Hexohm Konslet Featured

Hexohm Korsleting – Sebuah Pelajaran Bagi Seluruh Vaper

Hendri Salim Mod, Tips & Trick 20 Comments

Seorang pengguna Reddit minggu lalu melaporkan bahwa Hexohm O’frame milikinya korsleting sehingga mod firing terus menerus ketika ditinggalkan.

Untungnya tidak ada kebakaran atau musibah lain, hanya drip tip RDA yang meleleh.

Tapi yang saya ingin bicarakan bukanlah mengapa mod semahal itu bisa korsleting. Mod apapun bisa korsleting tanpa terkecuali tanpa memandang merek dan harga.

Apple, Samsung, Sony, dan bahkan mobil milyaran Porche pernah memiliki produk cacat. Kita hanyalah manusia, tidak ada yang sempurna.

Jadi tidak, saya tidak sedang menyudutkan Hexohm, ini bisa terjadi di mod apapun!

Kronologi Korsleting Hexohm

Ini penting untuk kamu baca sehingga mengerti bagaimana kamu dapat melindungi diri dari kejadiaan yang serupa:

  1. User Pizzadave80 meninggalkan mod Hexohm (dengan baterai dan atomizer terpasang) di garasi.
  2. Kemudian ia kembali beberapa waktu kemudian dan menemukan bahwa drip tip sudah meleleh karena mod firing sendiri secara tiba-tiba ketika ditinggalkan.
  3. Mod akhirnya berhenti firing karena ada proteksi low voltage.

Kamu mungkin merasa bahwa mod regulated akan membantu melindungi kamu. Ya memang itu tujuan proteksi di mod regulated.

Namun dan ini adalah namun yang sangat BESAR. Mod Hexohm (sekali lagi, ini sangat mungkin terjadi di mod lain tanpa pandang merek) sudah gagal melewati 2 proses perlindungan penting.

  1. Mod auto firing tanpa alasan yang jelas. Ini bisa terjadi karena korsleting dan faktor lain yang sulit diketahui tanpa diperiksa lebih lanjut. Pengguna melaporkan bahwa tidak ada kebocoran liquid dan baterai yang digunakan berada dalam kondisi yang sempurna.
  2. Proteksi 10 detik firing tidak bekerja.

Ketika auto firing terjadi, coil akan mulai panas dan memanaskan liquid di kapas yang masih basah. Tidak sampai 10 detik, kapas akan mulai kering dan terbakar sebelum akhirnya putus.

Coil tidak berhenti dipanaskan dan menghasilkan panas yang sangat tinggi karena tidak ada pendinginan dari airflow dan juga liquid. Panas yang sangat tinggi ini melelehkan drip tip yang tepat berada di atas coil.

Dalam kejadian ini untung saja proteksi low voltage masih bekerja. Sebagai informasi proteksi low voltage akan bekerja ketika baterai sudah sangat lemah, sehingga kamu tidak bisa firing.

Mengapa Tidak Meledak?

Ada dua faktor penting yang mencegah ledakan: yang pertama adalah fitur low voltage yang secara ajaib masih bekerja, mengingat sudah ada 2 proteksi yang gagal sebelumnya, ini bisa disebut sebagai keberuntungan.

Faktor yang kedua adalah penggunaan baterai yang tepat.

Temanku, ini lah yang harus kamu perhatikan dengan baik-baik.

Hexohm ini dipasangkan RDA dengan 0.28 ohm dan di set voltage sebesar kurang lebih 5 volt. Sehingga mod akan meminta 18 ampere ke baterai, atau tepatnya 9 ampere setiap baterainya, karena Hexohm menggunakan 2 baterai.

Pengguna menggunakan LG HG2 yang mempunyai kapasitas 20 ampere. Jadi dalam proses auto firing, baterai masih dapat menangani permintaan ampere dengan santai. Karena kapasitas baterai hampir 2x dari yang dibutuhkan.

