Baterai Asli vs Palsu Featured

Cara Membedakan Baterai Vape Asli vs Palsu

Hendri Salim Baterai, Tips & Trick 35 Comments

Pertanyaan yang cukup sering saya terima adalah bagaimana cara membedakan baterai vape yang asli dengan yang palsu?

Jawabannya adalah sulit. Sangat sulit.

Sony, LG, dan Samsung adalah merek baterai 18650 paling populer di dunia. Tentu saja secara alami ini menarik para pemalsu untuk membuat versi palsunya.

Sekitar 5 tahun yang lalu, para pemalsu ini mungkin baru belajar atau setidaknya memberikan perhatian yang tidak terlalu banyak terhadap produk palsu mereka. Ini membuat kita dapat membedakannya dengan mata saja.

Lihat contoh Sony VTC palsu di bawah ini:

Sony VTC Fake Burn

Baterai yang asli mempunyai tanda QR Code yang dibakar langsung ke plastik sehingga sedikit cekung ke dalam, sedangkan yang palsu dicetak dengan tinta ke plastik pembungkus.

Selain itu kualitas pengerjaan plastik pembungkus terkadang mempunyai standard yang berbeda-beda.

Sony VTC Fake Wrapping
Sumber: Sun Vapers

Kamu bisa lihat sendiri bahwa ada baterai yang tidak terbungkus dengan rapi. Saya berani mengatakan jika ini terjadi di baterai Sony, maka mereka akan mengulangnya atau setidaknya tidak akan lulus quality control.

Seiring Waktu Pemalsu Baterai Juga Belajar

Tapi sekarang sudah 2019, para pemalsu sudah semakin pintar dan rapi. Sangat sulit untuk mengandalkan tanda-tanda yang kelihatan mata untuk membedakannya.

Namun baru-baru ini Mooch (salah satu ahli baterai) menjelaskan perbedaan antara baterai palsu dan yang asli. Kita akan melihat hasil pengujian Mooch, namun ada satu hal yang perlu saya garis bawahi.

Panduan ini akan memiliki masa expire. Begitu pemalsu sudah menghilangkan tanda-tanda ini maka panduan ini tidak akan lagi berguna.

Satu-satunya cara untuk mengujinya adalah dengan melakukan discharge test. Baterai akan dikuras dan kemudian dilihat apakah kemampuan baterainya sesuai dengan spesifikasi baterai.

Baterai palsu bukan saja merugikan, namun membahayakan. Karena pada umumnya mereka tidak memiliki kemampuan yang sama dengan aslinya. Vape adalah sebuah sistem yang membutuhkan kemampuan baterai yang tinggi. Jika kamu menggunakan baterai palsu yang sangat lemah, maka baterai akan mengalami stres dan ada kemungkinan untuk bocor atau meledak.

Sekarang mari kita lihat hasil pengujian Mooch.

LG HE4

Fake LG HE4 1

Bagian pertama yang membedakan adalah adanya 4 bekas las dibagian atas baterai. Ini terjadi ketika bagian kontak atas ditempelkan ke bagian atas baterai dengan cara las. Sedangkan di baterai palsu bagian las ini tidak ditemukan.

Bagian sealing ring juga tampak bersih (clear) di baterai asli, dan agak hitam di baterai palsu.

Fake LG HE4 2

Tanda kedua adalah adanya ring yang timbul di bagian atas baterai di LG HE4 asli sedangkan di baterai palsu tidak ada bagian ring yang timbul.

Namun tanda yang paling jelas adalah dengan menggunakan pengujian discharge.

LG HE4 Discharge

Seperti yang kamu bisa lihat baterai palsu (garis merah) mempunyai voltage sag yang lebih besar, ini berarti baterai tidak dapat menahan dengan stabil voltase ketika proses discharge.

Selain itu suhu baterai juga lebih panas, ini juga merupakan tanda-tanda baterai yang tidak terlalu bagus, suhu naik secara cepat di awal pemakaian.

Samsung 25R

Fake Samsung 25R 1

Tanda pertama adalah adanya bekas las di baterai palsu, sedangkan baterai asli tidak memiliki bekas las ini. Ini berkebalikan dengan LG HE4 di mana, baterai aslilah yang memiliki bekas las.

Geniuine Samsung 25R

Baik baterai asli dan palsu terlihat cukup serupa di bagian samping, memiliki ring yang timbul namun dibedakan dengan kode digit kedua. Baterai asli memiliki angka 5 di digit kedua, baterai palsu tidak memiliki digit 5.

Ini sangat mudah diganti oleh para pemalsu.

