Banyak Laporan Mod Drag Meledak – eJuice Jadi Penyebabnya

Hendri Salim Mod 11 Comments

Belakangan ini beberapa pengguna Reddit mulai melaporkan bahwa VOOPOO Drag milik mereka meledak.

Saya awalnya merasa biasa saja. Karena tidak ada mod yang 100% aman bahkan untuk regulated mod. Dengan penggunaan yang salah maka mod apapun dapat meledak, terutama mechanical mod.

Namun berita ini tidak berhenti, beberapa pengguna malah semakin vokal dan melaporkan bahwa mod mereka juga meledak. Hal ini mendapatkan perhatian dari VapeMacGyver, salah satu pengguna Reddit yang suka membongkar dan meneliti kegagalan mod. Akhirnya dia meneliti VOOPOO Drag dan melaporkan hasil penelitiannya.

Ini adalah beberapa kesimpulan yang VapeMacGyver ambil. Mohon diingat bahwa ini bukanlah kesimpulan VapingJKT, saya hanya melaporkan ulang dan ya VapeMacGyver juga bisa salah, namun saya sudah mengikuti dia cukup lama dan nampaknya orang ini tahu 1-2 hal tentang elektrikal dan mod.

Jadi tidak ada salahnya juga membaca dan berhati-hati, khususnya kamu pengguna Drag.

Beberapa Kasus Drag Meledak

Setidaknya ada 10 kasus Drag yang terdokumentasi di Reddit, lima berasal dari postingan dan lebih dari lima berupa komentar yang mengatakan “Ya punya saya juga meledak”.

Saya sangat merekomendasikan kamu untuk membaca tautan di atas, kemungkinan besar ada kasus yang mirip yang mungkin pernah kamu alami.

Secara umum kebanyakan ledakan terjadi di area dekat layar dan charger port USB.

eJuice Menjadi Tersangka Utama

VapeMacGyver melakukan beberapa analisis mulai dari rancangan board sampai dengan kebocoran eJuice. Dari hasil penelitiannya disimpulkan bahwa ejuice ditambah dengan desain dari board Drag adalah penyebab utamanya.

Selama penggunaan berbulan-bulan, eJuice mungkin masuk ke dalam mod, dan ini dapat menyebabkan kegagalan elektronik. Ditambah dengan desain board dari Drag yang kebetulan memfasilitasi kegagalan ini maka ledakan dapat terjadi.

eLiquid sebenarnya bukanlah cairan yang konduktif (menghantarkan listrik) tapi dengan tambahan faktor lain seperti kelembapan udara atau ketidakmurnian, eliquid dapat memacu elektrolisis. Yang pada intinya melelehkan berapa bagian metal dan jugal hasil solder. Jika ini terjadi maka konslet dan kegagalan elektronik lain dapat terjadi.

Ini terjadi kepada saya tapi di Wismec RX 2/3. Subuh subuh saya dibangunkan dengan sebuah bunyi firing mod. Saya menemukan mod saya sedang firing sendiri secara tiba-tiba. Setelah saya bongkar dalamnya seperti got, hitam dan penuh liquid dimana-mana

Punya VOOPOO Drag? Pastikan Bersih Dari Liquid!

Jika kamu mempunyai VOOPOO Drag maka pastikan Drag kamu bersih dari liquid.

Jika kamu bisa melihat ada liquid di bagian layar atau bagian usb port (gunakan flash smartphone) itu sudah tanda keras bahwa board kamu sudah terkompromi.

Kamu bisa membongkar mod dan membersihkannya, namun menurut saya ini hanya memperlambat saja, jika mod sudah banjir dan proses elektrolisis sudah berjalan maka sebenarnya mod kamu sudah memiliki resiko kegagalan elektronik.

Jika VOOPOO Drag kamu masih baru maka pastikan kamu tidak jorok dalam menggunakannya. Pastikan tidak ada liquid yang tumpah di sana-sini dan pastikan kamu menggunakan baterai yang tepat.

Punya Drag dan sudah merasakan gejala-gejala yang aneh? Sampaikan di kolom komentar yah. Stay safe!

Baca analisis lengkap VapeMacGayver di sini.

11
Leave a Reply

avatar
5 Comment threads
6 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
6 Comment authors
CahyoAchmad MaulanaPotatozHendri SalimLevi Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Terromanz
Guest
Terromanz

Om artha enak ga?
Trus Rta paling enak sekarang apa?

Levi
Guest
Levi

Om review liquid yang udah cukai dong yang rasanya enak

Potatoz
Guest
Potatoz

Om, review liquid Select Reserve dong.. pengen beli tp harganya lumayan.

Achmad Maulana
Guest
Achmad Maulana

Om, wotofo flux mod recom ga om??

Cahyo
Guest
Cahyo

Om, boleh tau skrng lagi pake mod apa ga?

Lagi nyari mod dengan harga 1-2 jutaan, sebelumnya pake dna (finder133), krn rusak IC nya jadi agak trauma kalau beli lagi dna
Mungkin om punya saran mod dengan budget segitu?