Salt Nicotine 101 – Apa? Mengapa? Bagaimana?

Hendri Salim eLiquid, Salt, Tips & Trick 101 Comments

Dulu para perokok akan bingung melihat vape. Benda elektronik kecil ini mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan cloud yang tebal.Sekarang kita para vaper mulai bingung melihat para podder (okay ini nama yang jelek untuk para pengguna pod). Liquid 50mg, apa mereka gila?Hari ini kita akan belajar singkat mengenai apa itu salt nicotine. Mungkin di akhir artikel ini kamu akan tertarik untuk mencobanya, karena harus saya akui pod system sangat berguna dibeberapa momen tertentu.

Nicotine 101

Surprise! Nicotine yang ada di daun tembakau alami sebenarnya mengandung salt (namun bukan dalam bentuk garam dapur). Jadi terlepas dari konsepsi umum, salt nicotine adalah bentuk alami dari nicotine.Masalahnya adalah karena mengandung salt, nicotine jadi lebih sulit diserap tubuh. Ini berarti kamu harus mengonsumsi banyak tembakau untuk bisa merasakan efek nikotinnya.Tapi semua ini berubah di tahun 1960 ketika perusahaan Phillip Morris (rokok Marlboro) menemukan cara untuk meningkatkan tendangan nikotin di rokok tanpa harus menambah jumlah tembakau. Caranya adalah dengan memproses tembakau dengan amonia. Ini menjadikan nicotine lebih nendang atau lebih efektif.Proses dengan amonia ini melepaskan muatan positif (yang didapat dari salt) yang ada di nikotin sehingga diserap tubuh lebih baik. Selanjutnya nicotine tipe ini kita sebut sebagai freebase nicotine.Semua rokok pabrikan modern dan juga liquid vape menggunakan freebase nicotine karena lebih efektif (dan juga adiktif) dibanding nicotine alami.

Phillip Morris 2.0

Kalau salt membuat nicotine lebih sulit diserap mengapa sekarang mulai trending lagi?Hal ini dipicu oleh PAX, perusahaan dibalik pod system bermerek Juul yang sangat terkenal itu. Mereka melakukan modifikasi terhadap salt nicotine seperti yang dilakukan Phillip Morris di tahun 1960.Juul Pod SytemMereka memproses salt nicotine (nicotine alami) dengan benzoic acid, hasilnya adalah:
  • Nicotine dapat menguap dengan lebih efektif di suhu rendah dan mempunyai throat hit yang lebih halus.
  • Salt Nicotine menjadi lebih mudah diserap tubuh.
Tujuan utama PAX adalah menciptakan sensasi nicotine yang sangat mirip dengan rokok. Liquid biasa mempunyai tantangan ekstra karena mereka harus menaikkan kadar nicotine agar setara rokok, tapi ini juga menaikkan throat hit dan tidak semua vaper kuat dengan 6mg atau 9mg.Juul NicotineSeperti yang bisa kamu lihat di grafik di atas, salt nicotine dari Juul mampu diserap tubuh lebih banyak dari liquid biasa, dan bahkan hampir mendekati rokok. Ini berarti kamu tidak perlu menghisap sebanyak liquid nicotine biasa untuk mendapatkan sensasi yang sama.Sebagai kesimpulan:
  • Salt Nicotine yang diproses dengan benzoic acid mampu memberikan tendangan nicotine yang lebih efektif dari nicotine freebase.
  • Throat hit salt nicotine jauh lebih rendah dari freebase nicotine (dengan dosis yang setara).
  • Satu kali hisap salt nicotine mampu diserap tubuh hampir 10x lebih banyak (dan cepat) dari  nicotine biasa.

Itu Teorinya, Prakteknya?

Umumnya salt nicotine terendah yang beredar di Indonesia adalah 25mg. Untuk ukuran ini saya bisa bilang throat hit memang minimal, sangat smooth dan tendangan nicotine lebih nendang dari liquid biasa. Tiga sampai lima puff saja sudah membuat kepala ringan di pagi hari.Untuk salt nic 45-50mg, throat hit sebenarnya sudah terbilang galak, dada juga sering sesak (sulit bernapas) di puff pertama atau kedua. Tendangan nicotine sangatlah keras, sehingga kamu cukup melakukan puff 1-5x untuk satu sesi saja.Jadi jika kamu baca nicotine salt itu smooth dan lalu membeli yang 50mg maka ya kamu juga mungkin akan sulit bernapas seiring puff. Tapi lama-lama kamu akan dapat terbiasa dan nicotine salt 25mg akan terasa biasa saja.

