Tutorial Salt Nic RDA

Cara Vape Salt Nic di RDA – Kenapa Tidak?

Hendri Salim Atomizer, Coil, eLiquid, Mod, Pod, Salt, Tips & Trick 12 Comments

Salt Nic tidak seenak liquid biasa dalam urusan flavor. Tapi tidak bisa dipungkiri ada beberapa kelebihannya seperti bentuknya yang kecil, lebih irit liquid, dan kamu tidak perlu vape sebanyak itu untuk mendapatkan tendangan nikotin.

Tapi yah dengan dimensinya yang kecil system pod juga datang dengan berbagai batasan. Kamu tidak bisa mengatur watt, atau juga melepaskan ketergantungan dari membeli pod catridge.

Hari ini izinkan saya untuk menawarkan cara lain menikmati salt nic dan itu adalah dengan RDA dan mod biasa.

Tapi sebelum lebih jauh, saya jabarkan dulu kelebihannya dan kekurangannya. Jika kelebihan ini tidak menarik untuk kamu maka tidak ada gunanya membaca sisa artikel ini.

Keuntungan menggunakan RDA & mod biasa untuk salt nic:

  1. Tidak perlu membeli pod refill, karena kamu tinggal gulung coil sendiri.
  2. Lebih irit secara jangka panjang, coil dan liquid sangat irit.
  3. Pengaturan yang lebih fleksibel dari segi watt (mengurangi dan menambahkan).
  4. Baterai yang bertahan lebih lama.
  5. Mengurangi frekuensi vape, karena dengan salt kamu tidak perlu vape sebanyak itu.

Tapi ada juga kekurangannya:

  1. Tidak praktis, kamu harus building dan wicking dan ini bisa lebih sulit karena ukurannya kecil.
  2. Harus membeli RDA baru jika kamu tidak punya RDA MTL atau RDA yang kecil.

Tentu saja ini bukanlah untuk orang yang mencari kepraktisan dari pod system. Ini ditujukan kepada orang yang suka mengulik dan mencari cara untuk menikmati salt dengan maksimal dan di saat yang sama mengurangi frekuensi vape.

Salt Nic di RDA Biasa?

Tentu saja salt nic tidak akan cocok dengan RDA biasa. Dengan konfigurasi dual coil dan 50 watt, kamu mungkin akan batuk, muntah dan diare (tanda-tanda keracunan nicotine) jika menggunakan Salt Nic. Jangan pernah melakukan ini!

Ini dikarenakan tenaga dari mod biasa sangat besar dan membuat salt nic menguap dengan sangat efisien. Sehingga kamu akan memasukkan nikotin ke tubuh dengan sangat efisien. Dengan 3mg atau 6mg maka kamu akan baik-baik saja, tapi dengan 40mg atau 50mg maka ya ada masalah besar.

Namun dengan setting yang tepat ini sangat mungkin di lakukan dan malah memberikan kontrol yang lebih baik. Yang harus kamu lakukan adalah:

  • Mengecilkan ukuran chamber agar flavor terasa.
  • Mengecilkan watt sehingga salt nic tidak menguap dengan efisien.
  • Mengecilkan air flow dan mengubah gaya inhale dari direct-to-lung menjadi mouth-to-lung.

Okay…Tapi Rasanya Bagimana?

Pertama-tama saya merasa pod system mempunyai kelebihannya tersendiri, yaitu chamber yang sangat-sangat kecil. Sangat sulit mereproduksi hal ini di RDA biasa. Chamber yang kecil akan membantu mengeluarkan flavor dari Salt Nic.

Namun kelebihan ini juga cenderung berkurang seiring waktu, penyebabnya adalah baterai. Pod system biasanya mempunyai kapasitas 350mah atau beberapa mempunyai kapasitas yang lebih besar. Seiring baterai mulai habis performa akan sedikit turun. Lebih dari itu, setelah beberapa minggu performa baterai juga akan turun.

