Salt Nicotine 101 – Apa? Mengapa? Bagaimana?

Hendri Salim eLiquid, Salt, Tips & Trick 2 Comments

Dulu para perokok akan bingung melihat vape. Benda elektronik kecil ini mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan cloud yang tebal.

Sekarang kita para vaper mulai bingung melihat para podder (okay ini nama yang jelek untuk para pengguna pod). Liquid 50mg, apa mereka gila?

Hari ini kita akan belajar singkat mengenai apa itu salt nicotine. Mungkin di akhir artikel ini kamu akan tertarik untuk mencobanya, karena harus saya akui pod system sangat berguna dibeberapa momen tertentu.

Nicotine 101

Surprise! Nicotine yang ada di daun tembakau alami sebenarnya mengandung salt (namun bukan dalam bentuk garam dapur). Jadi terlepas dari konsepsi umum, salt nicotine adalah bentuk alami dari nicotine.

Masalahnya adalah karena mengandung salt, nicotine jadi lebih sulit diserap tubuh. Ini berarti kamu harus mengonsumsi banyak tembakau untuk bisa merasakan efek nikotinnya.

Tapi semua ini berubah di tahun 1960 ketika perusahaan Phillip Morris (rokok Marlboro) menemukan cara untuk meningkatkan tendangan nikotin di rokok tanpa harus menambah jumlah tembakau. Caranya adalah dengan memproses tembakau dengan amonia. Ini menjadikan nicotine lebih nendang atau lebih efektif.

Proses dengan amonia ini melepaskan muatan positif (yang didapat dari salt) yang ada di nikotin sehingga diserap tubuh lebih baik. Selanjutnya nicotine tipe ini kita sebut sebagai freebase nicotine.

Semua rokok pabrikan modern dan juga liquid vape menggunakan freebase nicotine karena lebih efektif (dan juga adiktif) dibanding nicotine alami.

Phillip Morris 2.0

Kalau salt membuat nicotine lebih sulit diserap mengapa sekarang mulai trending lagi?

Hal ini dipicu oleh PAX, perusahaan dibalik pod system bermerek Juul yang sangat terkenal itu. Mereka melakukan modifikasi terhadap salt nicotine seperti yang dilakukan Phillip Morris di tahun 1960.

Juul Pod Sytem

Mereka memproses salt nicotine (nicotine alami) dengan benzoic acid, hasilnya adalah:

  • Nicotine dapat menguap dengan lebih efektif di suhu rendah dan mempunyai throat hit yang lebih halus.
  • Salt Nicotine menjadi lebih mudah diserap tubuh.

Tujuan utama PAX adalah menciptakan sensasi nicotine yang sangat mirip dengan rokok. Liquid biasa mempunyai tantangan ekstra karena mereka harus menaikkan kadar nicotine agar setara rokok, tapi ini juga menaikkan throat hit dan tidak semua vaper kuat dengan 6mg atau 9mg.

Juul Nicotine

Seperti yang bisa kamu lihat di grafik di atas, salt nicotine dari Juul mampu diserap tubuh lebih banyak dari liquid biasa, dan bahkan hampir mendekati rokok. Ini berarti kamu tidak perlu menghisap sebanyak liquid nicotine biasa untuk mendapatkan sensasi yang sama.

Sebagai kesimpulan:

  • Salt Nicotine yang diproses dengan benzoic acid mampu memberikan tendangan nicotine yang lebih efektif dari nicotine freebase.
  • Throat hit salt nicotine jauh lebih rendah dari freebase nicotine (dengan dosis yang setara).
  • Satu kali hisap salt nicotine mampu diserap tubuh hampir 10x lebih banyak (dan cepat) dari  nicotine biasa.

Itu Teorinya, Prakteknya?

Umumnya salt nicotine terendah yang beredar di Indonesia adalah 25mg. Untuk ukuran ini saya bisa bilang throat hit memang minimal, sangat smooth dan tendangan nicotine lebih nendang dari liquid biasa. Tiga sampai lima puff saja sudah membuat kepala ringan di pagi hari.

Untuk salt nic 45-50mg, throat hit sebenarnya sudah terbilang galak, dada juga sering sesak (sulit bernapas) di puff pertama atau kedua. Tendangan nicotine sangatlah keras, sehingga kamu cukup melakukan puff 1-5x untuk satu sesi saja.