Kasus ini bisa sangat berbeda jika pengguna tersebut menggunakan watt/voltage yang tinggi, katakanlah 90 watt. Sehingga mod akan meminta 24 ampere dari baterai.

Jika baterai yang digunakan adalah baterai abal-abal dengan 10 ampere. Maka akan ada titik di mana, mod meminta lebih banyak ampere dari baterai tapi baterai tidak kuat, ini dapat memacu thermal runway, dimana baterai mulai panas dan akan terus panas, bocor, dan berpotensi tinggi meledak.

Inilah mengapa saya meminta kamu untuk berhenti menggunakan baterai yang tidak jelas spesifikasinya seperti AWT, ARK, XXX, dan merek-merek apapun selain Sony, Samsung, atau LG.

Kamu akan cenderung baik-baik saja dengan baterai AWT dan teman-temannya selama tidak ada yang error atau korsleting. Tapi bagaimana jika suatu hari kamu tidur dan mod auto firing? Pernahkah ini kamu bayangkan dengan serius?

Ini terjadi pada saya beberapa tahun yang lalu dengan mod Realux 2/3. Mod firing jam 1 malam, untungnya saya masih terbangun dan mendengar suara firing. Jika ini bisa terjadi kepada saya, maka ini bisa terjadi kepada kamu.

Ya saya sedang menakuti kamu, supaya kamu sadar berapa pentingnya ini.

Tips Mencegah Kejadian Terburuk AKA Meledak

  • Gunakan regulated mod. Mechanical mod tidak mempunyai proteksi apapun. Kecuali kamu sudah pro, mengerti hukum ohm dan siap dengan konsekuensi.
  • Gunakan mod 2 baterai. Mod 2 baterai membagi beban ke 2 baterai, sehingga mengurangi resiko.
  • Jangan jorok! Bersihkan mod kamu secara berkala dan cegah liquid masuk ke dalam mod.
  • Perhatikan baterai kamu, begitu ada cacat sedikit dibungkusnya, bawa ke toko vape dan minta dibungkus ulang.
  • Set watt ke 1 sebelum kamu tidur dan kunci/matikan modnya.
  • Jangan charge baterai lalu ditinggal tidur. Charge baterai dengan pengawasan.
  • Jika ingin lebih aman, cabut atomizer ketika vape akan kamu tinggalkan.
  • Jika ingin lebih aman lagi, cabut baterai dan taruh di tempat baterai yang aman.

Jika kamu menikmati vape dan merasakan manfaatnya dibanding merokok maka jaga keamanan kamu sendiri. Jika kita melakukan ini bersama-sama, maka industri vape beserta ekosistemnya akan menjadi tempat yang lebih baik.

Baterai Saya Aman? Cocok?

Bro, baca ini, sengaja sudah saya tulis untuk kamu:

20
Leave a Reply

avatar
7 Comment threads
13 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
11 Comment authors
RobbyTaufikAgus AwanYukijhonshung Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Iqbal Nur Bayu
Guest
Iqbal Nur Bayu

Da best….. emang om Hendri.
Yu teman teman semua, don’t let your ignorance become our problem. Let’s be better.

Koro
Guest
Koro

yang heran itu masih ada aja yg jual baterai merk2 itu, dan selalu meyakinkan merk2 itu aman…duh

Thank You
Guest

I love you bro Hendri Salim. Saya penggemar tulisan dan video Anda: Jelas, mudah difahami dan sangat bermanfaat. Terima kasih banyak, tetap sehat dan bahagia selalu

Ario Warisman
Guest
Ario Warisman

Bang Hendri saya berencana beralih ngvape dari rokok konvensional , rencana beli mod paranormal 250 ,, hemat nya beli RDA yg Kya gmna terus setingan coil gmna om sama Watt berapa ? Terima kasih om
Catatan: saya perokok habis 1,5 pack sehari bisa lebih

