RDA Terbaik Featured

Atomizer

Atomizer RDA Terbaik Pilihan VapingJKT

17 Jun , 2017  

Mencari RDA terbaik? Itu juga yang menjadi misi saya sampai sekarang. Namun setelah menekuni dunia persilatan ini selama setahun lebih,  20++ RDA, 10+ RTA, 5+ mod dan puluhan juta saya habiskan, saya datang dengan kesimpulan seperti ini:

Dengan coiling serta wicking yang tepat, hampir semua RDA mempunyai rasa yang mirip. Mari kita lihat RDA dari sisi produsen. Membuat RDA tentu saja membutuhkan uang banyak dan juga waktu yang tidak sedikit untuk riset. Jadi tentu saja para produsen tidak akan asal membuatnya lalu melemparkan ke pasar. Mereka akan mencoba RDA-nya sendiri dan karena mereka juga mengerti vape maka setiap RDA yang dirilis seharusnya sudah cukup bagi para vaper rata-rata.

Jadi sebenarnya dengan setup yang baik dan benar, kamu seharusnya sudah mendapatkan 80% rasa yang seharusnya kamu dapatkan. Desain RDA yang baik akan menekan angka ini ke angka 85%-95% tapi dalam perjalanan saya sangat jarang sekali sebuah design RDA saja dapat membuat perbedaan yang sangat-sangat besar.

RDA atau Atomizer terbaik yang ada dalam daftar ini bukan saja memperhitungkan flavor dan cloud, namun juga fitur dan kemudahan lainnya. Namun sekali lagi RDA apapun yang kamu pilih, dengan setup yang benar akan memberikan kamu rasa yang tidak terlalu berbeda jauh dengan yang lainnya.

Tidak ada gunanya juga kamu menghabiskan 1 juta lebih untuk RDA namun wicking dan coiling tidak tepat, itu tidak akan memberikan kamu flavor yang lebih baik dari RDA Rp400.000 dengan coiling yang benar.

Sekarang setelah kita meluruskan hal terebut, mari kita lihat RDA terbaik pilihan VapingJKT yang berfokus di flavor.

Kennedy 24 – RDA Terbaik Overall

Kennedy merupakan RDA favorit saya karena beberapa hal. Yang pertama flavor yang sangat enak, Goon masih lebih enak namun Kennedy lebih fleksibel. Pasang coil besar ataupun coil sederhana kamu akan mendapatkan flavor yang enak. Kelebihan kedua Kennedy adalah chamber yang besar dan tebal sehingga tidak cepat panas jika menggunakan coil besar seperti Alien atau Stapled Staggered.

Kennedy juga menggunakan bottom air flow sehingga sangat praktis. Setiap kamu menetes liquid kamu tidak perlu memikirkan tentang memasang cap sejajar dengan air flow controller. Saya menemukan bahwa Kennedy dapat bersinar dengan menggunakan coil apa saja, saya biasanya menggunakan simple coil kanthal 24g 6-7 lilit dan sudah tidak perlu memikirkan apa-apa lagi.

Harga Kennedy termasuk mahal sekitar Rp1.000.000 – Rp.1.500.000, namun dengan kualitas build seperti tank baja, saya merasa RDA yang satu ini dapat bertahan lama sekali dan menjustifikasi harganya.

  • Build Quality: 10/10
  • Deck: 9/10
  • Air Flow: 8/10
  • Design: 8/10
  • Perfomance: 9/10
  • Harga: 7.5/10

Velocity V2 – RDA Terbaik Untuk Pemula

Velocity Best RDA

Jika kamu harus memilih RDA untuk pertama kalinya, saran saya adalah Velocity V2. RDA yang satu ini sangat newbie friendly dengan post velocity style. Saya selalu menggunakan simple coil atau maksimum fused clapton dengan AWG kecil.

