Keracunan Nicotine | Featured

Nicotine Membuat Mual dan Pusing?

Hendri Salim Tips & Trick 38 Comments

Kamu sedang bersantai dan memutuskan untuk menarik 1-2 exhale vape atau pod favorit kamu. Tendangan nicotine tidak lama beraksi kamu merasa lebih tenang dan juga fokus di saat yang bersamaan. Terasa menyenangkan, sehingga kamu memutuskan untuk melakukan exhale lagi dan lagi.

Namun kali ini kamu tidak mendapatkan sensasi yang sama. Kamu bisa merasakan bahwa bagian kepala sedikit panas, keringat mungkin menyusul sebentar lagi, kepala pun menjadi ringan, perut terasa sedikit aneh sebelum mual dan pusing akhirnya menyerang.

Teman ku, kamu sedang keracunan nikotin.

Suatu pagi saya bangun dan hal pertama adalah melakukan beberapa kali exhale panjang Monster Jam 6mg yang saya beli malamnya. Rasanya sangat enak sekali walaupun saya harus menahan chest hit yang sangat keras karena saya adalah pemula di 6mg (ini cerita 3 tahun lalu).

Lima menit kemudian saya berkunang-kunang, tubuh langsung lemas luar biasa dan saya ingat saya setengah merangkak ke kasur. Selama di kasur ruangan terasa berputar, tubuh berkeringat dan saya ingin muntah walaupun tidak ada yang keluar dari mulut.

Keracunan nikotin memperkenalkan dirinya pagi itu.

Kok Bisa Keracunan Nicotine?

Alasan utama kenapa kamu keracunan nikotin adalah karena terlalu banyak nikotin masuk ke dalam tubuh. Ini sangat mudah terjadi karena beberapa faktor namun saya akan highlight dua alasan utama:

  1. Rasa atau flavoring di liquid.
  2. Tidak mengenali kapan nicotine mulai bekerja.

Yang pertama adalah rasa yang enak cenderung mendorong orang untuk melakukan exhale lebih banyak. Ini adalah sesuatu yang masuk akal dan sederhana sekali.

Yang kedua, walaupun nicotine secara umum cepat diserap tubuh (mulai dari 10 detik pertama), namun nicotine tetap membutuhkan waktu untuk terurai dan meninggalkan tubuh (sekitar 2 jam kemudian).

Yang kebanyakan terjadi adalah para pemula melakukan exhale terlalu banyak di menit-menit awal dan lalu seluruh nikotin yang masuk mulai melakukan beraksi tanpa henti karena sudah ditumpuk di awal.

Ini menjadi lebih mudah dilakukan oleh mereka yang pertama kali menggunakan pod dengan konsentrasi nicotine 30, 40, dan 50mg.

Gejala Keracunan Nicotine

Keracunan nikotin biasanya mempunyai dua fase.

Fase yang pertama akan terjadi dalam 15 menit setelah keracunan. Kamu akan mengalami gejala seperti:

  • Pusing
  • Sakit perut
  • Muntah
  • Merasa haus
  • Gemetar
  • Berkeringat
  • Napas tidak beraturan
  • Batuk
  • Tekanan darah naik

Setelah gejala pertama lewat, beberapa jam kemudian kamu mungkin akan mengalami:

  • Nafas menjadi pendek
  • Diare
  • Lemas
  • Pucat

Pertolongan Pertama

Jika sang korban tidak sadarkan diri langkah pertama adalah membawanya ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Jika kamu sendiri korbannya dan mulai pusing cukup parah serta muntah-muntah kamu dapat langsung ke rumah sakit atau dokter terdekat – jangan berkendara sendiri

Jika masih bisa tahan dan tidak terlalu parah kamu dapat meminum obat sakit perut berbahan active charchoal (seperti Norit). Active charchoal ini akan membantu menyerap nicotine namun ini hanya meringankan dan memperpendek efek keracunan nicotine.