Mengapa Salt Nic Mempunyai Nicotine yang Tinggi?

Alasan pertama adalah walaupun sudah mudah diserap tubuh (karena benzoic acid) namun tidak berarti sangat-sangat mudah. Nicotine tetap ditambahkan lebih untuk mengakomodasi penyerapan yang tidak 100% efektif.Alasan kedua adalah karena desain industri. PAX (perusahaan Juul) mungkin ingin menjual lebih dari sekedar liquid, jadi mereka juga merancang mod sendiri yang praktis dan mendapatkan keuntungan. Tidak semua orang ingin menenteng mod 3 baterai dengan lebih dari 15 setting bukan?Mereka membuat device yang kecil tanpa setting sehingga mudah digunakan. Device kecil datang dengan baterai kecil dan daya yang kecil juga, sehingga penguapan nicotine menjadi tidak efektif karena tenaganya yang kecil.Jalan keluarnya? Tambahkan nicotine lagi.

Apakah Salt Nic Lebih Irit?

Jika kita lihat dari harga permililiter, maka salt nic lebih mahal.USA Liquid 60ml dijual dengan harga rata-rata Rp180.000 atau sekitar Rp3.000 untuk 1 mililiter.USA Salt Nic 30ml dijual dengan harga rata-rata 230.000 atau sekitar Rp7.500 untuk 1 mililiter atau 2.5x lebih mahal dari liquid biasa.Tapi pada prakteknya salt nic jauh lebih irit daripada liquid biasa.Misalnya dalam 1 sesi vape kamu menarik sekitar 15-20 exhale di liquid biasa. Di salt nic kamu cukup menarik 1-5x untuk mendapatkan sensasi yang sama.Belum lagi fakta bahwa di pod system liquid yang menjadi vapor lebih sedikit karena tenaga yang kecil (lebih sedikit vapor, lebih irit liquid).Salt nic 30ml yang saya beli, bertahan 5 minggu sedangkan liquid USA 60ml biasanya bertahan 10 hari saja. Saya bahkan belum membandingkannya dengan liquid salt lokal yang harganya bisa mencapai Rp100.000 (sangat-sangat murah dan bertahan lama).

Apakah Liquid Salt Nic Lebih Enak?

Secara teori harusnya iya. Karena Salt Nic lebih stabil ini berarti lebih tahan lama dan tidak mengubah atau mempengaruhi rasa sama sekali.Secara praktek? Tidak sama sekali.Fungsi utama dari pod system dan salt nic adalah mengirim nikotin ke tubuh. Rasa hanyalah sebuah bonus saja. Jadi ya rasanya sangat tipis sekali, layering juga sering sekali bersembunyi dan beberapa rasa malah bisa terasa berbeda sekali jika dibandingkan versi normalnya.Jika kamu beralih ke pod system untuk mencari rasa maka ya, salah besar.Tapi mengapa rasanya loyo? Karena tenaganya juga loyo. Rata-rata pod hanya menggunakan 7-15 watt saja. Sulit sekali mendapatkan rasa dan layering yang pekat dari tenaga 15watt terlepas dari besarnya ohm coil.Jika kamu datang dari RDA dual coil dan sudah mendapatkan setting flavor yang optimal maka ya akan sangat jauh berbeda. Tapi jika kamu datang dari rokok maka masih bisa dibilang peningkatan rasa.

Apakah Salt Nic Berbahaya?

Dibanding tidak mengonsumsi nicotine sama sekali. Ya lebih berbahaya.Dibanding liquid freebase? Belum ada penelitian jangka panjang mengenai hal ini.Ada yang bilang benzoic acid berbahaya di suhu tinggi, tapi karena pod system menggunakan watt kecil maka masih relatif aman. Ada juga penelitian yang mengatakan di 300 derajat pun benzoic acid masih stabil dan tidak terurai atau bereaksi.Kesimpulannya adalah belum ada penelitian yang konklusif mengenai efek jangka panjang bencozic acid. Bisa saja ada efek negatif yang besar, bisa jadi tidak ada apa-apa.Sebagai pengingat hal yang sama juga terjadi di liquid vape biasa (freebase), belum ada penelitian jangka panjang yang konklusif dan dunia terbagi atas dua bagian besar, pro dan kontra.Namun ada satu hal yang bisa berpotensi berbahaya. Salt nic adalah nicotine yang sangat smooth, throat hit minimal dan rasanya tidak terlalu tebal. Artinya kamu bisa saja menghisap terlalu banyak dan tidak menyadarinya, setelah sesaat nicotine yang banyak ini mulai melepaskan efeknya dan jika terlalu banyak kamu bisa keracunan nicotine dengan tanda-tanda:
  • Mual
  • Sakit perut
  • Pusing
  • Nafas tidak beraturan
  • Lemas
Namun biasanya tidak fatal, istirahat beberapa jam dan badan akan membaik. Jika kamu pertama kali mencoba salt nic, jangan hisap terlalu banyak, hisap 1-3x dan biarkan nicotine bekerja sebelum menghajarnya lagi. Setelah ini kamu dapat mengetahui seberapa baik tubuh kamu menghadapi salt nic.