Salah satu poin positif dari Velocity V2 adalah RDA ini cukup forgiving, yang artinya dengan kemampuan coiling newbie pun rasa yang dihasilkan cukup enak. Cloud chasser juga dapat menikmati RDA ini karena Velocity V2 mempunyai konfigurasi air flow yang sangat banyak. Air flow utama datang dari lubang yang dapat diatur disamping, dan air flow tambahan datang dari bagian atas yang dapat kamu buka sampai 6 lubang.

Setelah kamu bertambah jago dalam dunia vaping, kamu dapat memilih Kennedy atau Goon, tapi Velocity V2 jelas akan menjadi RDA terbaik untuk kamu yang baru saja masuk ke dunia vaping.

  • Build Quality: 9/10
  • Deck: 9/10
  • Air Flow: 9/10
  • Design: 8/10
  • Perfomance: 8/10
  • Harga: 7.5/10

RDA Goon – RDA Terbaik untuk Flavor

Goon Best RDA

Tanpa ragu Goon adalah RDA terbaik untuk urusan rasa. Tetapi untuk dapat bersinar kamu harus menggunakan coil besar seperti Alien atau Fused Clapton. Saya menemukan bahwa coil biasa kurang bersinar di Goon, dan dapat dengan mudah dikalahkan oleh Kennedy, Velocity, atau The Recoil.

Selain rasa, Goon juga merupakan RDA yang sangat fleksibel untuk urusan deck. Kamu dapat melempar coil apapun (besar dan kompleks), dan Goon akan menelannya dengan mudah. Air flow juga terasa sangat pas dengan konfigurasi yang fleksibel, 1 lubang untuk flavor, dan 3 lubang untuk cloud.

Goon adalah RDA terbaik yang sangat-sangat terkenal. Ini berarti kamu dapat menemukan berbagai aksesoris mulai dari drip tips, sampai dengan cap transparan.

Saya merekomendasikan Goon bagi kamu yang suka dengan coil besar dan sudah nyemplung dalam dunia vaping cukup lama. Ini bukanlah RDA yang cocok bagi pemula. Tapi di lain sisi, vapers yang sudah berkelana dapat menemukan RDA terakhirnya di Goon.

Baca ulasan lengkap Goon RDA di sini.

  • Build Quality: 9/10
  • Deck: 10/10
  • Air Flow: 9/10
  • Design: 8/10
  • Perfomance: 9/10
  • Harga: 9/10

The Recoil – RDA Terbaik Dengan Fixed Air Flow

The Recoil Best RDA

The Recoil mengejutkan saya dengan rasanya yang kuat dan pekat. Saya bisa katakan rasanya menempati urutan ketiga setelah Goon dan Kennedy. Kamu juga akan mendapatkan dua cap, satu untuk rasa, satu untuk cloud chasser. Sebenarnya perbedaannya terletak dari besar lubang air flow saja.

The Recoil menggunakan fixed air flow sehingga kamu tidak dapat mengaturnya, namun saya menemukan besarannya sangat pas. Air Flow dibuat miring ke bawah sehingga ketika kamu sedot udara akan langsung di arahkan ke coil.

Salah satu tantangan utamanya adalah memasang coil, tidak terlalu sulit namun tidak terlalu mudah. Terutama memasukkan kapas ke juice well ketika menggunakan coil yang cukup besar. Namun semua ini setimpal dengan rasa yang vivid dan flavorful.

  • Build Quality: 9/10
  • Deck: 8/10
  • Air Flow: 8/10
  • Design: 8/10
  • Perfomance: 9/10
  • Harga: 8/10

Wotofo Lush Plus – RDA Terbaik dengan Harga Termurah

Wotofo Lush Plus

Saya sebelumnya tidak pernah menyangka bahwa RDA dengan harga Rp300.000 bisa menandingi RDA dengan harga 2-4x lipat. Dengan memasang dual coil simple kanthal kamu akan mendapatkan rasa yang sangat padat dan pekat. Bahkan terkadang saya merasa terlalu pekat sampai-sampai saya merasa terlalu aneh.

Wotofo Lush Plus mempunyai deck yang unik yang dapat mengakomodasi berbagai tipe coil, tetapi karena saya adalah pecinta simple coil saya biasanya menggunakan post tengah saja dan tidak menggunakan post samping.

