USA Liquid Berbeda Featured

Balada Perubahan Liquid USA: Kualitas & Harga

Hendri Salim eLiquid 32 Comments

Dahulu kala disebuah dunia peri nan jauh, hiduplah peri-peri USA dan Lokal. Mereka hidup dengan harmonis dengan pasar mereka masing-masing.Peri USA walaupun mahal namun kualitasnya terjaga, pekat, dan dapat diapresisasi. Tapi seiring waktu kegelapan mulai menyelimuti dunia peri ini. Peri USA mulai berubah rasa, lebih hambar, dan banting harga gila-gilaan, memaksa para peri-peri lokal menjual dirinya lebih murah lagi…The end.Okay, saya memang berlebihan. Tapi kamu yang membeli liquid US dari zaman awal akan mengerti sentimen saya.Tapi sebenarnya apa yang terjadi? Apakah ini hanya perasaan saya?Penasaran dengan hal ini saya bertanya kepada teman seperjuangan vaper dan mereka semua setuju. Tidak puas dengan itu saya juga mulai bertanya kepada toko-toko vape di Bandung, Jakarta, Manado, dan Bali. Walaupun tidak semuanya memberikan komentar langsung, tapi sebagian besar setuju. Liquid USA sudah berubah!Melalui artikel ini saya ingin menggali lebih dalam mengenai apa yang terjadi dan juga belajar dari kamu semua. Jadi jika kamu punya cerita atau pendapat jangan sungkan sampaikan di kolom komentar.Ini adalah pengamatan, wawancara, pengujian yang saya lakukan pribadi terhadap liquid USA.

Kebanyakan Liquid USA Distributor Adalah liquid Resmi

Sebut saja Cafe Racer Lucky Bastard (EJM), C.R.E.A.M (EJM) atau Naked 100 (CreativLab’z), semuanya adalah liquid resmi. Artinya sang pemegang merek aslinya bekerja sama dengan distributor di Indonesia.Email AsliCream ConfirmationTapi ceritanya belum selesai.

Modifikasi Liquid Khusus Pasar Indonesia

Melalui interview dengan salah satu pengimpor liquid, saya mendapatkan informasi bahwa di masa awal-awal seluruh liquid USA didatangkan tanpa ada modifikasi. Apa yang dijual di USA adalah yang kita dapatkan.Seiring penerimaan pasar yang lebih baik lagi (lebih banyak vaper), Indonesia membutuhkan lebih banyak liquid USA. Tapi ini datang dengan masalahnya sendiri, termasuk biaya yang naik, bea cukai yang semakin ketat dan lamanya suplai barang yang terkadang lebih rendah dari permintaan pasar.Untuk mengatasi ini para distributor Indonesia mulai bekerja sama lebih serius dengan para distributor liquid luar negeri.Botol kaca berganti botol plastik yang lebih ringan dan muat lebih banyak dalam kontainer. Ini menekan harga liquid lebih baik sehingga bisa lebih kompetitif di pasaran. Pada akhirnya kita sebagai konsumen juga yang menang dengan cara ini.Naked CreativLabz Naked USAVAPELABContohnya adalah liquid Naked yang sekarang menggunakan botol plastik. Versi ini adalah versi khusus Indonesia dan lewat riset kecil, saya juga menemukan bahwa Naked (The Schwartz E-Liquid) mengetahui dan menyetujui hal ini. Mereka (Naked) juga posting gambar liquid botol plastik di Facebook mereka dan mengatakan ini liquid versi khusus Indonesia.

Satu Langkah Lebih Jauh … Lagi

Distributor lain mengambil langkah yang lebih jauh lagi. Mohon perhatikan bahwa setelah ini, data saya dapatkan dari interview beberapa pemain lama di industri vape. Ini adalah cerita mereka dan saya tidak mempunyai bukti apakah mereka mengatakan yang sebenarnya atau tidak.Menurut beberapa sesepuh ini, distributor di Indonesia bisa mendatangkan essence dan mencampurnya di Indonesia dengan PG dan VG. Beberapa sesepuh lain juga mengkonfirmasi hal ini dan menambahkan bahwa setelah dicampur, hasil produk akhirnya dikirim ulang ke luar negeri untuk di uji oleh sang pemilik liquid untuk mendapatkan persetujuan.Namun persetujuan dari pemilik liquid tidak berarti rasanya sama persis. Indonesia merupakan pasar yang besar namun tidak mempunyai daya beli sebaik negara-negara maju. Jadi wajar sekali jika distributor Indonesia menggunakan essence yang lebih sedikit/berbeda atau kualitas PG, VG yang berbeda. Pemilik liquid USA kemungkinan besar juga setuju dan tahu mengenai keadaan ini.