Hasil tes discharge juga menunjukkan hasil yang sangat jauh sekali.

Samsung R25 Discharge

Di 20 watt, baterai palsu menunjukkan voltage sag yang sangat besar menyentuh 3.2 volt di awal-awal. Ini berarti, jika kamu menggunakan baterai palsu di 20 watt, tidak lama setelah itu mod akan menunjukkan weak battery. Karena mod pada umumnya akan melakukan cut off (pemutusan) di 3.2 volt.

Baterai palsu Samsung 25R mungkin hanya memiliki 8-10 Ampere saja dan sangat tidak cocok untuk vape, lebih cocok untuk senter.

Sony VTC 5A

VTC 5A fake

Baterai palsu memiliki 2 bekas las sedangkan yang asli tidak. Namun keduanya memiliki sealing ring yang cukup serupa. Pembedanya adalah venting disk (tempat cairan keluar jika baterai bocor) menonjol di VTC 5A sedangkan di baterai palsu tidak menonjol.

Fake VTC 5A 2

Baterai Sony VTC 5 palsu juga tidak memiliki 2 ring menonjol di bagian atas dan di bagian bawah. Baterai asli memiliki 2 ring menonjol di bagian tas dan 1 di bagian bawah.

VTC 5A Discharge

Proforma antara kedua baterai juga sangat jauh sekali. Baterai VTC 5A palsu sudah mencapai 3.2 volt dengan cepat di awal pemakaian 20 ampere.

Delapan Baterai Palsu yang Diuji oleh Mooch

Selain 3 baterai di atas Mooch juga menguji beberapa baterai lainnya dan kamu bisa temukan sendiri di bawah ini:

Mari Kita Uji Baterai VTC 5A VapingJKT!

Saya kebetulan mempunyai Sony VTC 5A dan saya akan ajak kamu untuk membandingkannya langsung.

Pertama gunting sedikit bagian bawah baterai. Lakukan ini dengan hati-hati dan jangan pernah mengguntingnya dari bagian atas. Kesalahan pemula adalah mengguntingnya dari atas, kemudian gunting menempel di bagian kutub positif dan negatif, menciptakan konslet dan percikan api.

Gunting sedikit dari bawah dan sobek sisanya dengan tangan.

VapingJKT VTC Ori 1

Seperti yang kamu bisa lihat tidak ada bagian sisa las di VTC 5A saya.

VapingJKT Ori 2

Bagian tengah venting disk juga timbul seperti aslinya. Ingat, VTC 5A palsu tidak memiliki venting disk yang timbul.

VTC VapingJKT Asli

Sony VTC 5A saya juga memiliki dua ring di bagian samping, dan satu ring di bagian bawah, seperti yang ditunjukkan di baterai asli.

Namun yang membuat saya yakin ini asli adalah performanya.

Sony VTC 5A memiliki rating 25A. Mod secara rata-rata akan melakukan cut off (berhenti firing) ketika baterai turun di bawah 3.2V.

Jadi watt maksimal di 3.2 volt adalah: 25 (ampere) * 3.2 (volt) = 80 watt.

Saya masukkan baterai VTC 5A yang sudah dipakai sampai 3.2 volt ke mod saya, lalu saya firing 80 watt. Mod masih firing dengan stabil dan bisa saya pakai vape sampai dengan belasan puff.

Jika baterai VTC 5A saya palsu, maka tentu ratingnya bukan 25A. Mari kita asumsikan baterai VTC 5A palsunya adalah 15A.

Sehingga watt maksimal di 3.2 volt adalah: 15 * 3.2 =. 48 watt.

Jadi jika saya set 80 watt maka baterai tidak akan kuat dan mengalami voltage sag (voltase turun drastis). Karena voltase turun drastis dari 3.2 volt, maka mod pasti akan langsung berhenti dan memberikan peringatan weak battery. Ini salah satu cara mudah (tapi tidak akurat) untuk cek apakah VTC 5A saya palsu atau tidak.

Sudah di Cek dan Asli? Langsung Bungkus Ulang!!!

Setelah kamu cek, kamu WAJIB membungkus ulang seketika itu juga. Tanpa pembungkus plastik, baterai kamu sangat rentan konslet karena tidak ada pelindung antara kutub positif dan negatif.

INGAT, langsung bungkus ulang (rewrapping). Jika perlu buka baterainya di toko vape terdekat dan setelah dipastikan keasliannya, langsung minta vaporista membungkus ulang.

Yah Palsu, Gimana Dong? Buang…

Saran saya adalah langsung buang dan jangan pakai, kecuali untuk aplikasi lain yang lebih sederhana seperti senter atau alat lain yang tidak membutuhkan tenaga besar.

