Banyak Laporan Mod Drag Meledak – eJuice Jadi Penyebabnya

Hendri Salim Mod 54 Comments

Belakangan ini beberapa pengguna Reddit mulai melaporkan bahwa VOOPOO Drag milik mereka meledak.Saya awalnya merasa biasa saja. Karena tidak ada mod yang 100% aman bahkan untuk regulated mod. Dengan penggunaan yang salah maka mod apapun dapat meledak, terutama mechanical mod.Namun berita ini tidak berhenti, beberapa pengguna malah semakin vokal dan melaporkan bahwa mod mereka juga meledak. Hal ini mendapatkan perhatian dari VapeMacGyver, salah satu pengguna Reddit yang suka membongkar dan meneliti kegagalan mod. Akhirnya dia meneliti VOOPOO Drag dan melaporkan hasil penelitiannya.Ini adalah beberapa kesimpulan yang VapeMacGyver ambil. Mohon diingat bahwa ini bukanlah kesimpulan VapingJKT, saya hanya melaporkan ulang dan ya VapeMacGyver juga bisa salah, namun saya sudah mengikuti dia cukup lama dan nampaknya orang ini tahu 1-2 hal tentang elektrikal dan mod.Jadi tidak ada salahnya juga membaca dan berhati-hati, khususnya kamu pengguna Drag.

Beberapa Kasus Drag Meledak

Setidaknya ada 10 kasus Drag yang terdokumentasi di Reddit, lima berasal dari postingan dan lebih dari lima berupa komentar yang mengatakan “Ya punya saya juga meledak”. Saya sangat merekomendasikan kamu untuk membaca tautan di atas, kemungkinan besar ada kasus yang mirip yang mungkin pernah kamu alami. Secara umum kebanyakan ledakan terjadi di area dekat layar dan charger port USB.

eJuice Menjadi Tersangka Utama

VapeMacGyver melakukan beberapa analisis mulai dari rancangan board sampai dengan kebocoran eJuice. Dari hasil penelitiannya disimpulkan bahwa ejuice ditambah dengan desain dari board Drag adalah penyebab utamanya.Selama penggunaan berbulan-bulan, eJuice mungkin masuk ke dalam mod, dan ini dapat menyebabkan kegagalan elektronik. Ditambah dengan desain board dari Drag yang kebetulan memfasilitasi kegagalan ini maka ledakan dapat terjadi.eLiquid sebenarnya bukanlah cairan yang konduktif (menghantarkan listrik) tapi dengan tambahan faktor lain seperti kelembapan udara atau ketidakmurnian, eliquid dapat memacu elektrolisis. Yang pada intinya melelehkan berapa bagian metal dan jugal hasil solder. Jika ini terjadi maka konslet dan kegagalan elektronik lain dapat terjadi.Ini terjadi kepada saya tapi di Wismec RX 2/3. Subuh subuh saya dibangunkan dengan sebuah bunyi firing mod. Saya menemukan mod saya sedang firing sendiri secara tiba-tiba. Setelah saya bongkar dalamnya seperti got, hitam dan penuh liquid dimana-mana

Punya VOOPOO Drag? Pastikan Bersih Dari Liquid!

Jika kamu mempunyai VOOPOO Drag maka pastikan Drag kamu bersih dari liquid.Jika kamu bisa melihat ada liquid di bagian layar atau bagian usb port (gunakan flash smartphone) itu sudah tanda keras bahwa board kamu sudah terkompromi.Kamu bisa membongkar mod dan membersihkannya, namun menurut saya ini hanya memperlambat saja, jika mod sudah banjir dan proses elektrolisis sudah berjalan maka sebenarnya mod kamu sudah memiliki resiko kegagalan elektronik.Jika VOOPOO Drag kamu masih baru maka pastikan kamu tidak jorok dalam menggunakannya. Pastikan tidak ada liquid yang tumpah di sana-sini dan pastikan kamu menggunakan baterai yang tepat.Punya Drag dan sudah merasakan gejala-gejala yang aneh? Sampaikan di kolom komentar yah. Stay safe!Baca analisis lengkap VapeMacGayver di sini.

54
Leave a Reply

avatar
21 Comment threads
33 Thread replies
6 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
23 Comment authors
AdriyanwekoAmranYoddnazar irwansyah Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Terromanz
Guest
Terromanz

Om artha enak ga?
Trus Rta paling enak sekarang apa?

Levi
Guest
Levi

Om review liquid yang udah cukai dong yang rasanya enak

Potatoz
Guest
Potatoz

Om, review liquid Select Reserve dong.. pengen beli tp harganya lumayan.

Achmad Maulana
Guest
Achmad Maulana

Om, wotofo flux mod recom ga om??

Cahyo
Guest
Cahyo

Om, boleh tau skrng lagi pake mod apa ga?

Lagi nyari mod dengan harga 1-2 jutaan, sebelumnya pake dna (finder133), krn rusak IC nya jadi agak trauma kalau beli lagi dna
Mungkin om punya saran mod dengan budget segitu?