Satu komplain saya mengenai Wotofo Lush Plus adalah karetnya yang terlalu besar sehingga ini menjadi gangguan ketika metutup dan membuka untuk menetes liquid. Juice well juga cukup dangkal sehingga kamu harus sering menetes. Saya bisa mengerti juice well kecil ini untuk mengurangi ukuran chamber namun terkadang bisa merepotkan untuk sering menetes. Semua terbayar ketika kamu mendapatkan rasa ejuice yang sangat vivid.

Jika kamu membeli Wotofo Lush Plush maka coba tetes liquid favorit kamu dan temukan rasa yang sebelumnya kamu tidak pernah rasakan.

  • Build Quality: 7.5/10
  • Deck: 7.5/10
  • Air Flow: 8/10
  • Design: 8/10
  • Perfomance: 9/10
  • Harga: 10/10

Hobbo Custom Drifter – RDA Terbaik dengan Chamber Terkecil

Hobo Drifter Best RDA

Hobbo Custom Drifter adalah RDA dengan chamber terkecil dan juga dengan harga termahal ada di dalam daftar ini. Kualitas build sangat baik dan memang menunjukkan kualitas premium. Hobbo Custom Drifter juga dapat digunakan secara single coil dan dual coil, walaupun rasa terbaik saya dapatkan dengan konfigurasi dual coil.

Dari segi pemasangan coil, hobbo terhitung cukup tricky namun tidak sesulit yang dibayangkan. Pemasangan coil mempunyai peran penting di sini untuk mendapatkan rasa maksimal. Saya menyukai juice well yang secara mengejutkan cukup dalam walaupun RDA ini terlihat sangat kecil.

Walaupun mempunyai kemampuan menampung coil besar namun kamu akan merasa terlalu panas. Build terakhir yang saya gunakan adalah fused clapton yang sebenarnya sudah hampir tidak nyaman karena panas, tapi rasanya sangatlah luar biasa.

Saya tidak akan menyarankan RDA Hobbo Custom Drifter kepada pemula karena harganya yang mahal. Namun para vaper veteran, akan mengerti mengapa saya memasukan Hobbo Custom drifter kedaftar ini. Kemampuannya untuk menonjolkan berbagai rasa liquid kamu terbilang sangat luar biasa jika dibandingkan dengan RDA lainnya.

  • Build Quality: 10/10
  • Deck: 8/10
  • Air Flow: 8.5/10
  • Design: 8/10
  • Perfomance: 9/10
  • Harga: 7/10

Jadi itulah kumpulan RDA terbaik versi VapingJKT, tentu saja ada banyak RDA legendaris lainnya yang ada diluar sana. Namun tidak masuk ke dalam daftar ini karena saya belum mencobanya langsung. Saya tentu saja tidak akan pernah menyarankan sebuah RDA yang saya tidak pernah coba sendiri. Happy Vaping!

Featured image by Natevapez 


69
Leave a Reply

avatar
24 Comment threads
45 Thread replies
8 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
27 Comment authors
13131313131313AjiToniYudhi Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Malik
Guest
Malik

om mau tanya bedanya kennedy 24 yang 2 post sama 3 post apa ya? soal flavour gak ada bedanya kan?

Firnas Prawira
Guest
Firnas Prawira

Halo om..ngeliat cerita om bkin ngeri untuk habisin uang sgtu bnyk untuk vape dll tpi kereenn😀😊😎 Om mnt saran yg mana pas bngt aq bru masang wotofo lush plus smlm..ya aq newbie om di dunia vape awal pke pico non oten alias ktipu alias ga sabar untuk googling cri mod dan skrg sdh pke charon 218 tc dan awaln pke charon ya pke rda druga clone tnyta kmaren yg bkin smlm hrs dadakan ganti rda krn sempet error mod yaa 1-3 kali tertulis no atomizer dan ohm di 0.3 jdi kata vape store hrs ganti rda oten klo mw mod… Read more »