Jadi jika kamu baca nicotine salt itu smooth dan lalu membeli yang 50mg maka ya kamu juga mungkin akan sulit bernapas seiring puff. Tapi lama-lama kamu akan dapat terbiasa dan nicotine salt 25mg akan terasa biasa saja.

Mengapa Salt Nic Mempunyai Nicotine yang Tinggi?

Alasan pertama adalah walaupun sudah mudah diserap tubuh (karena benzoic acid) namun tidak berarti sangat-sangat mudah. Nicotine tetap ditambahkan lebih untuk mengakomodasi penyerapan yang tidak 100% efektif.

Alasan kedua adalah karena desain industri. PAX (perusahaan Juul) mungkin ingin menjual lebih dari sekedar liquid, jadi mereka juga merancang mod sendiri yang praktis dan mendapatkan keuntungan. Tidak semua orang ingin menenteng mod 3 baterai dengan lebih dari 15 setting bukan?

Mereka membuat device yang kecil tanpa setting sehingga mudah digunakan. Device kecil datang dengan baterai kecil dan daya yang kecil juga, sehingga penguapan nicotine menjadi tidak efektif karena tenaganya yang kecil.

Jalan keluarnya? Tambahkan nicotine lagi.

Apakah Salt Nic Lebih Irit?

Jika kita lihat dari harga permililiter, maka salt nic lebih mahal.

USA Liquid 60ml dijual dengan harga rata-rata Rp180.000 atau sekitar Rp3.000 untuk 1 mililiter.

USA Salt Nic 30ml dijual dengan harga rata-rata 230.000 atau sekitar Rp7.500 untuk 1 mililiter atau 2.5x lebih mahal dari liquid biasa.

Tapi pada prakteknya salt nic jauh lebih irit daripada liquid biasa.

Misalnya dalam 1 sesi vape kamu menarik sekitar 15-20 exhale di liquid biasa. Di salt nic kamu cukup menarik 1-5x untuk mendapatkan sensasi yang sama.

Belum lagi fakta bahwa di pod system liquid yang menjadi vapor lebih sedikit karena tenaga yang kecil (lebih sedikit vapor, lebih irit liquid).

Salt nic 30ml yang saya beli, bertahan 5 minggu sedangkan liquid USA 60ml biasanya bertahan 10 hari saja. Saya bahkan belum membandingkannya dengan liquid salt lokal yang harganya bisa mencapai Rp100.000 (sangat-sangat murah dan bertahan lama).

Apakah Liquid Salt Nic Lebih Enak?

Secara teori harusnya iya. Karena Salt Nic lebih stabil ini berarti lebih tahan lama dan tidak mengubah atau mempengaruhi rasa sama sekali.

Secara praktek? Tidak sama sekali.

Fungsi utama dari pod system dan salt nic adalah mengirim nikotin ke tubuh. Rasa hanyalah sebuah bonus saja. Jadi ya rasanya sangat tipis sekali, layering juga sering sekali bersembunyi dan beberapa rasa malah bisa terasa berbeda sekali jika dibandingkan versi normalnya.

Jika kamu beralih ke pod system untuk mencari rasa maka ya, salah besar.

Tapi mengapa rasanya loyo? Karena tenaganya juga loyo. Rata-rata pod hanya menggunakan 7-15 watt saja. Sulit sekali mendapatkan rasa dan layering yang pekat dari tenaga 15watt terlepas dari besarnya ohm coil.

Jika kamu datang dari RDA dual coil dan sudah mendapatkan setting flavor yang optimal maka ya akan sangat jauh berbeda. Tapi jika kamu datang dari rokok maka masih bisa dibilang peningkatan rasa.

Apakah Salt Nic Berbahaya?

Dibanding tidak mengonsumsi nicotine sama sekali. Ya lebih berbahaya.

Dibanding liquid freebase? Belum ada penelitian jangka panjang mengenai hal ini.

Ada yang bilang benzoic acid berbahaya di suhu tinggi, tapi karena pod system menggunakan watt kecil maka masih relatif aman. Ada juga penelitian yang mengatakan di 300 derajat pun benzoic acid masih stabil dan tidak terurai atau bereaksi.

Kesimpulannya adalah belum ada penelitian yang konklusif mengenai efek jangka panjang bencozic acid. Bisa saja ada efek negatif yang besar, bisa jadi tidak ada apa-apa.

Sebagai pengingat hal yang sama juga terjadi di liquid vape biasa (freebase), belum ada penelitian jangka panjang yang konklusif dan dunia terbagi atas dua bagian besar, pro dan kontra.