Berbeda Kualitas Tapi Tidak Selalu Negatif

Sekilas ini akan memancing kita untuk langsung bereaksi negatif. Namun ini bukanlah sesuatu yang baru di dunia industri. Banyak produk luar negeri mulai dari es krim sampai dengan minuman melakukan hal yang sama.Selain disesuaikan dengan cita rasa Indonesia, para merek ini perlu menjual barang mereka ini berarti harganya tidak bisa sama dengan harga di luar negeri. karena harga tidak bisa sama, maka sesuatu harus berubah, ujung-ujungnya adalah kualitas dan kuantitas bahan yang di pakai.Apakah ini 100% buruk? Tidak juga. Tidak semua vaper mau menghabiskan 270 ribu untuk satu botol liquid 60ml bukan?

Ketika Lokalisasi Liquid Sudah Terlalu Jauh

Modifikasi sedikit, jual dengan lebih murah maka ya semua bahagia. Tapi beberapa liquid benar-benar luar biasa berubah.Saya adalah fans berat dari Jazzy Boba sejak 3-4 tahun lalu, di botol kaca dan segel resmi. Munculah versi lokalisasi dengan botol plastik dengan harga yang super miring. Karateristik bold dari Jazzy Boba hilang, dan cenderung milky manis dengan sedikit jasmin. #RIP Jazzy Boba.Pengalaman serupa saya juga alami dengan Glas Pound Cake. Suatu hari saya sedang mengunjungi toko vape di Bandung. Saya sebelumnya tidak pernah mencoba Glas Pound Cake, tapi tahu bahwa ini adalah liquid juara (secara literal, memenangkan penghargaan) di USA sana.Saya juga kebetulan pernah mencoba Glas Milk 75ml dengan harga yang sangat mahal (namun packaging yang mewah), jadi saya tahu standar liquid mereka.Ketika melihat tester yang masih penuh, saya pun tertarik untuk langsung menetesnya. Seketika itu penjaga toko vape memperingati saya. Bro yang itu coba terakhir aja, rasanya tidak jelas dan pasti ingin ganti kapas setelahnya. Saya pun menurut saja dan setelah membeli Pasific Shangha saya pun kembali ke Pound Cake, sang penjaga pun sudah mulai tersenyum lagi seiring saya menetes. Exhale pertama, dan WTF…. apa ini. Sang penjaga pun tertawa.Saya mengatakan mungkin ini batch jelek, sang penjaga mengatakan itu botol ke tiga yang di buka karena dia juga merasakan hal yang sama. Namun semuanya terasa seperti itu.Dan jangan membuat saya memulai dengan Cafe Racer Croissant, liquid yang satu ini bahkan membuat saya ingin muntah setelah belasan exhale.Saya kasih contoh terakhir, sebuah liquid yang terakhir saya coba baru-baru ini, Boyds Bounty.Profil rasanya adalah Oatmeal Raisin Cookie dipped in Milk with a Tobacco finish. Di luar sana harganya rata-rata $8-$13 atau sekitar Rp130.000 untuk 30ml.Boyds Bounty 30 to 60mlAwal tahun 2017 EJM menjual dengan harga sekitar Rp130.000 untuk 30ml dengan botol kaca. Bulan lalu Boyds Bounty mulai terlihat kembali dengan botol plastik, harganya cenderung tetap Rp135.000 namun untuk 60ml. Haha…Saya sempat mencoba testernya di toko vape (di tempat yang sama saya beli Smart Vape Xen), saya ingin menangis dan ganti kapas.