Beberapa rumah sakit dan juga dokter biasanya akan menganjurkan pencahar yang langsung bekerja sehingga membuang sebagian nicotine dari tubuh.

Cara Menghindari Keracunan Nicotine

Keracunan nikotin mungkin adalah terminologi yang terlalu jauh. Faktanya adalah melalui penggunaan vape atau pod biasa akan sulit sekali untuk benar-benar keracunan nicotine.

Namun ketika kamu mengalami gejala-gejala di atas, jangan anggap remeh. Ini adalah sebuah tanda dari tubuh kalau nicotine yang kamu konsumsi sudah terlalu banyak.

Setiap orang mempunyai ketahanan yang berbeda-beda. Ini bergantung kepada berat dan besar tubuh, metabolisme, dan juga ketahanan terhadap nicotine yang terbangun dari masa perokok aktif.

Ini juga berarti tidak ada aturan baku, kamu sendirilah yang harus mengenali jumlah nicotine yang cukup untuk tubuh kamu.

Secara umum ini adalah langkah-langkah untuk mengurangi potensi keracunan nicotine:

  • Hindari vape atau menggunakan pod di pagi hari pertama kali. Sebaiknya setelah sarapan. Setelah bangun pagi, nicotine di tubuh sudah hilang, dan jika kamu menghajar dengan puluhan puff tubuh kamu akan dibanjiri dengan serbuan nicotine.
  • Mulai vape dengan watt yang lebih rendah di pagi hari dan mulai tambah perlahan. Untuk pod system, lakukan 1-2 exhale dan tunggu belasan sampai puluhan menit kemudian.
  • Saat kamu membutuhkan nicotine, tarik beberapa exhale dan biarkan nicotine bekerja. Jangan langsung melakukan belasan exhale karena kamu merasa nicotine belum bekerja.
  • Gunakan nicotine yang lebih kecil, misalnya 3mg untuk freebase dan 25mg untuk salt nic.
  • Beberapa pod terbaru sudah memiliki pengaturan watt, kamu dapat membelinya dan mencoba watt terkecil.
  • Kamu juga dapat menggunakan mod biasa dan juga RDA/RTA MTL dengan wire 28awg ke atas dan menggunakan watt yang kecil sekali. Memang rasa akan berkurang tapi setidaknya kamu tidak akan keracunan nicotine.

Di akhir hari kamu sendirilah yang tahu mengenai kondisi tubuh kamu. Jangan paksakan dan belajar untuk mengenali cara menikmati nicotine dengan aman dengan cara-cara di atas.

38
Leave a Reply

avatar
21 Comment threads
17 Thread replies
3 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
26 Comment authors
ZhaniJustinAndaraAlfa RasaAbi Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
prazzy
Guest
prazzy

gan, ane dah pake liquid nic 12 mg kurang lebih 2bulan karna pengen nyari th tinggi, adakah solusi atomizer/gear yg cocok untuk yg nyari th?
mau naikin nic takut keracunan hehe
nb device ane battlestar nano n rda doit

M Nur khamdani
Guest
M Nur khamdani

Pake build vertical coil aja om

Rio Aditya
Guest
Rio Aditya

Pakai RDA dual coil dengan model coil di tengah (reload x,csmnt,drop,dll) mungkin bisa nambah TH. Ane pake reload x TH lebih ngangkat dibanding Goon V1 22. Liquid South Coast 6mg sama Tokban Signature 9mg

Mujahid
Guest
Mujahid

Gan. Sy blm pernah keracunan nikotin saat merokok. Tp saat ngevape sering bgt apalagi klo perut kosong. Adakah perbedaan nikotin rokok dan vape?
Just info, ane pake nic yg 3mg. 60 ml habis dlm 15-20 hri.