Cari tempat pembuangan baterai di sekitar kamu. Jika tidak ada dan kamu benar-benar harus membuangnya maka lakukan ini:

  1. Bungkus baterai dengan kertas. Pastikan kamu membungkusnya dengan menyeluruh terutama bagian kutub positif dan negatif.
  2. Tape/Lakban keseluruhan baterai.
  3. Bungkus dan tape baterai satu persatu jangan digabung.
  4. Masukkan plastik atau kardus.
  5. Beri keterangan β€œBaterai / Bahan Berbahaya”.
  6. Buang di tempat pembuangan sampah terdekat, hindari membuang ini ditempat sampah rumah/apartemen/kantor atau tempat umum lainnya.

Saya sudah menghubungi beberapa pihak yang tampaknya menyediakan tempat pembuangan baterai, namun belum mendapatkan tanggapan. Memang sosialisasi pembuangan baterai ini sangat kurang dan belum dianggap serius oleh banyak pihak. Tapi ini tidak berarti kamu bisa membuang baterai dengan seenaknya.

Ingat baterai 18650 memiliki energi yang besar, dapat bocor dan meledak dengan cukup besar jika tidak dibungkus dengan aman ketika dibuang.

Jadi Beli Baterai Asli di mana?

Nah ini juga sulit.

Sony VTC 5A yang saya beli adalah pembelian 2 tahun lalu di mana tokonya juga sudah tutup.

Saya akan coba membeli baterai di beberapa tempat dan melaporkannya di sini. Namun sampai hari itu datang saya juga tidak memiliki rekomendasi.

Mudah untuk memberi kamu toko vape yang sudah terkenal. Tapi itu tidak menjadi jaminan bahwa barangnya asli. Mereka juga bisa saja tertipu, karena siapa yang benar-benar mengujinya dengan peralatan seharga puluhan juta? Tidak ada.

Namun ini beberapa tips dari saya:

  • Harga baterai normalnya adalah sekitar 90-150 ribu rupiah. Jika ada yang menjual di harga 50 ribu rupiah maka itu sangat-sangat mencurigakan.
  • Kotak baterai tidak berarti apa-apa. Sony atau Samsung tidak pernah menjual baterai secara eceran, jadi kotak itu tidak datang dari Sony atau Samsung melainkan distributor baterai.
  • Stiker garansi juga tidak berarti apa-apa. Sekali lagi Sony atau Samsung tidak menjual baterai secara eceran, stiker garansi itu berasal dari distributor. Tapi pertanyaannya siapa distributornya? Apakah distributor mempunyai bukti bahwa barang mereka asli?
  • Beli baterai yang sudah di tes oleh Mooch dan lakukan pemeriksaan langsung. Lagi pula baterai-baterai tersebut memilik performa yang sangat baik.

Saya tahu ini tidak memberikan kamu banyak informasi untuk memutuskan beli di mana. Karena memang sulit, tapi setidaknya kamu sekarang mempunyai informasi lebih yang dapat kamu gunakan sebagai pembantu keputusan mengenali keaslian baterai kamu.

Oh iya, tidak perlu repot-repot bertanya apakah baterai kamu asli atau tidak ke saya. Bukan karena saya tidak mau bantu, tapi tanpa alat discharge (yang mana saya tidak punya) maka tidak ada cara untuk membedakannya :D.

Safe Vaping!

35
Leave a Reply

avatar
14 Comment threads
21 Thread replies
3 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
16 Comment authors
YudhaGD. Abdeefredy hadiHarryMohamad Rizal Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Agusbiyan
Guest
Agusbiyan

Om saya punya dua pasang batre 18650 , 3,7V, 50A, 3100 mAh. merk blackcell. Keempatnya itu performa bagus, saya selalu vaping di 50 watt, dan batre sampai habis pun tenaga masih bagus, tidak loyo ataupun sampai ada peringatan weak batre. Bahkan pernah sampai tanda bar di mod kosong, barulah mod tdk mau burn. Apakah batre saya termasuk asli?

Pandu
Guest
Pandu

Halo om..
Kapan ulasan tentang reload s om?

Pinto
Guest
Pinto

Artikel yang sangat bermanfaat….
Kalau boleh jujur di sini memang penanganan limbah batere masih kurang ya, apalagi di kota kecil tempat saya tinggal. Padahal setahu saya limbah batere butuh penangan khusus meski sekelas button cell sekalipun. Saya sendiri sampai saat ini ada beberapa batere bekas pakai yang masih tersimpan di rumah karena bingung mau dibuang ke mana.