Apakah Saya Akan Suka Salt Nic?

Jika nicotine adalah tujuan utama kamu maka ya. Salt nic diserap lebih cepat dan memberikan kamu tendangan lebih cepat dari vape.Jika kamu mencari rasa atau flavor maka tidak. Untuk mendapatkan rasa yang penuh kamu harus menggunakan watt yang tinggi, dan itu hampir tidak mungkin di pod system. Jika kamu tetes di RDA maka kamu dapat keracunan nicotine, karena jumlah nicotine yang tinggi ditambah pemanasan yang sangat tinggi = nicotine masuk ke tubuh dengan jumlah yang sangat banyak sekali.

Ketersediaan Salt Nic di Indonesia

Liquid salt nicotine bisa dibilang sedang naik daun Indonesia. Mungkin tidak semua toko vape menjualnya, tapi ada cukup banyak pilihan tersedia di toko online seperti Tokopedia.Liquid salt nic USA rata-rata dijual dengan harga Rp250.000, sedangkan liquid salt nic lokal dijual dengan harga mulai dari Rp130.00. Kebanyakan yang saya lihat mempunyai kandungan nicotine 25mg, 45mg dan 50mg, walaupun dari pengamatan liquid 45mg dan 50mg cenderung lebih banyak dijual ketimbang 25mg.Satu hal yang menarik adalah ada beberapa liquid salt nic USA yang masuk ke Indonesia, tapi versi normalnya tidak. Contohnya seperti liquid Milk Man yang walaupun cukup terkenal di luar sana, sangat sulit ditemukan di Indonesia., namun Salt Milk Man tidak terlalu sulit dicari di pasaran.

Rekomendasi Liquid Salt Nic Terbaik

Saya belum mencoba banyak liquid salt nic untuk berani menyebutnya terbaik tapi saya punya beberapa saran untuk kamu yang ingin mulai.Liquid Salt Nic USA
  • Seri Salt Nic Naked – Ulasan versi normal (freebase) bisa kamu baca di sini.
  • C.R.E.A.M – Saya baru mencoba tobacco cream dan strawberry pound cake. Sama sekali tidak buruk dan mereka datang dengan ukuran 15ml, sangat pas untuk mencoba-coba.
  • Beard Salt Nic  Strawberry Cheesecake – Tidak terlalu pekat, namun di pod tidak ada yang terlalu pekat juga.
  • Milk Man Sweet Mint – Rasanya cukup sederhana, daun mint yang manis, hampir seperti mojito namun tanpa lemon dan rum. Rasa mint dan sensasi dinginnya cukup kuat.
  • Ripe Vapes VCT – Rasa tembakaunya cukup malu-malu ketimbang versi normalnya. Namun tetap lumayan, ringan di rasa, nonjok di nicotine.
Liquid Salt Nic Lokal
  • TruSalt – Tembakau ringan yang mudah dinikmati dengan sentuhan dingin. Sempurna sehabis makan, review menyusul :).
  • Hero57 Moon Rabbit – Mochi kacang, rasanya cukup kuat walaupun di pod system sekalipun!
  • Moods Tobbaco Strawberry – Tembakau yang juga mudah dinikmati dengan tambahan rasa strawberry.
Favorit saya adalah Don Apple yang merupakan liquid bourbon apple, namun saya tidak masukkan di atas karena sudah langka di pasaran.

101
Leave a Reply

avatar
43 Comment threads
58 Thread replies
5 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
49 Comment authors
booBobiDickyRizkySyarif Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
T-Wicks
Guest
T-Wicks

thankyou for this usefull article…
especially for vapers like me, who vaping in demands & doesn’t just follow the current

Luthfi
Guest
Luthfi

Apakah pod bisa memakai salt nic yang 10mg?