Advent Putra Amatory
Guest
Advent Putra Amatory

Bantu jawab, kenapa saat merokok kita ga keracunan nikotin? Jawabannya, karena jenis Nikotin di rokok dan pada liquid berbeda, bedanya nikotin pada rokok berjenis nikotin kompleks yang jauh lebih sulit diurai oleh tubuh. Sedangkan nikotin pada liquid berjenis lebih sederhana sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Itu yang menyebabkan kita lebih mudah terkontaminasi oleh nikotin saat Vaping dibanding rokok. Semoga membantu

Herza
Guest
Herza

Sebenarnya bukan perbedaan nicotin rokok dan vape sih yang mempengaruhi Jadi gini, Kalau rokok itu kan kinerjanya ga ada air flow atau lubang udara, jadi ketika menghisap kita ga mungkin bisa terlalu banyak karena rokok itu bener bener kita yang bakar tembakau jadi asap ga mungkin banyak dan nicotin pun akhirnya masuk ga terlalu banyak Kalau vape kan ada air flow dan ketika nge hisap itu ringan banget dan ga ada beban ketika pas ngisap rokok, nah karena terlalu ringan pas nge hisap akhirnya kita jadi lebih berani dan banyak cloudz atau asap yang kita hisap yang akhirnya menyebabkan kita… Read more »

Andara
Guest
Andara

Bener kata Advent Putra. Nikotin rokok tidak separah nikotin vape. Nikotin vape lebih gampang diserap tubuh.

hendra
Guest
hendra

pas banget mau tanya buat kalo yg puasa om.. terutama yg sering langsung ngevape karena gakuat nafsu ketimbang makan minum dulu (kenyangin perut dulu) saya sendiri efek pusingnya brasa banget om kalo buru2 ngevape

pernah ada artikel juga baru2 ini katanya ada yg ngasih warning jangan pake salt nic/nic tinggi dulu abis buka puasa karena efek salt langsungnya itu.. kalo mau ya standar 3mg aja dulu

kira2 gimana ya om kiat2nya biar bisa ngevape aman di waktu buka puasa?

Harry
Guest
Harry

Soal keracunan nikotin cair dari E liquid ,sebenarnya jarang terjadi, mungkin buat non smoker yang tidak pernah terpapar nikotin ,bisa jadi keracunan ,apalagi perut kosong lsg ngevape ,tapi bagi smoker seperti saya ,sejak 30 thnan lalu (dulu ga terlalu aktif 1 bks bisa 5 hari baru habis ,sejak 10 thn terkahir 1 bks 1 hari) nah sejak 2017 saya mulai vaping dan 1 bks rokok bisa 5-6 hari baru habis ,itupun saya pakai saat batre batre lagi dicharging. Selama saya vaping dengan isi 60 ml / 3 mg Nic (pernah beli 6 mg Nic / 60 ml liquid ) bangun… Read more »

Eki
Guest
Eki

sumpah ini artikel ngebantu banget. kemarin gw kejadian persis kayak gini setelah pake liquid cloud stout yang nikotinnya cuma 3mg. rasanya udah kayak vertigo aja , pala kayak muter ga karuhan plus mual mual yang bahkan hampir keluar isinya . tapi gw ga ngelakuin saran lu gan karena gw lagi bokek dan gaada motor dirumah . akhirnya gw coba duduk diem sambil minum air. dan gw inget, kondisi gw saat itu belum makan jadi gw paksain makan walaupun apa yg gw makan rasanya kayak mau keluar lagi. setelah makan , gw udah gakuat duduk dan akhirnya gw tidur . 2… Read more »

dr.LcY
Guest
dr.LcY

Mas saya baru aja keracunan nikotin 2 jam lalu, saya perokok occasionally jadi ngeroko pas lagi butuh nikotin aja. Nah jadi saya beralih ke pod 2 hari lalu, karena butuh efek nikotinnya aja. Awalnya saya pake 6mg sama 25mg lumayan agak pusing2 tpi biasa aja. Terus barusan beli salt nic yang 40 mg baru 2 kali sedot langsung kerasa pusing mual muntah gemetar.
Jadi jangan coba2 langsung yang tinggi ya kalo baru nyoba pod atau vape.