Tiga Jenis Liquid USA yang Beredar di Indonesia

Jadi sebagai kesimpulan ada beberapa tipe liquid USA yang beredar di Indonesia.#1 Liquid USA Murni. Liquid ini adalah liquid asli tanpa ada perubahan apa-apa. Jumlahnya sedikit dan harganya mahal. Contoh Blewbacco, Charlie Noble, Charlie Chalk, atau Five Pawn.#2 Liquid USA versi lokalisasi. Liquid tipe ini mempunyai beberapa perubahan seperti bahan botol, kualitas cetak label, dan kepekatan yang berkurang. Harga masih wajar, dan rasa masih wajar. Berubah memang tapi mengingat harganya yang masih bersahabat, boleh lah. Contoh Naked, Jam Monster, VCT.3# Liquid USA versi modifikasi berat. Liquid tipe ini sudah mengalami banyak perubahan. Mulai dari kemasan sampai dengan komposisi. Rasa bisa berubah dari profil aslinya, rasa manis berbeda, warna liquid berbeda jauh. Kuantitas banyak sekali di pasaran dan harga murah sekali sampai tidak masuk akal. Contoh semua liquid EJM dengan harga Rp100.000 – Rp130.000 (60ml) dan versi harga Rp180.000 (100ml).Ini bukan post untuk menyerang distributor tertentu. EJM mempunyai jasa yang cukup besar di dunia vaper di Indonesia, saya adalah fan akut mereka di tahun awal mereka. Mereka membawa banyak liquid enak di awal dan memperkenalkan saya kepada liquid-liquid terbaik yang sampai sekarang masih menjadi favorit saya.Namun saya tidak bisa bilang saya masih fan mereka sekarang, terutama dengan liquid yang beredar belakangan ini. No, thank you.

Bicara Memang Mudah, Apa Buktinya?

Saya berkesempatan untuk membeli Naked Lava Flow USA versi kaca dan botol. Harga Lava Flow yang bersegel USAVapeLab ini adalah Rp300.000 sedangkan versi CreativLab adalah Rp180.000.Naked USA vs LokalSaya menggunakan build kembar seperti berikut:
  • Mod: Triade DNA 250 dan Asmodus Boost 155w
  • Kapas: Wicking baru Cotton Bacon Prime
  • Coil: Dual Alien 3mm Twisted Messes (kembar)
  • Baterai: VTC 5A
  • Watt: 65 WAtt
  • Ohm: 0.16
  • Airflow: Buka setengah
  • RDA: Reload X (kembar – review menyusul yah)
Kedua liquid ini juga masih sama-sama segar. Kebetulan CreativLabz baru restock besar-besaran dan tetiba beberapa toko vape favorit saya sudah memajangnya di etalase mereka.Vape TestUntuk membuat lebih menantang, saya meminta orang lain untuk meneteskan kedua liquid ini secara acak dan saya tidak tahu liquid mana yang ditaruh di mod mana.Dari tiga percobaan yang saya lakukan, saya benar semua. Lava Flow dengan segel USAVapeLab lebih enak. Rasa strawberry unik khas Naked yang saya kenal dari lama menunjukkan dirinya dengan lebih pekat. Keseluruhan rasanya lebih vivid dan kuat secara karakter.Rasa after taste manisnya juga sedikit berbeda. Yang USA lebih terasa seperti manis strawberry sedangkan yang lokal lebih terasa manis sugary. Saya berspekulasi mungkin ini karena penggunaan VG yang berbeda.Di antara vape saya juga meminum jahe untuk membersihkan palet lidah. Saya juga meminum kopi pahit, dan vape tembakau pahit (Black Note Quartet – review menyusul).Saya melakukan ini semua untuk memberikan sebuah penilaian yang adil dan menghilangkan semua faktor yang dapat mempengaruhi hasilnya.Apakah versi lokalnya berbeda jauh sekali? Tidak sama sekali. Bagi orang yang tidak pernah mencoba Lava Flow versi USA asli maka versi yang beredar di Indonesia masih terhitung sangat enak. Tapi bagi saya, perbedaannya cukup jelas.Tapi sekali lagi apakah kamu rela membayar ekstra Rp120.000 untuk rasa yang 10-30% lebih mantap ?Yang saya coba tunjukkan lewat eksperimen ini adalah rasanya memang berbeda. Tapi saya sendiri akan kesulitan jika saya harus membeli liquid USA Rp300.000 setiap minggu, terlalu mahal. Jadi Naked versi ‘lokal’ ini pas untuk kantong lokal.
Bagaimana dengan kamu? Punya pengalaman tersendiri mengenai liquid USA favorit kamu? Sampaikan lewat komentar di bawah yah.