Adit
Guest
Adit

Kalau semisal saya menggunakan salt nic pada mod Mechanical / Electrical, menurut anda adakah dampak lain yang ditimbulkan selain keracunan nicotine? terima kasih

Lensa
Guest
Lensa

Adakah liquid tanpa nikotin..??

Jajangs
Guest
Jajangs

Keren gan artikelnya..

Tio
Guest
Tio

Wah sangat berguna sekali infonya gan, ane lagi mencari dampak dari saltnic itu terhadap tubuh, semua yg ente jabarkan ketika kita menerima saltnic terlalu banyak itu semua yg saya rasakan seperti sulit bernafas dll. Biasanya ane lsg minum air hangat untuk meredakan dan akan merasakan mual. Mungkin memang tubuh ane yg kurang bisa terima salt atau belum terbiasa ya. Karna liquid salt yg ane pakai 30-35mg

Bagus
Guest
Bagus

Maaf mau tanya kalau saya nubie kalau saya pakai minifit katanya harus salt dan tidak bisa liquid biasa?

Bayuckz22
Guest
Bayuckz22

Bro
Sy biasa pake vape
Dan coba beralih ke pod system.
Tapi sy pertama coba menggunakan saltnic tobaco strawberry 18mg
Dan sy ga kuat dengan Thnya
Gmana ya??

Victory Squad
Guest
Victory Squad

Bro maaf awam nih, kalau sistem pod dikasih liquid biasa (yg bukan salt nic) bisa ga?
Pengen praktisnya pod tp pengen 0 nicotine

Edwin
Guest
Edwin

Apakah pods bisa pake liquid biasa dengan kadar nic 6mg yg storng, apa efek nya pada layer dan TH
Ngomong2 artikelnya sangat membantu saya lengkap, jelas, lugas. Makasi

Ryan
Guest
Ryan

Wah, lengkap banget tulisannya. Good job! Btw, saya juga pengguna pod yang sebelumnya juga vaping biasa. Sekarang udah beralih ke pod karena nyari sensasi throat hit-tanpa banyak uap aja. Pagi-pagi puff 3-5x aja udah keleyengan, mantap, hahahaha. Awal-awal emang kaget sama throat hit-nya, tapi kalo udah biasa dan emang nyari sensasi throat hit, maka beralihlah ke pod system. Dan emang liquid yang hanya 30ml itu bisa tahan 1 bulanan kurang lebih dibanding dengan vaping biasa yang 60ml hanya bertahan 1 minggu maksimal. Dan kelebihan pod ini bisa stealth vape 😀

Yovie
Guest
Yovie

Artikelnya sangat berguna,kebetulan ane user vape yg biasa bukan seri pod,ada kala ane penasaran sama si saltnic ini knp mreka khusus di pod,stlh mmbaca ada seh niat mencoba koleksi seri pod mungkin minifit seh yg lg booming dlu hehehe, thanks artikelnya akhirnya ad pencerahan dulu gan

Mario
Guest
Mario

Gan gw punya nicotine buat tambahan di liquid biasa, itu bisa buat nambah di liquid salt apa enggak.? Nikotinnya 100mg

Rizky
Guest
Rizky

Info yang menarik dan bermanfaat sekali, terimakasih sharing nya.
Pantesan saya nyoba jam monster blueberry yg saltnic, rasa nya hambar. Padahal yg versi freebase Nic itu salah satu liquid favorite saya. Nyoba juga liquid freebase di pod, buset rasanya jadi ga karuan dan gatel bener
Menurut saya saltnic paling enak itu revolution yg berry. Manis dan pekat walaupun di pod, nic nya juga cuma 25 jadi ga terlalu nendang

ngetricks
Guest

untung blom jadi nyoba saltnic , bisa keracunan pake mekanikal pak .. makasih artikelnya super lengkap … pgn nyoba pood ada rekomendasi yg harga agak murah tapi performa sedikit gahar pa g pak ?

Muis0408
Guest
Muis0408

Sangat membantu sekalai untuk pengetahuan awal sebelum membeli pod.
Satu pertanyaan gan, bagaimana cara mengetahui perbedaan liquid dan salt nic ?
Dan apakah liquid biasa dengan 6 atau 9 mg digunakan pada pod bisa ?
Terima kasih

Mas Bro
Guest
Mas Bro

Thanks gan infonya!
Btw saya mau nanya, emang kalau main di pod itu nge puff dikit aja ya? 1-5x gitu biasanya nunggu brp lama buat ngepuff lagi?

