Charging Mod di Baterai

Charging Baterai di Mod? Boleh?

Hendri Salim Baterai, Mod, Tips & Trick 18 Comments

Ya boleh…

Bahkan fitur ini sangat berguna dalam keadaan Terdesak, misalnya lagi di luar rumah/kantor dan baterai vape habis. Colok powerbank dan kamu kembali menjadi happy vaper.

Namun kenapa dari waktu ke waktu VapingJKT tidak menyarankannya?

Sebetulnya bukan tidak boleh, namun sebaiknya jangan dijadikan cara utama untuk charge baterai.

Fast Charging Mod

Beberapa mod seperti DNA atau Gen menawarkan fast charging. Dengan demikian baterai akan lebih cepat terisi di mod ketimbang lewat charger terpisah.

Ya ini memang tujuannya. Kalau sedang kepepet kamu bisa charge lewat mod dan prosesnya juga cepat.

Tapi secara umum fast charging akan memperpendek umur baterai.

Jangan salah sangka, baterai yang bagus seperti Sony VTC 5A dapat di charge sampai dengan 2.5 ampere.

Namun jika kamu charge dengan 0.5-1 A, yang mana merupakan kecepatan standard charger terpisah maka baterai akan lebih awet.

Ini karena mengisi dengan ampere tinggi akan menaikkan suhu baterai dan jika ruangan charging tidak memiliki pendinginan yang cukup maka material di dalam baterai akan mengalami panas dan berdegradasi lebih cepat.

Memangnya Signifikan Sekali?

Mungkin tidak. Baterai yang bagus sudah mempunyai spesifikasi charging di atas 2A, namun ini juga datang dengan spesifikasi suhu yaitu 23 derajat.

Ini berarti baterai aman diisi dengan 2A selama suhu sekitar adalah 23 derajat. Ini berarti ruangan ber-ac yang cukup dingin. Jika di atas ini maka tidak ada jaminan bahwa baterai tetap memiliki spesifikasi cycle yang sama.

Maksudnya begini.

Baterai dirancang dengan sebuah spesifikasi tertentu. Misalnya VTC 5A dirancang untuk diisi 700x dengan kecepatan 2.5A, dan suhu 23 derajat. Jika aturan ini dipatuhi maka setelah 700x pengisian, Sony VTC 5A masih akan mempunyai kapasitas sebesar 70%.

VTC 5A Performance

Tapi jika kamu menggunakan baterai ini di luar spesifikasi, misalnya di charge di ruangan yang lebih panas, atau di charge 3A, maka Sony tidak berani berjanji kamu dapat mengisinya 700x dan masih memiliki 70% kapasitas.

Bisa saja dengan gaya pemakaian kamu, baterai hanya dapat di isi 500x dan di luar ini mulai drop.

Jadi charging baterai di charger khusus, merupakan langkah yang akan membuat umur lebih panjang.

Tapi tidak perlu di bawa stress juga, kalau lagi ingin charge di mod ya sudah lakukan saja. Kalaupun baterai lebih pendek sedikit umurnya ya sudahlah, baterai juga tidak semahal itu (mengingat umur pakainya yang relatif panjang).

Chip Mod = Otak Performa dan Keamanan Charging

Faktanya adalah hanya ada beberapa mod atau tepatnya chip yang saya percayakan untuk melakukan charging secara langsung, salah satunya adalah DNA.

Ini karena DNA mempunyai fitur individual monitoring cell, baterai secara individu dipantau dan dikontrol secara berbeda.

Cell Balancer

Yang kamu tidak mau adalah mod menganggap dua baterai sebagai kesatuan sehingga akan diisi terus sampai penuh, walaupun salah satu baterai sudah penuh.

Selain DNA saya tidak terlalu mengetahui mod apa yang bagus untuk mengisi langsung baterai secara rutin. Bahkan jika kamu baca spesifikasi dari chip DNA, saya bisa bilang bahwa fiturnya sudah setara dengan charger baterai kelas menengah dan bahkan lebih canggih dari charger baterai abal-abal.

Jadi lakukan riset tentang teknologi charging yang ada di mod kamu. Saya cuma mengetahui tentang DNA dan mungkin Axon juga, karena ketika charging Axon mampu menunjukkan cell baterai secara terpisah.