rahadyan
Guest
rahadyan

hi salken, saya newbie di dunia vape. saya baru beli apocalypse gen 2 yang gold deck, agak bingung kalau pake kawat simple ohm di bawah 0,15. jd akhirnya pakai clapton, untuk flavor kalo dibandingkan dengan goon yang V 1,5 (sudah dilego untuk nebus apocalypse) kayanya hampir-hampir sama dengan build kawat+kapas+liquid yg sama..cuma di apocalypse flavor lebih smooth dan HT berkurang daripada dengan goon. penasaran sama kennedy, tapi di kota saya ga ada yang jual. menurut om sendiri bagaimana apa harus pindah ke kennedy atau tetap dengan apocalypse? trims sukses selalu

Andreas
Guest
Andreas

Om mau tanya nih, menurut om lebih prefer ke rda oten yg mana nih ya dr segi flavour antara goon 528, dead rabbit, recoil, dan apocalypse? Thanks

Johnny
Guest
Johnny

Malam om, ulasannya sangat membantu. Saya sekarang pake apocalypse, tm 24 dan goon v1 oten semua ya om, saya anti clone. Ketiga rda itu punya rasa yg hampir sama cuma beda karakter, tp kalo maen di coil besar goon juara. Tp kok waktu saya nyoba hadaly punya temen, lewat semua ke3 rda saya soal flavor. Yg mau saya tanyakan, apa bener rda single coil itu khusus dibuat utk flavor chaser? Rda macem narda, armr, solo, entheon, gambit, haku itu apa emang bener2 high end, mohon reviewnya
Terima ksih sblmnya

Ariesto Besoes
Guest
Ariesto Besoes

tsunami g msuk om ? tp sy setuju sm rda yg disebutin diatas. awal pke velo v2, nyoba kennedy yg wow, dan akhrnya berlabuh di tsunami yg sesuai kantong & build nya gmpg. nice review om . keep on good post !

rafael
Guest
rafael

klo cosmonaut gmn om?pgn ambil cm masih ragu2 ..hehee..oiya sama entheon dan hyon klo ud prnh nyobain minta reviewnya jg ya om..makasi

Kiki
Guest
Kiki

Dear vapingjkt,

Tentang RDA
Om kalo dari segi flavor…, Bottom vs side airflow itu asik mana sih?
Apakah diameter rda diameter mempengaruhi flavor juga?, Sementara ini saya masih prefer basic coil aja spt khantal 24g 3mm 6wraps dual..
Thanks

Mazhenz
Guest
Mazhenz

om Hendri klo untuk Mod Lavabox single batre untuk atomizer recommended apa om? maklum masih pemula bgt di bidang pervapean..

Yudha
Guest
Yudha

Permisi om mau nanya soal RDA nih hehe
kadang-kadang pas copot itu RDA dari mod nya, ada basah-basah dibagian lingkaran sambungan RDA dengan mod . itu kenapa yah penyebabnya? apakah RDA saya leaking? so far sih liquidnya belum sampe masuk ke connector pin di mod nya .. tapi apakah berbahaya yah jika ada liquid masuk di antara connector pin nya?

kondisi skrg pake rda authentic dari dead rabbit om .

mohon pencerahannya yah .. bingung aja rata2 ga ada yg kaya bgini kasusnya untuk RDA

Donald
Guest
Donald

Dear Bro Hendri Salim Terimakasih sudah banyak melakukan riset di dunia pervapingan indo, saya sebagai pemula merasa banyak terbantu dengan tulisan tulisan masbro dari mod, e liquid sampai atomizer mana yang harus dipilih seorang pemula seperti saya ( semoga terus memberikan informasi lewat tulisan tulisan yang bagus. independent dan berkualitas ). (y) sementara ini saya memakai mod Asmodus Minikin Boost, dan RTA OBS Engine dengan pertimbangan tinggal isi dan anti leaking …, ada keinginan untuk membeli RDA sebagai senjata tambahan setelah membaca ulasan atomizer terbaik ini … ada 3 pilihan yang sesuai dengan range bugdet saya, yaitu Wotofo Lush Plus… Read more »

Supriyanto Agung
Guest
Supriyanto Agung

Mau tanya Om kalo rda mad dog bagus gak dari segi flavour? Enaknya pasang coil di atas post ato ditengah post? M

andre yoniar
Guest
andre yoniar

om mau tannya. sy skrng lg pake CSMNT. kira2 upgradenya ke rda apa ya om? klo hobo driftter apakah lebih enak?