Mengapa? Karena rechargeable baterai yang digunakan sangat kecil dan tidak sebaik baterai 18650 yang memang dikembangkan untuk penggunaan yang lebih berat.

Saya bisa merasakan ini dari Smoant S8 dan Minifit. Setelah beberapa minggu kamu bisa mengenali bahwa tenaga sudah lebih loyo walaupun sudah diisi penuh. Di Smoant S8 ini ditandai dengan delay draw activation yang menjadi lebih lama (harus menghisap lama sebelum otomatis nyala). Di Minifit ini terlihat dari baterai yang drop langsung dari 2 indikator ke indikator kosong (biasanya bisa bertahan puluhan exhale, tapi semakin ke sini semakin pendek).

Dengan setting dan RDA yang tepat dalam kasus ini Origen Little yang saya gunakan. Saya bisa bilang menurut selera saya, rasa dari RDA biasa lebih keluar daripada pod system.

Tunjukkan Saya Caranya!

Pertama-tama, RDA yang kamu punya mungkin tidak cocok, apa lagi RDA dual coil dengan chamber besar seperti 24mm ke atas. Kamu harus menggunakan RDA yang kecil atau RDA/RTA MTL.

Yang kamu perlukan:

  • RDA mini (16mm) atau atomizer yang dirancang untuk MTL (mouth-to-lung)
  • Mod, lebih kecil lebih baik.
  • Coil dengan AWG yang kecil seperti 28, 30, atau 32.
  • Atau NR-R-NR coil (nanti di bahas).

Mod Comparison

RDA 16mm Origen

Yang saya gunakan adalah:

  • Atomizer: Origen Little (16mm) dan Merlin Mini RTA
  • Mod: RSQ Squonk dan iStick Amnis
  • Coil: 30 AWG ni80 atau Kanthal, atau stainless steel
  • Coil: NR-R-NR 1.6ohm

Setup Pertama iStick Amins + Origen Little

Setup pertama yang saya gunakan adalah Origen Little 16mm dengan air flow terkecil, lebih kecil dari diameter kunci L yang biasa kamu gunakan. Saya juga menggunakan coil NR-R-NR dual coil yang terbaca 0.8ohm (2mm) dengan menggunakan mod iStick Amnis.

Dengan perhitungan sederhana saya mendapatkan sekitar 17 watt di coil 0.8ohm.

iStick Amnis Simple Coil

Vape terasa mirip dengan Minifit di coil baru dengan karakteristik yang hampir sama. Saya menggunakan Don Apple, dan karakteristik apel mendominasi.

Karena iStick Amnis menggunakan direct ouput, saya tidak dapat mengatur watt. Tapi jika saya ingin tendangan lebih maka saya bisa mengecilkan ohm menjadi 0.7ohm atau 0.6ohm.

Saya lalu memindahkan Origen Little ke RSQ dan menggunakan 2o watt, dan rasanya cukup meningkat (tapi sangat sedikit). Sayangnya chest hit menjadi cukup sakit karena ini adalah liquid salt nic 50mg. Di 17 watt saya kurang lebih mendapatkan sensasi yang sama dengan iStick Amnis.

RSQ Origen Salt

Saya menyukai iStick Amnis karena mod super kecil ini mempunyai pin 510 sehingga bisa menggunakan RDA biasa, dengan resistansi coil sampai dengan 3ohm. Belum lagi baterainya yang hampir tiga kali lebih besar dari pod system biasa (900mah).

Jadi walaupun secara teknikal iStick Amnnis adalah mod biasa, namun karena bentuknya yang sangat kecil dan dipadu dengan Origen Little 16mm yang juga sama kecilnya, saya tetap mendapatkan sensasi fisik pod system.

Setup Kedua RSQ + Merlin Mini RTA

Saya menggunakan Merlin Mini RTA, namun memasang air flow reducer, hampir setara dengan MTL. Air flow reducer ini disediakan secara standard dalam paket Merlin Mini RTA.