Nikita Sompie
Guest
Nikita Sompie

Halo..
Mau tanya dan cerita juga, jadi saya memang perokok tapi gak aktif banget, 1 bungkus bisa buat 4-5 Hari. Terus saya coba beralih ke Juul Pod yang 5.0% , beberapa kali exhale langsung lemes dan pusing banget tapi gak mual. Apa ini karena terlalu banyak exhale dalam sekali waktu ya??? Apa kalau nikotin spt ini tidak boleh banyak exhale? Karna kan kalo ngerokok berapa kali hisap juga gak ngaruh apa2.

Donjuan
Guest
Donjuan

Dan saya pun akhirnya terkena keracunan nikotin pada jam ini hari ini , dgn salt nic 35 mg , pakai pod , lagi menikmati sakit nya kpla dan berebah di kasur

Best Wishes
Guest

Saya sudah beberapa tahun vaping dengan freebase liquid baik-baik saja. Tapi begitu pakai salt nic, kepala langsung pusing seharian, walaupun cuma nic 25 mg, walaupun hanya beberapa kali hisap. Dan rupanya banyak vapers mengalami hal yang sama: Pusing dengan salt nic. Apakah memang salt nic. Jadi sebetulnya bagaimana cara menikmati salt nic dengan aman Om?

Herza
Guest
Herza

Salam kenal semua, Sedikit cerita… aku gapernah merokok sama sekali dari kecil dan di umurku yang ke-18 aku punya teman-teman yang suka vaping, dan aku pun mencoba, setelah mencoba dan aku ingin sekali jadi tricker vape, pas latian nge-trick tiba-tiba keseimbangan tubuh untuk berdiri hilang, pikiran melayang, rasanya pengen minta ampun banget sama diri sendiri karena jujur aku bener bener ga nyaman, dan sekarang aku menulis itu ketika aku sudah mulai mendingan, ternyata orang gapernah merokok dari muda itu lebih baik ga usah merokok/vaping karena ada adaptasi umur di 18 tahun ke atas dengan kondisi paru paru ga pernah rokokan… Read more »

Unnamed Wise Man
Guest
Unnamed Wise Man

Setidaknya waktu dulu sebelum mencoba vaping, kamu coba rokok konvensional (rokok bakar) dulu yang mild dengan kandungan nicotine yang paling rendah. Karna rokok konvensional itu kandungan nicotinenya tidak mudah menyerap dalam tubuh. Berbeda dengan vape. Paling cuma batuk atau agak pusing saja. Lama-kelamaan juga terbiasa. Kamu terkena nicotine shock, dan badan kamu jadinya “stress”, yang artinya kinerja setiap fungsi di dalam tubuh jadi berantakan karna asupan pertama nicotine yang bertumpuk-tumpuk. Sebenarnya bisa saja orang yang semasa mudanya tidak pernah menerima asupan nicotine langsung coba vape. Tapi ada step by stepnya juga tergantung dari masing-masing ketahanan tubuh setiap individu. Seperti yang… Read more »

Rama Hdt
Guest
Rama Hdt

ane kerancunan saltnic 30mg, udah 2 hari pusing kepala kagak ilang2 sakit diperut juga ada sih, cuma gak parah gitu sakitnya.. ada cara ngatasin biar pusingnya ilang gak? mohon infonya.. kapok ane.. 😂

FWN
Guest
FWN

Saya peroko sudah dr lama, mulai nge vape 1 bln ini, anehnya hari ini saya alami mabok nicotine, padahal baru aja bli liquidnya mana standart jg freebase 3mg. Awal pusing, trus mual sampe badan pd sakit, setelah nya minum air hangat dan tidur, badan sudah kembali normal..

Semoga tidak terjadi lagi hehehehe..

Jhataji
Guest
Jhataji

Udah 2 kali ngerasain keracunan nicotine, tahun lalu pake mod dengan liquid nic 6mg, hari ini pake pod dengan liquid saltnic 25mg..
Serasa mabok perjalan euy.. Wkwkwk
Tp ga pernah kapok bwt ngevape, salam ngebul..