Hmdrrhmn
Guest
Hmdrrhmn

Wah setelah baca-baca, om ini memberikan pandangan yang lebih meyakinkan ke saya bahwa rda itu sebenernya jual marketing hhe. Berarti yang membedakan paling atomizer mana yang paling mudah buat dapetin enaknya ya om? Btw, udah coba recurve om? Saya udah berkelana artha v1.5, reload x, reload s, drop dead, reload x clone, goon v1(yg katanya oten, tp ane agak kurang yakin krn harganya baru beli akhir bln mei dgn harga 250ribuan serta post yang goyang krn keteken dkit dan clam yg membengkok+gold platingnya terkikis), wasp nano, alexa, mage gta, dan terakhir si recurve ini. Dengan skill ane yg skrg dari… Read more »

Daendels
Guest
Daendels

Om Hendri. Setelah sekian lama menjadi SR. Berkat blog ini sangat membantu banget buat newbie kayak ane.

Untuk baterai ane langsung eksekusi sony vtc 5A 2500mah 3.6 volt untuk di mod aegis solo tengu milik ane.

Cuma… untuk mencharge baterai tsb, daya yg diperlukan adalah 1A atau 2A ? Terkadang bingung untuk maincharge takut meledak apabila ga sesuai inputnya.

Thanks

Chelvin Rinaldi
Guest
Chelvin Rinaldi

mas , saya punya batre sony vtc4 , batre full fairing joss 2 batre tapi pas masing masing batre sisa 2 batang 2 2 nya trus dia lemah? kenapa ya? padahal batre ori , rusak atau gmna?

Zas
Guest
Zas

Kapan nulis lagi om?
Udah kangen baca tulisan om😭😭😭😭😭

genkara
Guest
genkara

salam om hendri, saya baca semua blog om hendri dari cara milih mods, atomizer, battery, dan semua blog om hendri membuat saya open minded, dan disini rencana saya ingin mengganti daily vape saya yg rada high-end / flagship, ini daftar saya tapi saya butuh saran (review jujur bukan gimmick) apakah emang daftar saya itu barang terbaik / ada rekomendasi dari om hendri yg mungkin bisa saya pertimbangkan (boleh disaranin dan kita lupakan value for money karena saya mau beli mesin vape impian saya) – mod lost vape triade DNA250C / lost vape paranormal DNA250C saya milih ini karena blog dari… Read more »

David Tambun
Guest

Saya juga punya VTC 5A, dimana permasalahan di battery saya sedikit unik mas bro. Saya beli 1 buah batt VTC 5A di jakarta (online di vapestore ternama), karena ternyata MOD saya dual battery maka saya beli 1 buah battery VTC 5A lagi di Medan. Setelah hampir 2 bulan saya gunakan, 2 buah batt VTC 5A tersebut mempunyai selisih pemakaian 10-12% jika dimulai dari 100%, jadi jika batt A sudah 99% dan Batt B bisa di 88% atau 86% (dilihat dari indikator batt di MOD). Begitu terus sampai di 30% pemakaian batt berkurang secara normal (batt A 30% dan batt B… Read more »

Mohamad Rizal
Guest
Mohamad Rizal

Ijin share tip nya y om hendrik..

Harry
Guest
Harry

Kalau menurut saya ,kalo mo beli batre vape langsung cari di counter eletronik merk tsb LG,Sony,Samsung atau Store nya di mall-mall ,saya baru beli batre vape merk KDEST Orange ,ada dua kemasan pertama kotak plastik ke 2 kotak dus ,di dusnya ada kode nomor batre tsb ,harus di scrath lalu kita ke wbsitenya masukkan angka tsb ke kolom verifikasi ,nanti akan muncul tulisan ,kalo asli muncul tulisan keasaliannya dst ,kalo palsu juga pasti muncul kalo batre tsb Fake. Batre saya cek ,ternyata asli / original. harganya 38rib /pcs hrs beli 2 pcs. batre lama saya beli sejak vaping thn 2017… Read more »

fredy hadi
Guest
fredy hadi

haloo om Hendri, kapan nih mulai nulis lagi ??
semua postingan nya sangat bermanfaat, sukses dan sehat selalu om

GD. Abdee
Guest
GD. Abdee

Om, ada foto batre sony VTC 5A punya om sendiri yang masih di wrap? Apakah kalau di wrap, 2 ring nya itu kelihatan?

Yudha
Guest
Yudha

waktu charge yg baik gimana om, nunggu habis atau brapa persen lg gt?