Yuki
Guest
Yuki

Masukan aja om.. Benar sekali apa yg dikantakan om Hendri, pakai POD aja jgn vape, dan jangan pinjam kalau pinjam cuma nyoba beberapa saat jadi belum bisa meresapi.. rekomendasi saya POD merek Renova Zero biar dapet rasanya.. kemudian pakai Liquid dgn Nic Salt minimal 30mg saya rekomendasi liquid merek SWTCH rasa Blueberry Cheesecake.. paki POD ini dan liquid tsb sangat cocok krn aroma/flavor nya keluar bgt, manisnya sangat berasa nikotinnya dapetdi tenggorokan jadi ga mau berenti, pas ngerokok lagi jadi ga enak.. saya perokok minimal 1,5 bungkus/hari.. hari pertama pakai POD saya merokok cm abis 3 batang itu krn keviasaan… Read more »

Robby
Guest
Robby

Hampir sama om tapi aku kebaikannya om aku nge Vape terus baru nge Pod Pertama pake Vape karena dulu belum ada pod abis itu balik lagi ke rokok gara gara ribet dan kerjaan dikejar kejar dan di pindah tugas ke Papua jadi tau sendiri lah disana gimana keadaannya terus stay di rokok(sehari 1, 5 bungkus kadang lebih rokok merah putih tau sendirian pengeluarannya) jalan lumayan lama lagi sekitar setahunan, Vape alhasil nganggur dirumah, baru balik sekitar 6 bulan lalu pas nongkrong di Cafe temen ternyata dia sekarang buka vape store jadi balik lagi ngoprek dan ngerawat vape yang udah di… Read more »

Agus Awan
Guest
Agus Awan

Hanya sharing aja om kebetulan kasus nya hampir sama dengan saya.. ane juga kebetulan perokok berat sejak 23 tahun yang lalu, saya mulai menjadi perokok aktif sejak kelas 1 SMP, hahahaa.. saya termasuk smoker “asbak”, mau rokok apapun ga masalah yg penting berasap, dan terakhir sebelum berhenti saya menghabiskan 2 pack/hari (1 pack mild merah dan 1 pack mild menthol).. Awal mula menggunakan pod saya pakai Renova zero + liquid Nyx.. sejak itu, saya sama sekali tidak pernah tertarik untuk kembali merokok, sampai skr sudah hampir 2bln stop total merokok.. sejak 2bln menggunakan pod, seingat saya sudah beli 6device dan… Read more »

Tri
Guest
Tri

Untungnya Hexohm punya Lifetime Warranty dr Craving Vapor, klo di Indonesia asal belinya via VapeZoo claim garansinya gampang, pengerjaan cepet. Mod gak perlu dikirim ke craving vapor di USA tp langsung dikerjakan oleh VapeZoo dan bisa dpt mod hexohm pengganti jika perbaikan terlalu lama krn spare part lg kosong. Selain garansi atau hexohm yg dipegang oleh vapezoo, untuk claim pasti mod harus dikirim ke USA jd bakal was2 apa modnya bakal selamat balik dr USA. Selama ini pemakaian hexohm msh aman2 aja krn sy selalu membersihkan mod dan atty jika ada rembes liquid. Sy makek sony vtc 4. Jika terjadi… Read more »

jhonshung
Guest

terimakasih sebelumnya kepada hendri salim , saya masih newbie pemakai vape akhir2 ini saya ada masuk vape model smok x-priv dengan 235 W disertai baterai 2 biji dan saya hanya bermain vape di 50-70w saja , harapan saya tolong bro hendri bisa sarankan saya terbaik baterai jenis mana dan aman buat ngevape supaya an jauh dr masalah meledak, terimakasih sekali lagi bro.

Taufik
Guest
Taufik

Assalamualaikum.
Bang mohon dijawab. Apa benar jika kita charge langsung di MOD nya..menyebabkan chip lemah?
Apa benar RTA lebih boros dr RDA..knp bisa begitu..
Maaf banyak tanya. Trimkasih sblumnya…