Namun ada satu hal yang bisa berpotensi berbahaya. Salt nic adalah nicotine yang sangat smooth, throat hit minimal dan rasanya tidak terlalu tebal. Artinya kamu bisa saja menghisap terlalu banyak dan tidak menyadarinya, setelah sesaat nicotine yang banyak ini mulai melepaskan efeknya dan jika terlalu banyak kamu bisa keracunan nicotine dengan tanda-tanda:

  • Mual
  • Sakit perut
  • Pusing
  • Nafas tidak beraturan
  • Lemas

Namun biasanya tidak fatal, istirahat beberapa jam dan badan akan membaik. Jika kamu pertama kali mencoba salt nic, jangan hisap terlalu banyak, hisap 1-3x dan biarkan nicotine bekerja sebelum menghajarnya lagi. Setelah ini kamu dapat mengetahui seberapa baik tubuh kamu menghadapi salt nic.

Apakah Saya Akan Suka Salt Nic?

Jika nicotine adalah tujuan utama kamu maka ya. Salt nic diserap lebih cepat dan memberikan kamu tendangan lebih cepat dari vape.

Jika kamu mencari rasa atau flavor maka tidak. Untuk mendapatkan rasa yang penuh kamu harus menggunakan watt yang tinggi, dan itu hampir tidak mungkin di pod system. Jika kamu tetes di RDA maka kamu dapat keracunan nicotine, karena jumlah nicotine yang tinggi ditambah pemanasan yang sangat tinggi = nicotine masuk ke tubuh dengan jumlah yang sangat banyak sekali.

Ketersediaan Salt Nic di Indonesia

Liquid salt nicotine bisa dibilang sedang naik daun Indonesia. Mungkin tidak semua toko vape menjualnya, tapi ada cukup banyak pilihan tersedia di toko online seperti Tokopedia.

Liquid salt nic USA rata-rata dijual dengan harga Rp250.000, sedangkan liquid salt nic lokal dijual dengan harga mulai dari Rp130.00. Kebanyakan yang saya lihat mempunyai kandungan nicotine 25mg, 45mg dan 50mg, walaupun dari pengamatan liquid 45mg dan 50mg cenderung lebih banyak dijual ketimbang 25mg.

Satu hal yang menarik adalah ada beberapa liquid salt nic USA yang masuk ke Indonesia, tapi versi normalnya tidak. Contohnya seperti liquid Milk Man yang walaupun cukup terkenal di luar sana, sangat sulit ditemukan di Indonesia., namun Salt Milk Man tidak terlalu sulit dicari di pasaran.

Rekomendasi Liquid Salt Nic Terbaik

Saya belum mencoba banyak liquid salt nic untuk berani menyebutnya terbaik tapi saya punya beberapa saran untuk kamu yang ingin mulai.

Liquid Salt Nic USA

  • Seri Salt Nic Naked – Ulasan versi normal (freebase) bisa kamu baca di sini.
  • C.R.E.A.M – Saya baru mencoba tobacco cream dan strawberry pound cake. Sama sekali tidak buruk dan mereka datang dengan ukuran 15ml, sangat pas untuk mencoba-coba.
  • Beard Salt Nic  Strawberry Cheesecake – Tidak terlalu pekat, namun di pod tidak ada yang terlalu pekat juga.
  • Milk Man Sweet Mint – Rasanya cukup sederhana, daun mint yang manis, hampir seperti mojito namun tanpa lemon dan rum. Rasa mint dan sensasi dinginnya cukup kuat.
  • Ripe Vapes VCT – Rasa tembakaunya cukup malu-malu ketimbang versi normalnya. Namun tetap lumayan, ringan di rasa, nonjok di nicotine.

Liquid Salt Nic Lokal

  • TruSalt – Tembakau ringan yang mudah dinikmati dengan sentuhan dingin. Sempurna sehabis makan, review menyusul :).
  • Hero57 Moon Rabbit – Mochi kacang, rasanya cukup kuat walaupun di pod system sekalipun!
  • Moods Tobbaco Strawberry – Tembakau yang juga mudah dinikmati dengan tambahan rasa strawberry.

Favorit saya adalah Don Apple yang merupakan liquid bourbon apple, namun saya tidak masukkan di atas karena sudah langka di pasaran.

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Hendri SalimT-Wicks Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
T-Wicks
Guest
T-Wicks

thankyou for this usefull article…
especially for vapers like me, who vaping in demands & doesn’t just follow the current