Keracunan Nicotine | Featured

Nicotine Membuat Mual dan Pusing?

Hendri Salim Tips & Trick 6 Comments

Kamu sedang bersantai dan memutuskan untuk menarik 1-2 exhale vape atau pod favorit kamu. Tendangan nicotine tidak lama beraksi kamu merasa lebih tenang dan juga fokus di saat yang bersamaan. Terasa menyenangkan, sehingga kamu memutuskan untuk melakukan exhale lagi dan lagi.

Namun kali ini kamu tidak mendapatkan sensasi yang sama. Kamu bisa merasakan bahwa bagian kepala sedikit panas, keringat mungkin menyusul sebentar lagi, kepala pun menjadi ringan, perut terasa sedikit aneh sebelum mual dan pusing akhirnya menyerang.

Teman ku, kamu sedang keracunan nikotin.

Suatu pagi saya bangun dan hal pertama adalah melakukan beberapa kali exhale panjang Monster Jam 6mg yang saya beli malamnya. Rasanya sangat enak sekali walaupun saya harus menahan chest hit yang sangat keras karena saya adalah pemula di 6mg (ini cerita 3 tahun lalu).

Lima menit kemudian saya berkunang-kunang, tubuh langsung lemas luar biasa dan saya ingat saya setengah merangkak ke kasur. Selama di kasur ruangan terasa berputar, tubuh berkeringat dan saya ingin muntah walaupun tidak ada yang keluar dari mulut.

Keracunan nikotin memperkenalkan dirinya pagi itu.

Kok Bisa Keracunan Nicotine?

Alasan utama kenapa kamu keracunan nikotin adalah karena terlalu banyak nikotin masuk ke dalam tubuh. Ini sangat mudah terjadi karena beberapa faktor namun saya akan highlight dua alasan utama:

  1. Rasa atau flavoring di liquid.
  2. Tidak mengenali kapan nicotine mulai bekerja.

Yang pertama adalah rasa yang enak cenderung mendorong orang untuk melakukan exhale lebih banyak. Ini adalah sesuatu yang masuk akal dan sederhana sekali.

Yang kedua, walaupun nicotine secara umum cepat diserap tubuh (mulai dari 10 detik pertama), namun nicotine tetap membutuhkan waktu untuk terurai dan meninggalkan tubuh (sekitar 2 jam kemudian).

Yang kebanyakan terjadi adalah para pemula melakukan exhale terlalu banyak di menit-menit awal dan lalu seluruh nikotin yang masuk mulai melakukan beraksi tanpa henti karena sudah ditumpuk di awal.

Ini menjadi lebih mudah dilakukan oleh mereka yang pertama kali menggunakan pod dengan konsentrasi nicotine 30, 40, dan 50mg.

Gejala Keracunan Nicotine

Keracunan nikotin biasanya mempunyai dua fase.

Fase yang pertama akan terjadi dalam 15 menit setelah keracunan. Kamu akan mengalami gejala seperti:

  • Pusing
  • Sakit perut
  • Muntah
  • Merasa haus
  • Gemetar
  • Berkeringat
  • Napas tidak beraturan
  • Batuk
  • Tekanan darah naik

Setelah gejala pertama lewat, beberapa jam kemudian kamu mungkin akan mengalami:

  • Nafas menjadi pendek
  • Diare
  • Lemas
  • Pucat

Pertolongan Pertama

Jika sang korban tidak sadarkan diri langkah pertama adalah membawanya ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Jika kamu sendiri korbannya dan mulai pusing cukup parah serta muntah-muntah kamu dapat langsung ke rumah sakit atau dokter terdekat – jangan berkendara sendiri

Jika masih bisa tahan dan tidak terlalu parah kamu dapat meminum obat sakit perut berbahan active charchoal (seperti Norit). Active charchoal ini akan membantu menyerap nicotine namun ini hanya meringankan dan memperpendek efek keracunan nicotine.