Di Merlin saya menggunakan Ni80 32AWG, 6 lilit, 2mm diameter dan menghasilkan sekitar 1.8ohm yang hampir sama dengan coil Minifit(1.6ohm). Saya menarik 15 watt dan pengalamannya juga kurang lebih sama, sedikit lebih hambar tapi nicotine tetap luar biasa nendang.

Keuntungannya adalah saya bisa mengisi salt nic di tank dan ini akan bertahan sangat-sangat lama. Dengan gaya saya, mungkin bisa habis sekitar 1 minggu lebih.

Jelas saya tidak bisa menggunakan iStick saya karena Merlin Mini cukup besar, RTA lebih besar dari mod. Terlihat sangat konyol :).

Tunggu dulu NR-R-NR, Apa Itu?

Pada dasarnya ini adalah coil, namun terdiri dari 3 bagian: non-resistance, resistance, dan non-resistance.

NR-R-NR Coil

Bagian tengah dari coil menggunakan bahan yang berbeda dari ujungnya, mereka melakukan ini dengan cara menyatukan coil dengan las. Gunanya adalah agar kaki coil tidak panas waktu firing. Bagian yang akan menyala adalah bagian tengah (resistance), sedangkan kakinya akan dingin (no-resistance).

Ini penting terutama untuk beberapa pod system seperti Minifit, karena bagian kakinya dijepit oleh karet/plastik. Jika kamu menggunakan coil biasa maka kaki akan panas dan membakar plastik atau karet.

Pakai RDA yang Sudah Saya Punya Bisa Tidak?

Bisa, tapi kamu tidak akan mendapatkan pengalaman yang sama. Sebagai contoh jika kamu menggunakan RDA 24mm maka rasa akan jauh lebih tipis karena ukuran chamber.

Jika kamu menggunakan single coil RDA yang sangat kecil seperti GR1 Mods, rasa akan cukup keluar, namun jika kamu menggunakan coil biasa maka ramp up akan sangat lama. Karena kamu hanya akan menggunakan watt sekitar 10-20watt dan coil eksotik seperti fused clapton akan membutuhkan tenaga yang lebih besar.

Tapi jika kamu ingin benar-benar mencoba dan punya single coil yang kecil. Maka coba buat coil dari ni80 atau kanthal 28++ awg, 2mm, kecilkan air flow ke minimal, dan tarik mulai dari 10 watt. Kamu kurang lebih akan mendapatkan sensasi dari pod system, walaupun ramp up akan cukup lama.

Selamat Tinggal Pod System!

Dengan iStick Amnis dan Origen Little saya tidak perlu lagi membeli pod system atau membeli refilnya. Saya cukup membuat ulang coil ketika sudah tidak enak.

Kombinasi iStick Amnis dan Origen Little juga sangat pas dan ringan (terasa lebih ringan dari Smoant S8). Ini membuat saya merasa memiliki pod system tanpa komitmen pembelian catridge refill and its awesome!

12
Leave a Reply

avatar
4 Comment threads
8 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
5 Comment authors
Nizarachmad fadliAchmadHendri SalimAfrizal Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Afrizal
Guest
Afrizal

Om punya saran rda yg lbh baik ngehasilin flavour dari druga ga?
Sebenernya bosen sama druga sih jadi pengen nyari yg lain, inceran di Drop, mungkin ada saran lain?
(range harganya sekitar harga drop ya om :D)

Thanks

Achmad
Guest
Achmad

Oom, mod saya Noisy Cricket 2 25mm yang notabene vv mod. bisakah trik di atas diterapkan ?

achmad fadli
Guest
achmad fadli

klo di reload 1.5 minta setting-an salt nic koko..thks

achmad fadli
Guest
achmad fadli

modnya v3 hahay

Nizar
Guest
Nizar

kalo RDA hadaly apakah bisa pake salt nic. trus settingnya bgaimana?
cara hisapnya juga harus DTL atau MTL