Bramantio
Guest
Bramantio

wow kaget juga denger berita ini, itu kayaknya leak dari konektor rda yah?saya udh 8 bulan pake drag (rda saya DROP) dan memang suka ada liquid yang mengendap di konektor, entah ada hubungannya atau tidak tapi mungkin karna itu saya sering mengalami atomizer short. Awalnya saya anggap hal biasa karena di mod sebelumnya (IPV8) memang liquid sering mengendap di konektor walaupun tidak atomizer short. Nah ini yang bikin agak kaget, kebetulan saya punya baterai 2 pasang, jadi sering sekali saya mengganti baterai, akhir2 ini baru saya sadar kalo bagian atas (atasnya tulisan “JUST DRAG”) dari celahnya keluar cairan liquid. Yah… Read more »

Guido
Guest
Guido

Om, Tesla invader 4 vs Hotcig R233 mending mana ya om?? Mau minang tapi bingung hehe

Vodka136
Guest
Vodka136

Permisi om, saya sudah tanya sana sini tp ndak ada yang ngasih jawaban yang sreg dihati.
Jadi saya kan mau minang sebuah mod,tp pilihan jatuh pada voopoo drag2 atau druga foxy yang keduanya bisa dibilang barang baru.

Bisa minta masukannya om?
Terutama di minus dan plusnya.

Terima kasih sebelumnya

Thomas
Guest
Thomas

Makasih om sangat membantu sekali…
Saya penasaran fairing galak harga lumayan om buat secondary saya dan rta yg bagus..
Bisa bantu om salim?
Mnrt om salim sajah…
Mod utama sih saya mengunakan hexohm . Goon 528 .vtc5a dan emng joss bgt..
Mau nyari secondary untuk daily..

Aspol Leo
Guest
Aspol Leo

Oem, Saya baru mau bralih dari rokon konvensional ke vaoe. Saya mau tanya apabila dalam sebuah mid dipasang dengan 2 batrai yang berbeda kapasitas dan teganganya apa akan berpengaruj/berbahaya oem ?

Kevin
Guest
Kevin

Om permisi saya mau tanya. Saya pake mod druga foxy kok baru2 ini pas pencet tombol firing ada suara “tiit” gitu ya? Aman ngga ya om? Soalnya saya tanya ke vape store tempat saya beli katanya nunggu respon dari vapeshouse atau apalah. Saya juga dm langsung ke vapeshouse ngga ada respon. Saya jadi parno mau ngevape pake mod ini 😢

Indra
Guest
Indra

om apakah drag mini juga bisa terjadi seperti diatas? soalnya dia batre tanam dan buat cek jeroan apakah kemasukan liquid atau tidak juga agak susah. mohon pencerahannya?

febrian
Guest
febrian

Kira” mod recomended tahun 2019 yg enak apa Om? Dan safe jg sih, rhanks om

Ario
Guest
Ario

Halo om, saya pengguna setia mod Hotcig R200 skitar 2 th dan barusan kemarin mod saya jatuh yg mengakibatkan lcd error sering tampak putih total, kadang bertumpuk, kadang freeze, kadang juga bisa normal tapi firing normal sesuai setingan yg ada. Karna itu saya berencana untuk ganti mod tapi budget hanya sekitar 500 – 600rb, saya berencana beli Aegis Legend yg klo liat dari spek dan reviewnya menurut saya punya durabilitas tinggi dan saya suka tempat atomizer yg ditengah tapi saya kurang suka tutup batrenya yg dibawah takut cepet rusak klo tiap malem dibuka tutup untuk ngecas batre ngga seperti Hotcig… Read more »

Walrus
Guest
Walrus

Om, saya baru pake triade 250 kebetulan saya beli dari temen yg dulu dia beli gak sempet dipake jadi masih mulus dan belum di apa2in. Saya pake atty DROP, wire Fused Clapton Ni80, baterai VTC6. Apa perlu di escribe biar lebih dapet nikmatnya? Dan VTC6 cocok untuk mod ini?

Maddais
Guest
Maddais

Om Hendri, kalau mod waktu di firing bunyi “ngiiing” itu knp om ya ?? Apakah masih aman utk dipakai ??
Saya memakai tesla wye 200w om.

Mohon bantuannya suhu-suhu yg lain…

nazar irwansyah
Guest
nazar irwansyah

om mau tnya saya pnya mod drag mini v2 , ada masalah dengan mod dan rdanya itu panas bgt knp yaaa ? apakah ngaruh di coil atau modnya memang sudah tidak layak pakai karnakan batre tanam . tapi disaat pake ni80 itu tidak ada panas sama sekali tapi kalo pake fused clapton itu malah panas dari mod sampe rdanya . mohon bantuannya om

Yodd
Guest
Yodd

Mau tanya apa ini berlaku buat voopoo drag 2? Mau beli jadi ragu

Amran
Guest
Amran

Drag 2 atau druga foxy yang terbaik yang mana bang

weko
Guest
weko

Om mau tanya ni ane punya istick pico, mod nya sering fairing sendiri , nah bisa gak dibenerin , atau saran lainnya om.

Adriyan
Guest
Adriyan

Selamat malam om, mohon bantuannya, saya pakai mod hugo boxer rader, kemaren karena lcdnya hangus saya lepas lcdnya, tapi saya cek chipnya masih aman, dan saya coba pasang lagi tanpa lcd, saya test fairing mau dan sepertinya wattnya langsung besar, saya cobak stell turunkan gak mau tetap saja, dan saat pertama kali hidup(klik power 5 kali) tidak bisa fairing harus ditekan tombol plus atau minus baru bisa fairing, pertanyaannya kenapa mod saya jadi begini dan apakah aman seumpama dipakai?.. mohon bantuannya, terimakasih