Irman
Guest
Irman

Saya peroko yg mau beralih ke pods … rekomended dong yg cocok buat perokok yg beralih ke pod …

eijtad11
Guest
eijtad11

bro. gua make pods sebenernya buat gantiin rokok nih bro, apakah gua ga boleh puff sering sering kyk ngerokok gitu ya bro?
newbie ni. throat hit sama chest hit itu masudnya apa yak?

Twin
Guest
Twin

Pak, saya lihat2, rata2 liquid salt nic ini ada mint nya, apakah memang begitu atau ada yg creamy atau netral juga? Thx

Mr Andi
Guest
Mr Andi

Dibanding tidak mengonsumsi nicotine sama sekali. Ya lebih berbahaya.
bahaya apa setelah berhenti vape lama terus ngevape lg?

Karim
Guest
Karim

Permisi bro, pod bisa pakai liquid biasa atau wajib pakai saltnic? Thx.

Ag BS
Guest
Ag BS

Saya perokok berat ketika pakai saltnic yg 30mg kok saya ngerasa pusing ya?
Gimana cara mengatasi pusingnya bor?

Yogi
Guest
Yogi

Selamat malam om saya mau nanya nih, liquid salt nic yg rekomnedasi dan enak apa ya om, saya perokok berat dan mulai beralih ke vape,saya sudah nyobain vape biasa dan nyoba mtl dengan liquid biasa gak nendang om gak, kaya, rokok biasa, nah apakah bisa gak makai pods tpi make mod biasa dan rta khusus yg mtl rasanya bisa sprri rokok biasa? Dan satu lagi salt nic bsa kan di masukin ke rta mtl om? Terina kasih om

Iqbal
Guest
Iqbal

Gan, untuk Salt Nic, maksimum temperaturnya di berapa derajat yang aman (15watt pod system kira2 berapa derajat)?

Iqbal
Guest
Iqbal

Saya baru nyoba beralih ke vapor om, buat mengurangi roko biasa
Saat ini saya pake Pod System om, tapi pengen ganti ke MOD System, buat antisipsi penggantian cartridge dan baterai, saya masih bingung milih MODnya

Iqbal
Guest
Iqbal

Saya tertarik sama Joyetech Ultex T80 karena body kecil dan bisa di atur, pengen dikombinasi dengan MTL RTA
Yang membuat saya masih bingung itu, Resistance coil yang pas buat Salt Nic itu berapa om?

Kalau ada saran Mod yang kecil kaya Joyetech Ultex T80 itu, yang ada pengaturannya, bisa kasih infonya om

Iqbal
Guest
Iqbal

Ada saran Mod yang bentuknya seperti Mekanikal om, tapi yang elektronik, yang harganya ga terlalu mahal buat permulaan

Yayak
Guest
Yayak

Artikel yang bermanfaat 👍
Cuman share pengalaman aja, saya perokok dan berusaha beralih ke pod atas rekomendasi dari teman. Saya memulai dengan pod thumb trx dengan liquid biasa freebase e juice nic 3mg rasa mix watermelon. Review Saya flavour nya keluar dengan baik tp sensasi nicotine nya masih kurang dapet. Tapi utk sementara itu sudah cukup membuat saya berhenti merokok. Mungkin kedepan saya ingin sensasi rasa yang sama dengan nicotine yg sedikit lebih tinggi kadarnya. Kalo ada masukan mohon tanggapannya. Terimakasih

Hery
Guest
Hery

halo saya skrg memakai smok nord. apakah meshcoilnya di taro liquid biasa flavournya bisa naik kah? saya sgt pusing memakai liquid saltnic nya. pdhal baru 35mg. apakah bisa naik flavournya jika dipakaikan ke meshcoil nya?

sunaryo
Guest
sunaryo

bang artikel nya mantap BGT.
kalo boleh bagi ilmunya.
saya mau bertanya apa ada masalah jika pod menggunakan nicotine biasa ( ngax saltnic)
apa pengaruhnya hanya pada rasa saja???
saya sangat’ pemula…..
mohon di blz y bg

Abel
Guest
Abel

Saya pakai salt nic 40 mg dari coffemel, alhasil badan saya tidak terima dan alergi parah gatal2.. apa bener aman kalo emang belom ada penelitian yang pasti, terus di liq nya kok belom ada peringatan efek yang ditimbulkan.

