Cara Ganti Liquid di Pod System

Hendri Salim eLiquid, Salt, Tips & Trick 8 Comments

Apakah boleh mengganti liquid di pod system? Jka iya, bagaimana caranya?

Temanku, ini artikel untuk kamu.

Pertama, jawabannya adalah tentu saja boleh. Saya melakukannya dari waktu ke waktu. Sepanjang pengalaman saya, tidak ada efek negatif karena pada dasarnya yang kita ganti adalah liquid salt nic yang memang bisa ditangani oleh pod system.

Ada beberapa metode untuk melakukan ini, versi murah dan versi lebih mahal.

Mari kita cari tahu bagaimana.

Cara Pertama: Beli Dua Cartridge.

Mudah sekali, cukup beli dua catridge dan isi dengan dua liquid berbeda. Ketika kamu ingin ganti, tinggal pasang catridge kedua dan voila masalah selesai.

Cuma memang kamu harus membawa 2 catridge kemana-mana dan ini bisa sedikit merepotkan.

Cara Kedua: Habiskan Dulu Liquid di Pod.

Kebanyakan pod memiliki rancangan dimana kamu bisa membuang liquid seperti Orion Plus atau Pasito. Dalam kasus ini kamu bisa membuang liquid jika tidak merasa sayang dan memasukkan liquid yang baru.

Jika merasa sayang silakan habiskan dulu tapi jangan sampai kering sekali.

Lihat contoh di bawah ini

Uwell Caliburn

Uwell Caliburn mempunyai design coil yang pintar dimana liquid di titik terbawah pun akan terserap ke atas karena bantuan dari surface tension (mungkin). Ketika kamu sudah mencapai titik ini kamu bisa mengisinya dengan liquid yang baru.

Tapi Rasanya Nyampur Dong?

Iya tapi ini tidak akan berlangsung lama karena cara kerja otak manusia. Setelah 3-5x puff kamu sudah tidak akan merasakan campurannya.

Tapi mengapa?

Otak kita akan berusaha membantu kita dengan tidak memproses sesuatu yang sudah biasa.

Sebagai contoh hidung kamu, kamu tidak merasa melihat hidung kamu secara terus menerus bukan. Tapi faktanya adalah bagian hidung terlihat oleh mata, tapi otak memutuskan untuk tidak memprosesnya karena tidak berguna dan bahkan dapat mengganggu kita.

Coba saja tempelkan telunjuk ke hidung dan lihat ke depan, kamu akan mulai melihat bagian dari hidung kamu.

Contoh kedua, ketika kamu menggunakan parfum, kamu akan dapat merasakan wanginya dalam 5-10 menit pertama, tapi sesudah itu tidak lagi.

Bukan berarti kamu sudah tidak wangi, tapi karena otak sudah terbiasa dan mulai mengacuhkannya. Tanya saja kepada orang yang lewat mereka akan memberitahu bahwa kamu masih wangi.

Untuk sesuatu yang baru, baik itu bau, rasa, sensasi sentuhan, otak akan memprosesnya dengan seksama, karena ini mungkin sebuah ancaman untuk kamu.

Tapi ketika hal ini sudah terjadi setiap hari dan bukanlah sebuah ancaman, otak akan membiarkannya dan tidak memprosesnya, supaya kamu dapat berkonsentrasi terhadap hal baru lain yang mungkin adalah ancaman.

Ini juga mengapa liquid yang baru pertama kali kamu coba terasa sangat kental, tapi setelah dua hari mulai menurun. Jadi jangan mulai menyalahkan coil, kapas, mod, dan mencari upgrade.

Jadi setelah kamu menjajal liquid pertama kamu, otak sudah terbiasa dan mulai mengacuhkannya, ketika kamu menambahkan liquid baru maka otak akan berkonsentrasi di rasa baru. Ini mengapa hanya butuh 3-5x puff saja sampai liquid lamanya hilang.

Tapi bukan hilang, kamu sudah terbiasa. Jika kamu berikan ke orang lain maka orang lain akan kebingungan dengan rasanya karena liquid A dan liquid B baru bagi orang tersebut dan mereka memprosesnya pada saat yang bersamaan.

Ganti Liquid Biar Tidak Cepat Hambar

Saya tidak tahu dengan kamu, tapi biasanya saya selalu membeli dua liquid. Saya menggantinya selang seling setiap 2-3 hari sekali.

Ini membantu agar rasanya tidak hambar karena setelah 1 minggu berturut-turut otak terbiasa. Jadi menggunakan dua liquid akan membantu kedua liquid ini relatif fresh di otak.

Jika kamu masih menggunakan satu liquid, kamu dapat mencoba trik ini dan lihat apakah membantu atau tidak. Karena walaupun cara bekerja otak seperti itu, tapi masing-masing kita juga mempunyai perbedaan. Silakan bereksperimen!

8
Leave a Reply

avatar
7 Comment threads
1 Thread replies
2 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
8 Comment authors
HafidzIrjikHendri SalimMuadzA. Ma'ruf Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Evan. A
Guest
Evan. A

Makasi om ats info cma kalo cartridge nya atu psti dunk diredam aer panas dlo aj biar g bgitu terasa cairan pertama nya aj.. 🙏👍👍

iboy
Guest
iboy

halo om hendri….ke permasalahan ganti liquid apabila punya 2 catridge kalau kedua catridge tsb diisi dua macam liquid (sama jenisnya) berbeda rasa maka tidak muncul masalah. Tetapi untuk satu catridge selang seling liquid 2-3 hari apakah coil tetap sama atau harus coil baru ???

mohon pencerahan om…salam 🙂

Yayat
Guest
Yayat

Bantu om hendri
Khusus untuk uwell caliburn gampang kalo mau ganti2 salt. Caranya ambil botol, buka mouthpiece, tutup 1 lubang pengisian, masukan botol ke lubang yang terbuka buat posisi cart di atas dan botol di bawah, pencet botol nanti salt akan kesedot masuk kebotol, lakukan terus menerus sehingga salt di cart habis. Trial and error pasti bisa

A. Ma'ruf
Guest
A. Ma'ruf

Oom Hendri, mau nanya out of topic…

Eleaf Istick Amnis nya masih sehat ?

Muadz
Guest
Muadz

Ternyata ga cuma saya yang pemakaian 2 liquid salt dalam satu catridge 😅

Irjik
Guest
Irjik

So,bagaimana jika saya mencampur salt nic.9 dengan saltnic.9 apa jadi saltnic 18,hehe…

Hafidz
Guest
Hafidz

Mantab penjelasan nya bro hendri, btw klo kita pakai Aio baiknya ganti coil juga ya om kalau mau ganti liquid?