Kanthal vs Nichrome (Ni80) Enak Mana?

Hendri Salim Tips & Trick 15 Comments

Kanthal vs Ni80 enak mana? Pertanyaan yang satu ini adalah salah satu pertanyaan terpanjang dalam dunia Vape. Komunitas pun terbagi menjadi dua, anak Kanthal dan anak Ni80. Masing-masing tentu saja membela wire mereka.Akan sulit menjawab pertanyaan ini secara 100% objektif, karena tentu saja akan ada faktor subjektifnya. Oleh karena itu saya memanggil pihak ketiga, bernama science. Science akan tetap benar terlepas dari kamu percaya atau tidak. Tidak percaya gravitasi? Tidak masalah, itu kepercayaan kamu. Tapi jatuhkan mod kamu dan gravitasi akan bekerja.Nah sekarang mari kita bedah Kanthal dan Ni80 dengan sains!
Kanthal dan Ni80 tidak diciptakan untuk vape, mereka sudah ada puluhan tahun dan digunakan manusia sebagai elemen pemanas atau kerennya heating element.

Kanthal

Bapa Hans Von Kantzow adalah sang penemu Kanthal. Apa yang sebenarnya dilakukan oleh om Hans adalah mencampur beberapa jenis metal untuk membentuk sebuah metal dengan komposisi tertentu.Om Hans mencampur iron (70%), chromium (20-30%), aluminium (4-7%) dan jadilah sebuah paduan metal baru. Om hans lalu memberi nama campuran ini sebagai Kanthal.Ngapain om Hans mencampurkan bahan-bahan ini? Tujuannya adalah mencari bahan yang murah, tahan panas, dan mempunyai resistansi yang stabil untuk digunakan dalam industri.Sekarang merek Kanthal dipegang oleh Sandvik dan dilisensikan kepada beberapa perusahaan lain seperti TemCo.Bisa tidak perusahaan lain membuat Kanthal dengan memakai resepnya?Kanthal PatentBisa saja, tapi kalau mereka tidak membeli lisensi maka itu adalah sebuah pelanggaran dan Sandvik dapat menuntut perusahaan tersebut. Dan mereka memang sering sekali menciduk perusahaan pelanggar hak paten ini, terutama dari China.Karakter Kanthal: Mari kita bedah satu per satu.Resistansi StabilResistansi stabil berarti ketika suhu naik, Kanthal tetap memiliki resitansi yang sama. Dalam keseharian ketika kamu menggunakan Kanthal dari hari pertama sampai 5 hari ke depan di 100 watt pun resistansi akan sama. Wire lain cenderung berubah-ubah namun memang perubahannya tidak drastis, seperti dari 0.24 menjadi 0.25. Ini sebenarnya dapat diabaikan karena perubahannya sangat kecil.Jika mod kamu menunjukkan perubahan yang drastis misalnya dari 0.3 ke 0.5 maka itu kemungkinan besar dari RDA, seperti screw yang longgar atau ada bagian kawat kecil hasil potongan yang berada di bagian RDA.Ketahanan OksidasiMemiliki ketahanan oksidasi yang baik adalah tujuan utama dari penggunaan Kanthal. Oksidasi atau karat dapat terjadi ketika metal terpapar dengan udara dan air. Kanthal sangat tahan dengan oksidasi sehingga dapat digunakan secara jangka panjang.Vape mempunyai resep karat yang sangat tepat, panas, udara, dan air (dari liquid) dan Kanthal mampu menghadapi ini semua.Di suhu 1.425 derajat yang mana sangat tinggi, Kanthal dapat menahan panasnya dan tetap bekerja sesuai spesifikasi. Ini berarti resistansinya tidak berubah, dan tidak mengeluarkan zat atau partikel lain. Namun Kanthal akan meleleh di titik 1.500 derajat.Properti MagnetikKanthal memiliki properti magnetik karena terdiri dari Fe (iron). Ini berarti Kanthal akan tertarik kepada magnet, silakan dicoba. Jika kamu ingin menguji Kanthal palsu maka kamu bisa menempelkan magnet, jika tidak menempel itu bukan Kanthal.Terasa MetalikIni sudah masuk ke ranah subjektif. Bagi beberapa orang Kanthal memberikan rasa metal ketika di gunakan. Ini mungkin berasal dari komposisi utama Kanthal yang adalah Fe(iron). Saya bilang subjektif karena beberapa orang tidak dapat merasakan ini, termasuk saya.