Beberapa rumah sakit dan juga dokter biasanya akan menganjurkan pencahar yang langsung bekerja sehingga membuang sebagian nicotine dari tubuh.

Cara Menghindari Keracunan Nicotine

Keracunan nikotin mungkin adalah terminologi yang terlalu jauh. Faktanya adalah melalui penggunaan vape atau pod biasa akan sulit sekali untuk benar-benar keracunan nicotine.

Namun ketika kamu mengalami gejala-gejala di atas, jangan anggap remeh. Ini adalah sebuah tanda dari tubuh kalau nicotine yang kamu konsumsi sudah terlalu banyak.

Setiap orang mempunyai ketahanan yang berbeda-beda. Ini bergantung kepada berat dan besar tubuh, metabolisme, dan juga ketahanan terhadap nicotine yang terbangun dari masa perokok aktif.

Ini juga berarti tidak ada aturan baku, kamu sendirilah yang harus mengenali jumlah nicotine yang cukup untuk tubuh kamu.

Secara umum ini adalah langkah-langkah untuk mengurangi potensi keracunan nicotine:

  • Hindari vape atau menggunakan pod di pagi hari pertama kali. Sebaiknya setelah sarapan. Setelah bangun pagi, nicotine di tubuh sudah hilang, dan jika kamu menghajar dengan puluhan puff tubuh kamu akan dibanjiri dengan serbuan nicotine.
  • Mulai vape dengan watt yang lebih rendah di pagi hari dan mulai tambah perlahan. Untuk pod system, lakukan 1-2 exhale dan tunggu belasan sampai puluhan menit kemudian.
  • Saat kamu membutuhkan nicotine, tarik beberapa exhale dan biarkan nicotine bekerja. Jangan langsung melakukan belasan exhale karena kamu merasa nicotine belum bekerja.
  • Gunakan nicotine yang lebih kecil, misalnya 3mg untuk freebase dan 25mg untuk salt nic.
  • Beberapa pod terbaru sudah memiliki pengaturan watt, kamu dapat membelinya dan mencoba watt terkecil.
  • Kamu juga dapat menggunakan mod biasa dan juga RDA/RTA MTL dengan wire 28awg ke atas dan menggunakan watt yang kecil sekali. Memang rasa akan berkurang tapi setidaknya kamu tidak akan keracunan nicotine.

Di akhir hari kamu sendirilah yang tahu mengenai kondisi tubuh kamu. Jangan paksakan dan belajar untuk mengenali cara menikmati nicotine dengan aman dengan cara-cara di atas.

6
Leave a Reply

avatar
3 Comment threads
3 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
5 Comment authors
hendraHendri SalimM Nur khamdaniMujahidprazzy Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
prazzy
Guest
prazzy

gan, ane dah pake liquid nic 12 mg kurang lebih 2bulan karna pengen nyari th tinggi, adakah solusi atomizer/gear yg cocok untuk yg nyari th?
mau naikin nic takut keracunan hehe
nb device ane battlestar nano n rda doit

M Nur khamdani
Guest
M Nur khamdani

Pake build vertical coil aja om

Mujahid
Guest
Mujahid

Gan. Sy blm pernah keracunan nikotin saat merokok. Tp saat ngevape sering bgt apalagi klo perut kosong. Adakah perbedaan nikotin rokok dan vape?
Just info, ane pake nic yg 3mg. 60 ml habis dlm 15-20 hri.

hendra
Guest
hendra

pas banget mau tanya buat kalo yg puasa om.. terutama yg sering langsung ngevape karena gakuat nafsu ketimbang makan minum dulu (kenyangin perut dulu) saya sendiri efek pusingnya brasa banget om kalo buru2 ngevape

pernah ada artikel juga baru2 ini katanya ada yg ngasih warning jangan pake salt nic/nic tinggi dulu abis buka puasa karena efek salt langsungnya itu.. kalo mau ya standar 3mg aja dulu

kira2 gimana ya om kiat2nya biar bisa ngevape aman di waktu buka puasa?