Hery
Guest
Hery

permisi om numpang nnya ya. saya skrg memakai smok nord. dan di smok nord terdapat 2 coil. meshcoil 0.6ohm ( katanya bs pakai liquid vapor ) dan regular coil 1.4ohm. saya sgt pusing memakai liquid saltnic nya yg 35mg. apakah bisa naik flavournya jika dipakaikan ke meshcoil nya? apakah benar om meshcoilnya bs utk liquid biasa? kalau mmg bs anjuran brp mg ya utk liquid biasanya. mohon bantuannya ya. saya serasa menyesal membeli tipe smoknordnya. sy mencoba pod tmn sy di pod renova tdk ada merasa pusing sama sekali

Steven
Guest
Steven

Permisi Bro, Saya mau beli pods karena kalau nongkrong dioutdoor saya merasa (uap) saya ngebull dan menggangu sekitar, tapi saya bukan orang yang terlalu suka dengan nikotin tinggi, saya kalau dielectical mod cuma menggunakan 3mg, Jadi apakah liquid yang harus saya gunakan tetap liquid biasa (3mg) atau saya mencoba SaltNic dengan Mg yang kecil dulu? Saya cuma takut kalau menggunakan nikotin tinggi jadinya malah pusing dll.. Terimakasih bro

Hery
Guest
Hery

Punten min mau nanya, kalo cartridge pod itu biasanya bertahan berapa lama yah untuk pemakaian yang over aktif ?? Dan kalo udah waktunya ganti cartridge itu cirinya gimana??

Han
Guest
Han

Abis pindah dari la ice. Trus beli zero. Nyoba saltnic 30mg nikotin. Kok pusing2 ya. Padhal aku kalo nyedot La langsung nyepur 8 batang.
Ini nyedot saltnif 8x sedot kepala pusing. Ada saran?

Fian
Guest
Fian

Pagi om..saya baru pindah dari rokok ke Vape. Kebetulan sekarang saya menggunakan pod Aspire Breeze 2. Saya mau tanya kalau coil yang 0,6 ohm dipakai buat salt nic apakah aman (dari keracunan) nikotin? Dibalas ya om .

Rachman
Guest
Rachman

Permisi om. Saya baru coba mulai nge vape .
Pake device suorin air kebetulan cuma punya liquid biasa(non saltnic) kira kira efek samping apa ya om kalo saya paksa pake liquid biasa?

Jal
Guest
Jal

Selamat malam om.. (kebetulan pas komen, hri udh malam) Saya baca td, kan kalo saltnic di tetes ke RDA, dfn nikotin yg tinggi dan pemanasan yg tinggi, itu bisa menyebabkan keracunan nikotin… Trus td saya jg baca, pod system itu cm 7sampe 15 watt tenaga yg d hasilkan nya… Naah misalkan saya pake saltnic dgn settingan single coil, kantal 26, 4 atau 3 lilit, diameter 2mm atau 2,5mm, 15watt, airflow rda d kecilin,, itu apakah nanti efek yg d hasilkan bisa sama dgn pod system atw ga om?? Rncana mo penghematan dgn pindah ke pos system, soalnya kata org pod… Read more »

elby deca
Guest
elby deca

permisi om, sebelumnya saya emang udah ngevape
nah kebetulan emang tertarik nih ke pods, cuman belum ada gambaran pods apa yang sesuai.
– Adakah rekomendasi pods yang flavournya lumayan dan tetep simple (karena kerjaan emang sering diluar)?
– Apakah berpengaruh kalau gonta ganti dari vape biasa dan pods?
Mohon sarannya,

Mice
Guest
Mice

Mau tanya om kalo salt nic licking apa bahaya ? Thanks om

kits
Guest
kits

om salt nic di rda druga enak ga ya?
apa malah nonjok banget thnya?

Syarif
Guest
Syarif

Om mau tanya. kalo misal pod system pake liquid biasa alias bukan salt nic, masalah atau tidak?
apakah berpengaruh pada catridge nya atau aman2 saja?

Rizky
Guest
Rizky

numpang nanya om
saya pake pods dgn liq 30ml 16mg, kalo dipake chain puff aman nggak ya?

Dicky
Guest

Broo saya pake pod tenggorakan haus terus gimana ya

Bobi
Guest
Bobi

Keren gan artikel nya…sangat jelas penjabaran nya
good…

boo
Guest
boo

bro, untuk pemakaian saltnic di smok nord, baiknya pakai coil yang mana? mesh atau normal?