32
Leave a Reply

avatar
14 Comment threads
18 Thread replies
5 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
18 Comment authors
DhitoAgilJawirLG SavaEcho Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Reggy Reynaldy
Guest
Reggy Reynaldy

Lava Flow yang botol kaca beli dimana mas Hendri?
Karena awal saya baca review naked dari mas Hendri langsung tertarik tapi pas dicoba kok agak sedikit berbeda dari ekpektasi yang dibayangkan yah hehe. Penasaran jadinya pengen coba yang botol kaca

Joko
Guest
Joko

Di cikini vape jg ready

Bayu
Guest
Bayu

Betul kang hendri.. dlu saya pecinta naked lava flow yg kaca dan modus molly.. namun disayangkan utk lava flow sdh berbeda rasanya, dan skrg jg Modus Molly jg sdh tidak ada. Kang hendri tau liquid yang mempunyai rasa mirip dgn Modus Molly ?

imam
Guest
imam

Untuk jam monster yg harganya 200ribuan yg 100ml (bukan yg botol 60ml yg murah itu ya), itu skrng gimana om?
Apa penurunan rasanya cukup signifikan atau masih mempunyai rasa yg kuat kyk dulu dateng awal2 ke indonesia?

melon
Guest
melon

wow! ada review yang cukup in depth, sampe ada komparasi segala. emang liquid USA sekarang sedikit ngebingungin ya. mungkin beberapa lebih tepat disebut brand USA aja :)) saya setuju, modifikasi yang rasional emang cukup bikin kantong orang indonesia lebih hepi. masalahnya, saya gak tau mana yang termasuk mana. kalo brand terkenal, kayak yang disebutin di atas udah cukup jelas, tapi masalahnya ada di produk produk baru. saya cenderung jadi takut buat coba merk baru yang mengusung nama USA. akirnya, beli itu lagi itu lagi karena milih dapetin kualitas yang udah teruji pribadi. paling kalo lagi ada rejeki lebih, beli yang… Read more »

Levi
Guest
Levi

Om mau nanya nih ttg liquid tembakau, kalau dideskripsikan rasanya gimana om? Tertarik nih om, tp takut fail soalnya baru mulai vaping seminggu ini jd blm tau prefer liquid rasa apa.

Dewa
Guest
Dewa

Om mau nanya utk liquid di steping/breathing itu emang ngaruh untuk rasanya ya? Aku beli berry berry monchi by hero57 kq rasanya kaya permen karet + bahan kimia ya? Menyengat gitu dan ga enak bgt

Adhee
Guest
Adhee

Tolong rekom liquid fruty yang gak dingin dong .. pliss .. saya suka liquid fruty tapi gak suka sensasi dinginnya ..

Alreza
Guest
Alreza

Jam monster mulai diserang om.. saya beberapa kali menemukan liquid jam monster dengan harga 200an dgn kualitas jauh berbeda. Kalo lg untung jamons masih enak kalo lagi apes jamons rasanya hambar sekali.
Bahkan kapas kayak ditetes air bukan liquid 🙁

Putra Raga
Guest
Putra Raga

Jaman dulu, liquid USA masih ada batas expired nya. yang saya rasa di liquid Mr. E-Liquid tipe Blue Voodoo. dari beli, 3 bulan setelahnya expired. Dan ini benar saya rasakan perubahan rasanya.

Jaman sekarang bagaimana Om? sudah pernah riset tentang ini?

Echo
Guest
Echo

om saya pemula di dunia vaping, selama ini merokok reguler kategori Mild, saya udh beli Pod system, mohon saran nya dong mas, Liquid yang cocok untuk Pod

LG Sava
Guest
LG Sava

Om kalo the milkman yang mango milk itu gimana menurut om?

Jawir
Guest
Jawir

Om,kalau the one udah di modifikasi belom yah,lagi pengen nyoba the one nih

Agil
Guest

Om aku mau tanyak, jadi aku punya rda authentic tapi barel rda x yang caps tengah itu barusan jatuh itu bisa pengaruh ke flavor gak sih om ? Thank

Dhito
Guest

Mantap bang mau tanya frzn unicorn itu jga liquid usa kan apa itu juga hasil lokalisasi ?