Nichrome

Nichrome lahir lebih dari 100 tahun yang lalu tepatnya 1906 oleh om Albert Mash. Sampai detik ini Nichrome merupkaan heating element yang paling sering digunakan untuk perlatan rumah, seperti pemanas air sampai dengan hairdyer.Nichrome biasanya datang dengan campuran kromium. Ni80 berarti terdiri dari 80% nikel dan 20% kromium.Karakter Nichrome:
  • Membentuk chromium oxide ketika dipanaskan pertama kali
  • Meleleh di 1.400 derajat
  • Tidak memiliki properti magnetik
  • Memiliki konduktivitas yang kecil
Mari kita bedah satu per satu.Chromium OxideChromium oxide akan terbentuk ketika chromium  dipanaskan pertama kali. Lapisan ini akan menjaga chromium  dari karat karena tidak berinteraksi tinggi dengan udara. Ini sangat membantu chromium untuk tidak berkarat dalam waktu yang lama.Sayangnya saya tidak menemukan data pembanding mana yang lebih tahan karat. Namun dalam prakteknya, ini tidak terlalu berpengaruh karena kita cenderung mengganti coil 2-5 hari sekali.Meleleh di 1.400 DerajatChromium memiliki titik lebur yang lebih kecil dari Kanthal. Namun pada penggunaan sehari-hari,  biasanya tidak akan menyentuh 800 derajat ( inipun tanpa kapas dan liquid), jadi perbedaan ini tidak terlalu berarti.Tidak Memiliki Properti MagnetikChromium tidak memiliki properti magnetik, jadi tidak akan menempel di magnet. Jika kawat nichrome kamu menempel dengan magnet maka itu bukan nichrome.Konduktifitas Yang Buruk Tapi Berarti BaikNichrome tidak menghantarkan listrik sebaik metal lain, bagi kita adalah sesuatu yang kita inginkan. Karena dengan tidak menghantarkan listrik dengan baik, maka arus akan tertahan dan berubah menjadi panas. Ini mengapa nichrome lebih cepat panas (ramp up).

Alergi Nichrome – Hati-Hati!

Beberapa orang mempunyai alergi dengan perhiasan karena mengandung nikel di dalamnya. Hal yang sama terjadi dengan nichrome, karena 80% komposisinya adalah nikel.Ciri-ciri dari alergi nikel adalah :
  • Kulit memerah
  • Gatal
  • Ruam
Mereka yang mempunyai alergi nikel dan menggunakan nichrome biasanya akan memiliki gejala seperti sakit tenggorokan, pembengkakan di bagian tenggorokan dan wajah, sakit kepala, lidah kelu, sampai dengan sulit bernafas.Diperkirakan, sekitar 10-20% populasi orang di dunia mempunyai alergi terhadap nikel. Perlu di catat ketahanannya akan berbeda-beda, ada yang sangat alergi ada yang hanya gatal sedikit.Mereka yang mempunyai alergi terhadap nichrome dapat menggunakan Kanthal sebagai penggantinya. Walaupun ada juga orang yang alergi terhadap nickel dan tidak mengalami serangan apapun ketika menggunakan nichrome.

Kanthal vs Nichrome Enak Mana?

Sekarang kita kembali memasuki ranah subjektifitas. Banyak orang di luar sana yang akan mengatakan bahwa Kanthal lebih enak ataupun nichrome lebih enak.Bahkan sampai ada yang menyebutkan Kanthal lebih bulat rasanya, atau nichrome mempunyai separasi rasa (layer) yang lebih baik. Namun tidak ada cara untuk membuktikannya secara sains.Dari pengalaman saya sendiri keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan dan bahkan tidak meningkatkan rasa sama sekali. Tugas mereka adalah memanaskan dan selama mereka menjalankan tugasnya flavor akan cenderung sama, lagi pula ini adalah dua heating element yang paling banyak digunakan di dunia.Pilih Kanthal jika:
  • Kamu alergi terhadap nichrome
  • Ingin berhemat karena Kanthal cenderung lebih murah
  • Toko terdekat hanya menjual Kanthal
Pilih Nichrome jika:
  • Menginginkan ohm yang rendah
  • Tidak alergi terhadap nichrome
  • Ingin ramp up yang lebih cepat
  • Kamu dapat merasakan rasa metal di Kanthal
Tentang Ramp up, Cepat Tidak Selalu Berarti BaikWalaupun Nichrome memiliki waktu ramp up yang lebih cepat (lebih cepat panas, lebih cepat menguapkan) ini tidak berarti lebih baik.Setiap orang memiliki gaya penarikan yang berbeda-beda, bagi beberapa orang ramp up yang terlalu cepat dapat membuat kaget dan bahkan batuk.Ada orang yang lebih suka dengan ramp up yang lebih lambat dan menarik (draw) lebih santai.Lakukan Eksperimen Kamu SendiriBuat 3 pasang Kanthal dan 3 pasang nichrome, beri sedikit kait antara 1 pasang. Kocok dalam sebuah tempat dan lalu pasang, bisakah kamu membedakannya?Tentunya cara ini tidak akan berhasil bagi orang yang sudah bisa membedakan kawat Kanthal dan nichrome hanya dengan melihatnya saja. Kamu juga bisa meminta bantuan teman untuk memasangnya untuk membantu validasi eksperimen ini.