Rian
Guest
Rian

Halo, saya ingin bertanya sudah hampir 2 minggu saya mual , beberapa kali muntah . lemas tetapi nafsu makan masi ada . setiap habis merokok saya merasakan gejala mual , apakah ini termasuk keracunan nikotin? adakah obat yg bisa menghilangkan mual nya ?

Bhimasakti
Guest
Bhimasakti

Sepertinya saya juga keracunan nicotine, tapi saya heran untuk liquid yg bukan mint saya cenderung mudah mual, pusing dan ingin muntah.
Baru saja saya muntah padhal udah 2 mingguan tidak vaping dan baru ganti rda. Sensasinya mual banget, badan jadi lemes dan melayang. Mau jatuh pas mau ke wc. Dan akhirnya saya muntahkan, keluar semua apa yg saya makan 1 jam sebelumnya. Tapi setelah dimuntahkan rasanya lebih mendingan.
Sepertinya saya tidak bisa menggunakan liquid bukan mint, apalagi liquid ang saya pakai adalah rasa machiato dan mix fruit (strawberry, apple, watermelon)
Tobat rasanya pas lagi pusing wkwk

Rama
Guest
Rama

Halo mas, mau tanya, saya pake freebase 6mg nicotine, sebelum2nya saya gapernah ngerasain pusing apalagi mual, akhir2 ini saya ngerasa pusing setiap abis 3x exhale, tapi ga mual sama sekali, apa itu juga termasuk keracunan nikotin?

Abi
Guest
Abi

Saya baru pertama ngvape .pakai pod system’ . Liquid 3mg freebase. Saya ga ngrasa pusing tapi saya sedikit kleyengan kaya ngplay gitu.kadang bersendawa . Itu gimana om?

Alfa Rasa
Guest
Alfa Rasa

Baru pertama kli ini saya merasa keracunan nikotin..saya sdh lama menggunakan vape dan baru pertama kli ini saya menggunakan pod pakai salt nic dan lsg terasa pusing, mual, keringat dingin keluar..rasanya sangat tdk nyaman..pikir” akhirnya lbh baik saya balik isap vape aja atau tdk sama sekali gunakan salt nic..

Andara
Guest
Andara

Efek keracunan nikotin paling gampang dikenali : Mual & Muntah
Kalo hanya sekedar pusing itu cuma tanda nikotin bereaksi. Tidak keracunan.
Kalo udah berasa mual, segera stop. Tunggu sampe mual sembuh, baru nge-vape lagi. Mual adalah indikator awal keracunan nikotin. Kalo diterusin, bisa muntah.

Trik meminimalisir keracunan nikotin : Perut Kenyang.
Isi perut dulu sebelum nge-vape. Jangan perut kosong. Setidaknya bisa menahan tubuh dari efek nikotin.

Justin
Guest
Justin

salam kenal om, saya baru aja keracunan nicotine gara gara pakai liquid 3 Mg brewers co campur astoria 3 mg. baru kali ini selama setahun saya vaping saya mual mual, pusing, keringet dingin, tangan kebas kebas, kepala berat. kira kira itu hilangnya kapan ya om? thankyou

Zhani
Guest
Zhani

Saya perokok berat dan sekarang baru mau mulai beralih ngevape Supaya berhenti merokok Keracunan seperti ini mungkin saya alami tapi ga sampai parah Apalagi kalau dlm keadaan perut kosong Saya biasa rokok marlboxx 1 hari bisa sampai 20-30 batang Tapi jika gejala pusingnya datang saya suka hajar lagi merokok Saya tau itu efek dari nicotin tapi saya sengaja terus ngeroko Kurang lebih 3-8 menit habis 3-4 batang Tapi bikin saya jadi lebih tenang Efeknya paling bagi saya cuma pusing dan merasa melayang Rebahan sebentar atau minum air putih normal lagi biasanya Mungkin tiap orang berbeda Saya mau coba ngevape dengan… Read more »