Tips Keamanan Charging di Mod

  • Silahkan charge baterai di mod, ini terkadang sangat membantu ketika di luar rumah.
  • Untuk amannya, jangan charge baterai sampai penuh di mod. (Cukup di 50-70% saja). Siapa tahu mod kamu tidak mempunyai balancer dan cell-by-cell monitoring.
  • Jangan mengisi baterai lewat mod dan lalu meninggalkannya tanpa adanya supervisi, apa lagi ditinggal semalaman.
  • Cara terbaik adalah membeli charger baterai secara terpisah (seperti Xtar VC4 atau apapun) tapi juga jangan ditinggalkan tanpa pengawasan ketika charging.
  • Ketika charging di mod, usahakan suhu ruangan dingin (sekitar 23 derajat), hindari melakukan charging di mod dengan suhu luar ruangan, misalnya ketika berkendara motor dan charging vape dengan power bank. Panas berlebih akan mengurangi umur baterai.
  • Jika kamu charge secara rutin di mod dan chip di dalam mod tidak bagus, maka lama-lama kamu akan menemukan bahwa 1 baterai lebih lemah dari baterai lainnya (dalam kasus mod 2 baterai). Ini pertanda bahwa mod kamu tidak memiliki chip yang bagus untuk charging.

18
Leave a Reply

avatar
9 Comment threads
9 Thread replies
3 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
12 Comment authors
IrjikFachruddinpeterChristianReza Rianto Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Andrya
Guest
Andrya

Salam super om Hendri, maksudnya individual monitoring cell itu ketika baterai di charger lgsg di mod kluar indikator bar batrai yg sedang diisi bukan om?
Klo voopoo drag yg pake gene chip gmna mnurut om hendri? Termasuk kategori chip yg bagus apa g?

Jaka
Guest
Jaka

Om hendri, minta rekomen liquid saltnic 30mg+ yg ada mint, menthol atau ice yg enak dong? Tq

Alfian
Guest
Alfian

halo om hendri.. saya pembaca baru disini.. salam kenal.. om mau tanya, kalau DNA kan claimnya dia pas ngecharge itu ada cell balancer.. itu buat charge doank ngebalance in nya atau discharge juga di balance ya om? saya punya Finder DNA 250C, beli batere waktu itu barengan dan 3 batere itu bareng terus di mod saya.. tapi pas saya ngecharge lewat charger external itu indicator baterenya ga sama om 33nya.. abisnya beda gitu.. itu normal, atau ga ya om? terima kasih

Pinto
Guest
Pinto

Btw om..
Kalau charger xtar mc 1 recomend nggak om..
Soalnya bentuknya kayaknya ringkas gitu.. Rencana dipakai hanya untuk pas di luar rumah saja sih.

Ricky Rio FSM
Guest
Ricky Rio FSM

halow mas hendri salim,
butuh pencerahan ini mas,
temen udah pensiun make mod, dia kasih VGOD PRO DRIP RDA (vgod yg model lama bgt) + batrai vtc 5a 2600mah + ohm meter + tool kit mini gitu dah.
yang gada cuma kapas dan kawatnya,
saran mas hendri, baiknya pake kawat apa/brp lilit dan kapas apa ya mas ?
trus nyari brp ohm yg aman dan tentram mas hahaha
soalnya kan gada pengaturan wattnya di mod,
mohon pencerahan mas.
udah banyak jg baca dsni mas, tapi lebih puas tanya langsung. hahahah
makasih sbelumnya mas

gandhi
Guest
gandhi

untuk mod baterai tanam, kira2 ada tips ga om biar awet?soalnya mau ga mau harus langsung tancep ke mod.

Christian
Guest
Christian

Menurut saya berdasarkan pemakaian om, jd jgn pakai sampai pod benar” mati, krn baterai tanam cepat sekali rusaknya

Reza Rianto
Guest
Reza Rianto

Sony mengeluarkan baterai baru Sony VTC 5D, bagaimana performa nya om? Apakah secara keseluruhan better than Sony VTC 5A?

peter
Guest
peter

om hendri, saya minta rekomendasi mod di bawah 600k dong

Irjik
Guest
Irjik

Nunggu update om…