Bian
Guest
Bian

Om usul review rda hellfire viper v2 dong..penasaran gimana sih rasanya pake rda yg kyk ginian..

Efoel
Guest
Efoel

Maaf om mau nanya, saya paké mod Tesla steampunk 220w, atomiser wotofo lush plus coil kanthal dia 3mm 6 lilit, yang saya tanyakan kenapa ya kok boros liquid kalau dibanding mod yang lain, menurut om settingan yang bagus gimana ya

Carlos
Guest
Carlos

Mas, untuk wotofo lush plus saya masih bingung untuk setting coilnya.. Kebetulan setelah membaca review mas hendri jadi tertarik dengan rda ini.

Sudah mencoba 5-6 lilit diameter 3mm dan 2,5mm dgn khantal. Penempatan dibawah baut (saya menggunakan post tengah saja) Tetapi belum mendapatkan flavour yg diharapkan. Malah kalah dari artha rda saya.. Setting di 45-55 tp masih tipis untuk segi flavour

Kapas menggunakan brotherhood..

Guest
Guest
Guest

Artha rda jos juga om soal flavour, tapi saya serng kena spitback. Kira kira itu kenapa ya? Saya udah bandingin artha rda dengan dead rabbit sama vp rda punya temen. Mereka lebih doyan artha punya saya yang notabene lebih murah. Ditunggu review artha versi om salim ya 🙂

Yohannes
Guest
Yohannes

Terima kasih om atas ulasannya, sangat membantu. Btw saya sudah punya beberapa rda, diantaranya Maze rda, Lush Plus rda, Rashomon rda, Recoil rda dan Pulse BF 24 rda. Dan memang yang paling enak sejauh ini ada Recoil rda (harganya ga bohong) hehe. Flavour dari recoil terasa lebih pekat. Mungkin karena capnya yang tebal, sehingga walau diameter 24 tapi rasa yg dihasilkan lebih pekat. Dari ulasan om diatas jadi ingin mencoba untuk beli Goon. Pertanyaannya rekomendasinya untuk Goon 24 atau Goon 22 ya? Dan perbedaannya dimana ya om? Satu lagi pertanyaan saya adalah, apakah model dan ukuran drip tip dapat mempengaruhi… Read more »

tyan
Guest
tyan

sore bos, ane mau minta saran untuk flavour diantara RDA recoil rebel, 528 custom goon dan twisted messes 24 pro pilih yg mana ya?

Gabow
Guest
Gabow

Om hendi, saya newbie nih om mwu beli mod vaporesso tarot rda ny yang cocok ap y om

Alung
Guest
Alung

Om, ada rekomendasi beli recoil v1 (the recoil, bukan yg rebel) atau goon v1 dimana gak? Abis baca reviewan om sy pengen nyoba tp udh pd ga jual nih

Yudhi
Guest
Yudhi

Om sya mau tanya lebih baik beli hadaly (sxk) atau entheon (sxk)??
Masih bingung sya mau beli yg mna!
Dan mna yg lbih bgus mnrut om klo untuk ngejar flavournya?

Toni
Guest
Toni

om, mau tanya kalau rda yg paling cocok buat istick pico 75 watt apa ya om. saya pemula om mau cobain rda nih…

131313
Guest
131313

mau tanya dong om please bnget di jawab ya, RDA yang lebih enak dari cosmonaut flavournya apa aja ya yg udah pernah di coba?, Trus kalo RDA recoil rebel vs comonaut itu flavournya enakan mana?