Kesimpulan Kanthal vs Nichrome

Menurut saya pribadi, tidak ada perbedaan signifikan antara keduanya. Tidak ada kawat yang memiliki rasa yang lebih baik dari yang lain, kecuali kamu menggunakan target ohm yang sama. Nichrome akan membutuhkan lilitan lebih banyak dari Kanthal untuk mencapai ohm yang sama. Jumlah lilitan ekstra ini berarti luas penampang lebih besar dan kemungkinan besar meningkatkan rasa karena penguapan lebih banyak.Jangan khawatir terlalu banyak dengan perbedaan Kanthal dan Nichorme. Alergi Nikel? Pakai Kanthal. Dapat merasakan metal di Kanthal? Pakai nichrome.

15
Leave a Reply

avatar
8 Comment threads
7 Thread replies
3 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
10 Comment authors
IqbalHafisDewandhas3nseBungale Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Zaim Faliq
Guest
Zaim Faliq

Om tolong saya pake tesla invader 3,mod druga,vtc 4 2 baterai saya full,tapi baru 10 menit pemakaian udah kedip 15 kali,ada apa ya om? Saya pake coil ni80 3mm 6 lilit

Arvan
Guest
Arvan

Ulas ttg jenis2 kawat/wire dong… sama soal kawat stainless steel jg… trmksh infonya bagus

Nizar
Guest
Nizar

Mas mau tanya Drop RDA atau ARTHA RDA?

s3nse
Guest
s3nse

Bantu jawab, Drop aja om kalo mau eksplorasi coil-coil gede (clapton dkk), Saya pake artha gk tahan sama panas nya kalo pake Clapton kecuali om mau pake round wire.

Pepega
Guest
Pepega

Bro kalau begitu kawat (wire) yang banyak dijual di indonesia sendiri kan kebanyakan kawat dari china seperti geekvape,ud,coilart dll.Apa itu aman om utk dipakai terutama yg n80 karena sering sekali saya pakai kwt2 itu krn faktor utama ya harga -nya sendiri.
Reviewer youtube luar negri juga sering bilang kalau mereka kurang percaya dan ogah sm kawat dr china om kira2 di indo alternatif lebih amannya apa ya yg udah lebih terjamin safetynya?jgn tm ya bro kantong saya kebakaran nntinya 😂😂✌️

Bungale
Guest
Bungale

Halo om hendri, dari bbrp merk prebuild coil yg sdh sy coba, sy penasaran…katakanlah sama2 alien kenapa bisa beda ya, apa merk material sangat berpengaruh? Misal alien yang dibuat pakai twisted messes dan alien dengan merk lain, padahal sesama ni80 dengan ukuran Dan lilitan yg sama misalnya

Dewandha
Guest
Dewandha

Bang, jelasin dong cara perawatan coil khantal dan ni80 yg baik dan benar, apa boleh tiap mau ganti kapas coil di panesin dan dicelup k air? Thx bang

Hafis
Guest
Hafis

Halo om, saya pemula dalam vape. Saya pake mod evic mini sm artha rda biasa pke kanthal 7 lilit dpt skitar 0.5 running di 50-60 watt. Kenapa kalo saya pke liquid creamy rasanya agak aneh(apa mungkin itu rasa metal sy jg gatau)dan ga muncul sdngkan klo pke liquid fruity rasanya bisa muncul. Apa settingan untuk liquid creamy dan fruity berbeda?

Iqbal
Guest
Iqbal

Mau tanya om, antara kawat 24ga 1 ulir, dengan kawat 28ga x 3 ulir di twist, lebih cepat panas mana om?