Aji

Liat review2 nya Layercake pd bahas isu safety nya, dan ternyata ditanggapi sama district5. Td liat di IG ada apdet bagian insulator nya hehehe

Andre Yoniar
Guest
Andre Yoniar

bro itu u pake kawat 22awg kawat apa bro? khantal or nicrome ? klo boleh tau mereknya apa bro . gw jg penguna cstmnt. cuma masih lom nyoba kawat 22 .
thanks

Tarmidzi Zubir
Guest
Tarmidzi Zubir

Menurut ente worth it ga sih bro kl upgrade dr reload 1.5 ke reload x ini? Apa lebih baik beralih ke layercake?

aditya
Guest
aditya

untuk csmnt dan goon kira” si om lebih prefer kemana ? saya bingung antara kedua itu , harganya mirip dan ya saya mau denger pengalaman si om sendiri . sertakan alasannya ya om , terimakaasih

Lilik
Guest
Lilik

Om hendri
Mau nanya untuk mod SMOK MAG vs WISMEC rx gen 3
Bagus yang mana ??
Trimakasih 🙏🙏🙏

Den
Guest
Den

Worth it gak csmnt upgrade ke layer cake?

Levy
Guest
Levy

Bang gua lg bingung nyari nyari rda yg enak, gua pengen beli rda yg lebih dari druga recommendnya apa aja terus pesaing rasa yg bisa buka layer lebih dari csmnt ada ga, sama yg enak kalo pake fused